01 Juni 2009

Review - Kala

pertanyaan pertama : masih ingatkah Anda akan adanya film ini? hm? coba ingat-ingat.. bagaimana? lupa ya? hehe.. emang, film ini cuma diputer sebentaaaaaar banget di bioskop indonesia.. in fact, i've never even noticed this movie!
gw baru berminat nonton film ini awal semester 2 kemaren, pas gw sudah mengenal yang namanya joko anwar dan keranjingan nonton film bikinan dia *atau yang ditulis oleh dia* dan gw baru sadar kalo film ini arahannya joko anwar! langsunglah dengan panik-marunik gw mencari-cari keberadaan film ini.. dari tempat CD-DVD asli sampe bajakan, GA NEMU! namun akhirnya seorang teman memberi gw info bahwa DIA PUNYA VCD-NYA! bajakan sih, tapi sok ajalah.. emang gw udah nyari-nyari aslinya tapi ga nemu, jadi apa salahnya nonton bajakan? huff..
pas gw nonton film ini, komentar gw cuma satu : WHAT?!
gila ya! film sebagus ini menghilang gitu aja dari peradaban dan POSTERNYA ITU LHOOO!! sama sekali ga mencerminkan film-nya! gimana orang ga males nonton?! parahh.. paraaaahhh..
jadi, sebenernya film ini tentang apa sih?
film ini bercerita tentang seorang jurnalis bernama janus (fachri albar).. si janus ini hidupnya merana bgt deh.. dia punya penyakit narkoleptik, yaitu penyakit di mana saat ia terlalu bersemangat atau terlalu panik dan takut, dia akan tertidur.. makanya istrinya (shanty)  kecewa dan si istri menceraikan janus dengan alasan "tidak mendapatkan kepuasan batin" heheu.. terus suatu hari tiba-tiba si janus mendapatkan suatu rahasia dan hanya satu orang yang boleh mengetahui rahasia itu.. saat rahasia itu diketahui dua orang, salah satu di antara mereka harus mati.. dalam suatu kondisi, eros (ario bayu) juga mengetahui rahasia tersebut.. nah lo, siapa donk yang harus mati? deng dong..
emang sih, gw agak bingung pas baca sinopsisnya.. dan gw bingung bagaimana menceritakannya pada orang lain saat gw selesai nonton film ini.. satu-satunya cara untuk mengerti film ini adalah LO HARUS NONTON!
yang bikin gw terpana sama film ini adalah SETTINGNYA! gila! parahh! sepanjang film gw menebak-nebak : ini syutingnya di mana? wardrobenya dapet banget! eh terus ini di mana lagi pula? parah! lightingnya oke banget! gimana cara coba? gila deh bener-bener.. two thumbs up buat film ini.. beda banget sama film-film indonesia yang udah ada dan setelah gw browse, film ini bergenre noir.. film-film gelap gitu.. wuahh.. mantap lah! banyak banget scene yang kalo di-pause tuh bener-bener kayak foto.. OKEEEE!!!
hal kedua yang bikin gw suka banget sama film ini adalah ceritanya! ceritanya tuh nyambung-nyambungnya lumayan ngagetin dan joko anwar bisa nyambungin film noir ini dengan sejarah indonesia! walaupun.. ehmm.. ada satu hal yang menggelikan di dekat akhir-akhir film ini.. hahaha.. tapi kocak kok.. jadi inget angling dharma dicampur sama xena the warrior sama final fantasy.. hehe..
wew.. bingung kan lo? makanya, nonton!

1 komentar:

  1. thanks for review..

    http://www.indonetasia.com/definisionline

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC