30 Desember 2009

pokoknya gw harus posting sekarang!!!

"mas, bawa antangin titipanku ga?"
"hah? emang nitip?"
"iya, tadi aku minta nino sms mas dimas kok.."
"kamu sms ke mana no?"
"ke nomor yang mas dimas telpon aku tadi.."
"hah? aku nelpon kamu?"
"................"
"ITU MAH TELPON RUMAH!!"

jadi gini.. gw baru saja pulang dari..... laut selatan! aheey! gw, adek gw, dan sepupu gw yang bernama mas dimas ngikut pakde gw mancing bersama dengan teman-temannya.. ga perlu gw ceritain lah ya gimana cara gw bisa tiba-tiba ikutan begitu.. segalanya terjadi begitu cepat.. kami memang sedang beruntung.. muahahaha! *apadah*

hmm.. sepertinya kurang seru kalo gw cerita tanpa gambar.. sebentar..

TADAAA!
udah berasa di tengah laut kan? hehe..


saat perjalanan dimulai, tentunya gw, si nino adek gw, dan mas dimas masih sangat amat excited.. yang naik turun kapal lah.. maksudnya ke "lantai dua" kapal, bukan naik turun ke laut.. bolak balik depan belakang.. ngeliat kanan kiri.. bahkan mas dimas dan nino sempet foto ala titanic.. iya, gw yang potoin.. mesra banget dah sodara-sodara gw itu.. udah setengah perjalanan, mulai maless.. yang ngantuk lah, bosen lah, abisan belom ada juga ikan yang nyangkut.. dan kayaknya ga nyampe-nyampe gitu ke spot yang diinginkan.. muter-muter melulu kapalnya.. lalu gw memutuskan untuk tidur.......... di luar.. hiahahaha, manstabb..

terbangun, si mas dimas udah di belakang kapal, nino masih tidur.. pindah lah si nino ke "kamar" dalam.. terus gw ke belakang deh..

"IKAN PAK IKAN IKAN!"

whoaa! aa juga akhirnya ikan yang nyangkut! pakde gw dateng dan dengan gagah perkasa dia ngambil pancingan yang berbunyi "kreek.. kreekk.." pertanda itu ada ikan yang ketancep di kail.. kan.. kan.. kasian banget sih lo..

pakde gw terus menarik dan menarik.. buset ni ikan apa ikan dah, ga kelar-kelar perasaan si pakde daritadi narik.. dan akhirnya...

"WHOAA!"

gw dan mas dimas teriak.. buseet itu ikan panjang amat! sekitar 3/4 dari tinggi gw lah panjangnya! ckckck..

"ini masih ada yang lebih gede lagi.."

oke.. gw ga tau kayak apa yang lebih gede itu maksudnya apa...... pada saat itu.. hehe..

lanjut, akhirnya sampailah kami di spot.. gw dan mas dimas belajar mancing sementara si nino masih terkapar..

nah kalo ini namanya mancing..

inilah step by step memancing :
  • siapkan pancingan! kemaren gw pake yang overhead, lebih enteng, tapi sembari narik, gulungan benangnya harus diatur
  • minta mamang-mamangnya masangin kail dan pemberat, umpan bisa dipasang sendiri
  • lemparkan kail ke laut
  • pindahkan kenop di gulungan pancingan dari "off" menjadi "on" dengan ini benang pancingan akan terulur
  • sembari mengulur tali, kita bisa iseng-iseng ngitung kedalaman laut dengan memperhatikan pergantian warna benang, tiap ganti warna itu 10 meter.. tempat kemaren gw mancing itu nyaris 100 meter dalamnya.. whoaa..
  • kalo berasa ada yang narik-narik benang dari dalem, dan tarikannya "tek.. tek.. tek.." alias berjeda, artinya, ADA IKAN!! tapi kalo ketariknya cuma "tekkkkkk.." alias narik doank, sayang sekali sodara, kail anda nyangkut.. mintalah mamang-mamangnya untuk menarik itu secara perlahan..
  • nah kalo yakin itu ikan, buat sudut antara pancingan dan laut semakin besar ke atas
  • turunkan pancingan sambil digulung
  • terus naikin lagi
  • terus turunin sambil digulung lagi
  • ulangi langkah di atas sampe ikan itu nongol, dan bersiaplah untuk kaget seberapa besar ikan yang didapat, atau makhluk laut jenis apa yang didapat.. muahahaha!!
malam itu gw dan nino berhasil dapet ikan segede gaban! panjangnya lebih dikit dari setengah tinggi gw dan lebarnya sekitar kalo lengan gw diukur dari sikut ke telapak tangan.. dan ikannya tebel pulak! sumpah, nariknya pegel banget!!!

"ayo gaab! jangan malu-maluin pakdemu!! tareeeeeeeeeekkk!!!!!! guluuuuuuuuunnngg!!! ayo tareeeeeeekkk!! guluuuuuuuuung!!!! pegel gab? tahan dulu, entar juga ikannya capek ngelawan.. ayo ayo tarik lagi! tareeeekkkk!!!"

begitulah kira-kira support si pakde pada ponakannya yang tengah berjuang di medan perang sembari memperagakan cara menarik ikan yang baik dan benar serta..

"gab gab action dulu gab! liat sini! hiak!"
*cekrek!*

oke, gw difoto dengan ekspresi super nista..

mas dimas paling banyak dapet ikan berbagai ukuran, dia dapet lima!

nginep di laut pun rasanya ajaib.. pertama, gw ga bisa napas di dalam kapal, jadi sekitar jam 2 pagi gw kebangun karena pengap, pindah tidur ke tempat yang lebih berudara.. selang 30 menitan, si nino juga kebangun, sama-sama ga bisa napas.. akhirnya kita keluar.. duduk.. lagi bengang bengong ga jelas, tiba-tiba..

"kak, kak, lumba-lumba!!"

akhirnya gw ngeliat lumba-lumba di tengah laut!! yeaahh!! satu lagi impian gw tercapaii!! tapi dasar pelit, masa nongolnya dini hari gini.. sok kecakepan lo! huu!! tapi rame banget lho lumba-lumbanya! ada kali ber-6 ato ber-7 jalan rame-rame.. nongolin siripnya ke udara.. kyaa! dan saat gw ngeliat gerombolan lumba-lumba ketiga, mereka loncat-loncat! aaa lucu sekalii!!

kalo lumba-lumba yang ini ga songong, nongolnya siang-siang..

terus jadilah kita sempet ketiduran di luar.. haha.. at least kami bisa bernapas..

wahh pokoknya pengalaman yang sangat edan lah, mancing di laut selatan.. tapi mungkin gw bakal mikir-mikir dulu buat ikutan mancing lagi.. belom siap mental lagi euy, hahaha.. sampe sekarang aja gw masih berasa lagi terombang-ambing di laut.. hahaha..

pesan-pesan terakhir gw :
  • buat cewek, PAKAILAH SUNBLOCK, TERUTAMA DI DAERAH MUKA!! gw ga pake, terus kebakarlah muka gw.. bukan cuma tambah itEM *itu mah bodo amat* tapi muka gw perih-perih sampe sekarang.. adoohh..
  • sabar yak kalo mancing.. yang bosen tuh nungguin ikan ngelahap.. pas nariknya mah seru bangeet!!
  • bawa kamera!! cukup banyak hal yang gw lewatkan tanpa diabadikan seperti penampakan si lumba-lumba, muka ikan pari yang kalo diliat bawahnya udah kayak orang senyum dan tulangnya mirip tulang rusuk manusia, si pakde malah kedapetan moa alias belut laut, whoaa banyak hal!!
selamat memancing, kawan! aheey!

NB : btw, gw ga bakal nunggu kopian foto dari kamera mas dimas dan si pakde karena takut lupa dan takut ga bakal sempet lagi nulis.. jadi nikmati saja foto-foto hasil pencarian si oom google itu yak!

3 komentar:

  1. muahahaha, seru!

    ggw pengen nyobain mancing di tengah laut.. gw pengen mancing lumba'!

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC