06 Maret 2012

sekilas tentang gemas

GEMAS: Geodesi Masuk Sekolah. sebuah pengabdian masyarakat, buah karya mahasiswa teknik geodesi dan geomatika institut teknologi bandung yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Geodesi, atau yang lebih dikenal sebagai IMG.

merupakan gagasan yang muncul dari mahasiswa teknik geodesi dan geomatika angkatan 2009 pada saat mereka mengalami Proses Penerimaan Anggota Baru, atau yang lebih dikenal sebagai PPAB. GEMAS pertama berlangsung pada tahun 2010, berlokasi di SD Pesanggrahan. kini, sebagai salah satu program kerja BPH IMG 2011/2012, GEMAS mencoba mengangkat sebuah isu mengenai wajib belajar sembilan tahun.


"kalau sudah sembilan tahun belajar, lalu ke mana?"


atas dasar pertanyaan itulah, sasaran gemas 2012 bukan lagi siswa SD, melainkan SMP. dengan berbagai pertimbangan, dipilih SMP PGRI Dago Pakar sebagai lokasi. sekolah ini dipilih atas dasar timpangnya kondisi sekolah dengan kawasan sekitar, yang penuh dengan rumah makan dan tempat tinggal elit. sekolah tersebut hanya memiliki empat ruang kelas, satu ruang perpustakaan, dan satu ruang guru. sekolah tersebut tidak memiliki lapangan. tempat bermain mereka adalah kawasan sekitar, lapangan SD yang bersebelahan, serta terntunya, perpustakaan mereka sendiri. tidak hanya secara fisik, perbandingan antara jumlah murid dan guru cukup jauh, sehingga kelas harus dibagi menjadi kelas pagi dan kelas siang.

"jadi apa yang GEMAS berikan?"

tidak banyak. satu hari yang dibagi dalam 3 sesi. sesi pertama adalah permainan team building, yang mungkin bagi mahasiswa itu merupakan suatu hal yang biasa, namun bagi mereka, sesuatu yang baru. sesi kedua adalah kelas motivasi, di mana siswa dikumpulkan di kelas" yang ada untuk diberikan presentasi terkait membangun masa depan, dan siswa" tersebut diminta menuliskan cita"nya di atas sebuah kertas. sesia ketiga adalah kerja bakti, yang dilakukan bersama-sama dengan anggota IMG.

selain ketiga sesi tersebut, dilakukan juga renovasi perpustakaan, sehingga ruangan tersebut menjadi lebih nyaman dengan buku" yang tertata rapi.

data menunjukkan bahwa 99% dari orang tua siswa SMP tersebut bekerja sebagai buruh/petani. motivasi harus dibangun dari sekarang, agar mereka mau melanjutkan pendidikan, bagaimana pun caranya. karena pendidikan bukan untuk diri sendiri, melainkan untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC