09 Juni 2008

blognya ilam bagus!

karena insomnia yang melanda gw akhir" ini.. gw pun berusaha untuk tidur dengan cara MEMBACA.. dan tiba" muncul suatu ide untuk membaca LAGI blog nya ilam si elom.. untuk link-nya silakan klik di sini. ternyata blog nya bagus dan isinya BERBOBOT! ngga kaya blog ini yang postingannya banyak tapi jarang ada yang berbobot.. dan setelah gw bandingkan, ternyata blog gw ini terlalu SELF CENTERED..

dan setelah gw analisa diri gw sendiri.. ternyata kemampuan gw sekarang udah sangat terbatas.. *tuh kan, SELF CENTERED lagi..* yaa.. mungkin karena gw memang menyelam sangat amat dalam untuk meraih cita" gw di masa SMA ini, GEOLOGI ITB.. dan gw nyaris menutup mata dan telinga gw untuk peduli atau sekedar mengomentari hal" lain yang terjadi di sekitar gw.. gw udah jarang nonton berita, baca buku, browsing website" bermanfaat, dan satu"nya yang masih bisa gw lakukan adalah sharing bareng temen" gw..

tapi apalah artinya sharing kalo ujung"nya hanya membandingkan seberapa "sial" masing" dari antara kita? contoh sharing yang buruk dan NYARIS selalu terjadi antar anak SMA..

AB : ih! kesel banget gw! masa tadi pala gw kejedot pintu rumah gw sendiri?!
CD : lah, MENURUT LO?! tadi pagi gw kesandung tau nggak di jalan! mana jalannya rusak banget lagii! nih liat lukanya!
EF : yah, lo mending jatoh doank.. minggu lalu gw jatoh dari motor, nih bekasnya masi nyata banget di tangan.

dan sharing itu tidak menghasilkan apa".. huh. dasar anak SMA..

teruus.. gw kepikiran akan kata" di blog nya si ilam.. kebanyakan dari kita mempelajari apa kita tidak suka.. dan gw pun bertanya pada diri gw sendiri? apakah ini tempat lo gab? lo yakin lo milih jalan ini? sementara banyak dari temen" gw yang jalannya "ditetapkan" oleh orang tuanya.. yang kayaknya masih sulit untuk menetapkan kehidupannya nanti di masa depan.. banyak pula temen" gw yang sudah memiliki tujuan tetap dalam hidup dan menurut gw mereka sudah sangat mantap untuk menjalankannya..

waktu gw sharing sama oom Jeffry, yang orang geologi.. dia bilang kuliah itu membentuk pola berpikir gw.. contohnya, kalo orang ekonomi ngeliat hutan yang berisi orang" yang tinggal di dalamnya, mungkin mereka akan berpikir dua kali untuk membuat sarana transportasi penghubung antara desa di tengah hutan itu dengan "kota" karena belum tentu ada keuntungannya bagi mereka.. sementara kalo orang geologi, mereka pasti berpikir bagaimana caranya agar ada jalan menuju ke sana, karena mereka butuh ke sana untuk observasi, dan itulah pekerjaan mereka..

setelah gw gabungkan pemikiran" tersebut.. tercetuslah sesuatu.. mungkin kuliah itu tempat di mana otak lo direnovasi.. pemikiran" lo di jaman TK, SD, SMP, dan SMA di-refresh lagi, diambil yang mau dipertahankan maupun yang tidak, digabungkan, dan diberi tambahan ilmu dari sana sini sehingga terciptalah seorang yang boleh dikatakan "matang" itu..

dan nantinya, kita tidak pernah tahu.. banyak yang bilang, di dunia kerja butuh koneksi, kepintaran belum tentu akan dihargai di sana.. tapi pada kenyataannya, oom gw yang tadi itu pinter BANGET.. soal koneksi, yaa gw ga tau dia punya koneksi seberapa.. tapi yang jelas, sekarang dia sangat SUKSES.. dan gw ingin menjadi orang sukses, seperti dia..

naahh.. ternyata eh ternyata, yang membangun stereotip kita tentang dunia ini ialah orang" terdekat kita sejak kecil! setelah gw pikir".. ternyata oom jeffry membawa dampak yang sangat besar buat gw dalam bidang gunung dan hutan! kalo dibilang dari bokap.. gw ga tau juga, soalnya yang gw tau waktu kecil adalah oom jeffry kerjaannya bolak balik kalimantan melulu.. ke hutaaaaann melulu dan akhirnya gw jadi terobsesi dengan hutan..

yang membuat gw jadi hiperaktif mungkin nyokap gw.. yang membuat gw terbuka sama berbagai jenis musik, art, dan kaitan" seni lainnya jelas oom benny dan bokap gw.. yang bikin gw aktif organisasi pasti nenek gw.. dan yang bikin gw doyan gambar.. sepertinya eyang gw, karena gw inget banget waktu itu gw ngeliat gulungan" kertas ala arsitek di kamar eyang gw waktu gw masih TK, dan gw terkesima akan garis" teratur yang membentuk ruangan" dalam rumah itu..

satu hal lagi yang menarik.. waktu kecil, wawasan gw sangat luas.. karena nyokap gw memang membelikan berbagai macam buku untuk dibaca! namun sejak SMA, minat baca gw masih menggebu-gebu, namun satu hal yang sulit ialah WAKTU! masa SMA ini bener" CEPET BANGET dan ga terasa.. sementara di penghujung ini gw baru sadar kalo rekor membaca gw di SD dan SMP jauh lebih tinggi dibanding masa SMA ini.. cuma segelintir buku yang gw habiskan di masa SMA.. sementara di SD, gw heboh baca LIMA SEKAWAN, HARRY POTTER, dan buku" karang ROALD DAHL seperti CHARLIE AND THE CHOCOLATE FACTORY, di SMP gw mulai merambah dunia yang sedikit lebih sastra tapi tetap menyenangkan seperti membaca AREA X, SUPERNOVA PART 1, TOTTO CHAN, dan masih banyak buku" bermutu lainnya yang sempet gw pinjem di perpus SMP gw.. di Labschool Rawamangun..

jadi, dari tulisan gw hari ini gw ingin menyimpulkan bahwa :
  • minat baca dan pengetahuan yang luas itu dapat dikembangkan sejak anak".. jadi nanti anak" gw bakal gw kasih banyak buku seperti yang bokap nyokap gw lakukan dahulu..
  • gw mau bikin perpustakaan yang bagus! dari dulu gw pengen banget ada perpustakaan yang bentuknya kayak mall, yang bisa jadi tempat nongkrong buat semua! memang udah ada beberapa yang kayak aksara, gramedia pun sekarang jadi perpustakaan dadakan.. tapi.. kurang gimanaaaa gitu..
  • gw HARUS jadi orang kaya! amin..
  • nanti kalo gw udah kaya, gw pengen membangun sektor pendidikan Indonesia yang mengekang mental.. dan lebih banyak ujian yang dibuat essay soalnya kita terlalu terperangkap dalam pilihan" sehingga kita jadi terlalu MALAS untuk menorehkan buah pikiran kita sendiri.. dan berusaha untuk mengurangi pertanyaan" terlampau teoritis dalam pelajaran" kewarganegaraan, sejarah, Bahasa Indonesia, dan pelajaran" lain yang lebih membutuhkan penalaran dibandingkan hafalan..
  • dan gw akan mendukung orang" macam kak seto!! gw pengen bikin acara buat anak" macam si komo duluu! si unyil.. dan lain".. soalnya gw sediiiih banget.. anak" jaman sekarang, terutama angkatan 90an.. masih bisa ngomongin susan, si komo, si ulil, dan tokoh" masa kecil lainnya.. masih kenal penyanyi cilik macam trio kwek kwek, joshua, dll. tapi anak" jaman sekarang?! apa yang bakal mereka omongin di masa SMA atau kuliah nanti?! ariel peterpan?! lagu ketahuannya matta?! menyedihkan..
  • terakhir.. gw pengen rasa nasionalisme ditumbuhkan sedari kecil, karena nasionalisme itu ngga di buat".. waktu tk, gw bangga banget setiap hormat ke Sang Saka Merah Putih.. gw ngerasa kereeeeen banget kalo gw yang ngomong "HOLMAAAAT, GELAAK!" dan berakhir dengan "TEGAAAAAP, GELAK!" dan semua temen" gw saat itu semangaaat banget nyanyiin lagu ini :
    "lihatlah benderaku, merah putih warnanya, berkibar di angkasa, untuk selama-lamanya."
    aaahhh.. jadi kangen masa" TK.. masa" indah penuh warna..
yah.. begitulah.. semoga semua yang gw harapkan di sini bisa terwujud, AMIN.. Tuhan udah nyiapin jalan, gw yang akan menentukan lewat mana, dengan siapa, dan berapa lama gw harus berjalan.. Tapi gw percaya, pelangi kasih-Nya akan selalu menanti di setiap akhir perjuangan gw..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC