26 Agustus 2010

altimetri: antara kondisi dan kata hati

eaaaa.. sok keren kali judul hari ini.. dimulai dengan bahasa planet diakhiri dengan rima yang tak disengaja.. hahaha..

grr.. sebenarnya pagi ini, sebelum teman-teman sahur, setelah berhasil nge-burn cd dengan baik dan benar (yeahs! gw ga gaptek lagi! ahahaa..), gw ingin bercerita sedikit kepada blog ini dan kepada pemirsa, baik yang setia maupun yang tak setia.. halah..

jadiii.. sebenarnya sedari pulang dari img tadi, ada satu kata yang terulang-ulang di memori gw: altimetri. yap, jadi sepanjang jalan otak gw bersenandung: altimetri.. altimetri.. altimetri.. lalalaaa.. oke berlebihan. tapi serius, kata tersebut nempel di otak gw selama beberapa lama, sebelum akhirnya gw memutuskan untuk meneruskan tanggung jawab mata kuliah geosat (tulisan G4VL-nya: geos@, halah!) yang harus dirampungkan malam ini dengan target tidak lebih dari jam 12 malam cdnya udah selesai. dan ternyata? ngaret 30 menit, okey, latian gab, lain kali pasti bisa tepat waktu, yeahs!

sebenarnya si altimetri ini sudah menarik hati cukup lama, ga lama juga sih, baru pas mau masuk semester 5 ini, ketika gw iseng-iseng berhadiah mencari-cari hubungan antara geodesi satelit dengan hidrografi. dan jawabannya adalah: altimetri.

apa itu altimetri?

gw sendiri belom tau secara rinci, hahaha. yang gw tau hanyalah bahwa altimetri merupakan salah satu jenis satelit, yang kerjaannya mantau laut, salah satunya, pergerakan lempengnya. intinya begitu. sistem kerja lalalaa belom tau gw. hmmmmm.

lalu sempat berbincang dengan si rene tadi di mobilnya. lagi-lagi mengenai masa depan. kami curcol, gw curcol, tentang isi hati gw, halah! jadi sebenarnya dalam hati gw kini tertanam sesuatu: pengen jadi ilmuwan. udah cukup lama, yah, kira-kira saat gw memikirkan kelanjutan dari profesi dosen itu apa yah? ilmuwan! jengjeeeng!

tapi eh tetapi, seperti posting gw sebelumnya, seperti akan 'percuma' gw menjadi ilmuwan ketika daya beli masyarakat indonesia (pemerintah setidaknya T_T) masih cukup rendah untuk hal-hal yang bersifat 'pintar' seperti ini.. hati gw pun bergolak, bak lempeng-lempeng yang senantiasa berdeformasi, hiaakkakak! lebay parah. eh tapi serius, keinginan (mulia?) gw untuk menjadi ilmuwan ini berbenturan banget sepertinya dengan kondisi, grrr bagaimana inih?

mengapa ilmuwan? jawaban termudah adalah: karena Tuhan menciptakan saya sebagai seorang wanita. mengapa wanita? jadi sebenarnya, teorinya, bahwa gw tidak memiliki suatu 'ikatan' yang mewajibkan gw untuk menghidupi keluarga gw nantinya (walau kemungkinan tersebut memang selalu ada, tapi ini bicara general aja). nahh, berangkat dari sinilah, gw pengen sesuatu yang istilahnya memerlukan suatu integritas, tapi bukan dalam bentuk 'terikat' pada suatu perusahaan tertentu. apalagi yang lapangan-lapangan gitu. gw sadar lah, tubuh gw sekarang saja renta, bagaimana saat sudah tua nanti. naahhh lagiii. ilmuwan sepertinya cocok sekali dengan jiwa 'bebas' saya. saya bisa bereksperimen dan bikin teori aneh-aneh, aheey! dengan tidak melupakan keluarga tentunya. soalnya manusia workaholic seperti gw bisa lupa makan lupa minum lupa hari bahkan lupa nama kalo udah nempel sama yang namanya: kerjaan. apalagi jika kerjaan itu sifatnya teratur dan mengikat. hmm.

namun, sekali lagi. kondisi. grrrr. masihkah gw dapat menjadi seorang ilmuwan dengan kondisi keuangan bangsa yang seperti ini? (aih, gw ga menyalahkan bangsa kok, justru lagi jungkir balik nyari solusi inihhh..)

bimbang dan bimbang. grr dan grr. hal ini yang membuat gw berbimbang-ria antara mau melanjutkan ilmu kebumian ato ngambil manajemen (ato akuntansi? ato sesuatu yang berhubungan dengan 'pendirian bisnis'?) di S2 nanti. kejauhan mikirnya? yeah, gw memang berlebihan sekali.

cuma satu hal yang gw sangsikan jika gw benar-benar akan serius 'membisniskan' ilmu gw: konsentrasi gw kepada bisnis tersebut kemungkinan akan sangat besar sekali, dan gw agaknya tidak ingin hal itu terjadi T_T

ah, sudahlah. lebih baik kita bersenandung lagi. altimetri oh, altimetri.

2 komentar:

  1. pulang lo! gw juga lagi pengen cerita tentang masa depaaan. ahey!

    BalasHapus
  2. entar yak saa deket deket lebaran!
    gw udah pesen tiket buat tanggal 6, aheey!!!

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC