22 Agustus 2011

bermain enneagram: saya tipe 7!

di TFT kemarin, pak irawan menyebutkan sesuatu yang ternyata menarik. ennagram. yaa, gw pernah tau tentang ini. pernah iseng" ngebuka beberapa halaman di buku yang membahas hal ini. pernah juga tes kecil"an dengan basis enneagram, pas jadi taplok. saat itu nilai 'petualang' (tipe 7) gw setara dengan nilai 'pejuang' (tipe 3) gw dan gw adalah orang yang sama sekali tidak 'romantis' (tipe 4) karena poin gw di tipe tersebut cuma satu. walau gw mudah sekali menangis kalau disuguhi film kuch kuch hotta hai.

kembali ke enneagram. sebenarnya apakah enneagram itu? mari kita lihat ilustrasinya.




enneagram ini adalah sebuah metode tipologi kepribadian orang dengan mengelompokkan orang" tersebut ke dalam 9 tipe yang memiliki hubungan masing". hubungan" antar tipe ini membentuk suatu bentuk geometri yang disebut 'enneagram.' tipe kepribadian yang ada dalam enneagram ini adalah (1) reformer/perfeksionis, (2) helper, (3) motivator/achiever, (4) romantic, (5) thinker/observer, (6) sceptic/questioner, (7) enthusiast/adventurer, (8) leader/asserter, dan (9) peacemaker.

lalu bagaimana hubungan antar tipe tersebut?

ternyata, tidak terlalu dijelaskan hubungan antar tipe, namun yang gw temukan malah kecenderungan pergeseran tipe yang bisa dilihat lewat gambar di atas. kebetulan, gambar yang gw temukan tersebut merupakan pergeseran tipe yang sifatnya 'merusak.' contohnya, ketika seorang tipe 7 mengalami stres, dia akan bertingkah seolah-olah seperti tipe 1 (bisa dilihat dari anak panah yang berasal dari tipe 7 mengarah ke tipe 1). sebaliknya, jika si tipe 7 ini mengalami pengembangan diri, dia akan bertingkah seolah-olah seperti tipe 5 (bisa dilihat dari anak panah yang berasal dari tipe 5 mengarah ke tipe 7).

satu hal lagi yang menarik, biasanya seseorang dengan tipe kepribadian tertentu memiliki satu kepribadian 'sampingan' yang disebut sebagai 'wing.' fungsi dari wing tersebut adalah 'melengkapi' hal" yang 'kurang' dari kepribadian utamanya. wing ini merupakan tipe kepribadian yang berada di sebelah kanan atau kiri dari tipe kepribadian utama. contohnya, seorang dengan tipe 7 kemungkinan memiliki wing tipe 6 atau tipe 8.

oke. cukup sekilas tentang enneagram. untuk lebih jelasnya bisa dibaca saja di SINI. yang membuat pembahasan singkat tentang enneagram ini menarik dalam TFT kemarin adalah, contoh" orang dengan tipe" kepribadian tersebut, menurut pak irawan. atau menurut buku yang dibaca oleh beliau. tipe 1 diwakili oleh hitler, tipe 2 oleh gandhi, tipe 3 oleh soekarno, tipe 4 oleh soeharto, tipe 5 oleh stephen hawking, tipe 6 oleh muhammad yunus, tipe 7 oleh sujiwo tejo, tipe 8 oleh amien rais, dan tipe 9 oleh anis baswedan. ketika mendapatkan penjelasan tersebut, jiwa gw pun bergejolak dan ingin meneriakkan "SUJIWO TEJO!!"


kenapa sujiwo tejo? entahlah. menurut gw dia yang paling menarik di antara orang" lain yang disebutkan barusan. paling ga bisa ditebak. paling nyeleneh. paling ga bisa diketahui, dari mana dia bisa dapet makan tiap hari. hehe.

dan yep. setelah mengikuti sebuah test online di SINI gw ternyata tipe 7. dengan wing tipe 8. petualang yang punya jiwa pemimpin, azeek. *dan itu mengapa pemisalan gw semua tentang tipe 7, hehe.


mungkin hal tersebut menjelaskan kenapa gw bisa tiba" jadi super duper perfeksionis ketika gw sedang stres, dan sangat aktif berpikir ketika gw sedang bersemangat. garis" tersebut juga menjelaskan mengapa gw sama sekali tidak romantis. lucu ya? *yaa, walau gw rada bingung, bisa"nya saat tes pertama kali skor tipe 7 gw imbang sama tipe 3 yang ga ada nyambung"nya.


setelah mendapatkan tipe kepribadian yang 'gw banget' itu, gw mendapatkan penjelasan lebih detailnya di SINI, karena gw kurang berminat membaca paragraf dalam website sebelumnya. inilah beberapa statement yang cocok untuk tipe 7. yang gw taro di sini hanyalah beberapa yang gw rasa emang 'gw banget' hehehe.

"gw pengen berkontribusi untuk dunia."
"jangan pernah mencoba untuk mengubah gw. terima gw apa adanya."
"gw lakukan apa yang mau gw lakukan."
"gw punya banyak minat dan bakat, tapi gw ga tau mana yang merupakan keahlian gw."
"gw punya banyak hal yang ingin gw lakukan. tapi kenapa waktu untuk mengerjakan hal-hal tersebut terasa sangat sedikit?"
"gw tau apa yang mau gw lakukan. tapi gw ga ngerti gimana nyeleseinnya."
"gw bosenan. parah. sulit bagi gw untuk berkomitmen penuh terhadap sesuatu."
"kadang gw lebih menyukai khayalan gw dibanding dunia nyata yang gw tinggali."

lalu apa yang harus gw lakukan setelah mengetahui tipe kepribadian melalui enneagram ini? hmm. mungkin ini saatnya untuk bersinergi dengan tipe" kepribadian lainnya, karena dari 9 tipe tersebut, tidak ada satu tipe pun yang sempurna. gw yang enthusiast membutuhkan leader dan achiever untuk menyelesaikan hal" yang gw inisiasi. orang" perfeksionis membutuhkan peacemaker ketika harapannya akan kesempurnaan dipertanyakan oleh questioner. and so on. and so on.

yak, begitulah enneagram. tertarik?

6 komentar:

  1. gab gw daftar yak yg oprek itu. btw, denger-denger... bener gab? Mulai kapan? haha

    BalasHapus
  2. dari sejuta media yang ada lo memilih blog untuk daftar oprek, emang dah jon, juara lo.. ckck.. sipdah gw catet.. denger" apa jooon?

    BalasHapus
  3. gw takut salah soalnya gw juga lupa denger dari siapa atau gw cuma ngimpi doang. bener ga? klo bener gw traktir nih

    BalasHapus
  4. lah emang gw nanya lo denger dari sapa? gw nanyanyaa, lo ngedenger apa emang joooooon?

    BalasHapus
  5. denger2 sih bener.apanya nih yang bener gab?

    BalasHapus
  6. berisik kalian berisik. apa sih yang kalian dengar itu? hah?

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC