19 Juli 2009

sebuah keluarga

tadinya gw pengen menulis tentang liburan gw ke sumatera barat.. sampe waktu di sana gw ngetik setiap kejadian yg menurut gw menarik.. namun begitu gw denger satu kabar berita mencengangkan dari facebook, gw langsung pengen menumpahkan segalanya.. di sini.. beritanya..

platalam akan dihapus dari daftar ekstrakurikuler sma negeri 34

kenapa?

banyak rumor, yang paling kenceng adalah karena kurangnya peminat.. angkatan 26 (tadinya kelas X, baru mau naik kls XI) cuma ada 2 anggota.. otomatis ketika tahun ajaran baru nanti, jumlah anggota aktif hanya 2 orang, karena anak" kelas XII udah ga keitung sebagai angota ekstrakurikuler.. dan lagi platalam belom punya sesuatu yang "wah" buat bener dipertahankan..

bukan hanya itu, semua ekskul beladiri juga ditiadakan, dengan alasan "mengandung unsur kekerasan" dan lagi rumornya, 34 menghapus ekskul" ini akibat keputusan dari dikmenti dan INGIN MENAIKKAN TARAF MENJADI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL.. yang terakhir ini paling ngga masuk akal..

oke, gw bahas satu"..

I. PERIHAL JUMLAH ANGGOTA

hal ini masih bisa diatasi, dengan berbagai cara.. cara terbaik adalah, dengan promosi yang baik.. yang bisa bikin anak baru kepengen masuk platalam.. nah, untuk hal ini ada beberapa trik.. ga bisa hanya mengandalkan hari-H demo ekskul.. poster" di kelas" harus bagus, dan gimana cara biar kalo anak ngeliat itu, jadi kepengen masuk.. selain itu, banyak"lah berteman dengan anak OSIS, ato kan usamah, puti, sama muti tu anak OSIS, colongan aja pas lagi ngejaga kelas pas MOS, cerita" soal platalam.. pas pelantikan, ato pas jalan ke mana, gimana perasaan lo.. DAANN foto" di poster promosi sebisa mungkin foto trip yang emang pernah lo alami.. kaya caving tuh, buat 25.. ato trip slamet-nya 24, yang belum jauh muka"nya.. hahaha.. masih bisa kok, dari 2 orang nambah 8 orang lagi kan berarti? angkatan 22 dan 23 bisa dapet 8 orang, angkatan 23 dan 24 bisa dapet 11 orang, selanjutnya pasti bisa lebih kan? satu trik lagi adalah, koneksi! kalo lo kenal siapaa gitu, ajak ngobrol aja.. ga harus dia yang masuk platalam, dia kan bisa cerita" ke sana-sini soal platalam.. pokoknya banyak usaha lah! kan otaknya banyak tuh! bayangin ada 11 kepala berpikir (angkatan 25) ditambah 2 orang angkatan 26, tambah lagi alumni, idenya makin banyak kan? jangan menganggap jumlah anggota itu masalah yang tidak dapat terselesaikan, tapi anggaplah itu sebagai masalah yang besar, sehingga lo pengen menyelesaikan itu..

II. MENGENAI PRESTASI

jujur, yang ini gw nokomeng.. gw udah ngerasain, ngukir prestasi buat platalam (dalam hal ini : wall climbing) terlampau susah.. di setiap lomba pasti kalah sama yang atlet.. kalo bukan atlet, susah lah, intinya.. dan sepertinya prestasi buat 34 itu bukan semata bisa jalan ke sana kemari mengibarkan bendera, sampe masuk liputan majalah.. tapi prestasi itu : UANG.. wajarlah.. sekolah negeri..

III. EKSKUL DENGAN UNSUR KEKERASAN

nyet, bandingin lah, sama sekolah lain! apa bener sekolah" lain pada ngebubarin ekskul beladiri, pecinta alam, dll gara" ada unsur kekerasan? kalo ternyata engga, itu bisa jadi argumen buat guru".. lo punya bukti.. bahwa (misalnya) cuma 34 yang ngebubarin semua ekskul beladiri.. coba cari lewat internet perihal SK ini, bener ga ada aturan dari dikmenti untuk menghapus semua ekskul berunsur kekerasan? dan lagi, apakah beladiri dan pecinta alam itu memiliki unsur kekerasan? emang apa sih, definisi dari kekerasan itu sendiri? jangan sampe hal ini cuma dari omongan guru donk di mana ga ada bukti hitam di atas putih bahwa aturan itu ada.

IV. SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

bukannya gw ngeremehin, bukan kacang lupa kulitnya, tapi gw bisa bilang F**CKIN' ASSHOLE MIMPI KALI?! gini lah, sekolah bertaraf internasional yg gw tahu itu :
1. perpusnya bagus. buku"nya lengkap. bukan cuma buku" pelajaran isinya, tapi juga buku" populer, dari sejarah, fiksi, psikologi, semua lengkap! ga cuma berisi buku sastra tua yang kalo orang awam masuk aja males ke perpus. terus internetnya bagus. ga ngaco gitu.
2. guru"nya ramah" dan baik" semua. cuma beberapa yang emang strict, galak, dan nyebelin. emang harus ada, buat penyeimbang. tapi perbandingannya jauh lah.
3. semua ekskul didukung dengan fasilitas yang memadai. seluruh siswa boleh berkreasi dan mengembangkan potensi mereka masing". bukan malah disuruh pake kacamata kuda, kerjanya hanya belajar dan belajar. mau jadi apa mereka. pantesan, orang" desa selalu berpikir "jangan sekolah di jakarta. orang besar kan datangnya dari daerah. presiden kita, ga ada yang lulusan sma jakarta. pak sby aja dari pacitan sma-nya" yaiyalah, jakarta tu kebanyakan aturan aneh, antara belajar-mengajar udah tipis unsur ketulusannya. yang ada hanya kepentingan diri sendiri. muridnya mau sukses sendiri, guru" ngejar taraf sekolah. timbal balik?
NOH! UNTUK WAKTU PENDEK 34 GA COCOK LAH JADI SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL! selama masih pake kacamata kuda begitu.. bisa" murid"nya cepet mati semua.. ga bisa menikmati hidup.. kasian tauk, anak sma, masih ingin senang".. stress mah pas kuliah aja!

dari semua bahasan di atas, gw mengambil kesimpulan bahwa platalam masih sangat bisa dipertahankan di 34.. tergantung keinginan dari semua anggotanya, terutama anggota aktif, dan angkatan 24 yang baru lulus, karena mereka yang berhadapan.. ga usah pake alesan "alumni ga boleh masuk" lah.. lo bisa pertahanin itu semua! lo mau apa persaudaraan lo terputus, anggota keluarga ga bertambah? maaf" aja ya, gw mah ga mau jadi anak bontot.. gw masih mau punya adek yang lucu".. yang bisa diajak berbagi..

sebenernya gw bisa egois.. gw bisa ga peduli, karena gw udah punya keluarga, abang", kakak", adek", yang gw pengenin banget.. tapi gw masih pengen adek" gw ngerasain gimana jungkir-baliknya mempertahankan sesuatu yang benar" berharga buat lo semua, lebih lagi lo melalui masa jungkir balik itu bersama sodara" lo.. dan di sana lo akan tahu, siapa mereka sebenarnya.. jujur, yang bikin gw deket sama platalam adalah proyek renovasi wall.. thanks buat dipo-kakek-maria yang saat itu nyusahin setengah mati, hahaha.. tapi itu justru yang membuat lo bertumbuh.. jangan pernah kabur dari masalah, hadapi itu bareng" sama sodara lo! gw bisa! shinta bisa! rendy bisa! aank bisa! arip bisa! dan lo semua pasti bisa!

sekarang lo semua pikir baik", masih mau ga, lo pertahanin keluarga lo? sampe mati, platalam adalah keluarga gw.. sebuah keluarga tidak bisa dihapus, apalagi ditiadakan sama sekali tanpa jejak.. mau, keluarga lo hilang oleh karena orang" yang ga ngerti rasanya memiliki sebuah keluarga?

pertahankan, dan lo akan sadar bahwa seorang saudara bukan hanya ada saat lo bersenang-senang. tapi juga saat lo bersusah.
NB : ini bukan cuma buah pikiran gw. gw udah ngobrol sama beberapa orang, bwt referensi.

3 komentar:

  1. gw gak pernah jadi anak platalam, tapi gw mencoba mengerti..

    makin yakin gw kalo 34 gaya pikirnya aneh banget..

    ada juga murid makin gak suka guru kalo di ilangin ekskulnya..

    BalasHapus
  2. itu dia don..
    barusan gw ngobrol sama temen gw yang anak daerah, dan teori gw di atas bener..
    di daerah masih ketara banget ketulusan antara guru dan murid..
    34?
    ya lo tau lah, semuanya bullshit.. hanya beberapa guru yang bener" tulus mau MENDIDIK kita, bukan sekedar mengajar..
    heheu..

    BalasHapus
  3. btw, thanks for understanding :P
    hahahhaa

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC