15 Juni 2009

JOGJA!!

YIEEYY!! akhirnya liburan ini gw dan teman-teman berhasil ke JOGJAA!! dengan menggunakan jasa Kereta Api Lodaya seharga Rp 90.000,- kami menempuh perjalanan kurang lebih selama 9 jam. berangkat pagi, nyampe sore. sesampainya di Stasiun Tugu, kami langsung menuju Jl. Sosrowijayan untuk mencari tempat singgah. di sekitar situ memang banyak hotel dan losmen murah, rata" harganya Rp 60.000,- s/d Rp 85.000,- sekamar, semalam dan rata" sekamar bisa menampung 2 orang. bisa nambah orang sih, tapi ada charge tambahan juga. sekitar 50% harga biasanya. hohoho. akhirnya pilihan jatuh pada Hotel Monica dengan harga Rp 85.000,-/kamar/malam dan tambahan Rp 30.000/kepala tambahan.

di KA Lodaya
kiri ke kanan : agung, gw, olo, jonathan, clara

di hari pertama itu gw ketemu sama sodara gw dan teman-temannya yang juga sedang berlibur di jogja! hiyeeey! dan malam itu kami jalan-jalan di sekitar Malioboro dan ke Benteng Vredeburg yang lagi menggelar festival seni. dan mencari makan tentunya.
esok paginya gw dan clara berpisah dengan tiga lelaki di atas karena beda arah beda tujuan. gw, clara, sodara" gw, dan teman"nya sodara gw ingin berwisata alam di jogja sementara tiga lelaki di atas pengen ke borobudur dan prambanan. buat muter" jogja, kami nyewa mobil dari seorang kaskuser bernama Pak Arif. mobil toyota avanza seharga Rp 300.000/24 jam, + supir Rp 100.000, + bensin Rp 150.000, + tip supir Rp 50.000, jadi totalnya Rp 600.000,- buat mobil itu. dengan pembagian 6 orang, berarti seorangnya Rp 100.000,- gitu.. worth it laahh.. gile, itu mobil udah ngejemput pagi buta jam 3 sesuai permintaan karena rencananya kami mau ngejar sunrise di borobudur. TERNYATAAAAAAAAA!!! tiket sunrise di borobudur itu Rp 200.000,-!!!!! NAJESSS!! batal lah, rencana kami ke borobudur. akhirnya dengan melalui proses blablabla yang menyenangkan tujuan beralih ke suatu daerah yang bernama Watu Kendil. dan tempat ini OKE BANGET!! di sini kami masih mengejar sunrise dan DAPEET!! HOREEEE!!

pemandangan ke bawah dari Watu Kendil.
liat tuh.. kabutnya.. wooooowww..

sunrise-nya nongol dari balik Gunung Merapi.
manstab gan! itu yang megang kamera sodara gw, Mas Dimas.

puas menikmati sunrise di Watu Kendil, kami melanjutkan perjalanan ke Keteb Pass. sekitar setengah jam perjalanan, karena deket dan jalanan sepi banget. oh iya, di jalan kami makan gudeg, tempe bacem, dan makanan warteg lainnya dengan hanya bermodalkan Rp 7.000,-/orang! murah gilaa! kenyang padahal! sampe di Keteb Pass, kami bisa ngeliat Merapi dari dekeeeeeet banget, sebelah kirinya Merbabu deh.. wuahh.. asoooy.. bisa ngeliat bekas" jalur lahar yang masih item-coklat-abu-oke! teruss pas balik, ada fenomena aneh.. kita ngeliat awan yang berdiri sendiri! tuh fotonya, kalo penasaran! hahahah.. oh iya, biaya masuknya Rp 3.200,-/orang dan Rp 4.000,-/mobil buat parkir. suasananya mirip" Puncak Pass, bedanya, kita ngeliat gunung. hehe.

awan yang berdiri sendiri.
kaya bebek yah? hahaha.

