05 Januari 2012

aduh susah ya jadi anak itb --'

Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater,
Salam Ganeshaaaaaa... MULAI!

itu komen gw di suatu "perdebatan" yang "biasa" terjadi di antara kami. hahaha. lucu sih sebenarnya, karena ternyata, jauh lebih sulit memegang gelar "anak itb" dibanding untuk ujian masuknya sendiri. bukan, bukan bermaksud sombong. tapi serius, gelar tersebut mungkin merupakan gelar terberat yang akan selalu gw dan temen" gw di sini bawa sampe seumur hidup.

kenapa? yaa.. semua orang pasti langsung ngejudge bahwa "lo adalah orang yang pintar" lebih lagi "apa yang sudah lo lakukan dengan kepintaran lo" yaa semacam itu.

sebagai contoh, saya pernah ngobrol sama seorang supir taksi. begitu tau saya anak itb, dia langsung ngebahas berbagai penemuan yang sudah dilakukan oleh orang" non-itb, yaa, ceritanya sih sedikit memojokkan saya yang anak itb ini. hehe. eh, jadi saya. yasudah, kebawa, dinikmati saja ya tulisannya. reaksi saya? saya sih ketawa" aja sambil bilang "hahaha, yaa doain aja saya kena masalah pak, biar saya bisa selesein, soalnya masalah saya ya sebatas tugas kuliah aja, hehe.."

berbeda dengan seorang teman saya yang sempat ngobrol bersama seorang salesman di kereta api. begitu tau teman saya anak itb, dia langsung mengagung-agungkan teman saya itu. "wah mas anak itb ya. menurut saya ank itb itu wah banget lo mas, kayaknya pinter banget gitu." dan lain sebagainya. yah, susah jadi anak itb.

mencuplik pembicaraan dengan seorang teman saya..

saya: gila ya.. anak itb.. masa ntar lulus kita cuma mikirin kerja di mana, gaji berapa, bisa ngasih makan keluarga ato ngga.. ngga mungkin kan?
teman saya: bukan ga mungkin gab, ga boleh.

huff.. ya yaa.. mau jadi apa bangsa ini kalo si "anak itb" cuma mikirin perut sendiri.. kira" begitu.. hmm.. jadi stakeholder, salah satu solusi kami waktu itu.. ya yaa..

ah, jangankan jadi stakeholder.. di dunia kerja aja, ceritanya sih, yang namanya anak itb akan diberi tekanan yang lebih dibanding (maaf) teman-teman dari universitas lain karena kami dianggap sudah "mengerti" padahal yaelaaahh, namanya kerja di suatu perusahaan, belum tentu segala hal yang dibutuhkan perusahaan itu udah kami tau dan pernah kami laksanakan kan? lah wong jangka waktu belajar kami sama dengan yang bukan itb kok, sama" maksimal 5 tahun..... atau tidak? yaaa.. 6 tahun memang, untuk teman" saya yang tidak lulus pada tahap tahun pertamanya..

terus apa yang dapat dilakukan?

berbuat.

itu aja, hahaha. biarlah cap "anak itb" ini dilihatnya belakangan sama masyarakat.. 10 tahun lagi? 20 tahun lagi? 30 tahun lagi? amin, tolong didoakan agar kami dapat berkontribusi bagi bangsa, bahkan dunia, di bidang kami masing-masing.

terimakasih teman" mahasiswa entah dari mana saja kalian yang berani menyebut diri kalian "mahasiswa" saat keberpihakan kalian tidak lagi netral, yang telah menyentil kami. maaf, sekarang saya hanya bisa tertawa dan melanjutkan penelitian yang sedang saya lakukan. oh ya, ada juga acara" yang harus saya dan teman" saya urus. setidaknya kami menganggap, dan berharap, bahwa apa yang kami lakukan akan membawa dampak. memang belum untuk rakyat kecil, kami sendiri masih belajar, mohon maaf yang sebesdar-besarnya atas kekecewaan kalian, dan mohon didik kami, berikan contoh bagi kami agar kami mengerti, sebenarnya apa yang harus kita, sebagai mahasiswa, lakukan bagi bangsa, dan dunia. ah, masihkah kita berada di antara piramida penguasa dan rakyat?

terimakasih teman" perakit mobil esemka dan bapak jokowi, atas sentilannya pada kami. saya pribadi bangga dengan keberadaan kalian, pertanda adanya, bahkan banyaknya, harapan yang kita miliki sebagai bangsa. yang masih belum ada, seperti biasa, yang selalu kami alami juga, pendanaan, hahahaha. terimakasih telah menyemangati kami untuk terus berkarya dan bertindak nyata.

teman" lain, kalau suatu hari jadi orang kaya, tolong jadi donatur riset dan engineering dalam negeri yah, kami sering kekurangan duit soalnya, belom tentu balik modal juga kalo produksi soalnya, hahaha. terimakasih :D

ditulis pasca aksi protes sejumlah oknum 'mahasiswa' di depan gerbang ganesha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC