22 Juli 2008

idola

gw ga akan membahas kata idola secara harfiah ataupun etimologis. halah. bukan tempat gw lah.. gw hanya ingin mencoba mengangkat satu topik yang kini terus"an melanda di bumi kita ini.. hahahah.. ga kini doank si, dari dulu sebenernya udah ada..

bicara tentang idola, sekarang ga jauh" lah dari kontes adu bakat atau apalah.. dimulai dari ide briliannya om simon cowell mbikin acara american idol yang nyatanya memang menelorkan penyanyi" oke seperti mbak kelly clarkson sampe yang terbaru mas david cook.. eh? sebenernya ada yang lebih dulu di inggris, idol" juga, simon juga, tapi gw lupa namanya.. itu lhoo yang runner-up-nya mas gareth gates..

trus mulai deh muncul idol" dari seluruh penjuru dunia.. di indonesia sendiri tiba" muncul AFI (Akademi Fantasi Indosiar) yang saya akui, pernah saya sukai waktu masih polos dahulu.. hahaha.. muncullah nama" sementara seperti mbak mawar, mas veri, mas kia, dll.. terus nongol Indonesian Idol yang ternyata kualitas vokalnya beda jaaauuuuhhh dari mbak" mas" AFI.. apalagi pas final.. wuaahh.. mas delon dan mbak joy bener" menggugah hati!! tambah lagi ada KDI alias Kontes Dangdut Indonesia yang gw akui, suaranya juga bagus" kok, terutama mbak siti, si juara utama..

tapi kok makin ke sini kualitas orang"nya makin merosot ya? indonesian idol 2 masih sangat bagus, ada mas mike dan mas judika yang suaranya oke pol"an!! indonesian idol tiba" jatuh secara perlahan dari angkatannya mas ikhsan (angkatan 3) gara" RCTI mulai mengusung tema 'anak muda' di sana.. hahh.. jadinya malah alay :P AFI lebih jatoh gedubrak lagi pasarannya.. apakah ini faktor juri yang kurang kompeten, pihak produksi yang ngatur" seenaknya dengan konsep mereka sendiri, atau memang keinginan orang" berbakat di indonesia untuk mengikuti ajang seperti ini sudah kandas terlebih dulu terbentur di masalah biaya atau mungkin sudah stuck dengan hidupnya masing"?

bosan dengan idola" orang dewasa, muncullah AFI Junior yang mengangkat nama" Samuel dan Albert Fakdawer.. pertama kali gw menyaksikan acara ini gw spontan seneng banget dan terkesima!! suaranya oke" banget! samuel kalo nyanyi penghayatannya pol"an udah kaya penyanyi profesional! albert juga enerjik banget!! waduh, gw bener" bangga ternyata indonesia masih menyimpan bakat penyanyi cilik yang luar biasa ini! dan di saat itulah gw mulai berharap bahwa industri penyanyi cilik di indonesia akan bangkit lagi dari mati surinya akibat sherina munaf, seorang penyanyi cilik dengan talenta luar biasa yang tanpa disadari menenggelamkan nama" penyanyi cilik lainnya.. no offense, tapi hal ini juga baru gw sadari sekitar setahun yang lalu..

ternyata harapan tinggal harapan.. para idola" junior itu tak lagi muncul ke permukaan seselesainya acara tersebut.. kandas sudah harapan, namun idola" dewasa masih terus diperlombakan..

lalu muncullah suatu acara bertajuk idola cilik.. sayang respon dari teman" seumuran saya sudah memandang rendah acara ini, mungkin dari segi packaging yang lagi" idola, mungkin juga dari segi bahwa mereka-sudah-dewasa-dan-gak-pantes-nonton-hal-ini atau ada alasan" lain yang membuat mereka malas menyaksikan bakat" luar biasa dari anak" indonesia..

satu hal yang membuat saya terkagum-kagum akan acara ini ialah seorang yang bernama kiki.. bocah polos dari manado ini selalu membawakan lagu" pilihannya (atau yang dipilihkan untuknya) tanpa kesan paksaan.. ia memiliki suara bagai malaikat.. bukannya melebih-lebihkan, namun ia selalu bernyanyi dari dalam hati.. saat audisi ia menyanyikan lagu "andaikan aku punya sayap" dan menurut gw itu single acapella terbaik yang pernah gw denger.. dan ya, dia memenangkan kontes idola itu..

gw ga terlalu peduli dengan kemenangan kiki, yang gw pedulikan ialah, apakah kiki nanti akan 'terurus' oleh pihak" yang menyelenggarakan acara ini? mengingat terbengkalainya suara mike yang indah bagai udara pagi hari yang menyambut di balik rindangnya pepohonan di album perdananya akibat packaging yang sangat minim, dari cover album, aransemen musik, serta lagu" di dalamnya.. entah mengapa gw sangat menyayangkan hal itu karena sebenarnya mike bisa lebih baik daripada itu..

gw jadi khawatir akan nasib kiki selanjutnya.. akankah dia hanya menjadi sekedar 'penopang bisnis' ataukah dia akan menjadi 'seseorang' ?

tahun lalu gw sempet nonton denias, yang dibintangi oleh albert fakdawer (AFI junior) yang sudah bertambah dewasa mulai dari segi fisik sampai suaranya yang berubah menjadi lebih berat namun nyatanya jadi lebih enak didengar.. gw berharap suara kiki kalau sudah benar" berubah nanti masih enak, bahkan lebih enak dari yang sekarang.. berhubung gw nonton idola ciliknya bolong", gw jadi ngerasain perbedaan suara kiki dari waktu ke waktu.. kayaknya suara dia lagi berubah deh.. tapi ga tau jg yaa.. hehehe..

american idol setiap tahunnya memproduksi penyanyi" berkualitas yang menghibur setiap penontonnya, bukan hanya dengan suara yang indah, tapi juga dengan packaging yang rapi dan sifat simon cowell yang kadang menyebalkan namun gentleman dan profesional.. setiap tahun jumlah dukungan dan peminat bertambah.. namun indonesian idol? selain kualitas packaging yang semakin menurun, peminat pun sepertinya menurun drastis.. mungkin orang" lebih memilih untuk sibuk dengan rutinitasnya daripada 'buang waktu' ikutan kontes idola ini..

idola oh idola.. ada" aja..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC