21 Agustus 2010

pabrik cita-cita

perjalanan bandung-jakarta hari ini terbilang cukup panjang. karena. saya tidak tidur di travel. hiaaaaaaaa!!!

hampir setengah perjalanan saya habiskan untuk bengong. kata orang bengong itu mengosongkan pikiran. tapi buat saya bengong itu adalah: berimaajinaaasiiii. imajinasi tak selalu imajinatif (halah!) kadang imajinasi datang dari hal-hal konkrit yang memang sedang terjadi saat ini. dan kebetulan, pikiran saya barusan melayang-layang ke satu arah yang saya galaukan, mungkin melebihi kegalauan akan pasangan hidup. kan masih ada ajojing, hahaha!

apakah yang saya galaukan itu?

masa depan!
*jengjeeeeng!

ngomongin hal ini di saat-saat seperti ini seakan ngga ada habisnya. pemikiran berbagai jenis manusia yang bertebaran di dunia ini pun berbeda-beda tentang konsep masa depan ini. ada yang tenang-tenang saja, ada yang sudah punya rencana besar kehidupan, ada juga yang masih linglung, yah, seperti saya ini. hahaha. yaiyalah, kita kan udah bukan anak kecil lagi yang kalo ditanya mayoritasnya akan menjawab: DOKTEEL!! *dan saat itu saya kepengen jadi astronot biar bisa ke planet jupiter*

baru-baru ini, saya memiliki satu hobi baru: stalking. BUAHAHAHAHA! siapa yang di-stalk? dosen! *doeeeng* pertama, saya sama clara secara ngga sengaja ngeliat profile-nya pak hadwi (kartografi) di facebook. woow. ternyata dia jadi kepala divisi sesuatuuu gitu di depkominfo selama kurang lebih 6 tahun! lanjut dengan tingkat iseng tinggi saya ke perpustakaan geodesi. tadinya mah, pengen beli buku geodesi satelit. tapi tiba-tiba tertarik ngeliat daftar tugas akhir yang masuk ke perpustakaan. berburu tugas akhir dosen-dosen geodesi, hehehe.

--- mulai sekarang kata saya disubtitusikan dengan kata gw!! ---

nah, gini kan lebih enak.. hahaha.. satu hal yang bikin gw tertarik adalah TA-nya pak irwan meilano, dosen hitung perataan genap, yang juga wali saya ('saya' lagi).. mengapa? karena NIM-nya yang 15192048 (gw tau pak irwan geodesi, gw tau pak irwan angkatan 92, gw tau kalo pak irwan itu kakak nimnya keke, heheh) terselip di antara nim angkatan akhir 80an!! beliau lulus april 1997, di mana jangka waktu kuliah 5 tahun pada saat itu terbilang "luaaarrr biasaaahh!!" jadi dapat diasumsikan (dan langsung disimpulkan) bahwa beliau adalah sarjana pertama di angkatannya. uyeeah!!

belom selesai kagetnya, dengan tingkat keisengan yang lebih tinggi, gw nyari TA-nya. begitu nemu, MEEEN TA-NYA TEBEL BANGEEETTT! dalam TA itu beliau membahas tentang pemantauan deformasi gunung api dengan menggunakan GPS. weeeewwww.. impian gw banget ituu (dulu, ga tau sekarang, hahaha!) dan setengah dari TA-nya berisi DATA yang dia ambil selama dua kali tiga bulan.. bayangkan betapa hebohnya kehidupan dia masa-masa bikin TA itu..

yang menarik di TA beliau justru pada kata pengantarnya.. di sana beliau menuliskan bahwa pembuatan TA tersebut bukan hanya sebatas studi literatur, pengambilan data, dsb. tapi juga merupakan pengalaman hidup yang berharga, di mana beliau sangat menghayatinya. beliau juga menyebutkan bahwa pembahasan gunung api merupakan bidang yang memang diminatinya. di sinilah hati gw tersentak. hey, mau dibawa ke mana kehidupan gw nanti?

sekarang, seperti yang kita ketahui, pak irwan jadi ahli di bidangnya. wah, betapa gembiranya jadi dia. menggeluti satu bidang yang memang diminati. saat gw berkaca pada diri sendiri: apa sih, yang sebenernya pengen gw geluti sampe setinggi-tingginya langit dan sedalam-dalamnya lautan?

gw sendiri belum tahu, dan masih mencari jawabannya. berbagai pemikiran masuk dan keluar dengan tidak teratur, sehingga membentuk suatu mozaik masa kini yang, diharapkan, dapat memantulkan cahaya-cahaya masa depan hingga mereka terlihat lebih indah. eaaaa. hahahaa..

kalo lo gimana? sudahkah menemukan sesuatu yang benar-benar akan lo geluti seumur hidup lo?

1 komentar:

Template developed by Confluent Forms LLC