08 November 2012

kepusingan pasca IELTS prediction test

tadi banget gw baru banget #halah ikutan IELTS prediction test di BLCI, dan hasilnya? sampe sekarang pala gw masih pening.


tes IELTS tuh capek banget, sumpah. capeknya karena lo harus konsentrasi penuh selama 2,5jam, belum lagi kalo speakingnya barengan sama hari lo tes listening-reading-writing-nya. dan ini masih prediction loh. kabarnya kalo udah beneran itu lebih susah -__-

tapi tes IELTS tuh keren banget! beda sama tes TOEFL. kalo di IELTS, yang jelas ada speaking, di mana lo tuh kayak di-interview sama seorang native speaker. jadi ada sesi di mana lo mesti disuruh milih kartu random (tadi gw langsung dikasih, biasanya kalo gw baca" itu disuruh milih) terus ya lo ngejelasin yang diminta sama kartu itu. tadi gw disuruh mendeskripsikan foto favorit gw. hehe. terus setelah gw mendeskripsikan foto itu, si bule ngajak ngobrol tentang cita" gw. gw ceritain aja gw pengen jadi apa, terus di nanya lagi, bagaimana cara gw mencapai itu, terus dia nanya lagi, kalo ga dapet gimana, dsb. yah pokoknya setelah ngobrol" saik tiba" dia ngomong "okay, finished."

dan speaking pun selesai.

oke itu sama sekali tidak ter-prediksi kalo dari literatur yang gw baca, biasanya speaking test diawali dengan "introduction" di mana gw harus memperkenalkan diri. ini di langsung nanya soal cita"? fix banget dia pasti lagi nge-test future tense -_______-

terus listening. ternyata ga cepet" banget kok. awalnya. hahaha. di akhir" ya tambah cepet dan tambah ambigu gitu "ini soal maunya apaah!" hahahaha. tapi untuk tiap section lo dikasih waktu sekitar 30detik untuk baca pertanyaan dan 30detik lagi setelah ngejawab untuk ngecek jawaban. di akhir listening test lo juga dikasih waktu 10menit untuk mindahin jawaban corat-coret lo di kertas soal ke kertas jawaban. jadi, lo punya cukup banyak waktu di belakang, lebih baik fokus dengerin bule" itu ngomong dan langsung catet hal" yang menurut lo penting.

terus gw reading. ada tiga artikel ilmiah populer yang satu artikelnya makan sekitar 2 halaman A4. tapi font-nya gede kok, sekitar 14pt, jadi ga banyak" amat. tapi untuk 3 artikel, itu pusing banget. terus ngisi deh pertanyaannya. gw paling ga keren dalam hal skimming, jadi ya cara gw tadi gw baca dulu pertanyaannya sekilas, baru gw bacain artikelnya sambil corat-coret dan garis-bawahin dan ngotakin kata" yang gw anggap penting. jadi mau-ga-mau gw mesti baca seluruh isi artikel, kalo ngga, gw ga bakal dapet apa".

nah, selama lo ngerjain itu, manajemen waktu lo tuh bener" diuji. tenang. di tiap soal ada kok estimasi waktu yang lo habiskan untuk ngisi soal yang berhubungan dengan artikel itu berapa menit, jadi kalo kira" udah mendekati batas waktu, mending lo kebut bacanya.

lanjut ke writing. writing ini ada dua task. yang pertama lo bacak grafik atau tabel atau histogram atau apa pun itu. tenang, datanya simpel kok, lo ga akan disuruh baca grafik distribusi normal, nggaaaaaaak. terus lo disuruh nulis min. 150 kata mengenai hal yang dikasih itu. menuruk kibay, strateginya adalah, lo mesti nulis berdasarkan FAKTA. jangan nulis opini, dan jangan nulis yang ga ada di data. terus opini, itu 250 kata tentang suatu topik. ini lo kayak disuruh bikin artikel, dan menurut literatur yang gw baca, lo tulis mesti ada introduction, content, dan conclusion. tiga paragraf gitu lah. dan nilai task kedua ini dua kali lipat nilai task pertama, jadi saran gw, kerjain yang task 2 dulu aja. gw tadi soalnya agak lama terjebak di task 1, karena gw ternyata ga suka ngeloncatin sesuatu yang mestinya gw kerjain duluan -____-

yap, begitulah IELTS. gw sekarang sangat amat pusing. gw harap hasilnya >6.5, yaaaa >7.0 lah pehlissss #amin biar gw langsung IELTS beneran yang harganya lebih dari 10 kali lipat harga predictionnya. heuu.

aih, pusing.

oh iya, salah satu artikel di reading tadi itu ngebahas tentang "the power of unconsciousness." jadi lo bisa belajar, terutama memorizing, hal" tertentu tanpa sadar bahwa sebenarnya lo sedang "belajar." dan gw langsung kepikiran speaking gw. emang sih, gw lebih lancar cas cis cus pas "ngobrol santai tentang masa depan" sama pak bule dibanding pas gw mesti mendeskripsikan foto favorit. mungkin karena gw ga tau kalo sebenarnya gw sedang dites. i was unconscious. yeaaaaahhhh.

2 komentar:

  1. kacau udah nyerah gw mengikuti tulisan2 lo mbok, keep busy lah ya :D

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC