10 April 2011

tragedi malam minggu kelabu gelap gulita

dimulai dengan sebuah kebosanan.. bosen melakukan hal" yang seharusnya dan yang biasanya.. dilanjutkan dengan nengokin iwan yang minta tolong sama aryo, serta aryo yang minta tolong sama bayu.. seusai dari iwan, lanjut makan malam.. waktu telah menunjukkan limit menuju pukul 12 malam.. mobil mengarah ke igelanca, dago atas, dan ternyata sudah tutup.. mobil berlanjut dengan gw, seorang geodet yang masih suka ber-disorientasi-ria, sebagai navigatornya.. jadilah kami berjalan, melewati igelanca, memasuki daerah yang disebut ciburial, berharap menemukan tembusan baru entah ke mana.. ada sebuah persimpangan, pilih kiri atau lurus? dan dengan percaya diri kami (ato gw?) memilih lurus.. lurus.. terus.. ketemu jalan jelek yang berbatu-batu.. lewat sedikit.. ada turunan, cukup curam, masih berbatu, nyaris mencapai 45 derajat kemiringan sepertinya.. dengan percaya diri kami menuruninya.. turunan lewat.. berjalan sedikit.. dan ternyata.....

jalan buntu, sodara sodara..

muter baliklah kami..

"untung mobil lo, yo! bukan mobil lain gitu.." kata si bayu..

di tengah tanjakan.. ketika mesin mobil sedang meraung.......

tiba" mati begitu aja..

"ckck.. baru diomongin.." ujar gaby..

dinyalain berkali-kali, ga nyala juga.. dimundurinlah mobil itu ke sebuah tanah lapang.. waktu sudah menunjukkan pukul 1 malam.. mau minta tolong warga sekitar juga ga enak.. mesinnya didiemin sebentar.. sekitar 15 menit, ternyata bisa nyala.. lega.. ngobrol" sambil menikmati city light.. memutuskan cabut karena perut mereka sudah lapar.. naik mobil.. aryo menyetir.. menaiki tanjakan.. dan..........

mati lagi..

yak, di tempat yang nyaris sama.. memang, kemiringan 45 derajat yang didukung oleh bebatuan itu tidak mudah dilewati begitu saja.. aryo mulai baca" manual.. telpon call center 24 jam yang udah pindah nomor tapi tak juga diangkat.. nyobain segala cara buat nyalain lagi.. nelpon renmor, yang mobilnya juga nissan terrano..

segala cara tersebut tak kunjung membuahkan hasil..

akhirnya, memutuskan untuk mencoba cara terakhir.. kata renmor, pasang gigi 1 tapi pake rpm 8.. gw ga ngerti maksudnya apa, tapi gw iya iya aja lah.. yang penting keluar dari negeri antah berantah ini.. mobil dipanasin.. dengan dingin luar biasa di puncak dinginnya hari, sekitar pukul 2 atau 3 dini hari, manasin mobil butuh waktu yang cukup lama.. ngobrol ngobrollah kami.. dan gw mulai ngantuk.. masing" mulai megang jaket.. dan gw tidur" ayam, sambil ngobrol sama tu orang dua.. mesin udah mencapai setengah temperatur, dicoba lagi lah untuk mendaki tanjakan super dahsyat itu.. mesin meraung.. mobil menanjak.. dan......

mati lagi..

mulai bingung.. udah tiga kali mati.. balik lagi ke tanah lapang di bawah.. coba telpon call center lagi.. ternyata.. nyambung.. selama tadi, salah nomor.. oke.. kesimpulannya, bala bantuan akan berangkat dari soekarno-hatta bandung (bukan bandara soekarno-hatta) sekitar pukul setengah 4.. saat itu sudah pukul 3.. setelah yakin dengan bala bantuan, kami ngobrol" lagi sampe akhirnya masing" tertidur..

gaby: pelajaran hari ini..
bayu: apa?
gaby: begitu liat jalan jelek, puter balik!
aryo: ada satu pelajaran lagi..
gaby: apa?
aryo: tentukan pilihan sebelum jalan!
bayu: hahaha bener bener!
aryo: ckck.. ga ada yang namanya "jalanin dulu aja!"
gaby: hahahaa.. ga ada yang namanya "learning by doing!" belajar dulu baru doing!

dan kami pun tertidur.. cukup pulas..

handphone aryo berdering.. wew, udah jam 5 pagi.. cukup lama.. katanya mas" nissan udah di kopi ireng.. aryo ngasih ancer" buat ke daerah antah berantah ini.. dan handphone ditutup.. dan kami tidur lagi..

tiba" aryo nelpon mas"nya lagi.. wew, udah setengah 6.. si mas" belom sampe juga.. padahal jarak dari kopi ireng ke daerah kami ga jauh" amat.. aryo ngasih tau ancer" lagi, dan bayu memutuskan untuk keluar dan nyari mobil mas" itu..

beberapa saat kemudian, datanglah bala bantuan itu bersama bayu.. mobil dibongkar *lebay; maksudnya, mesinnya dicek..

"ini mah fuel pump-nya mas, udah tua.. faktor usia.. mesti diganti, paling mahal ini, 2 juta.." kata mas" nissan.. dan gw speechless.. wat?!

singkat cerita, fuel pump diganti, dan dicoba lah si fuel pump baru itu..

"bismillahirahmanirahim.." gumam aryo..

mobil dinyalain.. 
mobil mendaki.. 
iyak, lewat dikit.. 
iyak, lewat dikit..
dan..
sampe!!!!

"PUJI TUHAAANNN!" gaby berseru..

dan aryo bahagia setengah mati, huahahahahahaaa!

singkat cerita kami turun gunung, menuju kosan aryo buat ngambil duit bulanannya, yang sementara dipake buat bayar servis, ke kosan gw ngambil barang, karena udah jam 8 dan travel gw jam 10.15 jalan!

dan rencana makan malam menjadi sarapan.. hahahahahaa..

terimakasih aryo prayudhana dan raden bayu laxmana soeriawidjaja.. kalian membuat malam minggu saya menjadi tidak biasa.. dari bukit bintang antah berantah tanpa bintang, sampe bintangnya nongol, sampe matahari terbit, dan menikmati gunung berlapis yang ga pernah kita liat sebelumnya.. hahahahaa! mobil aryo memang cocok dengan pemiliknya.. TUA!

1 komentar:

  1. wah gep,,,
    coba hujan,, pasti jauh lebih seru gep...

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC