19 September 2012

persyaratan, oh, wisuda, oh, repotnya

huyah!

sedikit pengantar, tadi gw ketemu tika, temen SMA gw, yang sekarang lagi S2 (ulangi: S2!) di plano, sembari makan bersama budi dan wicak, dan mereka terkesima: "ko lo bisa punya temen bentuk kaya gitu si?" ckck.. kasian mereka.. terlalu banyak main di itb jadi ga melihat dunia.. ngeliat cewe cakep masih puyeng, padahal tiap hari disodorin keke sama tya, sama gw, MWAHAHAHAHAHA #okelanjut

JADIIII.. gw abis ngurus seeemmmuuuaaaa persyaratan wisuda yang ternyata, bikin tekor. bangkrut. mau ga mau ga bisa nabung bulan ini, malah nguras tabungan. hiks. #okelanjut

mau tau persyaratannya? saya akan membahasnya satu-per-satu-per-satu-hiper-satu. halah!

kartu perpustakaan cap bebas pinjam
tahukah kamu, kartu perpustakaan bebas pinjam berasal dari mana? dari perpus pusat! jadi, untuk mendapatkannya, lo harus dapet pengantar dari perpus prodi dulu (gw di geodesi). untuk dapet pengantar, ada syaratnya juga! yaitu: CD berisi PDF-nya TA, pas foto 3x4 warna 1 lbr, 5 kartu perpus, dan 2 buku mengenai keilmuan geodesi untuk disumbangkan. setelah dapat pengantar, meluncurlah ke perpus pusat dengan fotokopi KSM dan pengantar dari perpus prodi. kalo masih punya kartu perpus pusat, bawa! tapi gw cukup yakin mahasiswa tingkat akhir ga akan punya kartu perpus pusat, secara, itu mesti diperbarui tiap awal tahun ajaran baru. maka, persiapkan pula uang sebesar Rp 5.000,- sebagai pembayaran kartu. dengan ini, kartu perpus bebas pinjam pun didapat!

tanda lunas SBP sem terakhir
nah, ini bisa didapat dari BNI/anex. ya, ga perlu penjelasan soal ini lebih lanjut lah ya.

bukti penutupan rekening mahasiswa S1
nah, kalo ini bisa milih. mau tutup tabungan aja, ato ngganti taplus mahasiswa (tapma) jadi taplus. gw sih bikin jadi taplus. keduanya punya syarat yang sama, yaitu: KTM asli, fotokopi KTP, fotokopi KSM, surat keterangan lulus sementara, dan buku tabungan. kalo KTM/KSM/KTP lo hilang, silakan menunjukkan surat bukti hilang dari kepolisian. mungkin kasusnya begitu juga kalo buku tapmanya hilang. untuk penutupan, biayanya gw ga tau, tapi tadi untung perpanjang jadi taplus gw keluar Rp 20.000,- untuk ATM baru dan apaaa gitu gw lupa.

KTM
kalo masih ada KTM, ga masalah. kalo ga ada? tunjukkan bukti dari kepolisian.

KSM
sama dengan KTM. kalo ilang, bikin surat dari kepolisian.

pas foto ukuran 4x6 sebanyak 6 lbr (htm-pth)
nah, ini paling bagus bikin di jonas! dan di jonas itu ada pilihannya: mau original, atau diperhalus, hehe. jadi bagi yang jerawatan, siap" aja, lo bisa jadi supercantik/superganteng di pas foto lo, muahaha! tapi karena saya tidak ingin terlalu banyak berdusta (halah!) saya jadi pilih yang original (padahal gara" takut jadinya lebih lama, hehe). gw cetak berwarna semua ukuran, hitam-putihnya cuma 4x6 sebanyak 8 lbr. untuk cetak ukuran khusus, mesti kelipatan 4 soalnya. gw keluar Rp 28.000,- dengan hasil yang oke dari jonas, hehe #harusnyagwdibayarjonaskarenapromosi

foto digital max 100kb
yaa, pas foto lo dikecilin aja ukurannya. pake sotosop bisa, pake MS office picture manager juga bisa. pake paint juga bisa. senyamannya sajah.

soft copy TA (2 buku)
sebagai informasi, gw keluar Rp 38.000,- untuk satu buah buku TA gw. dan gw bikin 6 biji (biji ato buah? halah!) dengan rincian: 1 utk gw, 1 utk pembimbing I, 1 utk pembimbing II, 2 utk persyaratan, dan 1 utk IMG. jadi putuskan sendiri, mau nyetak berapa. tergantung ketebalan dan budget.

uang iuran wisuda
uang iuran wisuda lo setor/pindahbukukan di BNI (ngomong sama mbak/mas tellernya) sebesar Rp 550.000,- tinggal bawa duit/buku tabungan/KTM, ngomong, nyebut NIM, dan dengan ajaib uang lo ketransfer. simpan dan fotokopi bukti pembayaran.

data wisudawan/transkrip
ini ngomong sama TU. inilah saatnya memilah mana mata kuliah pilihan yang mau dihapus dan dienyahkan saja, muahaha! gw sendiri belom ngurus karena belom bisa diurus. baru jumat besok aktifnya, kata pak dudi TU.

begitulah.. perjuangan saya 2 hari ini mendapatkan segala persyaratan tersebut.. kecuali yang terakhir, hehe. semoga bukti pembayaran dari BNI cukup, males juga kalo mesti ke annex lagi. fuh!

secara singkat, ini yang Anda butuhkan di awal:
  • CD berisi TA dan pas foto (dan paper juga) sebanyak 2 buah. satu utk perpus, satu utk TU
  • 2 buku pergeodesian yang akan disumbangkan
  • semua kartu perpustakaan (kalo gw ada 5)
  • pas foto 3x4 warna 1 lembar
  • pas foto 4x6 hitam putih 6 lembar
  • KTM beserta fotokopinya sebanyak 2 lembar
  • KSM beserta fotokopinya sebanyak 3 lembar
  • buku tabungan bni tapma
  • surat keterangan lulus sementara dari TU
  • fotokopi KTP
  • tanda lunas SBP semester terakhir
  • buku TA sebanyak 2 buah
  • uang iuran wisuda sebesar Rp 550.000,-
  • transkrip akhir

dan ini adalah data yang akan Anda dapatkan setelah berkelana ke BNI, perpus prodi, dan perpus pusat, yang nantinya akan dikembalikan ke TU pula:
  • pengantar dari perpus prodi untuk ke perpus pusat
  • kartu perpustakaan cap bebas pinjam dari perpus pusat
  • bukti penutupan rekening mahasiswa S1

PS: nah, keluar duit banyak toh, buat wisuda? semoga informasi ini bisa membuat Anda sekalian mempersiapkan diri dari sekarang (baca: nabung). semangaaat! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC