23 April 2012

5 people you (will) meet (and be) after graduation

menurut dosen saya, pak dwi wisayantono alias pak tono, ada 5 jenis orang di dunia kerja:

1. birokrat.
segala kebijakan bergantung pada orang ini. orang yang berada pada kelas ini hampir selalu berkonotasi negatif. posisi ini (sayangnya) lebih banyak diisi oleh orang" yang, err, yaa, begitulah. gini deh. berapa banyak lulusan perguruan tinggi negeri yang mau jadi bupati/walikota?

2. wirausahawan.
segala sesuatu oleh orang ini dijadikan uang. tambahan dari pak poerbandono, menurut beliau, a bussinessman is a noble person. kenapa? karena dia memberi pekerjaan bagi orang lain. lagi", sayangnya, persentase wirausahawan di Indonesia masih di bawah 1%, di mana menurut pak ciputra, pemilik ciputra group itu, perlu sedikitnya 2% wirausahawan untuk menaikkan status Indonesia menjadi negara maju.

3. scientist.
segala sesuatu diteliti, dianalisis, dan dikembangkan oleh orang ini. padahal belum tentu dia mendapat upah atas penelitiannya. bahkan hasilnya pun bukan dia yang akan menikmati. itulah mengapa pak tono menyebut mereka 'ahli surga.' dan, lagi", sayangnya, posisi ini masih belum terlalu diakui dan dianggap di Indonesia. berapa sih duitnya scientist? dapet duit buat penelitian aja udah syukur, gimana mau cari profit?

4. common people.
orang biasa. bekerja untuk mencari uang untuk makan. sudah terlalu banyak orang Indonesia yang berada dalam kelas common people. bukan berarti mereka tidak dibutuhkan, namun kelas seperti ini di negara maju sepertinya sudah menjadi sekedar sambilan. contoh: menjadi pelayan di restoran bukan merupakan suatu 'pekerjaan' tapi hanya merupakan 'sambilan' anak" SMA maupun mahasiswa sembari bersekolah/berkuliah.

5. loser.
silakan dinilai sendiri.

jadi, pilih yang mana?

3 komentar:

  1. saya sudah memilih yg "err" lho.. :))
    -kk loker-

    BalasHapus
  2. @luthfi: amin!
    @kk loker: saya cukup yakin kakak loker saya tidak akan menjadi orang yang 'err' walau pun mengambil posisi yang 'err' itu. amin! hehe, seneng tauk, ada anak ITB di birokrat, coooooool :D

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC