26 Agustus 2010

mengapa gw jadi doyan nulis gini yah?

sebenernya udah lama sih doyan nulis. kalo baca history dari blog gw ini, lo akan menemukan banyak banget nget nget tulisan gw dari jaman lulus sma. ckckck. tapi sempet kosong pas awal-awal kuliah ato apaa gitu. sempet ngeblog hanya untuk bersosialisasi dengan orang-orang baru, bukan karena emang pengen nulis. cuma pengen tau dunia baru aja, hahahaa. terhitung saat itu gw cukup berhasil membangun jejaring ke sesama blogger, dapet template yang ciamik yang bikin komen di blog gw mencapai lebih dari 20 komen (waw!), jadi member di rumahblogger, dan nyaris ikutan kopdar, alias, kopi darat, ahaha!

terlepas dari semua itu, ada satu hal yang gw sadari membangkitkan kembali jiwa tulis-menulis gw: mata kuliah jurnalistik sains dan teknologi, eaaaa..

saat gw mengambil mata kuliah ini, cuma satu tujuan gw: iseng-iseng pengen nyicipin ilmu lain di itb, hehehe.. dan gw memilih jurnalistik dari sekian banyak mkdu karena berharap mata kuliah ini dapat mendukung cita-cita gw, yaitu, dosen, yeeaahs.. tentunya pas gw mendosen nanti kan gw mesti banyak nulis, banyak berkarya, jadilah gw mengambil mata kuliah ini..

ternyata mata kuliah ini ga terlalu spesifik membahas bagaimana 'menjurnalkan' sains dan teknologi ke dalam sebuah karya tulis.. justru yang dibahas adalah aspek-aspek generalnya seperti 5W+1H, cara menulis, metode penulisan artikel, feature, dll. yang menarik justru saat pak acep menunjukkan tulisan-tulisannya yang dimuat di media massa.. judul-judul yang dia buat bener-bener bikin orang pengen baca, hehehe..

satu hal yang gw inget banget dari mata kuliah ini adalah: saat anda merasa sudah tidak bisa menulis, hati-hati, artinya anda sudah jarang baca. hmmm bener juga yah? kalo gw ga pernah baca apa-apa (baca buku, baca koran, baca situasi, baca keadaan) apaan coba yang bisa gw tulis?

mulailah mengerjakan berbagai tugas nan cihuy.. dan hasilnya? tidak memuaskan.. kebanyakan tulisan-tulisan awal gw nilainya cuma 65, grrr.. sayang banget, udah mata kuliah umum, nilainya kecil-kecil gini.. ckck..

dan pada akhirnya, tibalah si tugas akhir!! tugas akhirnya ada 3, yaitu, membuat feature, merapikan artikel lama (di mana gw cuma dapet 65, grr), dan membuat review buku yang lebih ke arah bedah buku.. dengan niat '45 gw mengerjakan tugas-tugas tersebut, ngutip kata-kata dosen dari sana sini yang nempel di otak gw setiap lagi ngajar suatu mata kuliah yang nyambung sama tema artikel, smsin orang-orang yang pantas dan kira-kira mewakili sampel untuk wawancara feature (terimakasih untuk juda, pimen, bang roy, mama, dan beberapa sumber lain yang sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan saya tentang e-book dengan sangat niat, kyaa!), dan yang terakhir: membaca ulang buku SAMAN dan membahas setiap babnya. hwawwwwww.

gw sendiri suka terkesima ngeliat tulisan gw. hahahahaa lebay paraahhh.. tapi ga percuma lah, karena ternyata gw lulus mata kuliah tersebut dengan hasil yang lebih dari memuaskan, hehehe :)

dan sejak saat itu, gw mulai rajin baca (lagi).. baca apaan aja dah.. artikel dari internet, buku-buku supply dari berbagai sumber, majalah apaan kek, bahkan gw bikin twitter untuk sekedar ngefollow beberapa twit penting seperti kompas, info bandung, dll (tapi gw ga follow detik karena beritanya seringkali ga penting dan bener-bener nyaris ada tiap DETIK. mengganggu) oh ya! gw juga follow joko anwar! huahahahaa!!

jadilah, gw jadi rajin nulis. mau di blog maupun hanya di laptop saja untuk konsumsi pribadi. baru-baru ini juga gw mulai berani nulis yang sifatnya sharing, soalnya ternyata gw dan teman-teman seangkatan gw sedang menghadapi suatu kenyataan yang sama. melalui tulisan gw, diharapkan teman-teman yang tadinya jungkir balik mikirin sesuatu itu bisa lebih lega dan terbuka wawasannya dengan membaca pemikiran teman lain yang mungkin ga pernah kepikiran di benak mereka, hehehe.. aa seruu!

yasudah. selesai curhat gw pagi ini. tuh kan, gw jadi cerewet banget nget nget. sebentar lagi kuliah, yea yea yeaa! semoga dapet tempat duduk. geoling boo! ahahaha! selamat siang semua!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC