27 Juni 2010

saya merasa sangat bersalah jika tidak berbagi tentang film ini kepada kalian, yang membaca tulisan saya


film ini bagusss sekali!!! gw udah punya film ini dari lama, dari harddisk-nya si radit, tapi gw baru tonton sekitar 2 ato 3 hari yang lalu. film ini pinter bangeeet!!!!!

berkisah tentang 12 orang juri (yang dipilih secara acak dari berbagai jenis warga sipil, berperan dalam pengadilan untuk memutuskan jalan keluar dari suatu perkara) yang dikasih satu kasus besar: murderer. hidup dan mati tersangka (sepertinya belom jadi terdakwa) berada di tangan mereka. aturannya ada dua:
  1. keputusan apa pun dikeluarkan jika dan hanya jika vote di antara mereka berjumlah 12 banding 0
  2. jika ada satu pun keraguan yang beralasan dalam diri salah satu di antara mereka (reasonable doubt) maka mereka wajib menyatakan bahwa anak tersebut tidak bersalah (innocent), sesuai asas praduga tak bersalah
dari 12 orang itu, hanya 1 orang yang menyatakan bahwa si tersangka tidak bersalah (not guilty). yang unik, ia menyatakannya bukan karena ia yakin si tersangka itu tidak bersalah tapi justru karena ia ragu. ia hanya ingin memberi ruang dialog antar juri untuk memutuskan sesuatu yang benar-benar berkualitas, karena ia sadar bahwa ia sedang memegang nyawa seseorang. dan lagi, seseorang itu adalah seorang anak yang berumur 18 tahun.
film ini ga banyak macem-macemnya, dialog di antara keduabelas juri yang bikin film ini kuat!! buat penyuka film action, animasi, dan teknologi apa pun itu, film ini kurang cocok. tapi buat penyuka dialog, ato yang suka detektif conan, film ini wajib tonton!! gw sendiri sampe 2x nonton film ini saking kuatnya dialog di antara mereka! padahal setting film ini sebagian besar cuma di ruangan juri itu! sebuah meja persegi panjang yang dikelilingi 12 orang juri yang tak saling kenal. aaa pokoknya kereeen! yang tertarik, bisa minta softcopy-nya sama gw, hehe :)

seorang kakek-kakek berparas polos-kocak yang jadi tokoh favorit gw di film ini, hehehe

2 komentar:

Template developed by Confluent Forms LLC