29 Agustus 2011

untung gw udah nonton


kalo kata dedi mizwar, alangkah lucunya (negeri ini). dan gw cuma bisa ketawa ngeliat berita ini: FPI akan menyerbu stasiun televisi manapun yang berani menayangkan film ?.

gw cukup yakin hanung sedang tertawa terbahak-bahak sambil geleng-geleng kepala. dan di belahan dunia lain mungkin joko anwar sedang berkata: "anjing si hanung, isu gay yang gw bawa kemakan sama isu toleransi beragama. anjiing, anjiiiing." hahahahaaa..

28 Agustus 2011

the first indonesian seven summit-ers

 

terimakasih.
telah membuat saya semakin bangga, menjadi warga negara Indonesia.
terimakasih :')

hopefully, soon after graduation



sebelum melakukan yang lain. hopefully juga, dapet kesempatan exchange sebelum ini, jadi gw bisa memotivasi anak" tersebut untuk mengejar cita" mereka.

"siapa yang mau sekolah di luar negeri?"
"saya bu saya bu!!"

25 Agustus 2011

ini mah bukan naksir ini mah jatuh cinta ini mah!

sony ericsson aaaaaaaaaaaaaaandroid!

terimakasih. tak pernah kau buatku kecewa akan kesetiaanku padamu. kini kau semakin dewasa! label baru melekat di tubuhmu nan gagah: android.

tak kan kubiarkan Bl*ckb*rry menghalangi cinta kita!

23 Agustus 2011

sendiri

tadinya gw sekedar ingin menampilkan foto pak guruh soekarnoputra, tapi rasanya kurang gimanaaa gitu kalo hanya sebatas itu. yaaa. bapak ini kan terkenal akan kontribusinya dalam dunia seni indonesia. mungkin ada yang pernah tau GSP production? gw juga ga terlalu tau, tapi inget pas kecil kalo GSP production bikin/ngisi acara, pasti rame banget dan musiknya khas.

tumbuh dewasa saya mulai mengenal lebih jauh karya pak guruh lewat band-nya dahulu bersama chrisye dkk, guruh gypsy.  dengan teknologi internet yang sangat memudahkan perputaran berbagai hal dalam format digital, gw mendownload dan mendengarkan lagu" beliau. *maaf pak, saya ga tau mesti nyari itu di mana lagi soalnya

dan sinting. wah ga ngerti deh gw. bapak ini emang jagoan banget.

selain guruh gypsy yang edan itu, lagu" ciptaan pak guruh tuh enak" dan khas banget. berikut salah satu lagu beliau yang dinyanyikan kembali oleh floatproject, gw dapet link ini dari valdano, udah agak lama. tapi tetap menarik. hehe. terimakasih pak guruh.


22 Agustus 2011

loop n paper

saya punya lup. saya punya kertas. saya pengen bakar kertasnya di beberapa bagian. tapi waktu yang saya punya ga cukup untuk membakar kertas tersebut menjadi bentuk yang diinginkan. kalo mesti ngebakarin satu" sendirian ga akan kelar. solusinya: cari orang" yang punya lup, ato yang pengen beli lup, ato yang pengen membakar kertas dengan menggunakan lup. cari tempat terbuka, bagi tempat, jangan saling nutupin, dan mari membakar bersama.



bermain enneagram: saya tipe 7!

di TFT kemarin, pak irawan menyebutkan sesuatu yang ternyata menarik. ennagram. yaa, gw pernah tau tentang ini. pernah iseng" ngebuka beberapa halaman di buku yang membahas hal ini. pernah juga tes kecil"an dengan basis enneagram, pas jadi taplok. saat itu nilai 'petualang' (tipe 7) gw setara dengan nilai 'pejuang' (tipe 3) gw dan gw adalah orang yang sama sekali tidak 'romantis' (tipe 4) karena poin gw di tipe tersebut cuma satu. walau gw mudah sekali menangis kalau disuguhi film kuch kuch hotta hai.

kembali ke enneagram. sebenarnya apakah enneagram itu? mari kita lihat ilustrasinya.




enneagram ini adalah sebuah metode tipologi kepribadian orang dengan mengelompokkan orang" tersebut ke dalam 9 tipe yang memiliki hubungan masing". hubungan" antar tipe ini membentuk suatu bentuk geometri yang disebut 'enneagram.' tipe kepribadian yang ada dalam enneagram ini adalah (1) reformer/perfeksionis, (2) helper, (3) motivator/achiever, (4) romantic, (5) thinker/observer, (6) sceptic/questioner, (7) enthusiast/adventurer, (8) leader/asserter, dan (9) peacemaker.

lalu bagaimana hubungan antar tipe tersebut?

ternyata, tidak terlalu dijelaskan hubungan antar tipe, namun yang gw temukan malah kecenderungan pergeseran tipe yang bisa dilihat lewat gambar di atas. kebetulan, gambar yang gw temukan tersebut merupakan pergeseran tipe yang sifatnya 'merusak.' contohnya, ketika seorang tipe 7 mengalami stres, dia akan bertingkah seolah-olah seperti tipe 1 (bisa dilihat dari anak panah yang berasal dari tipe 7 mengarah ke tipe 1). sebaliknya, jika si tipe 7 ini mengalami pengembangan diri, dia akan bertingkah seolah-olah seperti tipe 5 (bisa dilihat dari anak panah yang berasal dari tipe 5 mengarah ke tipe 7).

satu hal lagi yang menarik, biasanya seseorang dengan tipe kepribadian tertentu memiliki satu kepribadian 'sampingan' yang disebut sebagai 'wing.' fungsi dari wing tersebut adalah 'melengkapi' hal" yang 'kurang' dari kepribadian utamanya. wing ini merupakan tipe kepribadian yang berada di sebelah kanan atau kiri dari tipe kepribadian utama. contohnya, seorang dengan tipe 7 kemungkinan memiliki wing tipe 6 atau tipe 8.

oke. cukup sekilas tentang enneagram. untuk lebih jelasnya bisa dibaca saja di SINI. yang membuat pembahasan singkat tentang enneagram ini menarik dalam TFT kemarin adalah, contoh" orang dengan tipe" kepribadian tersebut, menurut pak irawan. atau menurut buku yang dibaca oleh beliau. tipe 1 diwakili oleh hitler, tipe 2 oleh gandhi, tipe 3 oleh soekarno, tipe 4 oleh soeharto, tipe 5 oleh stephen hawking, tipe 6 oleh muhammad yunus, tipe 7 oleh sujiwo tejo, tipe 8 oleh amien rais, dan tipe 9 oleh anis baswedan. ketika mendapatkan penjelasan tersebut, jiwa gw pun bergejolak dan ingin meneriakkan "SUJIWO TEJO!!"


kenapa sujiwo tejo? entahlah. menurut gw dia yang paling menarik di antara orang" lain yang disebutkan barusan. paling ga bisa ditebak. paling nyeleneh. paling ga bisa diketahui, dari mana dia bisa dapet makan tiap hari. hehe.

dan yep. setelah mengikuti sebuah test online di SINI gw ternyata tipe 7. dengan wing tipe 8. petualang yang punya jiwa pemimpin, azeek. *dan itu mengapa pemisalan gw semua tentang tipe 7, hehe.


mungkin hal tersebut menjelaskan kenapa gw bisa tiba" jadi super duper perfeksionis ketika gw sedang stres, dan sangat aktif berpikir ketika gw sedang bersemangat. garis" tersebut juga menjelaskan mengapa gw sama sekali tidak romantis. lucu ya? *yaa, walau gw rada bingung, bisa"nya saat tes pertama kali skor tipe 7 gw imbang sama tipe 3 yang ga ada nyambung"nya.


setelah mendapatkan tipe kepribadian yang 'gw banget' itu, gw mendapatkan penjelasan lebih detailnya di SINI, karena gw kurang berminat membaca paragraf dalam website sebelumnya. inilah beberapa statement yang cocok untuk tipe 7. yang gw taro di sini hanyalah beberapa yang gw rasa emang 'gw banget' hehehe.

"gw pengen berkontribusi untuk dunia."
"jangan pernah mencoba untuk mengubah gw. terima gw apa adanya."
"gw lakukan apa yang mau gw lakukan."
"gw punya banyak minat dan bakat, tapi gw ga tau mana yang merupakan keahlian gw."
"gw punya banyak hal yang ingin gw lakukan. tapi kenapa waktu untuk mengerjakan hal-hal tersebut terasa sangat sedikit?"
"gw tau apa yang mau gw lakukan. tapi gw ga ngerti gimana nyeleseinnya."
"gw bosenan. parah. sulit bagi gw untuk berkomitmen penuh terhadap sesuatu."
"kadang gw lebih menyukai khayalan gw dibanding dunia nyata yang gw tinggali."

lalu apa yang harus gw lakukan setelah mengetahui tipe kepribadian melalui enneagram ini? hmm. mungkin ini saatnya untuk bersinergi dengan tipe" kepribadian lainnya, karena dari 9 tipe tersebut, tidak ada satu tipe pun yang sempurna. gw yang enthusiast membutuhkan leader dan achiever untuk menyelesaikan hal" yang gw inisiasi. orang" perfeksionis membutuhkan peacemaker ketika harapannya akan kesempurnaan dipertanyakan oleh questioner. and so on. and so on.

yak, begitulah enneagram. tertarik?

lisa simpson


kadang gw merasa seperti dia, hmm. atau mungkin dia justru mengingatkan gw akan masa kecil gw.

12 Agustus 2011

kembali ke masa muda


too bad they doesn't have "boys who are family men"

mari melabil di http://boyswho.tumblr.com atau http://girlswho.tumblr.com/ hahahahaaaaa..

10 Agustus 2011

people do change and i do believe it

setiap orang berubah. ya ya. berubah. kata" di atas muncul di testimonial gw saat friendster masih in. yang nulis kak tirza. dia ngomong gitu karena ngeliat profpic gw yang, ohmaigat, gadis-sampul-wannabe, sementara dia mengenal gw sebagai gaby yang tomboy. but did it mean that, i really was changed?

perubahan. ya ya. setiap orang mau berubah. ke arah yang lebih baik, biasanya. tapi, ohmaigat lagi, lo ga tau betapa hebatnya pengaruh lingkungan bisa mengubah lo. welcome to the real world.

oke. gw ga punya banyak contoh. tapi. alkisah. ada seorang temen gw yang, triple ohmaigat strike, jadi alay. gw ga ngerti kenapa dia bisa sangat amat berubah dan sayangnya (atau untungnya?) dia bukan temen main gw. sekedar 'temen' titik.

dan dengan kejahanaman teknologi internet gw pun kepo. dan dia sangat. sangat berubah. ga sekedar profpic, tapi, ya, semuanya. gaya bicaranya, foto"nya. seperti melihat orang lain saja. oke, fine, dia berada di lingkungan yang berbeda dengan sebelumnya. tapi, apa harus begini?

some things changes some things remains the same. but i'm not that ready to accept those changes, specially people who changed their behaviour.

ada lagi seorang temen gw. lagi", sayangnya, dia bukan temen main gw. tadinya dia sangat menyebalkan. sok asik. dan lain". namun karena beberapa hal, jengjeeeng, dia berubah. mungkin menurut dia, perubahan yang dia lakukan itu baik. but i only thought that he was faking himself. have you got no identity? itu bukan berubah. itu menyangkal diri, not in a good way. emang lingkungan lo menuntut apa sih?

gw sendiri? gw merasa sepertinya gw gitu" aja. lingkungan kayak apa pun ga membuat gw lebih buruk atau lebih baik. bahkan seorang teman SMP gw pernah bilang sesuatu ke gw waktu kita reunian. saat itu, gw udah di ujung kelas 3 SMA. "gab, kok lo bisa sih ga berubah?! udah 3 taun gab!! 3 tauuuunn!!" ya kalo gw merasa nyaman dengan diri gw sendiri, kenapa harus berubah?

gw pernah aktif di PMK. itu ga membuat gw lebih rajin ibadah atau jadi seorang yang "sangat holly." bahkan ujung"nya gw berenti aktif, karena merasa ga cocok. walau gw masih main bareng anak"nya. tapi gw ga lagi berkarya di sana.

terus gw aktif di IMG. itu juga ga mengubah gw. dari dulu gw udah punya sifat ngotot dan kepala batu. IMG ga mengubah gw, tapi gw merasa sifat gw yang satu itu bisa banget dipake di sana. dan yang paling penting, gw nyaman di IMG.

do i really have to change?

truth is, i hate people who changed because of their environment.



sekarang pertanyaannya. kita yang berubah karena lingkungan, atau lingkungan yang berubah karena kita?

04 Agustus 2011

kerja, oh praktek

"semangat pagi!"
"PAGI!"

itu yang gw denger setiap hari di toolbox meeting, alias apel pagi. entah kenapa bapak" di sini heboh sekali dalam menjawab "PAGI!" yang jelas, itu bikin bangun.

yeaaahh. jadi ceritanya gw lagi KP, alias, kerja praktek! di mana? di jambi! perusahaan apa? elnusa!

bagaimana gw bisa terdampar di sini. berikut proses singkatnya:
  1. tiba" wicak ngajak KP bareng. terus gw iya" aja karena gw blom punya temen KP.
  2. tiba" dia bilang cobain ke elnusa. terus gw iya" aja karena gw juga ga tau mau KP bentuk apa.
  3. tiba" kita diterima dan katanya mau ditempatkan di subang. terus kita bingung. WTF?! "eh begini kali yak, rasanya cowo kalo nembak cewe terus diterima?" "iya banget, gab!"
  4. tiba" kita ga dikabarin lagi selama berbulan-bulan. terus kita stres, takut KP melayang.
  5. tiba" kita dikabarin kalo kita jadinya ditempatkan di jambi tidak sampai sebulan sebelum keberangkatan. terus kita girang, yeyeyeyee! naik pesawaaaat!! *norak
begitulah.

jadiiiii sudah lebih dari 2 minggu gw survive di sini!! uoooh!!

ada beberapa hal yang patut digaris bawahi dalam KP ini:
  1. gw pikir bakal tidur di hutan. ternyata masih tidur di mess. dikasih lemari buat naro baju. mandi di kamar mandi. serta makan makanan rumahan. woooowww.
  2. gw pikir bakal item lantaran ngalap. alias. ng-anak-lapangan. ternyata lebih sering di basecamp. wi-fi. ngalap cuma berapa hari yak? sampe sekarang baru 4 hari. dan itungannya ga kerja. heheh.
  3. gw pikir bakal banyak kerjaan. iya sih, kerjaan tetep banyak. tapi lebih ke simulasi, soalnya kerjaan benerannya, ya udah ga ada kerjaan lagi. gw di departemen topografi, dan sisa kerjaan departemen topografi sekarang adalah: ngatur kru yang ngukur di lapangan. jadi gw ngapain? belajar semua proses yang dilakukan departemen gw ini dari awal sampe akhir. yeah!
jadi ceritanyaaaaa.. gw kerja setiap hari. catet. SETIAP HARI. senin sampai minggu. dimulai dengan toolbox meeting jam 7 pagi. terus istirahat makan siang jam 12 sampe jam 2. lanjut kerja lagi sampe jam 5 sore. jadi istilah 9 to 5 tidak berlaku di sini. terus lagii. bapak" yang di sini, terutama yang atasan", meeting lagi malemnya jam 8 sampe seselesainya meeting buat evaluasi harian. apa? HARIAN. no wonder gajinya pada gede".

apa yang gw kerjakan? macem"! belajar autoCAD, arcGIS, TGO, sampe internetan. seminggu pertama, ga ke lapangan sama sekali dan gw sudah sangat amat ingin ke lapangan.

"lo pengen banget ke lapangan ya, gab?"
"BANGEEEETTT."
"yaelah, santai aja si. enakan di sini tauk daripada lapangan."

dan terjadilah, ke lapangaaaan! tepat hari senin minggu kedua. 2 hari pertama gw dan wicak ngikutin salah satu tim topografi untuk ngukur dan, nyeeeeeeet, jalannya pada cepet" banget dan centeringnya cuma yaelah, kaga sampe semenit! kebetulan gw sama wicak ditaro di tempat" yang deket sama jalan biar ga repot baliknya. medannya juga, menurut mas" yang nyurvey, enaaaak. ga ada rawa yang sedalem-dalem dosa, alias, sampe bates bahu. bayangkan. ngukur di daerah kayak gitu. bawa alat. ngikutin aja capek. ckckck.

namun bahkan di medan yang "enak" itu, gw lemaaah --' dua kali kejeblos rawa (di mana wicak ga kejeblos) dan kesulitan menemukan cara untuk "menyeberangi" parit-parit yang lumayan dalem dan cukup jauh jarak horisontalnya (ga bisa sekedar melangkah, atau bahkan melompat. harus ada "media" lain yaitu batu, atau tanah kering, atau pelepah pisang). jangankan parit" ini. parit" yang mesti dilompatin aja, susaaah!

"jadi gimana, gab? enakan ngantor kan?"
"tapi kan kalo ngantor terus ga ngerasain yang begini!"
"iya daaahh.."

dirasa "cukup" untuk mengikuti kru selama 2 hari, hari selanjutnya kami mengikuti pak ganda dan pak lehan cs untuk offset. kebetulan dapet offsetnya di daerah penimbunan batu bara sementara. dan kami sukses berfoto-foto norak di sana. batu baraa! batu baraa!! hehe. terus kita juga ke daerah rawa yang udah dirintis dan dikasih bridging. dirintis, maksudnya, udah dibersihin jalurnya. kalo bridging, jadi ada "jembatan" buat daerah rawa, jadi tim" selanjutnya (drilling, preloading, recording) yang bukan orang topo bisa lewat dengan nyamaaan. curang? nggak juga. soalnya mereka bawa alat berat. menderita sekali kalo mereka mesti melangkah susah payah di rawa yang daleemmmmm.

"di sini tempatnya pak ganda kena tawon waktu itu. wuiiih, sampe dia ga bisa jalan lagi saking banyaknya tawon yang nyerang!"

jadi, sempat suatu waktu, pak ganda melangkahkan kakinya di lokasi yang belom dirintis dan belom di-bridging. terinjaklah sarang tawon yang ada di tanah, dan diseranglah beliaaauu!! saat itu dia lagi bertiga, bareng pak lehan sama anaknya pak lehan. pak lehan selamat, anaknya pak lehan kena tapi ga terlalu banyak, dan pak ganda yang ga bisa jalan. pak lehan ga kuat ngebawa pak ganda sendiri, sampe driver pun turun tangan buat bantu ngangkat, karena anaknya pak lehan juga kesakitan. kabar dari rumah sakit, jumlah sengat yang ditemukan pada tubuh pak ganda: RATUSAN!

masuk minggu kedua, mulai bosen. super bosen. karena yang dikejar tinggal hal" yang bisa dilakukan di basecamp, termasuk, mengerjakan laporan. eaaaaa. jadilah, gw iseng" pengen jalan". nanyain naik ojek gimana caranya dan bisa ke mana aja. dan yeaaaaaahhh, gw pun bisa nonton harry potter di sini!!!!!

sekian cerita KP gw. kemungkinan gw ga bakal nulis apa" lagi tentang KP karena, ohmaigat, udah ga ada lagi yang menarik. hahahaha. biar lebih dramatis, berikut beberapa foto yang sempet diambil selama di lapangan.

senjata andalah: AP BOOTS!
*ini bukan iklan

centering di tempat beginian?!
FYI: tanahnya lembek.

 hasil nyemplung.

ini yang namanya bridging

tempat penimbunan batu bara sementara, kyaa!!

"foto aku dulu lah, bang. buat kenang kenangan dari aku" "okee. siap yaaa."
dan si abang pun bergaya.

foto paling meyakinkan.
"azimuthnya berapa, pak wicak?" "141 03 52, pak" "oke. yak abang yang di depan geser ke belakang lagi 2 meter, bang"

finally. pekerjaan sambilan. heheh.
Template developed by Confluent Forms LLC