27 Desember 2010

jadi, lo termasuk orang dengan penyakit jiwa jenis.........

ngobrolin sesuatu di luar keilmuan lo adalah satu hal yang jauh lebih menyenangkan dibanding mesti ngomongin hasil ujian tempo hari. ew.

terjadilah suatu obrolan dengan sodara gw yang lulusan psikologi. waktu kuliah, dia ambil spesialisasi klinik, di mana dia mengunjungi rumah sakit jiwa untuk suatu praktek. coooool. dan ternyata. benar" ada. orang". dengan penyakit jiwa. yang aneh".

oke, gw agak lupa nama" klinis-nya. intinya. di rumah sakit jiwa itu ditemuilah orang" dengan berbagai penyakit gila. ada orang yang menganggap bahwa dirinya itu pohon. jadi dia bisa mematung dengan kedua tangan terbuka. lamaaaaa banget. dan saat ditanya: "kamu lagi ngapain?" dia ngomong: "saya pohon." begitu dia pegel. dia berenti jadi pohon, duduk", dan ngobrol biasa sama teman"nya di sana. seperti orang normal. begitu dia merasa kembali fit, dia kembali menjadi pohon. cool.

terus ada juga orang" yang menganggap dirinya tuhan. jadilah kita ngomongin lia eden. jadi. sebenarnya. dia sakit? kasian. ada juga orang" yang menganggap bahwa dirinya itu bukan dirinya. contohnya: seseorang merasa bahwa "gw adalah john lennon" atau "actually, i'm elvis," pokoknya ada berbagai macam orang dengan anggapan pada dirinya masing". again. coooool.

sampailah obrolan pada schizophrenia. penyakit jiwa paling kompleks, menurut dia. jenisnya juga banyak. nonton a beautiful mind? nah. itu schizophrenia jenis visual. dia merasa ada yang gangguin dia lewat penglihatannya. ya itu. dia merasa disuruh-suruh sama temen sekamarnya, ponakannya temen sekamarnya, dan seorang yang mengaku agen rahasia. ada juga schizo fisik dan schizo audio. yang fisik, dia bisa aja ngerasa gatel" ato ada semut menggerayangi tubuhnya. padahal engga. yang audio. begitu juga. kebayang kan?

yang paling menarik dari schizo ini, dia bisa menular! dan tidak ada yang sadar dalam proses penularannya. misalnya gw schizo. adek gw, kalo keseringan main sama gw, bisa ikutan schizo, kalo dia percaya akan hal" yang gw alami. misalnya gw merasa dibisikin kalo gw cantik, trus gw cerita ke adek gw, trus adek gw percaya, dan dia akan merasa: wow, iya, kakak gw cantik. terus dia ikut"an ngerasa ada yang bisikin dia: berarti kalo kakak lo cantik, lo ganteng! dan akhirnya di otak adek gw terbentuk suatu kepercayaan: omg omg omg gw ganteng!

sayangnya. schizo ini ga bisa sembuh. seorang psikolog terhebat pun sangat sulit untuk 'menyadarkan' si pasien bahwa 'para pengganggu' itu sebenernya ga ada. maka itu. biasanya penderita schizo dikasihnya ke psikiater. yep. gw juga baru tau. mereka berbeda. psikolog itu lebih menangani 'jiwa' sementara psikiater lebih ke arah 'fisik' yang membuat mereka suka berselisih paham. psikolog: penanganan dengan ngobrol. psikiater: penanganan dengan obat. singkat cerita. penderita schizo mesti minum obat seumur hidup, untuk mengurangi 'para pengganggu yang tak terlihat' itu. dan obat itu. keras.

di balik segala ketidaksempurnaan itu, biasanya ilmuwan" dan orang" hebat itu merupakan orang" pengidap schizo. wow. menurut si sodara gw ini, bahkan nietzsche pun kemungkinan mengidap schizo. jadi memang ada orang" jenius yang merasa 'sebenarnya bukan gw yang jenius, tapi mereka, orang" yang selalu ada dan menuntun gw untuk melakukan sesuatu,' tapi tentunya yang seperti ini tidak terlalu banyak ditampilkan di media dan catatan sejarah. all we know is that, nietzsche mati gila. dan. orang" dengan penyakit jiwa, apa pun itu, bisa saja terlihat normal di luar. padahal, dia sakit jiwa. dan hal itu membuat gw berpikir: penyakit jiwa apa yang (kemungkinan) gw miliki?

2 komentar:

  1. FYI setelah gw banyak ngobrol dengan temen2 gw diluar GD, banyak loh dosen kampus kita yang schizo. Tp, orang schizo kalo lagi kambuh ampun dah gw juga ga ngerti lagi gimana nanganinnya. dan kalo lagi sehat, ya sehat aja macem orang normal.

    BalasHapus
  2. oh ya? seriusan? mesti kuat mental kita di masa depan brarti yan, nanganin kolega aneh" (amin beneran jadi dosen, aheh!)

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC