20 Maret 2011

seminggu yang terlalu cepat berlalu

seminggu ini telah terjadi salah satu hal terpenting yang dialami seluruh mahasiswa di seluruh indonesia: ujian tengah semester.

namun bedanya, ujian tengah semester di semester 6 ini beda. gw ulangi. BEDA.

kenapa beda?

hmm.. mungkin karena yang sekarang ini paparan pembahasannya lagi konseptual banget, memasuki salah satu sub-bidang geodesi yang lebih make analisis yang ga pake ngitung.. nah lho, gimana yah jelasinnya?

gini.. di uts" semester sebelumnya, biasanya yang ditanyakan adalah nilai suatu perhitungan.. nilai ini bisa didapatkan dari ngitung" dari rumus yang udah dicatet sebelumnya, ato ada di fotokopian, kalo males bikin catetan kecil.. kebanyakan uts hitungan ini open book, karena waktu yang kami miliki memang banyak habis di ngitung, walaupun rumusnya kami udah punya.. kepala rasanya panas setiap uts, dan tiap bapak maupun ibu penjaga ngomong "30 menit lagi" hingga "5 menit lagi" rasanya AAAGGGHH!! BELOM KELAR GUEEE!!!

sementara di uts" semester ini, semuanya lebih kepada pengertian.. jujur, gw suka! serius! lebih ke konsep dan logika, bagaimana jika begini, bagaimana jika begitu.. ibarat kata, kalaupun itu semua ga closed book (kebanyakan uts semester ini closed book, soalnya kebanyakan ga pake itung"an), belom tentu lo bisa jawab, karena yang ada di fotokopian, bahkan catetan yang lo bikin sendiri, itu hanya merupakan poin" penting yang lo mesti analisis lagi buat mendapatkan jawaban" dari pertanyaan yang ditaro di kertas soal..

contohnya, di soal penginderaan jauh. ditanyakan: "jika hendak membuat analisis tutupan suatu lahan, faktor apa saja yang harus diperhatikan? resolusi spasial, spektral, radiometri, temporal?" sementara yang ada di slide kuliahnya adalah pengertian dari resolusi" tersebut. jadi mesti dianalisis lagi, resolusi jenis apa aja sih yang ngefek di kasus ini? dan untuk ujian penginderaan jauh, sistemnya tutup buku.

cool kaaaan?

dan karena emang pada dasarnya kalo udah ngoceh dalam bentuk tulisan kelarnya bisa cepet banget, gw selalu ngerasa bingung kalo ujian gw udah kelar duluan. bukan. bukan karena gw jago dan sangat mengerti. cuma karena gw nulisnya cepet aja. udah gw baca ulang sampe tiga kali, kebanyakan masih pada belom kelar juga. yaudah. emang pada dasarnya gw udah ga peduli dan udah ga mau ngebenerin jawaban apa" lagi, daripada gw buang waktu dengan bengong dan tidur dengan tidak nyaman di kelas, mending gw kumpulin dan keluar dan belajar lagi buat uts selanjutnya atau TIDUUUUURRRRRRR.

entah mengapa di minggu uts ini gw sangat merasa seperti mahasiswa! gw menghemat pengeluaran untuk makan dan lain lain untuk apa? untuk membeli buku!!!! selain itu, soal"nya bikin berasa mahasiswa banget! mikir dengan analisis dan interpretasi masing"! aaaaa itu kereeeeeeeeeennnnnnhhh.

dan minggu uts ini membuat gw kembali ingin menjadi dosen, hihihii.

walau secara nilai, gw ga tau nilai gw bakal berapa. entah baik entah buruk. entah indah entah ancur. yang jelas gw cukup puas dengan apa yang gw kerjakan di minggu ini, terutama di ujian fotogrametri 1, entah mengapa, gw sangat bangga setelah selesai mengerjakan ujian tersebut, karena sempat mengajarkan beberapa teman tentang konsep" dasar fotogrametri tersebut. terimakasih juga sodara aser dan sodara momo atas ilmu tengah malamnya!

aaaahhh senangnya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC