03 September 2012

lagi-lagi tentang supernova

sumber: media.dinomarket.com
mungkin sudah bosan berjuta-juta kali membaca berbagai review dan prediksi mengenai karya dee yang satu ini. gw sendiri memilih untuk menuliskannya dalam blog ini dengan alasan dokumentasi, muahahahaa. bahwa gw pernah membaca dan menggilai rangkaian buku dee yang satu ini.

sebelum membaca, btw, itu gambar salah urutan. mestinya Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh (KPBJ), Akar, Petir, baru deh Partikel.

dimulai saat gw masih duduk di kelas 2 SMP. saat itu gw mulai berani baca buku yang agak lebih berat dibanding sekedar teenlit. salah satu buku 'agak lebih berat' itu adalah KPBJ, yang gw pinjem dari perpus (hidup perpus labschool!). halaman" awal, gw pusing. tapi makin ke belakang gw makin menikmati, dan berkesimpulan: buku ini keren karena membahas cerita, dalam cerita, yang di dalamnya ada cerita lagi! kalo inception baru keluar beberapa tahun lalu, supernova KPBJ udah keluar dari 2002! applause!!

nah terus lanjut ni gw baca yang akar. tapi baru baca pas SMA, karena keburu lulus. gw pinjem punya suci kalo ga salah. gw sempet nulis di post sebelumnya kalo gw baca akar pas SMP, tapi ternyata bukan. gw pinjem orang kok waktu itu! baca deh tuh gw, akar. tapi saat itu gw bener" ga ngerti isinya, payah.

lanjut gw pinjem raisa. bukan, bukan raisa yang artis itu. gw emang satu sekolah sama raisa yang artis itu, tapi sekali lagi, bukan raisa yang itu. petir ini bawaannya udah ringan banget, enteng deh! tapi karena pembawaannya yang enteng, ketertarikan gw saat itu jadi agak berkurang. udah gitu lanjutannya ga terbit" pula.

sampailah kini, saat saya tingkat-akhir-nyaris-lulus di perkuliahan, partikel terbit! saat partikel terbit, jujur, gw agak skeptis atas alasan di paragraf sebelumnya. tapiiiiiiiiiiiiii keping belakangnya itu lhoo!! astagaaaa, bikin pengen baca dari awal lagi! berhubung KPBJ emang sempet gw baca ulang tahun lalu, jadi gw baca akar dan petir doank dari awal. dan KEREEEEEEEEEEENN.

secara singkat, begini alurnya..

KPBJ: jadi ada sepasang homo bernama ruben dan dhimas. yang satu semacam pujangga-wanna-be, yang satu semacam jenius. mereka ingin membuat sebuah cerita dengan tokoh" tertentu. di sini muncul satu nama yang paling penting (menurut gw), nama itu adalah Diva. kalo ga salah nama Gio juga muncul di seri ini.

Akar: di sini diperkenalkan satu tokoh baru, namanya Bodhi. dikisahkan perjalanan Bodhi, saat backpacker belom terlalu ngetren di Indonesia seperti sekarang, si Bodhi hidupnya sudah berada di bawah standar backpacker dengan kegiatan" ala backpacker (halah!) perjalanannya si Bodhi ini keren banget deh! benar" mendapatkan pengalaman aneh" selama perjalanan di Asia Tenggara, semacam itu. dan selama perjalanan, banyak sekali hal yang membuatnya sering disebut 'guru' oleh berbagai macam orang.

Petir: di sini diperkenalkan lagi satu tokoh baru, namanya Elektra. dikisahkan kisah hidup si Elektra yang merupakan cewe bontot turunan Tionghoa yang hidup di Bandung. ringan sekali buku ini, banyak lucunya, banyak ketawanya. kerennya lagi, buku ini mengangkat isu enterpreneurship sebelum itu terlalu ngetren seperti sekarang. wwooooowwww. nah, ada kejutan di awal dan akhir keping buku ini. di awal keping, tokoh" di KPBJ nongol lagi dengan kisah yang bikin lo mikir ber-ratus" kali dan memutuskan untuk baca ulang KPBJ. di akhir keping, tokoh" di Akar dan Petir seakan ingin bertemu! mungkin ini yang membuat pembaca-setia-yang-saat-itu-bukan-saya sangat menantikan terbitnya Partikel!

Partikel: di sini diperkenalkan lagi satu tokoh baru, namanya Zarah. dikisahkan bahwa Zarah ini punya kemampuan khusus terhadap alam. haha, maaf malah ga menyampaikan kemampuan khusus dua tokoh sebelumnya, tulisan ini mengalir, hehe. buku ini juga masih enteng sekali pembawaannya. jujur ga terlalu terkesan dengan kisah hidup Zarah, tapi keping akhirnya itu yang membuat gw baca ulang Akar dan Petir! di keping akhir, tokoh" dari dua episode itu benar" bertemu! bagaimana bertemunya? baca sendiri! hehe.

kelanjutan dari supernova katanya sih akan diterbitkan dalam judul Gelombang dan Intelenjensi Embun Pagi. Telah disebutkan (entah dalam Akar atau KPBJ) bahwa akan ada tokoh baru yang bernama Alfa. jadi, kalau kata Dee, serial ini bukan heksalogi (enam buku dalam satu rangkaian serial) tapi merupakan trilogi dengan seri kedua yang dibagi dalam empat buku! jadi sebenarnya seri kedua dari supernova bukan 'hanya' Akar, tapi rangkaian dari Akar-Petir-Partikel-Gelombang. cool ya! hahahaha~

bener" penasaran gimana kelanjutannya. sinting, bisa freak gw kalo kayak gini, hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC