05 September 2011

cerita super duper lama entah berapa lama yang lalu semoga belum basi basi amat

yeah! setelah bercerita lalala lilili bersama si ratih tentang perjalanan bodoh gw ke phuket dan betapa inginnya dia berlibur, akhirrrrrnyaaaaa setelah sekian laammmaaaa gw pun ingin menuangkan cerita bodoh gw dan pika waktu ke phuket!

gw akan membagin ini menjadi dua bagian, yaitu bagian cerita dan bagian foto, biar yang mau liat foto ya liat foto aja, yang mau baca cerita dulu, silakan aja, hahahahaaaa, karena sepertinya gw akan bicara cukup panjang lebar kali tinggi, yeah!

ceritanya begini. gw tiba" ingin berlibur ke luar negeri atas ajakan si kibay. terus nyari tiket murah air asia. terus dapet ke phuket! karena faktor blablabla dan bliblibli, singkat cerita, mestinya gw ke sana berenam: gw, lutfi, eja, kibay, dewi, pika; jadinya malah cuma bedua: gw dan pika. bodo, yang penting jalan!

jadilah kami ke phuket dengan bahagia odong odong!

HARI PERTAMA

hore sampeee!!! kami sampe di bandara phuket maleeem banget. tadinya kita mau cari hotel di patong, tapi ternyata ibu" kami terlampau baik hati dan memesankan hotel lengkap dengan jemputannya, huaa. si penjemput terlihat shock melihat gw dan pika yang menurut dia "masih kecil" dan dia ketawa "honeymoon ha?" pelisss bapaaaakkkk, biar dikata ini negara banyak transexnya jangan dipikir kita transex juga siaaahhh --'


sampe hotelnya, WTF?! ini mah hotel nyaris bintang lima!! sumpah ini hotel termewah yang pernah gw tinggali dan kami tertawa tawa puas setengah mati. "ini mah tasnya doank yang backpack, buahahahaha!!!" pantesan si mas" dan mbak" tadi kebingungan ngeliatin kita, mungkin pikir mereka "gembel begini punya duit apah?" hahahahahaaaa.

belom sampe semalam, kami sudah melakukan hal bodoh. jadi ceritanya kita lagi asik ngerekam kesan pertama kita di sana, terus kita keluar kamar bawa itu kamera, terus itu kamar ditutup, biar ceritanya dari luar masuk ke kamar gituu. terus pas buka pintu, "ANJRIT!!" kita kekunciii!!! kartu buat nyelipin kuncinya ketinggalan di dalem!! buahahahaha!! sumpah norak dari segala norak!! terus kami manggil mbak"nya buat bantuin, masih sambil ketawa", eeeh si mbaknya malah bilang "please don't be noisy, the guests might be asleep" sialan, beneran salah hotel ini, hahahahaha.

lanjutlah kita jalan ke bang la road, satu jalan yang kanan kirinya bar, club, pub, apalah namanya itu. bahkan banyak banget pole dancer yang dipamerin di pinggir jalan, jadi ga kebayang dah yang di dalem kayak apa, hhahaha.banyak juga banci lalu lalang!! tapi, syukurnya, masih keliatan bahwa mereka itu banci, mengingat suatu tulisan di billboard "never trust anyone. use condom." bwoelaaah, segitunya ga bisa dibedain apah mana banci mana bukan banciiii ahahahaaaa.

HARI KEDUA

bangun pagi! breakfast! gamau rugi! mahal ni bok! dan kami pun melahap breakfast dengan (agak) tau diri, sampe ditanyain sama mbak"nya kira" begini: "mbak guest di sini? kamar nomor berapa?" huahahaha. segitu gembelnyakah kami di mata anda mbaaak?

ga mau lama" di hotel mewah ini, kami nyari hotel" murah yang ada di blok" pinggiran, dan astaga, kita nemu hotel yang khusus gay! letaknya juga di blok yang khusus gay! hahahaha!! ya enggaklaah, kita ga nginep di situ jugaaa tapi seru aja, hahahahaaa..

pas lagi bingung sana sini, tiba" dipanggil mbak" yang mau nawarin kamar. tadinya kita jual mahal, tapi akhirnya mau juga ditawarin, abis mbaknya baik sih, ramah, murah senyum, dan ga maksa. terus harganya sesuai budget! terus kita ke hotel"an itu dan fasilitasnya oke banget! bersih, ada tv sama air panas juga, oke banget deh. namanya happy tour hotel. yang punya orang jepang, dan saat mereka berkomunikasi dengan bahasa jepang tiba" si pika nyaut sesuatu dengan bahasa jepang dan mereka pun heboh "are you japanese?!" dan si pika haha hehe doank dan gara" keceplosan membawa berkahnya itu, kami diperlakukan dengan saaangat baik, go pika!

singkat cerita, kita check out dan pindah hotel. terus kita main" ke patong beach, lari"an norak, nyari bule topless, tapi malah banyak dapet toplessnya nenek" yang udah bergelambir gitu, hahahahaaa. terus kita ikutan tur keliling phuket, murah deh! di sini tuh kalo mukanya muka" asia tuh dikasih muraaaah banget, bisa 3/4 sampe 1/2 harga aslinya!! kita ke kuil", ke pusat kerajinan perhiasan, pusat jajanan kacang mede yang ada kacang mede rasa tomyamnya dan itu enaaaak. kita dipandu sama mbak ying yang sangat baik hati dan ramah, hehe.

malemnya kita nonton simon cabaret show, yaitu semacam pertunjukan teater yang isinya banci semua!! tapi sumpaaah, banci di sini ada yang cantiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik banget! busyeeeng, kalo ga liat ukuran tangannya, lo ga bakal nyangka kalo tu orang pernah jadi lelaki, astagaaaa. shownya sih lumayan, ada bagian" yang memukau, ada yang lucu, ada yang biasa aja, tapi flownya bagus jadi ga bosen! tapi yang paling menarik adalaaaaaah foto bersama bancii!! kyaa!!!

HARI KETIGA

kesiangan! kami bangun jam 7 kurang 15 sementara travel kita jam 7!! buru" lah kami tanpa mandi packing dikit langsung cabuut! namun karena kami anak dokter gigi, kami tak lupa membawa sikat gigi, hihihi.

kami ambil one day travel ke phi phi island, dan ternyata, kesiangan kami sepertinya jadi pertanda buruk. oaaaaaa.

perjalanan ke phi phi ga terlalu lama sepertinya, soalnya kami ga sempet tidur. ato gara" kami excited? ga tau juga, yaaa ini kan cerita, bukan catatan perjalanan, hehe. oia, sepanjang jalan kami tuh seriiing banget dikira penduduk lokal, sampe diajak ngomong thailand! astagaa.. tapi sayangnya, tiap orang ngeliat kita pertanyaannya tuh "are you malaysian?" "philipine?" ga adaaa yang nyebut indonesian, adeeeu, setidak mampu itukah negara kitaaah?

di tur ini kita ngeliat shipwreck di sebuah gua pulau, terus kita snorkeling! tapi jujur aja snorkeling di sini ga semenarik di pulau seribu. karangnya biasa aja, ikannya juga ga terlalu banyak jenisnya. tapi buat first-timer, ini keren, hehehe *sombongs. NAAAAHH kesombongan ini yang (mungkin) mengantar gw ke sebuah kesialan yang tidak diingin kan traveller mana pun.

PASPOR GW ILANG!

dan panik. cari sana sini ga ketemu. akhirnya kita pindah jadwal, untung mas"nya masih baik hati, uuu. terus kami ketemu mas" yang, duuh, maaf lupa namanyaa, yang tadinya kita jual mahalin juga, tapi karena saat itu kami lagi galau, diladenin lah, dan akhirnya terucap "i lost my passport" dan dia menolong kami!! dia ngebawa kami ke kepolisian di sana dan, astaga, polisinya leleeeeeeeeeet banget. polisi indonesia masih jauh lebih baik deh dalam masalah surat menyurat ini. udah cepet, gratis pulak. ini udah lama, lelet pulak. ga tau orang kesusahan apah, huuuuuuh.

singkat cerita hari itu gw galau. sangat galau. berbekal surat keterangan polisi yang ditulis dengan bahasa planet yang berantakan, kita nanya ke mbak" reservasi di hotel itu artinya apa. intinya gw mesti ke imigrasi di phuket town buat ngurus paspor yang hilang itu. oke. berarti tujuan besok: phuket town!

HARI KEEMPAT

kami check out pagi" biar waktunya cukup buat ngurus paspor dan ke airport, karena (err, harusnya) kita pulang sore itu. kami ke phuket town pake bus lokal yang bentuknya kayak truk! terus naik tuk" yang harganya JAAAAAAAUH lebih murah daripada di patong, yeaah!


oh iya! suatu malam di patong kami makan masakan yang judulnya "nam prik kapi" karena tertarik sama judulnya yang thailand banget dan kata mas"nya "this is the best food in here" pesen lah kitaaa. sumpah, nunggunya tuh lamaaaaaaaa banget, akhirnya datanglah sepiring sayuran mentah dengan mangkok berisi cabe ulek di tengahnya. astaga, udah selama ini baru sambelnya? gw pun ngemilin sayuran itu pake sambel, since pika ga doyan sayur. wekk, sayurnya bener" mentah, ga direbus sama sekalii. setelah agak lama, akhirnya gw nanya ke mas"nya, makanannya mana, dan dia bilang, itu nam prik kapi! nyet?! the best food in here is ONLY sambel terasi?! doeeeenggg.

tapi enak kok itu nam prik kapi. asal dimakan pake daging aja, hahahaa.

dan iya, kita cuma makanin itu pake nasi.

oke, lanjut ke phuket town. singkat cerita kita muterin phuket town, masih diajak ngomong bahasa thailand sama penjual" di sana, dan berakhir di imigrasi. oia, belum berakhir. imigrasi ini tujuan akhir sebelum terminal, karena (err, tadinya) dari terminal kami akan menuju airport. di imigrasi, gw dilayani oleh seorang satpam bule yang udah tua tapi masih terlihat bugar dan chubby, atau mungkin rambutnya memang abu". dengan sangat seksama dia bilang "well you need to go to your embassy in bangkok" DOEEEENNNGGG!! singkat cerita gw minta nomor telpon serta alamat embassy tersebut, eaa.

setelah nelpon embassy dan lain lain, gw dapet satu kesimpulan: gw harus ke bangkok. HARUS. dengan resiko tiket pesawat buat pulang hangus. *mama, papa, maafkan anakmu, jadi mesti beli tiket pulang yang mahaaaaal, ga sesuai rencana, dan bukannya full liburan pake tabungan sendiri, teteeep aja nyusahin, maaaaf. itu doank yang kepikiran di otak gw.

lanjut ke terminal, gw sama pika langsung nyari warnet buat menghubungi ibu" di rumah. si pika dengan setia menemani gw, mestinya dia kan bisa aja pulang, huhuuu, ai lop yu pul ppiiiikkk. kelar ngenet kita langsung nyari bus ke bangkok. katanya perjalanannya sekitar 12 jam, jadi kita pilih yang jam setengah 6, biar sampe sana udah terang. ngeri bok, gelap"an di bangkok. di phuket mah gapapa.

busnya baguuuus, bersiiiiih.

tapi tetep. ngaret jadi 15 jam. eaaaaaa.

di bus itu isinya macem". ada turis, ada penduduk lokal, ada biksu, ada orang bawa bayi yang nangisnya kueeeenceng banget sampe dimarahin sama mbak" kenek yang galak parah. ada juga copet. gw sempet menemukan salah satu resleting tas pika kebuka, untungnya tas ini penuh sama barang" cukup ga penting, jadi mungkin beliau ga tertarik. terus di perbatasan entah mana, ada tentara yang ngecekin ID card penduduk dan paspor turis. dan sialan, mereka ngetawain surat gw, wooo!!

HARI KELIMA

yep, perjalanan 4 hari molor jadi 5 hari akibat paspor nista tersebut. sampe bangkok sekitar jam 9an pagi, langsung cari kendaraan ke embassy. sebisa mungkin ga naik taksi, karena menurut informasi yang gw baca, turis sering di puter"in sama taksi sana. terus kita diarahin ke "minibus" yang ternyata travel, euuugh, bodo ah, males nawar, pokoknya sampe, capek tauk!


kesan pertama tentang bangkok: jakarta banget! terminalnya berantakan, kamar mandinya kotor dan kalo mau masuk mesti bayar. murah sih, kalo dikurs ga sampe serebu, hehehe. jadilah, kami yang tadinya hidup mewah di malam pertama *anjislah kalimatnya ga enak banget, hahaha. sekarang merana, sampe sikat gigi di toilet terminal dan ga mandi! ini baru backpack beneraaan, hahahaha.

naik travel itu, entah kenapa mas" yang bawa tuh ga mau banget kena traffic jam, yaelah semacet apa sih bangkok dibanding jakarta, pikir gw. eeeh, tiba" tengah jalan dia turun, nyari mbak" yang bisa bahasa inggris, dan mbak itu berperan sebagai translator dan ngomong sama gw dan pika kalo si supir ini ga bisa ngebawa kita ke embassy karena itu daerah macet. ya gw protes lah! woi gw udah bayar dan perjanjiannya ke embassy! berkat emosi membara itu, duit gw dan pika dibalikin FULL! puji Tuhaaan. dan kami pun masih mencoba jalur lain selain taksi, bermodal peta gratisan dari airport tempo hari dan petunjuk dari mbak" berbahasa inggris itu. kita naik bus.

dan tetep nyasar.

nyerah. naik taksi.

untungnya supir taksi itu baik. ga diputerputer. ga lama, kita sampe di embassy dengan komentar "hah?! begini udah dibilang macet?! pingsan kali orang sini kalo dibawa ke jakarta!"

singkat cerita, urusan gw di embassy kelar dengan cepat berkat koneksi ibu" kita entah dari mana. huaaaaa terimakasih mamah mamaaaah. ibu" yang ngurusin kita pun bilang "kalian masih untung, itu tuh, ada rombongan yang lagi pada nunggu di luar, 15 orang, kecopetan semua di bus!" hikmahnya: hati" di bus, sumpah. kalo emang niat tidur di bus, ganti"an shift, yang penting tas ada yang jaga. untung waktu itu si bojes ga kecopetan, kalo ngga, berabeeeee.

kelar dari embassy yang menayangkan RCTI itu, gw ke imigrasi bangkok berbekal tulisan planet dari ibu" yang ngurus kita tadi. karena ada tulisan itu, kita PD naik taksi, hehehe. dan supir taksi itu cewe, tapi ID-nya cowo! nah lo.

sampe imigrasi, kita bengong. astagaaaaaa ini mall apa gedung pemerintahan?! bagus dan gede bangeeet!!! di situ kayak pusat pemerintahan thailand, di satu gedung segede pondok indah mall 2 itu, mungkin lebih gede, terdapat departemen" kenegaraan seperti geoscience, kelautan dan perikanan, human resource, dll. wuaaahhhh ini mah PNSnya pada betah kali yaaak?

untungnya semua juga ga ribet. beruntung ketemu 2 orang korea yang juga kehilangan pasport, salah satu dari mereka udah kerja di thailand sebagai tour guide, dan dia ngasih info harga taksi ke airport. jaga" biar ga aneh". gw juga nanya hal yang sama sama si petugas. rada lama sih prosesnya, cuman ga terlalu lama laaaah.

pas naik taksi, beneran, harganya ditawar hampir 2x lipat harga yang dikasih tau tadi, bangkek, sama aja lu kayak orang" ga bertanggung jawab di sini, bikin turis males dateng. dengan tawar menawar yang cukup pedas, dapetlah harga yang diinginkan. lebih mahal dikit, karena dia pengennya lewat tol dengan, lagi" alasan "traffic jam" dan biaya tol mesti kami yang bayar. deal lah. dia juga nyalain argo sebagai 'bukti' harga yang sebenarnya. yaa, gapapalah, siapa tau traffic jam beneran, terus kita malah ketinggalan pesawat, bisa gilaaaa.

dan pulang dengan selamat. yeaaah, goodbye thailand!!

oh iya, fyi, kalo bingung makan apa, jajan aja ayam" pinggir jalan. kadang" mereka jual nasi juga, dan itu muraaah dan lebih enak daripada ayam mcd! wuaah pokoknya enak bet enaak! sayang gw cuma 2x makan gituan, dan tempatnya tuh justru di daerah yang ga gitu rame, di belakang mall junceylon di patong, sama di suatu gas station pas perjalanan phuket-bangkok. seafoodnya juga enak" bangeeet, dari yang murah sampe yang mahal adaaa. wuaah, rasanya mantap! pedas asam ala thailand! yeaah!

berikut dokumentasi kami!

nam prik kapi = sambel terasi versi thailand.

wat chalong, kuil terbesar di phuket.

kalo ini di Jui Tui Shrine. banyak patung" kecilnya gituu.

snorkeling di phi phi island!

foto oldschool di salah satu pusat perhiasan.

bahkan ronald mcdonald pun ber-kapunkaap-ria!

anjing di patong pinter, mandi sendiri!

pina colada dalam gelas yang menantang

simon cabaret show! percayalah, mereka dulunya lelaki.

menjepit matahari di promtep cape.

hebohnya bangla road di malam hari. we were the only asian.

ini suasana patong beach pas masih pagi. sepiiiiii.

ini plang evakuasi jika terjadi tsunami.

"sandcastles in the sand".

PS = Pagi Sore! ahahahaa!!

membodoh di patong beach pada malam hari.

IMG IMG IMG!

phi phi!!!!

lari"an di patong beach.

bahkan biksu pun ngopi di coffee shop!

ini bukan biksu. ini patung lilin.

selamat! anda telah berhasil melewati bacaan yang paaaaaanjaaaaaaaaaaaaang ini!! mwahahahhahaha!!!

2 komentar:

Template developed by Confluent Forms LLC