07 Agustus 2009

tentang teknik geodesi dan geomatika

okay, gw, gabriella alodia, 15108018, mulai mencintai teknik geodesi dan geomatika, aheey!!
kenapa eh kenapa?
karena eh karena, ada pelajaran kartografi! yeaaahhss!!
sebenernya gw tertarik sama pelajaran ini karena salah satu dosennya, pak riqqi, menyatakan dirinya lebih sebagai "seniman" daripada dosen pada saat pengenalan prodi kemarin.. hehehe.. mungkin gw akan menjadikan pelajaran ini sebagai mata kuliah favorit di semester 3 ini.. mungkin..
lebih tertarik lagi gara" tante wiki menulis seperti ini tentang kartografi.. gw sangat gembira melihat contoh peta yang diberikan tante wiki.. ahey!
selain itu, gw menemukan bahwa, anak"nya rame dan menyenangkan.. jiwa bermainnya ada, jiwa belajarnya ada juga, tapi banyakan senang"nya.. hehe..
lagipula, sampe sekarang dosen wali gw baik sekali.. dan satu lagi, DIA MENGGUNAKAN MACBOOK! dan itu oke.. menurut gw.. hahahaha..
ehem.. walaupun.. saat gw browsing di web-nya geodesi, untuk mencari Kelompok Keilmuan yang cocok buat gw, gw masih buta :P
lebih tercengang lagi waktu ngeliat daftar tugas akhirnya.. WHAT THE HELL?! judulnya ga ada yang gw ngerti!! amit amiiiiit.. ga kebayang gimana cara gw bisa lulus dari itb.. hhhhh..
yup, pokoknya, mari berjuang di geodesi! yeahhhss!! IP 4.00 here i cooooooommmeeee!!
*lebay, IP 4.00 itu sangat amat teramat sulit didapatkan di geodesi, in fact, di geodesi mata kuliahnya nyaris itungan semua.. ILMU UKUR TANAH I dan ILMU HITUNG GEODESI yang masing" 4 dan 3 sks sudah sangat tidak membantu.. maka itu, gw berniat untuk belajar keras dan aktif di mata kuliah PERATAAN TANAH I yang notabene dosennya adalah pak irwan meilano, wali gw! agar mendapat nilai yang baik dan memberikan kebanggaan pada wali gw.. yeahhhss! lagipula, kuliah ini 3 sks.. jangan sampe jeleeek! rugiiii!! jangan ulangi kebodohan TPB kemarin.. hehehe..
yepp! mari kita dansa yo dansa di semester 3 iniii!

oke banget ga sih, om om ini.. hahahaa..
jujur gw kangen sama logo MUSICA yang dulu sering banget nongol di kaset" indonesia..
ke mana perginya ya?

11 komentar:

  1. kak, aku mau nanya dong .. ospek di jurusan geodesi ada kekerasan bener tuh ?
    kan pernah yang ada meninggal itu ..
    aku berminat ke fitb ITB soalnya ..

    BalasHapus
  2. saya tidak menjawab komentar anonim :)
    writing your own name is not a big deal, isn't it?

    BalasHapus
  3. ageng bertanya..17 Juli 2010 12.53

    kak sy ageng..
    sy sudah diterima di teknik geodesi tp koq mlah takut y.,bragkali nanti g bs ngikuti pelajarannya.,brgkali nti sulit dpat pkerjaan..
    gimana mb sy bner2 diambang ketakutan..

    BalasHapus
  4. @ageng: nikmatin aja. geodesi itu pilihan terbaik yang pernah gw alami :)

    BalasHapus
  5. kak mau nanya ni gmn prospek kerja teknik geoesi di dunia pertambangan sama oil company? penghasilan geodesi gmn di pertambangan? apakah sudah bnyak anak geodesi dikancah pertambngan n oil cmpany yg besar??? mohon infonya kak,,saya sangat perlu,,terimaksih

    BalasHapus
  6. duh salah banget lo nyemplung ke post gw yang super lama ini. ini pas gw ga tau apa" ttg geodesi, hahaha~

    yang jelas geodesi itu diperluin banget, khususnya di tambang sama oil service. SERVICE ya, bukan company (oil service: elnusa, MGS, Pageo, dll. oil company: pertamina, total e & p, dll.). biasanya oil company nerima juga, tapi jauh lebih sedikit jumlahnya, karena jarang banget oil company turun ke lapangan untuk survey.

    intinya geodesi itu kerjanya ada dua: (1) memetakan lapangan, dan (2) melapangankan peta. mudah? lihat saja nanti, khukhukhuu.

    untuk tingkat lanjut, biasanya dari geodesi lo akan belajar ilmu lain juga, sesuai tempat kerja lo. misalnya lo kerja di oil service, mungkin lo mesti belajar geofisika juga, otodidak di sana, buat akuisisi data misalnya. terus bisa juga lo jadi kerja di BPN (Badan Pertanahan Nasional) mau ga mau lo mesti belajar hukum. tapi intinya tetap ke dua hal tadi.

    itulah yang gw tau selama ini. lebih baik lo cari sumber lain juga, salam.

    BalasHapus
  7. kak aku mau nanya juga donk,,

    kan kakak udah ngejelasin peranan geodesi di oil & gas tuh..

    nah kalo di pertambangan dipake juga ga?

    kalo dipake, dipakenya seperti gmn kak? kan kalo bikin peta, anak tambang juga belajar survey tuh..

    terus di kalo di tambang sama ga kalo di mining company nerima lebih sedikit daripada di mining service?

    makasih kakak..

    BalasHapus
  8. hmm.. gw ga gitu ngerti, krn kmrn gw KP di oil service, tapi gw coba jelasin dari sudut pandang senior" gw yg di tambang ya..

    kalo di tambang, istilahnya itu ada owner dan kontraktor.. contoh kontraktor: thiess, buma. contoh owner gw ga tau, arutmin mungkin ya.

    bedanya, kalo owner itu kerjanya lebih ke pengawasan/supervisi, sementara kontraktor itu yang ngerjainnya. dua"nya kerja di lapangan, tapi karena kontraktor beban kerjanya lebih berat, secara gaji juga lebih besar. tapi kalo udah naik pangkat segala macem, gw ga tau perbandingan gajinya gimana.

    kerjaan geodesi di tambang lebih banyak main di cut and fill, volume galian, gitu" lah, jadi bisa tau berapa volume hasil tambang per-periode. temen" gw yang KP di kontraktor kerjanya jam 6 pagi s/d jam 6 malam, dan ga ada libur. perbandingannya, gw kemaren KP di oil service, kerjanya dari jam 7 pagi s/d jam 5 sore, dan tetap ga ada libur, hehe. oh iya, untuk kontraktor, setiap malam pasti ada rapat evaluasi (sama kayak oil service) kalo owner, ada rapat evaluasi, tapi ga tiap hari.

    mungkin lebih jelas bisa ke sini untuk yang tambang:
    http://celotehansanggeodet.com/pekerjaan-geodesi-di-tambang-batu-bara-part-1/

    kalo yang oil service bisa ke sini:
    http://dennipasca.blogspot.com/

    maaf kalo ada yang salah, gw juga belom lulus.
    salam.

    BalasHapus
  9. ka , aku kan ada rencana masuk itb , tp katanya kalo jurusan geodesi harus suka kerja lapangan ?

    BalasHapus
  10. sebenarnya kalo lo ga suka lapangan, kenapa mesti masuk geodesi dah? hahaha..

    bukan gimana yah, emang sih, ada kerjaan" geodesi yang sifatnya 'kantoran' kayak GIS analyst, ngolah citra hasil remote sensing, bahkan sampe bikin pemodelan hidrodinamika (nyahaha belom ngerti ya? maaf maaf) tapi kalo lo belom pernah ke lapangan, ga bakal dapet 'feel' nya.. lo seperti mengerjakan sesuatu yang 'mengawang-awang' padahal ada di dunia nyata..

    gampangnya, bayangin aja lo lagi bikin model tingkat kepadatan penduduk di jakarta.. lo dapet data nih, dari sana-sini.. nah kalo lo ga pernah turun langsung ke jakarta, terutama untuk membandingkan tempat yang 'padat' dan yang 'tidak padat,' gimana lo bisa yakin bahwa model lo 'mendekati benar' coba?

    saran gw, kalo emang ga suka kerja lapangan, lebih baik lo cari pekerjaan lain, dibanding lo malah jadi geodet yang ga bisa memberikan data yang valid dan layak untuk dibeli.. in my deeply honest opinion ini yah.. serius..

    BalasHapus
  11. min boleh minta kontaknya gak, soalnya saya juga di geodesi

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC