23 April 2014

antara residence kampus, residence privée, dan CROUS

hai!

baru" ini residence kampus gw kemalingan. yap. ke-ma-ling-an.

aneh banget. padahal buat masuk kapus gw itu mesti nunjukin kartu mahasiswa/kunci kamar loh! dan jarang banget satpamnya lalai, apalagi kalo malem!

total ada 5 kamar kemalingan. semua kamar dibakar abis dimaling. dan ada temen gw yang kena salah satunya. kasian. tapi keadaan sudah membaik sih, student office di kampus sudah banyak sekali membantu. Puji Tuhan.

gw jadi pengen ngebahas perbedaan hidup di residence kampus, privée (pribadi, semacam nyewa apartemen/kosan sendiri), dan CROUS (residence mahasiswa ala perancis, tapi ga khusus untuk satu universitas tertentu. campur", dan biasanya anak" yang dapet status beasiswa BGF yang diutamakan untuk dapet kamar di sini). oke, dimulai!

RESIDENCE KAMPUS

hari" awal di sini, gw tinggal di residence kampus. enaknya, deket banget coy sama kampus! lo bangun 10 menit sebelum kuliah pun ga masalah. lo mau pulang tiap jam istirahat buat makan ga masalah. ketinggalan buku? tinggal keluar kelas sebentar, 15 menit paling lambat lo udah di kelas lagi.

namun, kekurangan dari residence kampus gw (ga tau residence kampus lain begini juga apa ngga) adalah, ga ada dapur dan kulkas. sedih. jadi, kalau kata senior" di sini, itu sengaja, biar anak"nya pada beli makan di kafetaria. dan sekali makan di kafetaria itu cukup mahal, kisaran 3.5 euro sekali makan. ya emang sih, ini itungannya udah makan murah, tapi bisa jauh lebih murah kalo masak sendiri, dan menu makanan kafet lama" katanya sih bikin eneg alias bosen. heheu.

nah gw sendiri menyiasatinya dengan: bikin sandwich tiap hari!

iya sih, makan dingin terus. tapi ini jauh lebih baik karena dengan begitu, sekali makan gw bisa cuma 1 euro, jadi dalam sebulan maksimum gw cuma keluar 60 euro buat makan. maksimum yah.

oh ya, enaknya residence kampus lagi, di tempat gw, harga sewa udah termasuk sarapan tiap pagi! dan waktu sarapan ini sejujurnya ngangenin, karena pagi" lo ketemu dengan temen" lo yang jurusannya beda, ngobrol, nanya kabar, kuliah gimana, unyu deh. dan sarapannya cukup mengenyangkan: 1/3 baguette, tiga pilihan butter/selai, secangkir minuman panas (teh/kopi/susu), segelas jus (apel/orange/nanas), dan pilihan penutup (buah, croissant, atau yoghurt).

enaknya lagi, kalo mau nyuci tinggal jalan ke bawah, masukin cucian, tinggal lagi ke kamar selama 40 menit. jadi ga ada waktu terbuang. mau jungkir balik dulu, kayang, dll suka"! ga perlu nunggu!

oh ya, residence kampus gw ada dua pilihan: kamar mandi dalam/luar. gw pilih yang luar; krn lebih murah 50 euro. nah, ga enaknya kamar mandi luar ini adalah, karena kamar mandinya pun campur cewe-cowo, kadang saat lo mandi malem", ada aja mahasiswa yang mabok/setengah mabok gedor" pintu kamar mandi. paling parah pintu kamar mandi gw pernah kebuka beneran gara si mahasiswa geblek gedor kenceng banget, untung gw reflek ngedorong balik itu pintu! entah gimana nasib si gila itu. frik.

di awal semester ini, akhirnya gw memutuskan untuk cabut dari residence, karena bosen, dan pengen makan makanan yang proper. dan, gw kan baru dapet beasiswa, hehe. saatnya hidup lebih layak! jadilah, gw pindah ke tempat lain.. ke residence privée.

RESIDENCE PRIVEE

nah, kalo residence privée ini hoki"an banget, tergantung proprietaire (semacam 'ibu kos'), lokasi, fasilitas, dan harga. kadang ada tempat tinggal yang bayarnya udah termasuk listrik dan gas, jadi lo mau pake listrik suka" ga perlu mikir, gas juga suka" biar kamarnya anget. ada juga yang belum termasuk. ada yang udah ada internet, ada yang mesti masang sendiri.

oh ya, kalo residence kampus, listrik sama internet udh termasuk, jadi unlimited banget. kalo gas, sayangnya, karena gasnya central, penghangatnya ga begitu oke, kamar jadi rada suam" kuku angetnya hahaha.

nah, kebetulan gw dapet residence yang pemanasnya listrik (ga pake gas, jadi bayarnya di tagihan listrik), dan biaya bulanannya ga termasuk biaya listrik, tapi buat listrik gw tinggal bayar ke si proprietaire, ga perlu ke EDF, alias PLN-nya perancis. sayangnya, internet mesti pasang sendiri.

tapiiiiii residence gw sekarang enak banget! untuk harga 350 euro/bulan (belum termasuk CAF, potongan biaya untuk mahasiswa) gw dapet rumah 2 lantai, lantai pertama buat nonton TV (iya ada TV), kamar mandi, dan dapur, lantai kedua buat bobok! dan lantai 2 itu loteng! cooool.

dengan segala biaya (listrik, air, gas buat masak, kecuali internet) total gw keluar maksimum 400 euro/bulan; dan ini belum dipotong CAF yah. gw baru apply CAF jadi ga tau dapet berapa, tapi minimal banget 150 euro dapet lah, jadi gw tinggal bayar sekitar 250 euro/bulan hehe.

ga enaknya residence privée ya itu tadi, apa" mesti ngurus sendiri, dan apa" itu buaaanyakkkk. termasuk asuransi residence. ribet deh, jauh lebih ribet dibanding ngurus residence kampus yang kalo ada apa" tinggal ngomong ke PIC-nya di kampus.

tapi enaknya, lo bisa masaaaaak!!! dan lo merasa memiliki, aseeek. enak banget deh punya 'rumah sendiri' beneran! jadi bisa berlatih berumah tangga #halah! dan sense beres" lo lebih terasah di residence sendiri heheh.

oh ya, enaknya lagi kalo punya residence sendiri, acara ngumpul" bisa dilaksanakan di tempat lo, hehehe.

RESIDENCE CROUS

nah, beda lagi cerita di residence CROUS. gw ga pernah tinggal sana, tapi gw kenal banyak orang yang tinggal di CROUS. residence ini biasanya sempit banget, kamar lo ga bisa dibikin tempat ngumpul karena antara tempat tidur, kamar mandi, kulkas, dan meja belajar itu mepet banget. tapi, resindence ini super murah! setahu gw 250 euro/bulan belum sama CAF, dan pake CAF bisa tinggal sekitar 90 euro/bulan! murah banget kan!


di CROUS ada dapur, tapi di luar. tiap lantai ada dapur komunal, jadi kadang gantian masak sama yang lain. enaknya, di CROUS itu banyak orang, lo jadi kenal banyak orang dari berbagai universitas. udah gitu di beberapa CROUS ada yang namanya ruang musik. gw sempet 'minjem' ruang musik residence-nya mas awal buat main piano. ada juga ruang TV bersama. banyak hiburan pokoknya!

buat internet, kadang udah termasuk kadang belum. tapi untuk listrik dan gas semua udah termasuk!

nah, karena CROUS menawarkan residence yang layak (bisa masak yang penting cuy!) dengan harga miring, aplikasi untuk CROUS ini selalu puueeennuuuhhh, dan sayangnya, mereka mengutamakan banget anak" yang beasiswanya bekerjasama dengan pemerintah perancis (kalo buat indonesia, seperti gw sebutkan, itu beasiswa BGF, yang adalah anak" DIKTI dan DIKNAS). jadi residence ini baru akan ngasih tempat ke anak tanpa beasiswa kalo semua anak berstatus beasiswa sudah ditangani dan ada kamar kosong.

--

sekian dari gw! panjang juga yak. semoga bermanfaat buat yang mau kuliah di perancis!

21 April 2014

some days, some whats, some hows

bethul, some whats sama some hows itu ga bermakna. mengapa tidak bermakna? karena, saya tidak tahu bagaimana mendeskripsikan apa yang akan saya tulis sekarang, mwahahaha!

seperti biasa, sebenarnya banyak sekali yang bisa gw ceritakan! perjalanan random dari monaco yang berujung muter" swiss belum ditulis.. cerita yang udah disimpen di word mengenai perjalanan weekend kemaren...... malah ga jadi dipos karena kepanjangan, hahahaha.. dan apa yang terjadi di kampus belakangan ini, huyeh!

banyak bet broh!

intinya, ups-and-downs belakangan ini lagi ancur"an, serius. sempet kamis kemaren gw hampir ga punya waktu untuk napas, banyak banget yang mesti dikerjain.. jumat, setengah napas, setengah ngos"an.. sabtu minggu ini.... Puji Tuhaaannn.. hampir kosong blong (oh iya, selamat paskah bagi yang sama-sama merayakan!) jadi saya manfaatkan untuk NONTON!

ah, baiknya bahas film" yang AKHIRNYA saya tonton kemaren, mwahahaha.. total 5 FILM yang saya tonton weekend ini, hueehhh lega bangettt kayak udh lama banget ga maraton nonton kayak begini hehehe..

#1 ARGO
ini film cool! suspense-nya berasa! wah cool deh! tapi emang mesti pake niat untuk awal"nya hahahaha.. bercerita tentang 6 orang diplomat amerika yang bertugas di iran, mereka terjebak sebuah situasi yang membuat mereka ga bisa ke mana" dan menetap di kedutaan kanada di iran sementara.. dan tebak apa, mereka berusaha 'keluar' dari iran berkedok 'kru film' yang 'berjudul' ARGO. go ben affleck!

#2 ....lupa film apa, ntar saya koreksi muahahaha

#3 THE DICTATOR
yang main... sascha baron cohen. sudahlah yah. tidak perlu diperpanjang. tau BORAT? BRUNO? oke, ga jauh" lah. bahahaha. ceritanya si sascha baron cohen jadi seorang 'diktator' di negara 'wadiya' dan ujung"nya si wadiya ini jadi 'demokrasi' pake tanda kutip. ini film.. goblok.

#4 THE SHINING
minjem dari perpus kampus, filmnya stanley kubrick (a clockwork orange, dr. strangelove, a space odissey) dan yang main jack nicholson (one flew over the cuckoo's nest). kombinasi sempurna. sakit. jiwa. hahahahahaa. seru coy! ceritanya si jack nicholson mesti ngejaga sebuah hotel di musim dingin, tapi dia tiba" kena semacam 'mental breakdown' dan berusaha ngebunuh istri dan anaknya. ini film bagus deh. hehe.

#5 ME, MYSELF, & IRENE
minjem dari kampus juga. yang main jim carey hahaha. isinya, ceritanya si jim carey memiliki kepribadian ganda: charlie dan hank. favorit gw di film ini adalah ketiga anak si jim carey yang...... berkulit hitam. penasaran kenapa? tonton filmnya!

baiklah, segitu saja. emang sih, ga semenarik kalo gw cerita pengalaman gila taun lalu. gw ngeliat orang ribut di stasiun subuh" maknyak #suspense #beneran

okei, selamat menjalani hari! :D

05 April 2014

kartu pos (bukan) bergambar jembatan san fransisco

setelah melewati jaman sd dengan koleksi stiker dan kertas organiser, di akhir umur 22 ini akhirnya nemu jenis 'koleksi' yang tepat hihihi. terima kasih pak pos! terima kasih papah dan mamah di rumah!

30 Maret 2014

ketika semua tiba tiba ada di depan mata..

pasti kita langsung cari apa yang ga keliatan. emang ya, peribahasa itu punya kekuatan yang luar biasa. gajah di pelupuk mata itu, seringkali tidak lebih menarik dibanding semut/kuman yang di seberang lautan itu. eh, salah pengertian ya? ah sudahlah hahaha.

sebenarnya beberapa hal mulai clear buat gw. ga kayak langit di brest yang terus kelabu dan begitu dingin --' namun yang clear ini....... jalannya ampunan dah. dan sekarang saya mengerti enaknya punya teman-berbagi-yang-konstan. aahhkkk nemu yang begini susah amat sik di belahan bumi utara.

terpaut jarak dan waktu dengan beberapa orang terdekat gw semasa kuliah, berat juga euy. ada saatnya mereka pengen cerita, begitu pula sebaliknya. yah, sepertinya kami" ini sedang mengalami fase yang sama: udah jomblo, nyari temen juga susah, mulai goyah dari jalan hidup masing" akibat 'eh-kok-ternyata-gini-amat-yak' cakepp --'

hai langit, jangan pelit", matahari bukan hanya untukmu, tapi juga untuk kami yang di bawah sini!! #sambilmenggigil

29 Maret 2014

ikan sepat ikan gabus

lebih cepat lebih bagus

ps: kenapa gw malah jadi inget senior gw yang mau nikah itu yak? aihhhhh cepat sekali waktu berlalu!

Template developed by Confluent Forms LLC