07 November 2012

sedikit (banget) tips untuk travelling

holla! gw ingin mencoba menulis sedikit (banget) tips berdasarkan beberapa pengalaman travelling gw.. tips ini kebanyakan untuk newbie, jadi yang udah sering dan gape travelling, kayaknya tulisan ini ga akan terlalu berguna, hahaha.. enjoy..
  • siapkan DUIT. men, lo mau jalan" ya mesti punya duit lah. jangan dulu ngarep lo bisa nebeng sana sini, makan seadanya, jalan seadanya. ya oke, kalo lo memang travelling dengan teman lo yang udah gape travelling, ya tinggal bawa duit secukupnya aja, mungkin dia udah punya kenalan di mana", tapi temen lo itu juga pasti minta lo nyiapin duit, yang paling engga, bisa buat diri lo sendiri survive.
  • ada tiga hal utama dalam travelling: uang, waktu, dan destinasi. seringkali lo harus memprioritaskan dua dari antara tiga hal itu. tentunya, yang paling sering diprioritaskan adalah destinasi! karena buat apa lo punya waktu liburan tapi ga tau duitnya mau diabisin buat apa. nah, kalo lo ga punya terlalu banyak uang, artinya lo harus punya waktu banyakk untuk menghemat pengeluaran lo. sebaliknya, kalo lo ga punya waktu banyak, lo harus punya uang banyak juga untuk memaksimalkan waktu lo bermain. contoh mudahnya: perjalanan paling murah itu ngeteng, alias loncat" dari kereta api, mungkin lanjut ferry, terus bus, dsb. tapi itu butuh waktu yang panjang. kalo lo ga punya banyak waktu, terpaksa lo harus mengorbankan uang lo untuk, misalnya, naik pesawat, atau naik kereta yang eksekutif (yang lebih cepet), atau, sewa mobil. ingat, semakin banyak lo punya waktu, semakin sedikit uang yang mesti lo keluarkan per-hari-nya. kalo total mah, tergantung. hehe.
  • pergilah dengan orang yang tepat. kalo lo pergi sama orang" yang sama" ga punya pengalaman travelling, pastikan dia bro banget sama lo. karena mungkin saja akan ada saatnya salah satu dari kalian kena masalah. nah, kalo ga bro, repot kan? males banget ngurusin nih orang, kaga ada untungnya buat gw, hehe. selain itu, ruginya pergi dengan orang" yang ga bro, seindah apa pun pemandangan yang lo liat, belum tentu lo bisa nikmati. contoh: teman lo protes melulu karena jalannya jauh, teman lo protes karena destinasinya ga sesuai harapan, atau yang paling parah, teman lo tidak menganggap lo ada dalam perjalanan, atau malah menganggap diri lo menyusahkan dan memperlambat perjalanan (shit happens, true story).
  • kalo destinasi lo adalah pantai, datanglah di kala matahari bersinar terang hampir tepat di atas kepalamu. waktu terbaik adalah kisaran pukul 11.00 s/d 13.00, namun kalau ga bisa ngejar jam segitu, jam 10.00 s/d 14.00 pun masih terang. karena kalau main di pantai terlalu pagi/sore, lautnya ga akan berwarna terlalu terang, warnanya gelaaap. ini akan mengurangi ke-syahdu-an mantai. percaya deh, laut kala siang itu JAUH LEBIH INDAH dibanding laut kala pagi dan sore. kecuali, lo main di pantai timur ketika menanti sunrise, atau main di pantai barat menanti sunset. ini beda cerita. oh iya, JANGAN PERNAH MENGHARAPKAN SUNRISE/SUNSET YANG SPEKTAKULER KALO LO TIDAK BERADA PADA PANTAI YANG TEPAT. sampai kapan pun (yang gw tau) matahari ga akan terbenam di selatan. for your information ajah.
  • kalo destinasi lo adalah gunung, lebih lagi kalo itu PERTAMA KALI lo naik gunung, pastikan lo naik dengan orang yang sudah berpengalaman! karena lo PASTI akan menyusahkan sepanjang perjalanan. sekali lagi gw ulangi: PASTI. naik gunung itu, terutama kalo lo ga sewa porter, capek. gw memang tidak memiliki terlalu banyak pengalaman naik gunung, tapi buat kalian" yang (mungkin) sedang heboh lantaran 5cm yang kembali eksis, please, cari orang" yang bener" udah berpengalaman di bidang per-naik-gunung-an. atau, kalo emang lo punya banyak duit, sewa porter ajah. gw yakin itu ga akan lebih capek daripada bawa logistik sendiri dari bawah. hehe.
  • kalo destinasi lo adalah candi, pura, museum, dll. yang punya jam tutup, pastikan lo datang pada saat destinasi tersebut masih buka, atau lo akan kerugian, karena tentunya untuk masuk ke destinasi ini lo mesti bayar. sayang duitnya kalo lo cuma bisa nikmati dalam 30menitan.
  • dan yang terakhir dari gw, pastikan lo punya ITINERARY. oke, mungkin ada dari kalian yang lebih suka travelling tanpa rencana, go with the flow, dll. tapi kalo buat gw sendiri, men, lo keluar duit lho. lo mengorbankan waktu lho. maksimalkan lah! sekarang gampang kok buat bikin itinerary. lo tinggal googling yang rajin mengenai tempat wisata tujuan lo, tanya" di kaskus, baca" catatan perjalanan orang, dan bahkan, ada kok orang" yang nge-share lonely planet secara free. dengan memiliki itinerary, lo akan memperkecil kemungkinan bengong-bingung-mau-ngapain-mau-kemana, dan pastinya lo udah punya tempat" yang dituju beserta bagaimana cara menuju tempat itu. itinerary ga bersifat membatasi kok, lo ujung"nya pasti mesti improvisasi juga di lapangan. tapi setidaknya lo punya 'kitab suci' yang mengarahkan perjalanan lo, hehe.
itu sudaaaah~ semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin travelling.

4 komentar:

  1. gilaaa~ bermanfaat abis tulisan" blog lo geb ! lanjut gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa si? ahaha jadi maluu (='3=')
      makasih puut

      Hapus
    2. gebi malu?hahahaha dusta jangan segitunya kali gep.

      Hapus
    3. apadah yaaaaaaassss -______-

      Hapus

Template developed by Confluent Forms LLC