selesai dari Keteb Pass, kami melanjutkan perjalanan ke Kaliurang. sekitar 1 jam perjalanan lah. dai Kaliurang kami ke Ullen-Sentalu, museum keraton gitu. oke deh museumnya! sayang ga boleh foto-foto sembarangan di sana. museum itu menyimpan foto" repro dan lukisan" serta patung dari tokoh" keraton baik keraton jogja, maupun solo. suasananya asyik bgt! ada juga ruangan khusus batik. isinya ada berbagai jenis batik, nama-namanya, bahkan artinya! yang paling gw suka sih, lukisan pengantin jawa wanita. jadi ternyata di setiap aksesori yang dipakai oleh mempelai wanita itu ada artinya, bahkan yang kecil-kecil. ga bakal gw jelasin karena banyak banget! tarif masuk museum ini Rp 15.000,-/pelajar atau mahasiswa, Rp 25.000,-/umum. makanya, kartu mahasiswa jangan ketinggalan! soalnya si clara tetep bayar tarif umum karena lupa bawa kartu mahasiswanya. muahahahaha.
dari Ullen-Sentalu kami lanjut ke Taman Wisata apaaaa gitu namanya. lupa. bayar Rp 2.000,-/orang. di sana banyak monyet! terus ada curug, walaupun kecil. ada jalan ke atas, katanya bisa ngeliat merapi dari situ, soalnya Kaliurang itu udah dekeeeeet banget sama Merapi. dengan susah-payah kami mendaki sampai atas. ehhhhh sampe atas ternyata Merapi-nya udah ketutup kabut. SIAL!


si monyet bergaya. hahaha.

tuh curugnya. pelit euy, tapi lumayanlaah.

dari Kaliurang kami lanjut ke Pantai Sundak. tapi sebelum sampai Sundak, kami makan dulu di Ayam Kosek. sayang gw lupa nanya nama daerahnya sama Mas Agus, sang supir. enak ayamnya! kayak ayam kalasan tapi dikasih tumisan cabe ijo, cabe merah, bawah merah, bawang putih, sama garam. enaaaak! dan nagiiiih!! pedes tapi bikin pengen makan terusss!
dari Ayam Kosek, lanjut ke pantaaaai untuk mengejar sunset. lumayan lama perjalanannya. sekitar 2-3 jam. soalnya kita jalan dari utara ke selatan. wew. kita sampai di Sundak yang sebaris dengan Baron, Krakal, dan pantai-pantai selatan Jogja lainnya. wow. ombaknya gedeeee! tapi lagi surut bangeeet jadi laut ga langsung berbatasan dengan pasir, tapi pasirnya berbatasan dengan karang-karang bawah laut.

lagi pada ngumpulin ikan-ikan kecil.
lucu-lucu deh! susah difoto tapi ikannya! gesit banget!

karang-karang yang nyata banget.
hati-hati licin dan jangan sampai merusak mereka!

photo taken by : Mas Agus.
ombaknya gede banget. emang deh, selatan jawa dahsyat!

wuaaahh puas lah main-main di sana. hahaha. tapi ga dapet sunset, soalnya pantainya menghadap ke selatan banget, sementara seperti kita tahu, matahari terbenam di manaa? di baraaaaaat!!!!
dari Sundak, kami balik lagi ke Kota Jogjaaaa. sepanjang jalan kami tertidurrrrrrrrrrrrr. tiba-tiba udah nyampe Angkringan Lik Man, pengen nyobain Kopi Joss. gw pikir Kopi Joss itu Kopi pake Extra Joss, ternyata kopi yang dicemplungin arang! gilaaaaa! panas bgt donk! gw sih ga gitu doyan kopi, jadi emang ga mesen. hehe. TAPIIIIII MASA YAAAAA nasi kucing harganya Rp 2.500,-?!?!?! idihhh.. untung gw cuma ambil satu biji.
akhirnya malamnya kami bisa beristirahat dengan tenang. huaaaaa. ternyata Jogja alamnya indah juuga yaaaa.. hahahaha.. sampai jumpa di part 2!


3 komentar:

  1. Seru abis! ^^

    Rencananya mau jalan-jalan ka mana lagi ateuh, Neng? :D

    BalasHapus
  2. mu ke pangrangoooo tapi susah betul minta ijin sama ayaaahh.. hehe..

    BalasHapus
  3. seru, gab! hidup gw terlalu monoton nih!

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC