15 November 2012

mau nyalahin siapa?

aduh, sebenarnya gw agak bingung ke mana arah dari tulisan gw yang satu ini akan berjalan, tapi ya dimulai saja lah ya.

baru" ini ada berita hangat mengenai pembubaran bp migas (cie yang baca beritaa hahaha). katanya bp migas inkonstitusional. halah, paling ga ngerti gw sama istilah" kayak begini sebenernya. ini mah mainannya si wicak sama si arse. tapi intinya adalah, katanya sih, bp migas lebih memihak asing dibanding kita.

hmm.. tapi gimana yah.. kenapa gw masih berpikir ini ada yang 'main' di belakang pembubaran ini yah? (efek jadi aktivis, dikit" curiga. eh, aktivis? efek img kaliiii hahahahaha) ya tapi apa pun itu, tujuan mulianya sih, katanya, mengusir asing.

aduh, bingung juga gw menumpahkan pikiran gw untuk yang satu ini. mungkin bisa dimulai dengan peta yang dipost di tumblr punya si hiban:


apa yang lo pikirin saat lo ngeliat peta itu? miris? kaget? biasa aja? kalo gw mah, kaget, terus biasa aja, hahahaha. ya gimana ga biasa aja. fakta ini tuh udah basi banget nget nget. terus kenapa baru anget" tai ayam sekarang?

gini deh. bero bero sekalian, terutama yang tujuan hidupnya mau masuk industri migas. berapa banyak dari kalian yang pengen kerja di chevron? total? british petroleum?

lanjut lagi. kalo mereka" ini ga dateng ke indonesia buat bikin rig, ngambil minyak, dll. kira", kalian bakal kerja di mana yah? apa pertamina membutuhkan sdm sebanyak itu? bahkan, apa kalian sempat berpikir "lebih baik gw masuk company punya indonesia walau gajinya lebih kecil dibanding gw masuk company punya asing padahal kerjaannya ya ngambilin minyak kita sendiri juga"??

ya.. gimana yah.. gw agak skeptis aja dengan tujuan mulia 'mengusir asing' karena banyak dari kita yang emang kerjaannya, yah, ga jauh" dari ngebantuin asing. dulu gw sempat berpikir "ngapain siah masuk perusahaan asing. you're just being a f**kin' slave, beroo" tapi setelah kelulusan, ya gimana juga? lah wong yang buka lowongan mereka?

ngarepin ada orang yang muncul sebagai penyelamat dunia dengan bikin company sendiri? siklusnya berapa tahun sekali? berapa banyak sih perusahaan migas, maupun perusahaan servis migas, yang asli indonesia? men, bahkan ada satu perusahaan servis migas asing yang sedang mengusahakan untuk punya kapal dengan bendera indonesia biar perizinannya lebih mudah. men, bendera indonesia di kapal asing? tepok deh kepala gw.

mungkin inti dari tulisan gw ini ada tiga:
  • gw ga yakin apa imbas dari pembubaran bp migas. yang jelas, kata gw, ga semudah itu 'mengusir asing.' mungkin namanya bukan 'mengusir' tapi lebih kepada 'mengurangi jatah' mereka. yah, gimana. ibarat kata, lo punya pohon pisang. tapi ga ngerti gimana cara ngolah pisang itu jadi pisang goreng. sementara tetangga kita ga punya pohon pisang. dia butuh banget pisang buat kasih makan anaknya. dateng deh dia ke kita. dia negosiasi, gw bisa ngolah pisang lo, lo ga apa"in kan selama ini? gw butuh banget pisang buat ngasih makan anak. terus lo ngijinin. eh ternyata dia jago banget ngolahnya, sampe dia bisa bikin usaha penjualan pisang goreng. baru deh lo sewot: "itu kan pohon pisang punya gw! kok lo bisa-bisanya sih punya usaha dari sono!" tepok lagi kepala gw.
  • yah, gimana yah. sounds easy, tapi gw yakin ini sulit. coba deh, usaha dulu untuk masuk perusahaan milik sendiri. kalo emang pengen masuk perusahaan asing, ya keluar aja lo sana sekalian, daripada lo berbakti kepada asing tapi yang lo ambil resource sendiri. kata gw, kalo misalnya, lo pengen ke schlumberger, sekalian aja yang office-nya di luar, rusia gitu misalnya? sumpah, gw tau ini sama sekali ga mudah, belum tentu perusahaan" asli indonesia recruitment-nya secepat dan sesering perusahaan" asing itu, tapi, ga ada salahnya lah, dicoba.
  • kalo emang pengen masuk perusahaan asing dengan motif "ujungnya gw pengen bikin usaha sendiri," gw angkat topi buat kalian. semangaaat! dan titip temen" kita yang lain yah. maaf gw belum bisa ikut berjuang di jalur itu, tapi gw selalu ada kalo kalian butuh. kalo, kalian butuh, hahahaha.
itu sudah! jadi, bagaimana pendapatmu? kalo emang blok" minyak kita banyak dikuasai asing, mau nyalahin siapa?

maaf kalo argumen gw agak seenaknya dan kadang kurang nyambung. gw sedang dalam fase di mana terlalu banyak informasi yang masuk ke kepala sampe gw bingung nge-filter-nya. yah, ini mungkin hasil saringan pertama. dan pertama kali gw mencoba 'mengkritisi' keputusan bos" di sana, alias, pemerintah.

tambahan: sebenernya lebih saik kalo di peta itu ada data blok" yang punya indonesia juga. jadi biar tau, perbandingan antara blok punya kita dan blok punya asing. gw sendiri ga tau soalnya, seberapa banyak minyak yang benar" kita miliki.

2 komentar:

  1. semoga gue selalu dibimbing untuk selalu termasuk orang yang menjadi bagian dari inti tulisan lo yg ke 3, aamiin *berdoa*

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC