29 Maret 2011

terimakasih, teman-teman

yang telah mempercayai saya
yang ga bosen ngajak saya karoke
yang bilang suara saya enak

kalian yang pertama kali bilang gitu, asli daaah!!!

makasih yaa, saya tidak akan begini kalo bukan karena kalian, hehe..
kalo kata babal: muaaah!! love you all!!!

nomor tak dikenal

entah mengapa sejak audisi kemarin, setiap ada nomor tak dikenal nongol di henpon gw, gw panik! jangan" glorify.. jangan" glorify.. aaaa!!!! padahal mah dibilanginnya paling telat dikabarin minggu depan setelah audisi ini.. eaa.. eaaaaa..

dan malam ini, terjadilah..

gw: halo?
seseorang: selamat malam, ini dengan gabriella ya?
gw: i..ya (panik, jarang" ada yang menyebut gw gabriella!)
seseorang: panggilannya gaby ya?
gw: i..ya (tambah panik, sumpah, sumpah, masa udah ditelpon?!)
seseorang: gaby, saya dari glorify..
gw: (KYAAAA!!!!)
seseorang: ..mau ngasi tau..
gw: (apa?! apa?! apaa?!!)
seseorang: ..kalo gaby diterima masuk glorify..
gw: oh, iya?! (KYAA KYAAAA KYAKYAAAAA!!! suara tetap sok jaim, dilanjutkan dengan mukul" isan yang KEBETULAN ada di sebelah kanan sayah)
seseorang: iya.. gaby ada kertas dan pulpen ga? ada beberapa hal yang mesti dicatet..

dan intinya dia ngasi tau kalo gw mesti dateng tanggal 5 april di suatu tempat di cihampelas jam 6 sore.. uwaaaa!!! dan kabar baik ini langsung saya sebarkan ke seluruh penjuru duniaaa!! *lebay

hiaa hiaa hiaaa!! sumpah gw seneng parang setengah matiii!!! gila, diterima beginian aja senengnya setengah mati, gimana rasanya cowo yang nembak cewe terus diterima yak? pasti seneng gila!!! hahahaaaa!! dan muka gw sumringah sekali malam iniii aaaaa!!!!!

terimakasih, Tuhan.. aku janji, di sana aku ga akan mengecewakan-Mu.. karena ini memang aku yang mau, dan aku yang minta.. Engkau yang menempatkan aku di sana, Engkau pula yang akan menguatkan aku.. yeaahhss!! :)

NB: semoga ini bukan hoax.. semoga udah ini ga ada audisi lapis dua.. semoga gw bisa bener" commit di sini.. amin!!

28 Maret 2011

046

legaaaaaa!!!!!!!!!!!

tadi siang, dengan modal nekat, modal doa, dan modal tampang natural (baca: kucel seperti biasa) akhirnya gw ikutan audisi glorify!!!!!!

ahahaaaa.. jurinya banyak nyoong.. ada 2 orang yang familiar, deni didan.. yah, pokoknya ada 2 orang personil ME tadi.. tau ME kan? itu lohh "inikah rasa cinta.. oh inikah cinta.." mungkin gw bakal disuruh keluar saat itu juga kalo tadi nyanyiin lagu mereka, hahahahaaa..

ahhh lega lah pokoknya.. masalah keterima ato ngga, mari ditunggu.. aaaa deg"aaaan!!! pengeeeen diterimaaa!! *halah, kayak nembak orang aja..

dan GW NAMATIN PLANTS VS ZOMBIES!!

ini semua gara" aryo.. sumpah yak, gara" tu bocah gw jadi keracunan main ginian juga, bangkeeee..

dan ternyata setelah tamat masih banyak puzzle dan minigames dan survival mode yang menanti untuk ditamatin juga.. aaaaaa ini mah alamat ga kelar kelaaaar!!!

pokoknya mesti kelar sebelom deket" UAS!! MESTI!! WAJIP!!

tapi ga maksa juga sih.. hahahahaaaa..

sebenernya mainan ini ga seru" amat sih.. cenderung bosen malah gw.. cuman keinginan untuk segera namatinnya itu looohhh!!!

yasudah.. mari kita bermain lagi.. hahaha!!




NB: btw, ini udah hari senen.. nyet, gw beneran keracunan mainan ini.. tanggung jawab anda, aryo!! anda juga iman!! yang udah naro plants vs zombies di ipodnyah!! TANGGUNG JAWAB KALIAANNHH!!!

NBkuadrat: 046 itu nomor audisi gw tadi.. nunggunya laammmaaa nyong.. gimana indonesian idol yak? cape bet capeeee.. hahahaha..

26 Maret 2011

just another random thoughts

waktu kosong identik dengan ngeblog. setidaknya buat gw, hahahaa!

sebenernya hari ini ga kosong.. mestinya pagi ini ada seminar KENMI, dan mestinya gw sebagai salah satu partisipan, ikutan seminarnya.. tapi entah kenapa, gw kok ga begitu tertarik ikutan seminar" beginian apa pun temanya yah? soalnya dari 2 seminar yang pernah gw ikuti (yep, baru 2 kali), gw tetep tidur di dua"nya.. ga tidur secara harfiah, tapi faktanya, gw ga merhatiin seminar itu dan cenderung ga dapet apa".. yah.. cuma keren"an buat ditaro di CV doank.. rendah..

badewe.. sempat dalam minggu ini gw mengalami masa galau paling ga jelas dalam hidup.. masalahnya ini ga jelas asal usulnya, sumpah.. standaaar, pacaaar..

"gw pikir cewe itu makhluk paling kuat yang tahan tanpa pasangan loh." (abdurrahman hakim)

yaa yaa.. mungkin ini efek udah lama ga macar.. sampe lupa, pacaran tu kayak apaan yak?

abis ngebaca blognya si franty, aih, gw jadi tertohok.. pantes gw ga punya" pacar yang istilah kata 'bener'.. lah wong gw mintanya aja ga serius? tapi deep inside gw percaya, ada kok suatu hari, orang itu.. tapi menahan godaan sebelum ketemu si 'orang itu' rasanyaaaa.. Digital Elevation Model! DEM!!

satu hal yang perlu disadari: kalo lagi PMS terus mendung, CEPETAN PULANG! kalo ga mao PILEK! goblok banget kemaren gw malah ujan"an, gara" BT di kampus ga bisa ngapa"in, mana IMG penuh! mungkin kalo kemaren gw lagi ga PMS, gw ga akan segoblok itu.. at least gw ngobrol becanda apa kek.. cih.. malah diem kayak kodok bangkong.. kenapa kodok bangkong? karena tiba" gw inget thumbelina..

aih, thumbelina! si gadis sebesar jempol!

"kamu dan saya dibesarkan dengan cara yang berbeda." (amri wicaksono)

kemarin sempat berbodoh-ria di IMG.. yang kemungkinan hanya bisa saya lakukan ketika saya PMS.. gw maen gitar secara random.. random secara maksimum.. asal nyanyi lagu yang lewat di otak gw, sampe nanyiin lagunya Opera Ikan Asin produksi Teater Koma (teaternya bokap gw!) pas gw masih bocah bet bet.. trus tadi pas gw iseng ngerapiin CV (yang ga rapi" sampe sekarang) gw baca apa yang udah gw lakukan selama idup.. dari yang paling ga penting pun kayak les musik: gitar, piano, dll. yang notabene sampe sekarang gw ga jago maen alat musik apa pun, gw tulis.. karena setelah gw pikir", mungkin itu bisa membuka cara pandang si mbak" ato mas" HRD yang bakal ngebaca CV itu, terhadap gw.. nyeeeh..

hmm.. mungkin memang saya dibesarkan dengan cara seperti itu.. yang penting ngerti musik.. mau jago ato ngga udah terserah gw.. dan faktanya, gw lebih senang jadi penikmat.. ehm.. dan nyanyi.. HUAHAHAHAHAHAAAA.. lemaaaah!

kelamaan maen di IMG bikin gw berasa dunia gw hanya sesempit IMG dah.. hahahaa.. ga menyesal, sama sekali ga menyesal.. cuman, apa yah? bisa dibilang, gw agak kecanduan.. lah lah?! iya, sumpah..

ga ngerti apa yang bikin gw dikit" pengen ke IMG.. dikit" pengen ke IMG.. bahkan pas gw ngurus KTP kemaren, satu hal yang gw kangenin adalah: IMG.. monyeeenggssss..

WTF yang bikin gw betah cobaaak?!

yahh.. mungkin IMG sedikit (atau banyak?) mengobati rasa kangen gw terhadap kumpul keluarga besarr.. saya tumbuh dengan banyak saudara sepupu.. momen natal adalah momen yang selalu saya tunggu", karena di sanalah keluarga besaaaarrrr saya ngumpul.. waktu masih kecil dulu, sekitar sampe gw SMP, selalu ada satu kamar yang di-tag buat main bareng.. meen, sodara gw ada sekitar 20an! yang main bareng biasanya sekitar 10an, soalnya waktu itu 10an sisanya masih pada kecil"..

dan di kamar itu selalu ada om favorit gw, si om paling bontot, yang kerjaannya dari gw kecil sampe segede gini minta injek" melulu.. dan apa yang kami lakukan? APAPUN! perang bantal, ngobrol ga jelas, kelitik"an, ngata"in si om, pokoknya main sampe ketiduran! dan baru dibangunin deket" jam 12 malem, buat kebaktian natalnya..

huaaaa.. kangen masa itu.. dan gw mendapatkan kembali "kamar" yang hilang itu di IMG.. dan sodara gw di IMG, lebih dari 10.. buaaanyak sekaliiii sampe gw puyeng kalo "kamar"-nya ga cukup..

cih.. sodara" yang seumuran gw saat itu sekarang mainannya PS3 sama internet.. ga seruuuuu.. gw dan sodara" sepantaran kadang sedih.. ckck.. dooh ga enaknya umur nanggung.. mas" dan mbak" yang lebih tua, yang main bareng waktu itu, udah pada kerja.. kamar mana pun udah ga muat nampung kita rame".. geeuhh!!

sekarang apa lagi yang hendak gw tulis?

hari ini gw mesti belanja.. MESTI BELANJA! biar keluar kosan! biar MAKAN!

hal yang seharusnya gw lakukan hari ini sudah gw lakukan 2 hari yang lalu.. mungkin ini saat yang tepat untuk mengubah posisi kamar.. hmm.. mungkin..

sampe sini dulu lah, curhatan ga penting gw.. hahahahahaaaaa.. semangat, braaay!

21 Maret 2011

si penikmat

bukan pencari makna
bukan pemburu kemenangan
hanya penikmat

bukan seorang yang visioner
bukan sesuatu yang dapat dibanggakan
hanya penikmat

diri ini
tak lebih dari seorang penikmat
setelah disadari

hanya akan berhenti
ketika tak lagi menikmati
tak lagi membuat jantung berdegup kencang dan pikiran terkuras habis

bukan soal tanggung jawab
bukan soal peran, fungsi, posisi
benar benar sekedar penikmat

ditulis dengan kesadaran penuh. alasan mendasar atas segala kegiatan yang saya lakukan. sosialisasi? kepanitiaan? lomba? bahkan ujian tengah dan akhir semester? semua karena ada kenikmatan di balik semua itu. dan hal itu, lebih dari cukup :)

teruntuk teman-temanku

lagi iseng buka http://thingsweforget.blogspot.com/ dan nemu ini:


teringat keluh kesah beberapa teman belakangan ini. ya. kita semua jenuh. kita semua pernah terjatuh. bahkan tersakiti. hey, tetap semangat! i believe that we will be there for each other, side by side :)


PS: yes, i will always be there.

bahkan sekarang pun saya sudah kangen bandung?

payah ni.. jakarta emang ga kondusif buat ngerjain yang serius".. kalo ini ktp ga keurus juga besok, bodo amat ah, gw ke bandung aja.. mending kerja di bandung daripada di sini.. panasssss bawaannya maleesssss pengen tidurrrrrr..

aih aih..

lagian, ngasal bet pulang hari gini..

ya gapapalah.. nemu mamah barang sebentar, lumayaan.. hihii..

huaaahhhh.. kangen udara bandung..

ngurus ktp, males gila

lagi" gw mesti berurusan dengan ktp. aih aih ktp. kenapa gw memutuskan untuk ngurus ktp secepat dan serandom ini? karena percakapan berikut.

gaby: cak, kp butuh ktp ga yah?
wicak: hmphh. jangankan kp gaab. HIDUP ya butuh katepee.
gaby: aaaah.
wicak: lo jangan bikin ktp gara" buat kp. bikin ktp ya karena emang lo butuh.
gaby: oooh. yahh. pulang donk gw minggu ini. malaaaas.
wicak: lo kapan lagi bisa pulang coba?
gaby: hmm.

dan pulanglah saya!

gila, males bet males yang namanya ngurus ktp. sumpah. ah. males gw nyeritainnya. pokoknya repot! sok" mesti foto di tempat sama cap jempol pulak! males bet males bet maleeeesss!

oh iya. blog ini ganti alamat lagi. ganti format lagi. kenapa? alasan utamanya sih, karena gw kurang sreg sama namanya. setelah gw pikir", kenapa mesti alpha? kenapa ga billy ato zordon sekalian? ckckck. yasudah, si bukanmanusiadodol sepertinya lebih mewakili. dan postingnya dibaca per-hari, biar ga puyeng. sampai jumpaaaa.

(dan gw baru sadar, blogroll gw ilang. aaahhh mesti masukin link anak" atu atuuu.)

20 Maret 2011

cita citakuuuuu, aaaaa!!

aaaa gimana ini gimana iniiii kenapa baru datang sekaraaanggg aaaa!!!

jadi begini. sepulang gereja tadi. ada seorang mba mba ngebagiin sebuah flyer. begitu baca dua kata utamanya: GLORIFY dan AUDITION. aaaa excited aaaa!! audisi buat masuk glorify the Lord ensemble aaaaaaa!!! gimana iniiiii aaaaa!!!! kenapa baru nongolnya sekarang aaaaaa!!

kenapa gw sampe histeris?

karena begini. pertama (dan terakhir) kali gw denger glorify the Lord ensemble ini manggung itu waktu gw sma, kelas 1 ato kelas 2 kalo ga salah. itu waktu acaranya GKI Cinere: GENTA, alias Gema Talenta. ketuanya si frantooo hehehe. terus terus terusss, si glorify ini jadi semacam bintang tamu di closing-nya, dan itu KEREN BANGEETTT!!

dan sejak saat itu, gw, yang memang sudah bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan ke bandung, menambah cita cita, pengen ikutan si glorify ini!

selama di bandung, hal ini agak terlupakan, karena gw memang tidak mencari.. tingkat 1 kelewat karena saat itu gw agak ansos, nyahahahaa.. tingkat 2 kelewat gara" sibuk ospekan img dan acara"nya yang super heboh.. dan kesempatan itu baru nongol sekarang! tingkat 3! akhir pulak!! aaa!! bagaimana iniiii!!!

satu hal yang memberatkan gw, yang mungkin akan gw susah ngejawabnya kalo gw ikut audisi nanti (amiiiinnn!!) adalah kalimat di flyer itu: "BERKOMITMEN TINGGI DALAM PELAYANAN"

nah kan.. ini dia.. apakah gw bisa commit di sini? soalnya ini ga main".. pernah diceritain sekilas sama mas igen, sodara gw, kalo glorify itu jadwal pelayanannya padat, sehingga jadwal latiannya juga padat.. gw takut ga bisa commit, sumpah! biar dikata gw seneng nyanyi, tapiii untuk menjadikan nyanyi ini sesuatu yang serius.. apalagi buat pelayanan.. aaa ga semudah ituuu!!!

tapi di satu sisi, ini kesempatan gw melayani! gila, gw udah jaaaauuuuuhhhhh banget sama yang namanya pelayanan.. di PMK dan LPMI, udah kurang cocok.. di GKI MY juga udah ilang kontak, gara" ga bisa ikutan latihan musiknya terus pas tingkat 2 kemaren.. yeah.. tingkat 2ku yang menyita waktu.. ahahaaaaahh.. dan sekarang.. cocokkah waktunya?

tapi kalo ga sekarang, kapan lagi?

aaa udalah, gw ikut ajaaaa belom tentu keterima jugaaaa daripada nyesel dan penasaraaaann aaaaa!!!

ajak siapa yak? minder juga kalo sendirian --' hihii..

seminggu yang terlalu cepat berlalu

seminggu ini telah terjadi salah satu hal terpenting yang dialami seluruh mahasiswa di seluruh indonesia: ujian tengah semester.

namun bedanya, ujian tengah semester di semester 6 ini beda. gw ulangi. BEDA.

kenapa beda?

hmm.. mungkin karena yang sekarang ini paparan pembahasannya lagi konseptual banget, memasuki salah satu sub-bidang geodesi yang lebih make analisis yang ga pake ngitung.. nah lho, gimana yah jelasinnya?

gini.. di uts" semester sebelumnya, biasanya yang ditanyakan adalah nilai suatu perhitungan.. nilai ini bisa didapatkan dari ngitung" dari rumus yang udah dicatet sebelumnya, ato ada di fotokopian, kalo males bikin catetan kecil.. kebanyakan uts hitungan ini open book, karena waktu yang kami miliki memang banyak habis di ngitung, walaupun rumusnya kami udah punya.. kepala rasanya panas setiap uts, dan tiap bapak maupun ibu penjaga ngomong "30 menit lagi" hingga "5 menit lagi" rasanya AAAGGGHH!! BELOM KELAR GUEEE!!!

sementara di uts" semester ini, semuanya lebih kepada pengertian.. jujur, gw suka! serius! lebih ke konsep dan logika, bagaimana jika begini, bagaimana jika begitu.. ibarat kata, kalaupun itu semua ga closed book (kebanyakan uts semester ini closed book, soalnya kebanyakan ga pake itung"an), belom tentu lo bisa jawab, karena yang ada di fotokopian, bahkan catetan yang lo bikin sendiri, itu hanya merupakan poin" penting yang lo mesti analisis lagi buat mendapatkan jawaban" dari pertanyaan yang ditaro di kertas soal..

contohnya, di soal penginderaan jauh. ditanyakan: "jika hendak membuat analisis tutupan suatu lahan, faktor apa saja yang harus diperhatikan? resolusi spasial, spektral, radiometri, temporal?" sementara yang ada di slide kuliahnya adalah pengertian dari resolusi" tersebut. jadi mesti dianalisis lagi, resolusi jenis apa aja sih yang ngefek di kasus ini? dan untuk ujian penginderaan jauh, sistemnya tutup buku.

cool kaaaan?

dan karena emang pada dasarnya kalo udah ngoceh dalam bentuk tulisan kelarnya bisa cepet banget, gw selalu ngerasa bingung kalo ujian gw udah kelar duluan. bukan. bukan karena gw jago dan sangat mengerti. cuma karena gw nulisnya cepet aja. udah gw baca ulang sampe tiga kali, kebanyakan masih pada belom kelar juga. yaudah. emang pada dasarnya gw udah ga peduli dan udah ga mau ngebenerin jawaban apa" lagi, daripada gw buang waktu dengan bengong dan tidur dengan tidak nyaman di kelas, mending gw kumpulin dan keluar dan belajar lagi buat uts selanjutnya atau TIDUUUUURRRRRRR.

entah mengapa di minggu uts ini gw sangat merasa seperti mahasiswa! gw menghemat pengeluaran untuk makan dan lain lain untuk apa? untuk membeli buku!!!! selain itu, soal"nya bikin berasa mahasiswa banget! mikir dengan analisis dan interpretasi masing"! aaaaa itu kereeeeeeeeeennnnnnhhh.

dan minggu uts ini membuat gw kembali ingin menjadi dosen, hihihii.

walau secara nilai, gw ga tau nilai gw bakal berapa. entah baik entah buruk. entah indah entah ancur. yang jelas gw cukup puas dengan apa yang gw kerjakan di minggu ini, terutama di ujian fotogrametri 1, entah mengapa, gw sangat bangga setelah selesai mengerjakan ujian tersebut, karena sempat mengajarkan beberapa teman tentang konsep" dasar fotogrametri tersebut. terimakasih juga sodara aser dan sodara momo atas ilmu tengah malamnya!

aaaahhh senangnya..

17 Maret 2011

spinning my wheels around the town

watch out, watch out!
do you mind to step aside?!
watch out, watch out!
(tania in a car - clover)

nyeh nyeh.. kayaknya asik yak nyetir yak.. nyeh nyeh..

seandainya jakarta ga sepadat itu.. asik banget, nyet.. tata kota jakarta sebenernya enak, loh.. lebih enak dari bandung, yang jelas, sebenarnya.. hahahaaa.. tapi kenapa kendaraannya banyak amat daaaah?

bikin males belajar nyetir, nyet.. sumpah.. agak merasa bersalah aja, jika turut berkontribusi menambah kemacetan.. gahhh.. berlebihankah?

HIDUP NEBENG!

halaaah! hahahahahaaaa..

tapi bayangin deh.. kalo jakarta sepi.. kendaraan cuma dikit.. enak banget nyet, nyetir VW kodok, buka jendela, ga perlu pake musik apa" cukup suara mesin dan angin semilir, muter" jakarta.. ke monas.. lanjut ke kota.. puter balik lagi menjelajah pecinan.. aaaahhh indaaahhh..

sayang, kau terlalu ramai, jakarta..

curahan hati dan pencerahan pemikiran, halah!

satu hal yang gw bete-in hari ini adalah: mengapa salah satu UTS yang menurut saya sangat abstrak dan baru gw pelajari dua jam sebelom ujian (jadi waktu belajarnya sekitar satu setengah jam, setengah jam buat di jalan plus bengang-bengong dikit) malah jadi lebih jelas dan terukur kualitas nilainya dibanding UTS lain yang menurut saya lebih jelas dan waktu belajarnya lebih lama? bete, nyeeet!!!

satu hal dari si UTS kedua, interpretasi kami terhadap soal berbeda-beda!

contoh kasus: di soal nomor lima, dari empat orang peserta ujian (yap, benar, EMPAT) jawabannya tidak ada yang sama. ulangi: TIDAK ADA YANG SAMA.

gahhhhhh.. stres gw..

bahkan gw membuat kesalahan terbodoh sedunia.. sumpah yak.. emang dah yak.. gw manusia paling ga teliti sedunia kali yak.. masa jelas" di soalnya tuh DOUBLE, gw malah nulis angka empat.. EMPAT, nyeeet! mestinya DUA, gilaaa!!!!!! *mungkin ini sifat saya yang mesti diubah di bulan april, yeahs!

mengapa gw menganggap UTS ini berlebihan yah? ahhhh mengapa tidak bisa santai sedikit?

mungkin karena cara belajar gw yang masih keteteran.. hmm.. tidak setiap hari.. hmm.. tidak seperti kata dian.. seperti di PPKn dahulu.. pulang sekolah, mengulangi pelajaran yang dibahas di kelas.. jiaaaahhhhh..

manusia deadliner.. pematigaris.. halah!

satu lagi.. gara" kejadian tragis di jepang, gw jadi dapet pencerahan tentang suatu tulisan yang sedang gw rancang.. hadooohhh ini tulisan yang paling bikin stres seduniaaaaaaaaaaaa.. ini masalah kredibilitas sebagai penulis, serta identitas sebagai anggota suatu organisasi yang notabene pernah 'megang' masalah beginian.. nah lo.. ngerti ga lo? ngerti ga lo? sante aja.. gw juga ga ngerti kok.. nyahahahaahhhh..

ah udah ah..

survey satelit, nyeeet..

survey lingkungan pesisir, nyeeet..

oh iya.. hari ini gw mengalami suatu pembicaraan menarik..

ikhsan: kalo lo ditanya, geodesi itu kerjaannya ngapain aja, lo jawabnya apa?
diaz: (gw lupa apa jawaban dia)
ikhsan: lo, pret?
pretty: gw selalu jawabnya pemetaan sama (gw lupa terusan jawabnya pretty)
ikhsan: lo, gab?
gaby: gw selalu jawab, sumpah, gw males banget jelasinnya.. rebek dah.. emang lo mo jawab apa san?
ikhsan: kalo gw, gw jawabnya, tentang informasi geospasial..
semua: WOOOHHHH
gaby: sok keren lo, san!
diaz: eh, orang awam mana ngarti informasi geospasial itu apaan!
ikhsan: lo tau ga kenapa gw jawab gitu?
gaby: kenapa?
ikhsan: karena itu jawabannya momo
semua: ...

eaaa eaa.. yasudalah.. selamat malam.. walau ngantuk berat, tapi mesti kelar ini semua.. ckck..

15 Maret 2011

selingan di tengah bab 3 dari 6 bab makalah medan gaya berat bumi yang tak kunjung usai

rejeki itu memang Tuhan yang atur, tapi kesuksesan, kita yang menentukan
(wita anggraini, mamah saya)
the faster you do those shits, the faster you will reach your big dream
(denny sudrajat, teman saya yang suka musik jes)

intisari dari mata kuliah medan gaya berat bumi (menurut saya) adalah: penentuan geoid.

anggap gw seorang mahasiswa geodesi dan geomatika yang sedang berusaha menjelaskan what the f*** geoid is and what the f*** this f***in' thing does. itung" latian jadi dosen, nyahahahahaaa. kaaaaalo jadi.

apa itu geoid?

geoid merupakan suatu model matematis yang merepresentasikan bidang geopotensial bumi, di mana geopotensial sendiri berarti bidang yang tegak lurus dengan arah gaya berat bumi. istilah kata, gaya berat yang dialami di seluruh permukaan bidang ini adalah sama.

ngapain coba nentuin geoid? capek" amat? puyeng lagi pake berbagai macam rumus dengan berbagai macam metode dan kawan"nya?

jadi. geoid dibutuhkan sebagai acuan pengukuran vertikal, atau biasa dikenal sebagai pengukuran tinggi permukaan bumi. kenapa acuannya mesti si geoid? karena sebenarnya geoid ini merupakan pendekatan dari muka laut rata-rata, atau biasa dikenal sebagai mean sea level (msl). coba deh, dari data ketinggian gunung" yang tersebar di seluruh permukaan bumi ini. mau semeru kek, mau salak kek, sampe kilimanjaro dan everest, mereka pasti mengacu pada msl, atau yang lebih familiar, biasanya dipakai satuan mdpl, yang merupakan singkatan dari meter di-atas permukaan laut.

lah bukannya udah ada teknologi GPS? itu kan udah memuat koordinat posisi dan tinggi dari suatu titik?

naaah, ini yang ga banyak orang tau. data tinggi di GPS (terutama yang handheld, yang kayak henpon, yang bisa dibawa ke mana") itu hanya mengacu pada suatu model bumi yang disebut sebagai elipsoid. elipsoid sendiri merupakan elips yang diputar pada sumbu tegaknya. gambaran gampangnya, kayak coklat smarties, tapi ga segepeng itu, hehe. elipsoid ini kan bentuknya simpel banget, cuma kayak bola yang rada pipih. sementara bumi kita ini kan bopeng sana sini. ga rata permukaannya. maka itu, elipsoid hanya digunakan sebagai acuan posisi, yang notabene, horizontal. sementara untuk vertikalnya, kita pake si geoid. beda tinggi antara geoid dan elipsoid ini tentunya berbeda-beda di setiap titik di permukaan bumi. bayangkan. ketika lo lagi nyari minyak nih. bukannya mengacu pada tinggi geoid, lo malah pake tinggi elipsoid. weh. bisa ngaco jaaaaauuuuuuuhhh. bisa" minyaknya berada pada kedalaman sekitar 30 meter lagi dari titik yang tadinya ditentukan dengan acuan elipsoid. rugi, nyeeet!!

ilustrasi perbandingan tinggi antara geoid dan elipsoid. 'spheroidal height' artinya acuan tinggi nol-nya dari si elipsoid.
zoom in: tinggi yang dianggap 'benar' dan 'bisa dipercaya,' acuan nol-nya dari si geoid.

hooo.. begitchuuuww.. lha terus cara dapetin geoidnya gimana?

kan tadi udah dikasi tau, kalo di permukaan geoid itu gaya beratnya relatif sama.. jadi, data pertama yang dibutuhkan untuk menentukan geoid adalah........

gaya berat!

cerdas!

gravitasi gitu maksudnya?

eitsss.. bukaaaann.. gaya gravitasi itu cuma salah satu komponen dari gaya berat. gaya berat sendiri merupakan penjumlahan, atau bahasa kerennya, resultan, dari gaya gravitasi dan gaya sentrifugal. aahh yang ini ribet ah. pokoknya ada lah rumusnya. jadi, kalo kita udah dapet data gaya gravitasi dengan segala perhitungan ngejelimet, kita bisa dapet beda tinggi antara si geoid dengan elipsoid. naaah, baru deh, beda tinggi relatif ini dimodelkan, dan, tadaaaa!! jadilah geoid!!!

hoooo.. i see.. i see.. jadi intinya, kalo mau ngukur ketinggian, acuannya geoid?

bethul. paling tidak untuk acuan titik pertamaa.

terus kalo posisi, pake elipsoid?

tephaat.

terus kalo penentuan elipsoidnya sendiri gimana?

maaf, itu bukan bagian dari mata kuliah ini. silakan mengambil mata kuliah geodesi geometrik. dan selamat bergulat (lagi) dengan berbagai macam rumus penuh cinta.

yeaahhss!!! at least ada gunanya gw jungkir balik bikin paper tentang beginian. monyooong. belajar juga kan gw, hahahaha!

our lovely geoid

14 Maret 2011

misteri nasi goreng suryo bundo

tau nasi goreng suryo bundo? jangan ngaku anak itb kalo ga tau (dan ga doyan) nasi goreng suryo bundo! enyah aja lo dari dunia persilatan!!

jadi gini.. di hari yang super cerah lalu tiba" hujan gerimis ini.. adalah seorang anak manusia yang puyeng hingga ingin jungkir balik dengan salah satu tugas kuliahnya.. halah, tugas doank.. NYETS!! tugas ini ngegantiin UTS!! U-T-S!! yak. jiwa perfeksionis dan melankolis gw sangat keluar ketika sedang membuat yang seperti ini seperti ini.. puyenglah gw merangkai kata dan merangkai rumus.. sebenernya bisa sih, copas sana sini.. cumaaaannn.. mana puas awaaaaaaaa!!!

oke.. singkat cerita..

si anak manusia ini tadinya mau ngebantuin anak" yang mau ujian ilmu ukur tanah besok hari.. ternyata eh ternyata.. dia udah lupa sama sekali sama bahan yang bakal diujikan.. sayang sekali sodara.. terus dia juga laper.. maka itu.. dia memutuskan untuk, PULAAAANG!

dan dia memang ngidem makan nasi goreng suryo bundo..

jadilah, dia ke suryo bundo..

mesen..

"pake telor dadar yah.."

dan si uni berponi pun menyiapkan beberapa nasi goreng dengan sigap! saatnya naro telor.. dia naroin telor ceplok satu persatu.. gw ulangi: telor ceplok.

jadilah, gw meleng aja.. berarti itu bukan punya gw.. eeehh tiba" si uda yang mirip charlie st12 (yang belah tengah itu looowwwhh.. tau kan tau kan?) menyerahkan satu bungkus nasi goreng yang udah diplastik itemin! yah, gw ga enak untuk menolak, dan gw pun hanya menambahkan: "minta sendok, da."

dan pulanglah gw..

sampai di kosan, gw membuka nasi goreng tersebut.. dan.. gw.. menemukan........

TELOR DADAR!!!!!

wwooooowww!! bagaimana bisaaa?!?!??!

lebih singkat cerita lagi, akhirnya gw makan nasi goreng tersebut dengan bahagia.. nyem nyem nyem..

dan tugas medan gaya berat bumi gw tak kunjung usai.. oh noooooooo!!!

13 Maret 2011

sebentar lagi uts. masih ada tugas juga.

passion is a kind of fruit (gabriella alodia)
fruit is expensive (albert adhityas satria wibawa)
so, passion is expensive (abdurrahman hakim)

HAAAIII!! KANGEN DEEHHH!!
nyahahahaaa. lama banget udah ga ngeblog sepertinya. dan rinduuu. tapi gw sendiri bingung apa yang mau ditulis. abisan belakangan ini, ya gitu gitu aja. belum ada yang terlalu menarik untuk dibahas. mau cerita gw ke phuket? eits. nanti dulu. nyahahaha. *keburu basi duluan

yang jelas, kemarin iman berhasil memprakarsai ultah super dadakan si aryo dengan: kodok!

kronologinya seperti ini sodara sodara.

(cc barat, ruang 26, kajian KENMI)
gaby: man, karoke parti yuk.
iman: yuk, yuk. pengen juga gw.
gaby: sms aryo maaan. booking kosannya sekarang!
(iman sms aryo)
(sms iman dibalas aryo: karoke beneran aja yuk, bt ni gwa)
(iman ngeliatin smsnya aryo ke gaby)
gaby: hwaaa!! bales maaan! dengan senang hatiii!!!!
(iman ngebales persis seperti rikues gaby)

(img, kelar kajian KENMI)
(aryo pergi makan bersama yang belom makan)
(gaby dan iman tetap di img, main kartu sama wicak dan umar, nungguin aryo)
(aryo ga dateng-dateng)
gaby: man, sms aryo apah?
iman: gw telpon deh.
(iman nelpon aryo)
iman: mati gab hpnya. udah setengah12 nih.
gaby: balik ga lo pada?
wicak: balik.
iman: balik.
umar: gw mo main ke atas.
gaby: ya udah gw balik juga. nebeng cak.

(kosan gaby)
(gaby buka facebook)
(gaby nemu "aryo prayudhana" di bagian "birthday")
(gaby terhenyak)
(gaby sms iman: man, aryo ultah?????)
(iman nelpon gaby)
iman: gab, seriuuus aryo ultah?
gaby: nah maka itu gw nanya looo! beneran ultah kaga si tu orang?
(gaby curiga karena beberapa orang faktanya menulis tanggal ultahnya dengan asal di facebook)
iman: gab, lo masih punya buku database ga?
gaby: punya gw ilang, lah lo ga ada juga?
iman: ga ada gaaab. gab gab, kalo beneran dia ultah, mau ke kosannya ga?
gaby: duuuh. mau sih mau. cuman gw kaga enak sama satpam rumah gw. baru masuk udah kluar lagi. ntar gw kabarin lo gimana-gimananya deh ok?
iman: okeee. anjir gw ga enak banget ini gab.
gaby: ya menurut lo gueee?!??!!?!? teman macam apaa?!?!?
iman: iyaaa. yaudah, kabarin ya gab. mumpung gw masih mood buat keluar.
(gaby smsan sama barnes)
gaby: apakah ini barnes?
barnes: bukan. ahmad barnes.
(gaby terjengkang)
gaby: nes, aryo udah balik apa ke img? jangan bilang ke dia gw nyariin!!
barnes: udah balik gab. tenang gab. paling gw agak bicara sana sini. hahahahaaaa.
(gaby terjengkang kuadrat)
(gaby ym-an sama pece)
gaby: ce, aryo ultah?
gaby: ehh.. kok malah gw yang nanya elu yak?
gaby: bangke ni databes 2008 gw pake ilang dah.
pece: gw ada database 2008.
(gaby terkesima)
pece: iya si aryo ultah.
pece: udah ya gw mau tidur.
pece: bubye.
gaby: terimakasih pangeran!!
gaby: selamat tidur!!
(gaby sms iman: man, beneran si aryo ultah!! ayok apah ke kosannya?)
(gaby sms barnes: si aryo ultah nes, mau ikutan ke kosan dia?)
(barnes menelpon)
barnes: gab, seriiius aryo ultah?
(gaby terjengkang kubik. ekspresi barnes terlampau sama persis seperti si iman)
gaby: iyaaa! parabat kan parabat kan!
barnes: anjis ga enak banget gw gaaab. dari tadi gw betiga mulu sama bobi sama dia kaga ngucapin apa apaa.
gaby: lo di mana sekarang?
barnes: di kosan gw, sama si bobi tuh.
gaby: gw sama iman ke kosan lo apah?
barnes: sok aja gab. anjis anjis anjis laaah.
gaby: okee. gw ke sono yak.
(iman nelpon)
iman: gab, beneran nih mau ke aryo?
gaby: iya man. kaga enak banget nyeet kita ga ngapa ngapain.
iman: kita kasi apa ni? cari kodok apah?
gaby: cari kodoook! tapi dapet kaga yak hari gini nyeets. kita ke barnes dulu aja dah. siapa tau ada ide lain.
iman: oke laaah.
gaby: ntar kabarin kalo udah di gerbang yak. gw langsung cao.
iman: okee.
(gaby ke kamar pika/bojes)
gaby: pik pik.. piik..
pika: haaaa?
(pika teler tugas mode: ON)
gaby: eaa.. pik pik.. kalo gw mo kluar kira kira ngomong apaan yak biar dibukain?
pika: gw sih waktu itu bilang mendadak mesti pulang, tapi emang masih jam 12 setengah satuan gitu..
gaby: nyehh.. sekarang udah jam 2an, bangkee..
pika: mo ngapain emang gab?
gaby: si aryo ultaah! gw baru ngeh sekarang! parabat dah!
pika: oh ia? salam yaaa hahaha..
gaby: apa gw bilang temen gw kecelakaan yak?
(ngarang mode: ON)
pika: ah ia ia itu aja.
gaby: wokeee. selamat nugaas.
pika: hehehehe.

(pos satpam)
(gaby berlari panik, acting mode: ON)
gaby: pak pak punten pak, temen saya kecelakaan, mesti dibawa ke rumah sakit sekarang.
(pa ade bangun dan membuka gerbang dengan dingin dan tanpa suara)
gaby: nuhun banget ya pak, makasih..
(gaby dan iman pun meluncur ke kediaman ahmad barnes)

(kediaman ahmad barnes)
gaby: eh diapain ini si aryo?
barnes: kaga tau gw gab. anjiiir ga enak banget gw.
bobi: iya. pantesan tadi mukanya aga sedih sedih gitu.
iman: pengennya sih nyari kodok.
bobi: kodok mestinya banyak sih abis ujan.
gaby: cari di mana tapi?
bobi: ya paling di rumput rumput depan ada gab.
gaby: lo yang nangkep ya bob!
bobi: boleh deh!
(dan perburuan pun dimulai. singkat cerita, nemu 2 ekor kodok. kodok bayi dan kodok dewasa. YESS!!)

(di perjalanan, barnes girang sekali memainkan lampu sepedanya, yang dimaksudkan membantu perburuan kodok, yang bisa kedap kedip dengan gaul.)
barnes: sumpah ya gab, gw pikir lo ada skandal apaaa gitu sama si aryo. nyariin tapi jangan kasi tau siapa siapa.
gaby: yah kaaaaali.
bobi: eh eh, bilangnya gini aja, nih yo, kado dari kita, maaf ga bisa bungkus bagus, adanya cuma kotak sepatu. cakep kan cakep kan?
gaby: mantep booob! tancaaaappp!!

(kosan aryo, gerbang dibukain sama azmi, kamar aryo terbuka dengan bahagia)
(lilin PPAB barnes yang udah digigitin tikus dan berbentuk seperti keju di film kartun dinyalakan)
(bobi, iman, dan barnes duduk di kasur aryo dan menggoyangkan si kasur agar aryo terbangun)
(aryo terbangun)
(aryo bingung)
(aryo ga mau tiup lilin, cuma dimatiin pake jari)
(aryo bilang makasih sambil cengar cengir sebelum mematikan lilin yang dinyalakan untuk kedua kalinya)
(lampu dinyalain)
(ngobrol haha hihi hehe hoho)
(kado dikasih)
(aryo menerima dan bilang makasih)
(aryo membuka kotak sepatu)
aryo: ANJING!
(kotak sepatu dilempar ke lantai)
(empat orang pemrakarsa ketawa, muahahaha!!)

(dan pagi itu berakhir dengan sukses. kami karoke party. dhira dateng dengan kondisi pintu kamar dia kekonci sehingga nebeng tidur di aryo. gw dan azmi makan bakpia gorontalo rasa coklat yang enaknya setengah mati. barnes dan bobi pulang. dhira tertidur. azmi balik ke kamar. iman tertidur. gw ga enak bangunin iman buat minta anterin pulang. gw dan aryo ngaskus sambil ngobrol ngalor ngidul. hingga pada pukul delapan si aryo merasa mesti ngebangunin iman. perut sombongnya yang maju ke depan itu dicolek colek. palanya digebokin pake boneka uler ijonya. dan iman terlihat nista. dan akhirnya kami pulang dengan bahagiaaaa. suskes!! hahahaha!!)

sekian cerita hari ini. mungkin beberapa saat lagi gw bakal nyortir foto foto phuket. sebelum ngerjain MGB. YEAAAWWWWWW.

05 Maret 2011

entah mengapa saya suka sekali foto ini

ga belajar kalo ga jatoh. dengkul luka malah ditepok-ditepok.

besok saya nonton ayah dan adik saya manggung.
wow. manggung. wow.

"masa adek kamu lebih bertanggung jawab daripada kamu?"

duh. apa yah? kenapa mesti gini? kenapa mesti gitu? kenapa mesti pake jatoh terjengkang dulu?

ada orang yang punya karunia bisa belajar dari hal kecil.
ada orang yang punya karunia bisa belajar dari kata-kata dan pengalaman orang lain.
mengapa saya harus belajar dari hal besar, kata-kata, serta pengalaman saya sendiri?
dan pahit. weks.

hal kecil.
membesar.
membesar.
membesar.
sampai pada satu batas: nyusahin orang.

selama keteledoran ini ga nyusahin orang, gw santai. masalahnya, ini udah sampe nyusahin keluarga, bangsa, dan negara. berlebihan? mungkin. tapi untuk saya itu hal besar. sangat. besar.

jadi apa yang saya pelajari selama perjalanan PANJAAANG kemarin?
  1. perhatian dulu sama diri sendiri. baru sama orang lain. diri sendiri aja ga diperhatiin. gimana orang lain.
  2. nyari duit susah. sangat susah.
  3. jadi ibu-ibu susah. sangat amat susah. jangankan menangani anak yang semakin besar dan semakin dewasa. ngediemin bayi nangis aja susahnya setengah mati.
  4. jangan pernah pisahkan barang penting dari tas. jangan pernah. kalo perlu, jangan pernah dikeluar-keluarin. biarkan pada tempatnya. dan. bawa tas yang ada kantong ajaibnya. jangan yang sekedar cemplungan. ga cocok buat orang seperti saya.
  5. jadi teman di kala susah itu, susah. salut gw sama lo pik! yeaaahhh!
dan masih banyak lagi.
tapi sekali lagi.
kenapa harus pake jatoh, sih?

duh, males bet males bet males dah

someone, please.
buat saya semangat kuliah.
dalam arti yang berbeda.

nyeh! nyehh!

kalo gini caranya mah, hmm..

"coba lo nulis sesuatu dengan rapi deh. susah, kan?! ga enak, kan?! ya emang lo dasarnya udah gitu, gab."
"ya lo ngeliat sesuatu yang terlalu rapi aja jijik, gimana lo mau rapi?"

"jangaaaan! dunia masih butuh orang polos, gab!"
"berantakan belom tentu ga teratur. ga papa berantakan. asal teratur aja."

sebenarnya, dunia seperti apa sih yang akan gw masuki nanti?

04 Maret 2011

ke mana si dodol?

"pengalaman memang guru yang paling baik, tapi cara ngajarnya paling buruk"
- mamah

manusiadodol.blogspot.com sudah punah. entah ke mana dia sekarang. mungkin sedang mencoba kayang sambil makan es krim. kenapa alpha berkicau? karena burung berseru "aiyaiyaiyaiyaiyai!"


haaaah. rasanya ingin segera cerita. tapi biarlah. biar dibagi sama rata. berat sama dipikul. ringan sama dijinjing. enak sama dimakan. adil bukan berarti terbagi rata. harus sesuai porsinya.

dan si alpha terus berkicau.
Template developed by Confluent Forms LLC