26 Juni 2008

tentang anak" dan masa kecilnya

aih aih.. sebenernya dari dulu gw pengen ngebahas soal ini.. hmm..

Anda pasti punya teman" kecil kan? maksudnya, teman" atau adik" yang masih berusia di bawah 12 tahun.. ada? ada? coba liat ke kanan dan ke kiri, ke tetangga dan ke saudara.. pasti ada anak kecilnya! kalo ngga ada, betapa malang nasibmu, nak.. trus perhatiin deh, apa sih yang menarik mereka selama ini? masih ngga sih mereka nyanyi cicak" di dinding atau sekedar pelangi"? masih? hebaat! hah? udah engga? tenang.. kesalahan bukan pada pengamatan Anda karena saya dan teman" saya pun mengalaminya..

kekecewaan gw ini dimulai saat gw nonton suatu tayangan berita yang menyiarkan tentang (kalo ga salah) bagaimana orang" di Indonesia, terutama yang agak" menuju pedesaan dan pedalaman menyambut tahun baru (lupa tahun berapa). ada suatu scene di pantai, di mana beberapa anak jalan" sambil mukul" alat musik kentongan (yang biasa bwt ngasi tau kalo ada maling ituh) sembari bernyanyi riang.. tapi.. apa yang mereka nyanyikan?!

O'OOW.. KAMU KETAUUAAAN.. PACARAN LAGIII.. DENGAN DIRINYAAA.. TEMAN BAIKKU..


busetdah?! mengapaa?! mengapa mereka tidak bernyanyi lagu 'aku seorang kapiten'?! mengapa mereka tidak bernyanyi lagu 'diobok-obok' atau apalah lagu masa kecil bahagia tanpa dosa?!

tadinya gw mencoba menenangkan diri dengan berkata "ah sudahlah gab, emang lagu kaya gitu daya brainwash-nya tinggi dan bukan salah bunda mengandung mereka taunya lagu begituan.. lah wong ga pernah diajarin lagu aku seorang kapiten mempunyai pedang panjang kalo berjalan prok prok prok ituuh.."

NAMUN TERNYATA! saat gw dan beberapa temen gw membuka suatu forum mengenang masa kecil di saat istirahat kedua.. kami mengingat-ingat kembali lagu" yang pernah kami nyanyikan sewaktu kecil dahulu, serta mainan" yang dulu heboh dipromosikan seperti contohnya mobil"an dari kulit buah jeruk bali! lalu kami membandingkannya dengan anak" jaman sekarang.. nah, salah satu temen gw itu curhat.. begini ceritanya..

"gini gab, waktu itu kan gw lagi pulang kampung ke (dia menyebutkan satu nama daerah di jawa tengah / timur yang gw lupa namanya) terus gw naik becak sama adek sepupu gw.. terus tiba-tiba gw pengen aja nyanyi lagu becak sama dia.. gw nyanyi tuh yang pas bagian becak becak coba bawa saya! gw nanya depannya sama si adek sepupu gw.. eeh.. dia malah ga tau sama sekali bahwa lagu itu ada!"


"serius lo?"


"iya! trus kan gw tanya lagi tuh, 'kamu taunya lagu apa?' dia jawabnya 'aku taunya lagu piterpen sama rajaah kak!' lhaaaaa gw binguuung!"


nah lo! tuh kan tuh kaaan! sebel sebel sebeeel! mental seperti apa sih yang mau dibangun dari anak" ituu! iiiihh sebaaaal! kenapa sekarang udah ngga ada artis cilik lagiii!! kenapa sekarang acara TV sinetron semuaa!! ke mana power ranger? wedding peach? sailor moon? doraemon pun anak" udah ga terlalu tertarik.. kenapaaaahh?!

hmm.. nyokap gw sempet cerita, sekolah minggu (sebuah program gereja untuk anak" dari usia 3 tahun sampai kelas 6 SD) tepatnya balita (di bawah 5 tahun), waktu dia ngajar, anak" tuh udah pada ngerti keprok keprok lah, KITA?! ELO AJA KALI GW ENGGA! dan hal" lainnya.. hiaaahh.. ga asik.. berarti mereka termasuk penonton setia acara 'itu' donk! gw ga menjelekkan acara 'itu' tapi menurut gw anak sekecil itu blm pantes aj nonton tontonan yang perlu bimbingan orang tua itu.. sotooooy..

padahal dulu.. hmm.. jam gw nonton TV adalah dari jam 3-5 sore dilanjutkan dengan main bersama tetangga"! tontonan gw waktu itu sebatas Tralala-Trilili, CiLukBa MmmuuuaAAaaacchh, Dunia Anak, dan film" kartun lainnya.. sempet juga ngerasain telenovela anak kecil ala Carita de Angel yang berjudul Cinta Clarita.. hehehe.. Amigos, itu waktu udah agak" gede.. kelas 4 SD yah kalo ga salah? ato 5? lupaa..

yaahh sudahlah.. soal anak" dan pemecahannya akan gw bahas belakangan.. yang jelas.. gw kecewa aj.. anak" jaman sekarang.. huh.. kayaknya udah ga ngerti kebahagiaan masa kecil.. yang gw pikirin, gw sekarang ini bisa bernostalgia nostalgila tentang segala film lion king, kartun cinderella, lagu" populer jaman baheula, bahkan MAISY dan CHIKITA MEIDI! nah, anak" jaman sekarang? apa yang bakal mereka bahas saat mereka dewasa nanti?!

PITERPEN?

MATAAAH?

KEPROK KEPROK SHIOUW?


hm. lihat sajah nantih. huh.

10 komentar:

  1. Iya nih mas, makin modern zaman, makin haneh2 juga orang2nya :D Sekarang TV ada dimana-mana, entar lagi internet ada dimana-mana, nah loo, entar lagi 'kota' pindah ke 'desa'. hehehe

    BalasHapus
  2. iya nih MAS?! apah?! MAS?!
    SAYA INI WANITA TULEEEEN!!

    BalasHapus
  3. *ngeliat komennya joseph*

    HWAKAKAKAKAKKK


    ahem. eniwei, sekarang hiburan khusus untuk anak2 kehilangan wadahnya. anak2 yang dulu lebih suka menonton artis cilik(mungkin karena merasa ada semacam kedekatan umur) akhirnya beralih mengkonsumsi tontonan dewasa. efeknya adalah anak2 dewasa terlalu cepat, dan ini tidak sehat bagi perkembangan mentalnya.

    sebenarnya, hal ini dapat ditanggulangi dengan menampilkan lebih banyak artis2 cilik yang menyanyikan lagu2 anak di tv. tapi para stasiun tv gak mau ngelakuin itu. alasannya jelas, program tersebut kurang mendatangkan keuntungan bagi mereka.

    jadi dapat dikatakan anak2 kehilangan dunianya, hingga akhirnya memasuki dunia orang dewasa, karena tergilas kepentingan korporat.

    BalasHapus
  4. waduh, mas patung pancoran ini komennya luar biasa yah.. bravo! nah, tanggung jawap anda lah, sebagai anak FSRD ITB untuk membuat acara anak" banyak nongol lagi di TV! gw kangen SI KOMO soalnya.. ahahahahahh.

    BalasHapus
  5. geboy, sekarang juga ada acara macam si komo di antv. ada boneka2 bisa bicara dan kakak pembawa acaranya. kakaknya cantik lagi, adik2 pasti suka (anak jaman sekarang pasti lebih sensitif sama daya tarik fisik, wekeke...).
    nama acaranya "STAR KIDS ya iyalaah!" hihi, emang ada ya iyalahnya yang agak nyinetron gitu, dan humor bonekanya juga kurang kekanakkan, tapi adek gw yg kecil suka dan gw juga sukaaaa!!!
    ayo ikut ambil bagian dalam pendidikan anak bermoral!!! ;)

    sebenernya kalo anak2 kecepetan dewasa, bukan salah mereka juga. kan banyak orang yang lebih tua disekitarnya yang mempengaruhi atau mendiamkan, media juga punya pengaruh sangat besar. dan hal ini ngga cuma terjadi di Indonesia, tapi juga di negara2 lain, terutama negara maju dan makmur. gw sih taunya cuma dari baca2 novel/komik asing aja sih... dan kayaknya cukup mewakili.

    BalasHapus
  6. stuju lam stuju sama pendapat lo di paragraf ke dua?

    srius lo ada acara itu? setiap hari apa? jam berapa? MAU NONTON!!!

    BalasHapus
  7. kalo gw suka nonton spacetoon...isinya kartun semua, terus ada acara bljr gambar2nya(jadi ingedh waktu gw tk--itu udah jadul banget--suka bolos demi nonton acara gambar2. skrg kalo di rumah nonton tv edu jg. trus tiap minggu gw nonton idola cilik(lagu2nya emg lagu dewasa,tp dunia anak2nya msh aga" kerasa).

    nah lo? jd yg anak kecil itu sapa tooooh?

    BalasHapus
  8. buat mas anonim yang tetep anonim :

    KIKI JUARA SATU IDOLA CILIK!! HOREE!!

    BalasHapus
  9. Memang acara anak2 sekarang kurang mendidik.... TAPI ada juga satu yang menarik dan mendidik! anakku paling suka nonton acara Jalan Sesama di trans7, lucu bangettt. Dan bener2 bikin bangga sama bangsa sendiri..uhhuhuu

    BalasHapus
  10. jalan sesama tuh kapan sih?
    yang kaya sesame street itu ya?
    iya iya itu emang lucu!
    waktu itu si bonekanya diajarin nyanyi keroncong sama heti koes endang kl ga salah.. wewhwhwhw.. nonton lagi aah..

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC