26 Desember 2010

malam ini malam bola

si nino udah terbang ke mcd cinere mall buat nobar. bokap nyokap udah depan tv. nonton. lah gw? depan komputer. dengan sesekali nengok ke arah tv.

kenapa gw ga begitu excited? gw juga ga tau. dan sekarang gw meragu: akankah tanggal 29 nanti gw menikmati nonton final di GBK?

oke. skip. sebenernya gw cuma pengen ngebahas satu hal: gw terharu waktu lagu kebangsaan malaysia diputar.

heh? yakin lo? ga salah?

iyeee busetdah. ma-lay-sia.

kenapa terharu? yah.. gw ngeliat pemainnya di-shoot satu". mukanya beda". oke, gw emang ngeliatnya cuma sekilas, yang gw liat pas banget pemainnya ada yang bermuka india, di sebelah seseorang bermuka melayu. jadi teringat bahwa, yep, malaysia merupakan negara dengan 3 jenis turunan: india, melayu, dan cina.

lucunya, orang" india itu mau membela negaranya yang sekarang. wow. hebat kan? gw aja ga bisa ngebayangin seandainya gw mesti merantau jauh ke negeri seberang entah di mana, anak gw akan menjadi seseorang yang menjunjung tinggi negeri seberang entah di mana itu, bukan indonesia. apa sih rasanya?

sekilas gw juga berpikir tentang orang" keturunan cina di indonesia. teringat statement-nya edwin, sutradaranya babi buta ingin terbang, bahwa waktu kecil dia punya krisis identitas. dia keturunan cina. mukanya cina. tapi dia mesti berbangga sebagai 'orang indonesia.' though, eh? belom lagi kalo ternyata masih adaaaa aja yang sensiin tu orang, padahal jelas" dia membawa nama 'bangsanya yang baru.' ppffft.

tambah lagi faktor cinta. halah. hehe. ngga, ngga menye". sodara gw baru minjemin buku my stupid boss 2, biasa aja sih, tapi ada sesuatu yang diangkat di sana, bahwa di malaysia, bisa terjadi kawin campur antar 3 etnis yang ada di sana. jadi jangan heran kalo ada orang bermuka india tapi punya nama cina. wow. cool.

sebenernya gw kasian loh sama malaysia. penduduk aslinya mesti berkehidupan bersama dengan pendatang. nggak. kasiannya bukan gara" itu. itu coooool. tapi gini, sebenernya apa sih khasnya malaysia? makanan yang gw tau cuma nasi lemak, dan satu"nya seni yang malaysia banget, yah, ornamen"nya. motif malaysia itu sebenernya khas banget loh. tapi kenapa mereka masih doyan nyolong yak? hmm.

udahlah. ngomongin malaysia bisa cukup panjang lebar. mulai dari lagu kebangsaannya yang sebenernya berjudul mamoola moon, yep, gw nemu di youtube. turns out to be 'terang bulan punya kita' itu sebenernya juga bukan 'punya kita' so just stop talking about how they stole it from us. cos the didn't. we stole it first, okay? tambah lagi masalah pulau yang dicolong, hey, kalopun itu pulau masih miliki kita, diurus ga? udah lepas aja. berasa lo bisa ngurus. yes, i'm being skeptic cos in reality, we suck at keeping our things.

udah ah. jadi cerewet gini. buat malayan people yang baca tulisan ini, no offense. you should be proud of your own things. they're great, really. buat orang indonesia yang baca ini, mending lo tinggalkan tulisan ini sekarang juga dan tonton final AFF! go indonesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC