13 Juni 2008

usul untuk pendidikan di Indonesia!

mungkin ada yang bakal protes sama tulisan gw yang sebelumnya. mungkin akan ada kata" seperti :
  • ah gaby omong doank!
  • yee itu mah elo nya aj yang bego!
  • brisik.
  • ga penting ah. lo sendiri gimanaaa?
  • nyinggung gw lo?!
dan lain"nya. tapi yasudahlah.. tadi seperti biasa, tangan gw jalan sendiri, dan tiba" muncul pemikiran" itu.. sekarang, timbullah suatu gagasan yang *menurut gw* cemerlang untuk pendidikan di Indonesia!

waktu test Bahasa Inggris sama Pak Bonaparti, gw inget dia menanyakan :

"what do you think about the National Examination? do you think it's effective? with 6 subjects in 3 days?"


dan gw pun menjawab sebenernya itu kurang efektif dan gw kurang setuju bila pemerintah hanya melihat kelulusan atau tidak dari seorang anak HANYA LEWAT 3 HARI. namun saat ditanya pemecahannya, gw masih bingung dan akhirnya gw jawab agak ngasal.

namun malam ini tercetuslah suatu ide :

PROYEK AKHIR TAHUN


beberapa sekolah sudah menerapkan hal ini untuk siswa/i nya sebagai salah satu syarat kelulusan. ada yang hanya meminta semacam makalah skripsi, ada juga yang sudah benar" mengadakan berbagai proyek!

bagaimana cara penilaiannya?
cara penilaiannya ialah setiap sekolah bertukar pengajar. jadi misalnya, guru SMA 34 menilai anak" SMA 46, terus guru" SMA 46 nilai sekolah lain. itu yang perlu diatur sama DEPDIKNAS. silabus penilaiannya juga dikeluarkan DEPDIKNAS. yah, pokoknya soal penilaian ini bener" pake nalar deh, bukan kerja komputer. melelahkan? mungkin.. gw emang belum terlalu berpikir tentang penilaian.

intinya, PROYEK AKHIR TAHUN ini adalah suatu proyek yang wajib dijalankan oleh para siswa di setiap akhir tahun ajaran kelas XII. setiap siswa berhak membuat proyek apa saja yang sesuai dengan minat dan bakatnya masing". bisa membuat buku, website, robot, atau bahkan mungkin mereka bisa menemukan inovasi" baru dalam bidang pangan, sains, ekonomi, dan lainnya!

menurut gw, dengan PROYEK AKHIR TAHUN ini, wawasan siswa akan lebih terbuka, lebih peka, dan mereka akan lebih siap untuk menghadapi persaingan yang nanti akan ada di depan mata! untuk jangka waktu proyek ini ialah semester terakhir kelas XII sehingga siswa memiliki waktu yang cukup sembari mengerjakan tugas" sekolahnya.

dengan proyek" yang mereka rancang, Indonesia akan menjadi negara yang lebih maju karena anak" sudah mulai ditanamkan 'bibit inovatif' sedari mereka muda. siapa tahu kan, dalam jangka waktu 10 tahun lagi Indonesia sudah bisa memproduksi kendaraan bermotor sendiri, sungai ciliwung dan sungai" terbengkalai lain menjadi biru, dan tata kota serta arsitektur di Indonesia akan lebih baik! siapa tahu..!

5 komentar:

  1. waH saYa ga ngerti tuH maksudnya, he,he,

    saLam keNaL kaka'!!!!!

    BalasHapus
  2. hah? KAKAK? hadah.. saya masih 17thn mas! *garuk" kepala.

    BalasHapus
  3. owh, kayak tugas akhir di perkuliahan ya?

    nice one!

    setuju banget gw!

    BalasHapus
  4. Setuju! Di Jepang tuh gak ada yang namnya UAN. Kenapa sih Indo gak mau nyontoh negara maju kayak jepang. Jadi heran :(

    BalasHapus
  5. iya iya! maksutnya begitu! jadi penilaiannya beda" tiap individu karena minat dan bakat masing" orang kan udah mulai nongol pas SMA.. hehehe..

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC