04 Agustus 2011

kerja, oh praktek

"semangat pagi!"
"PAGI!"

itu yang gw denger setiap hari di toolbox meeting, alias apel pagi. entah kenapa bapak" di sini heboh sekali dalam menjawab "PAGI!" yang jelas, itu bikin bangun.

yeaaahh. jadi ceritanya gw lagi KP, alias, kerja praktek! di mana? di jambi! perusahaan apa? elnusa!

bagaimana gw bisa terdampar di sini. berikut proses singkatnya:
  1. tiba" wicak ngajak KP bareng. terus gw iya" aja karena gw blom punya temen KP.
  2. tiba" dia bilang cobain ke elnusa. terus gw iya" aja karena gw juga ga tau mau KP bentuk apa.
  3. tiba" kita diterima dan katanya mau ditempatkan di subang. terus kita bingung. WTF?! "eh begini kali yak, rasanya cowo kalo nembak cewe terus diterima?" "iya banget, gab!"
  4. tiba" kita ga dikabarin lagi selama berbulan-bulan. terus kita stres, takut KP melayang.
  5. tiba" kita dikabarin kalo kita jadinya ditempatkan di jambi tidak sampai sebulan sebelum keberangkatan. terus kita girang, yeyeyeyee! naik pesawaaaat!! *norak
begitulah.

jadiiiii sudah lebih dari 2 minggu gw survive di sini!! uoooh!!

ada beberapa hal yang patut digaris bawahi dalam KP ini:
  1. gw pikir bakal tidur di hutan. ternyata masih tidur di mess. dikasih lemari buat naro baju. mandi di kamar mandi. serta makan makanan rumahan. woooowww.
  2. gw pikir bakal item lantaran ngalap. alias. ng-anak-lapangan. ternyata lebih sering di basecamp. wi-fi. ngalap cuma berapa hari yak? sampe sekarang baru 4 hari. dan itungannya ga kerja. heheh.
  3. gw pikir bakal banyak kerjaan. iya sih, kerjaan tetep banyak. tapi lebih ke simulasi, soalnya kerjaan benerannya, ya udah ga ada kerjaan lagi. gw di departemen topografi, dan sisa kerjaan departemen topografi sekarang adalah: ngatur kru yang ngukur di lapangan. jadi gw ngapain? belajar semua proses yang dilakukan departemen gw ini dari awal sampe akhir. yeah!
jadi ceritanyaaaaa.. gw kerja setiap hari. catet. SETIAP HARI. senin sampai minggu. dimulai dengan toolbox meeting jam 7 pagi. terus istirahat makan siang jam 12 sampe jam 2. lanjut kerja lagi sampe jam 5 sore. jadi istilah 9 to 5 tidak berlaku di sini. terus lagii. bapak" yang di sini, terutama yang atasan", meeting lagi malemnya jam 8 sampe seselesainya meeting buat evaluasi harian. apa? HARIAN. no wonder gajinya pada gede".

apa yang gw kerjakan? macem"! belajar autoCAD, arcGIS, TGO, sampe internetan. seminggu pertama, ga ke lapangan sama sekali dan gw sudah sangat amat ingin ke lapangan.

"lo pengen banget ke lapangan ya, gab?"
"BANGEEEETTT."
"yaelah, santai aja si. enakan di sini tauk daripada lapangan."

dan terjadilah, ke lapangaaaan! tepat hari senin minggu kedua. 2 hari pertama gw dan wicak ngikutin salah satu tim topografi untuk ngukur dan, nyeeeeeeet, jalannya pada cepet" banget dan centeringnya cuma yaelah, kaga sampe semenit! kebetulan gw sama wicak ditaro di tempat" yang deket sama jalan biar ga repot baliknya. medannya juga, menurut mas" yang nyurvey, enaaaak. ga ada rawa yang sedalem-dalem dosa, alias, sampe bates bahu. bayangkan. ngukur di daerah kayak gitu. bawa alat. ngikutin aja capek. ckckck.

namun bahkan di medan yang "enak" itu, gw lemaaah --' dua kali kejeblos rawa (di mana wicak ga kejeblos) dan kesulitan menemukan cara untuk "menyeberangi" parit-parit yang lumayan dalem dan cukup jauh jarak horisontalnya (ga bisa sekedar melangkah, atau bahkan melompat. harus ada "media" lain yaitu batu, atau tanah kering, atau pelepah pisang). jangankan parit" ini. parit" yang mesti dilompatin aja, susaaah!

"jadi gimana, gab? enakan ngantor kan?"
"tapi kan kalo ngantor terus ga ngerasain yang begini!"
"iya daaahh.."

dirasa "cukup" untuk mengikuti kru selama 2 hari, hari selanjutnya kami mengikuti pak ganda dan pak lehan cs untuk offset. kebetulan dapet offsetnya di daerah penimbunan batu bara sementara. dan kami sukses berfoto-foto norak di sana. batu baraa! batu baraa!! hehe. terus kita juga ke daerah rawa yang udah dirintis dan dikasih bridging. dirintis, maksudnya, udah dibersihin jalurnya. kalo bridging, jadi ada "jembatan" buat daerah rawa, jadi tim" selanjutnya (drilling, preloading, recording) yang bukan orang topo bisa lewat dengan nyamaaan. curang? nggak juga. soalnya mereka bawa alat berat. menderita sekali kalo mereka mesti melangkah susah payah di rawa yang daleemmmmm.

"di sini tempatnya pak ganda kena tawon waktu itu. wuiiih, sampe dia ga bisa jalan lagi saking banyaknya tawon yang nyerang!"

jadi, sempat suatu waktu, pak ganda melangkahkan kakinya di lokasi yang belom dirintis dan belom di-bridging. terinjaklah sarang tawon yang ada di tanah, dan diseranglah beliaaauu!! saat itu dia lagi bertiga, bareng pak lehan sama anaknya pak lehan. pak lehan selamat, anaknya pak lehan kena tapi ga terlalu banyak, dan pak ganda yang ga bisa jalan. pak lehan ga kuat ngebawa pak ganda sendiri, sampe driver pun turun tangan buat bantu ngangkat, karena anaknya pak lehan juga kesakitan. kabar dari rumah sakit, jumlah sengat yang ditemukan pada tubuh pak ganda: RATUSAN!

masuk minggu kedua, mulai bosen. super bosen. karena yang dikejar tinggal hal" yang bisa dilakukan di basecamp, termasuk, mengerjakan laporan. eaaaaa. jadilah, gw iseng" pengen jalan". nanyain naik ojek gimana caranya dan bisa ke mana aja. dan yeaaaaaahhh, gw pun bisa nonton harry potter di sini!!!!!

sekian cerita KP gw. kemungkinan gw ga bakal nulis apa" lagi tentang KP karena, ohmaigat, udah ga ada lagi yang menarik. hahahaha. biar lebih dramatis, berikut beberapa foto yang sempet diambil selama di lapangan.

senjata andalah: AP BOOTS!
*ini bukan iklan

centering di tempat beginian?!
FYI: tanahnya lembek.

 hasil nyemplung.

ini yang namanya bridging

tempat penimbunan batu bara sementara, kyaa!!

"foto aku dulu lah, bang. buat kenang kenangan dari aku" "okee. siap yaaa."
dan si abang pun bergaya.

foto paling meyakinkan.
"azimuthnya berapa, pak wicak?" "141 03 52, pak" "oke. yak abang yang di depan geser ke belakang lagi 2 meter, bang"

finally. pekerjaan sambilan. heheh.

5 komentar:

  1. eh gila semangat pejoeang 45 lu! gw aja disuruh ikut survey lapangan males bgt

    BalasHapus
  2. ayo jooonn biar kurus joooonnn hidup olga!

    BalasHapus
  3. mbak, boleh dong aye mnta informasi persyaratannya untuk KP di elnusa.. hehee
    :D

    menarizki@hotmail.co.id

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. weh, syaratnya, apa yah? ga ada syarat kok, kalo emang mereka ada space buat mahasiswa KP, ya ditaro gitu, hehe. kalo ga ada space, ya ditolak. begitu sudah.

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC