06 Februari 2011

it's not (always) about winning

adooohhh cerewet sekali si gaby ini.. sehari bisa sampe 2 post panjang.. bodo amat! toh yang baca blog ini dia" juga.. kalo ga anak" IMG, ya si raisa, valdano, ilam, sama franty.. siapa lagi coba? ckck..

jadi begini.. gw pengen cerita.. rasanya sudah lamaaaaa sekali saya tidak menulis di sini.. kyaaa!! senang rasanya hahahaaa..

beberapa lama gw tidak menulis, kehidupan gw berubah.. percaya? hehe.. ada beberapa hal yang dirasa lebih 'plong' sekarang, ada banyak hal yang membuat gw bahagia, dan sekarang gw udah punya kosan yang bisa gw pulangin malem!!! walau tetep ada batas malamnya, tapi lumayan laaah.. ga 'sepagi' yang kemaren.. hehe..

hmm.. satu hal yang gw pelajari dalam beberapa hari ini adalah, seperti judul di atas: it's not (always) about winning.

menaaaaang!!! siapa yang ga seneng coba? dapet duit, dapet pengakuan, dan yang jelas, bangga! hehehe.. makanya, buat jadi pemenang, ga sedikit yang perlu disiapin.. mental, latihan, bahkan fisik juga.. pokoknya untuk mencapai suatu kemenangan, ga cukup deh, satu-dua hari..

tapi sebenernya apa sih yang mau dimenangkan? kenapa mesti menang? *aduh, tulisan gw berantakan banget dah, lagi kaga pokus, tipi kenceng banget di belakang, harap maklum

begini.. dalam beberapa bulan ini gw mengalami 2 hal yang mengubah pandangan gw tentang kemenangan, yaitu, olimpiade renang dan kongres IMGI.

tentang olimpiade renang. nyong! gw kaga pernah lomba olah raga seumur idupp!! justru itu yang bikin gw pengen ikutan olimpiade ini. gw pengen tau, sampe batas mana gw bisa ngeforsir tubuh gw. hehehe. target gw saat itu cuma satu: kaga jadi yang terakhir.

dan Puji Tuhan, ada anak IMG 2009 yang anak URPA! jadilah, latihan setiap hari sama si fakri ini!

selama latian, gw juga ngobrol" sama si fakri ini. berbagi ilmu, berbagi pengalaman. ternyata dia juga sempat mengalami hal yang sama: ga mungkin menang, tapi punya target lain.

saat itu dia bilang: "sebenernya saat lomba, yang dikalahkan itu bukan orang-orang di track seberang, tapi best-time diri sendiri." dan saat itu dia sukses melampaui best-time-nya selama latihan!

dan jadilah, gw mengejar target tersebut. lebih baik dari best-time! dan yep! di nomor 50 meter gw cukup jauh lebih baik dari best-time, dan di nomor 100 meter gw sampe ujung!! karena selama latihan, gw ga pernah bisa 100 meter non-stop!! walau di nomor 100 meter itu gw yang terakhir, hehe.. gapapaaaa yang penting lebih dari yang gw harapkan!!

sementara dalam kongres IMGI, beda lagi ceritanya. kemaren gw, babal, wicak, dan anjar maju sebagai delegasi tanpa kenal dengan orang" yang ada di dalam kongres tersebut sebelumnya. kita anak baru banget! sementara mereka udah saling kenal terlebih dulu. nah lho. kita maju dengan konsep yang benar" baru, yang ternyata tidak bisa diterima oleh mereka. selalu 1:5, selalu 1:5. delegasi ITB selalu jadi oposisi di hari pertama. sampe emosi gw keluar dan mulai pengen ngotot. uoohh pokoknya ngotot banget deh gw hari itu! dan kata orang" muka gw jelek banget. heheh.

tapi satu hal yang membuat gw tersadar. setelah kongres kelar, delegasi dari masing" universitas (ada ITS, UNDIP, ITN Malang, ITENAS, sama UGM) ngumpul bareng, irfan, delegasi dari ITS ngomong: "sebenernya yang penting dari yang begini-begini tuh ngumpulnya. kalo aku denger dari senior-seniorku, dulu abis kongres, tetep aja, yang ITB main sama ITB, ITS main sama ITS, gitu terus. nah, kalo kita ngumpul gini kan sebenernya lebih enak."

hmm bener juga yak.

buat apa juga mempertahankan suatu konsep, kalo ujung"nya kita malah ga ngobrol, ga ngapa"in. malam itu gw agak merenung, sambil mencoba ngobrol sama temen" delegasi waktu kita makan bareng di punclut. dan pikiran gw pun terbuka. iya yak. ngapain juga gw ngotot. biarlah, besok gw bakal lebih nyante. toh sekarang udah saling kenal kan, hehe.

esoknya, kongres hari kedua. gw ga banyak ngomong. sangat tidak banyak omong. untuk memperbaiki citra diri. *sebenernya gara" si wicak kaga ngebolehin gw ngomong, hahaha! jangan kira gampang orang kaya gw nahan omongan!!! dan yes, target hari itu tercapai! dan gw pun bisa lebih ngobrol santai sama temen" delegasi itu, hehe.. ternyata begini lebih menyenangkan!

see? it's not (always) about winning. dari tulisan panjang lebar di atas gw punya beberapa kesimpulan:
  1. memenangi diri sendiri itu lebih penting daripada memenangi orang lain. pasang target yang sesuai, jangan pasang terlalu jauh. ntar malah ga kekejar, hehe.
  2. bertemanlah dengan lawanmu. sumpah, ini ngefek banget! bener" no heart feeling seusai 'berlomba' hehehe.. kan seneng, punya temen baru! udah gitu lo bisa ikut berbangga ketika si teman itu menang, bukan malah cemburu dan kesel. cos that's what friends are for!
  3. pilih lomba yang memang lo nikmati! memilih lomba yang tidak lo nikmati akan membuatmu berhenti di tengah jalan. PERCAYALAH!
yep. segitu dulu dari gw. oh iya. satu lagi. teman" angkatan gw, 2008, kini (mungkin) sedang berlomba-lomba untuk sesuatu: kahim. ketua himpunan. buat teman" yang cakahim, semangat! and don't forget: it's not (always) about winning. buat temen" calon ketua IMG, I'll always be by your side :)

6 komentar:

  1. cuma bisa ketawa baca bagian "sebenernya disuruh diem sama si wicak" dan "muka lo jelek banget" hehehehe... ahh gw tidak hadir sama sekali di IMGI

    BalasHapus
  2. udah mau pemilu lagi ya? ga ikutan nyalon, gab? :D

    BalasHapus
  3. @pimen: siyal. pimeen. kalo kongres lanjutan jadinya di ITS ikut yaah, jadi guide, hehe.
    @isfa: 90% ngga fa, hehe. teman" saja yang nyalon :D

    BalasHapus
  4. WIDIH ada namaku. Samaaaa Gab, gw juga udah kangen banget nulis di blogspot. Kangen abis. ahahah.

    Oh sungguh enaknya curhat di blog. Eh Gab, aku maret masuk Cosmogirl liat yaaa =D

    Sekarang sibuk apa Gab? AHhhh kehidupan Jakarta membuat saya sulit untuk menjalin hubungan intim dengan blogspot. ahhaahaa

    BalasHapus
  5. bangun pagi kaki pegel-pegel, paha serasa dipukul-pukul tapi tetep semangat latihan karena berbagai alasan. Salut gw sama lu gab, keren!!!

    BalasHapus
  6. @franto: pasti saya bacaa!!!! kalo perlu gw beli dan gw tempel halaman lo di kamar kosan gw fran, hehe :D gw sibuk menyibukkan diri sepertinya, hahahaha.
    @mondri: gw lebih salut sama lo mooon! kompetisi sudah berakhir namun lo masih berenang. lah gw? malaaaas, hahahaha.

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC