02 Agustus 2009

kebanggaan yang (ternyata) selalu ada

gw menulis post ini dengan ceria, setelah mendengarkan lagu si komo! kyaa! weleh weleh weleh weleeeeeh!! aaa senang sekali mendapatkan lagu ituu! trimakasih r*pidsh*re!!


bukan, bukan ini, tapi r*pidsh*re

PART I : GEREJA BILINGUAL

ingin menulis tentang camping, mood tak kunjung datang.. jadilah gw menulis di sini tentang hari ini.. ya, hari yang singkat ini, di mana gw terbangun pukul 11.00 siang, di mana sudah terlambat ke gereja pagi mau pun siang.. terbangun dengan sms dari novel, pasangan taplok gw, bahwa ada kumpul diklat di sabuga pukul 13.00 untuk orientasi daerah sabuga.. oke, diklat lagi.. diklat yang mengalihkan duniaku..

yakin tetep bisa ke gereja, gw ke sabuga berbekal alkitab dan kemeja.. dan ternyata sodara sodara, BISA! gw dan teman" kristen maupun khatolik dipersilakan pulang lebih awal, yaitu pukul 16.30.. terimakasih Tuhan Yesus!

orientasi sabuga cukup sebentar, dengan keadaan jumlah panitia tidak mencapai 200 orang.. parahlah, entah pada ke mana.. mungkin lelah, mungkin ga dapet jarkom, mungkin pada ngga di bandung, mungkin pula pada males dateng.. singkat cerita, orientasi lapangan hari itu (hampir) selesai saat gw dan teman" lain yang mau ke gereja keluar dari daerah sabuga..

di angkot sadang serang caringin, bertemu dengan bang roy! waw! ada temen ke gereja! secara hari ini adalah hari pertama gw gereja di GII Dago.. dan ternyata! hari itu yang khotbah orang singapura! dan khotbahnya bilingual sodara sodara! pendetanya ngomong mandarin, translatornya mengindonesiakan.. yak, mantaf sekali itu khotbah.. sebelum khotbah dimulai, ada sekitar 5 buah lagu pujian yang dinyanyikan oleh kelvin.. kelvin ini merupakan salah satu anggota "break thru mission" yang notabene adalah salah satu orang yang berhasil melepaskan diri dari ikatan narkoba, dan mau menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamatnya yang hidup, haleluya.. hebatnya, dia juga membawa ayahnya, yang sudah terjerat narkoba terlebih dahulu daripada dia, serta neneknya, yang menyembah berhala (tidak dijelaskan secara gamblang apa maksudnya "menyembah berhala" itu), ke dalam karya keselamatan Tuhan Yesus.. puji Tuhan, Ia bekerja lewat kelvin, yang kini sudah menikah dengan seorang mantan pramugari.. wow.. mantaf..

kebaktian berlangsung lama, tapi gw menikmati, entah kenapa.. salah satu hal yang gw inget, yang diucapkan pendeta simon (yang tadi berkhotbah, yang juga merupakan mantan pemakai narkoba) kepada kelvin :
"I tell you something, if you follow The Lord faithfully, GIRLS WILL FOLLOW YOU!"
dan seluruh jemaat tertawa.

salah satu hal yang menarik dari pendeta simon (yang gw yakin juga selalu ia lakukan setiap pertama kali berkhotbah di suatu tempat) adalah ketika ia menunjukkan foto masa mudanya di penjara.. BO, GONDRONG! dulu panggilannya SIMON LONG HAIR dan beneran, rambutnya gondrong, se-gw lah gondrongnya.. tapi rambutnya lurus.. gokil, rock n' roll abis.. dan dia sempet nyanyi nyanyi blues gitu menandakan masa mudanya yang bener" rock n' roll to the max pas di penjara.. sampai akhirnya dia bertobat, dan menurut dia, mulai menyanyikan "heavenly songs instead of rock n' roll" muahahahaha.. padahal, menurut gw, lebih oke waktu dia gondrong! akiak!

selesai berkebaktian, gw dan bang roy, bagaikan usher dari suatu acara, menyambut teman" LPMI yang ternyata juga bergereja sore.. kami bertemu di gerbang GII, bersenda gurau, berfoto-foto, dan akhirnya makan bersama di balubur.. buah apa yang jualan alat tulis? BUAHLUBUR. oke, hanya anak bandung yang tahu.

PART II : SALAM GANESHA, BAKTI KAMI, UNTUKMU, TUHAN, BANGSA, DAN ALMAMATER, MERDEKA!

gw pulang lebih cepat, karena ada forbas, alias forum basket, antara panitia lapangan PROKM 2009 dengan massa kampus.. PROKM 2009 merupakan ajang ospek kampus untuk anak" baru 2009, yang berisi pengenalan dasar akan kampus ITB.. inti yang gw tangkep adalah, mengajak para mahasiswa baru untuk "tidak berjalan lurus-lurus saja di ITB" karena itu sama sekali ngga ITB banget..

"ITB ITU ROCK N' ROLL MA MEEEEN!!!"

itu kira" isi PROKM kalo dijelaskan secara singkat, padat, dan jelas..

PROKM ini secara garis besar terdiri atas 4 materi umum, yaitu, visi hidup berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, Posisi-Potensi-Peran mahasiswa, filosofi pendidikan, dan konsepsi kemahasiswaan.. tadinya gw nyaris ogah"an ikut PROKM ini, hanya ikut gara" ga enak udah nyemplung, terus keluar lagi.. terus ngurangin jumlah kuorum.. ternyata setelah gw sedikit lebih mendalami materi dan mencoba untuk bersenang-senang dengan beberapa orang di dalamnya, gw mendapat manfaat.. gw jadi tahu sejarah kenapa ITB jauh lebih bangga mengenakan jaket himpunan masing" dibandingkan dengan almamaternya.. budaya khas ITB banget tuh kaya apa.. dan yang paling penting, dan juga bikin gw bangga, adalah ketika gw sadar bahwa gw sedang duduk, atau berdiri, di antara banyak pemimpin..

hampir setiap orang yang maju ke depan dan berbicara, gw hargai dan gw respect.. bahkan beberapa orang dari angkatan gw, bukan hanya danlap maupun (mantan) pendiklat.. dan ada dua kebanggaan yang muncul saat presiden KM ITB, ka ucup, berbicara mengakhiri forum yang tidak jadi hari ini.. gw bangga jadi anak ITB, dan gw bangga jadi anak 34 (akhirnyaaaa!!!), BO, KA UCUP ANAK 34 TAUK!! 2005!! MUAHAHHAHAHHAHAH!!

satu hal yang bikin gw pengen garuk" tanah tadi adalah, ketika ka ucup berkata :

"kalian lihat, bintang-bintang di atas?!"
semua melihat ke langit, beberapa berbisik : bintang apaan, ga ada!
"ga ada kan?!"
semua mulai tengok-tengokan : apa-apaann ini?!
"kalian tau kenapa?!"
semua kembali menatap ka ucup : ?
"KARENA BINTANGNYA ADALAH KALIAN!"
oke, seketika gw inget ilam : GARING!!!!
setelah beberapa orasi, kami, segenap panitia lapangan PROKM 2009 beserta massa kampus mengumandangkan salam ganesha terbaik kami.. dan seketika, ada rasa bangga dalam diri gw.. GW ANAK ITB! dan gw ga rela ngelepas almamater gw ini untuk almamater yang lain.. GW ANAK ITB!! walau nanti gw akan lebih bangga memakai jaket himpunan gw dibanding almamater yang nyaris sebulan ngga dicuci dan selalu melekat di tubuh..

ada beberapa poin penting yang gw dapat hari ini :
  • Cu, dalam bahasa mandarin, berarti "Tuhan"
  • Ti Sung Jie Mei, dalam bahasa mandarin, berarti "saudara-saudara"
  • ke gereja bersama teman ternyata asik juga, ada temen buat nanya" kalo ga ngerti khotbah.. hahahaha..
  • DI ITB TERDAPAT BANYAK SEKALI ORANG YANG DOMINAN! dan gw belajar banyak banget dari mereka, secara langsung maupun tidak..
  • punya temen diklat yang rumahnya di bukit ligar juga itu rasanya INDAAAAAAAH BANGET! ada teman pulaaaaang! pengeluaran berkuraaaang! horeeee!!
  • gw bangga, jadi anak itb, yeaaaahh! 2012 LULUS!! AMIN!
sekian curhat cinta dari gw.. mohon maaf jika ada salah" kata.. gw bangga jadi anak itb.. gw bangga jadi anak 34.. gw bangga menjadi gabriella alodia.. gw akan menjadi seseorang yang berguna bagi masyarakat! gw akan jadi orang hebat! yeahhss!

satu lagi :
gw mulai bangga jadi anak teknik geodesi dan geomatika 2008, meski belum ospek jurusan :)
BUMI BUMI BUMI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC