04 November 2012

solo backpacking di kampung sendiri

sekali lagi saya haturkan maaf sebesar-besarnya bagi yang masih menanti itinerary lombok kemaren. itu bikinnya mesti pake niat bro, jadi ga bisa asal nge-post. itu udah ngendon di laptop gw sejak H+1 perjalanan kemarin, tapi mesti di-polish lagi kira" foto yang akan gw tampilkan yang seperti apa, hal apa yang perlu diceritakan (kalo semua gw masukin, ini gw masih di hari keempat dari enam hari, dan udah SEMBILAN halaman A4 kalo di word, heuuuu) dll. jadi sekarang gw akan membahas hal lain dulu.

JADIIIIIII..

tadi gw abis backpacking! AHAHAHAHA!
literally backpacking, karena gw tadi jalan" pake backpack secara dadakan. dimana? sepanjang thamrin! hehehe.

ceritanya gw mau ke EHEF (http://ehef-indonesia.org/) yang letaknya ga jauh dari Grand Indonesia. terus gw tuh kepagian banget, gw udah di sekitar bunderan HI dari sekitar jam 08.30an padahal acara baru mulai jam 11.00, kenapa? karena gw nebeng nyokap, yang notabene ada acara di trisakti jam 09.00, jadilah gw pagi banget nyampe thamrin.

terus gw mendapatkan fakta basi yang gw baru sadar tadi: minggu pagi di thamrin itu CAR FREE DAY!

jadilah gw jalan" tadi sepanjang car free day, ke arah monas. ya elah, masih lama juga gitu kan jam 11, kalo capek tinggal balik naik busway, pikir gw begitu. jalan lah gw. ngelewatin bunderan HI, yang ada dangdutannya. pokoknya tadi tuh lagunya ada "sik asik," "iwak peyek," sama "alamat palsu," azeeekkk, digoyaaaanngg?!?! ternyata car free day jakarta seru juga, banyak peminatnya, walau sepertinya itu termasuk lagi sepi sih. tadi ada komunitas sepeda onthel, ada kayak kampanye "pemilu bersih" dari KPU (ga ngerti pemilu apaan juga) terus banyak orang main sepedah.

semacam ini suasana car free day jakarta
source: http://endahavrianti.files.wordpress.com/2012/06/sepeda-santai.jpg

jalan ke arah monas, ternyata jauh juga yak kalo dari grand indonesia, hahaha. sempet pengen puter balik, tapi pas pengen muter, monasnya udah depan mata! jadi lah, lanjut gw. tempat gw hampir menyerah itu adalah di sekitar sarinah, tepatnya depan gedung BPPT.

ngeliat monas rasanya seneeeng deh. kayak tercapai gitu tujuannya. tapi karena gw agak kegerahan (gw pake jeans yang agak berat, gerah coy jalan agak jauh) gw nge-cancel cita" gw duduk di sekitar monas. lagipula, matahari mulai terik.

tadinya gw mau puter balik buat ngadem dan muter" di grand indonesia, tapi melihat museum nasional, wow, menarik juga ya kalo masuk. gw masih punya waktu sekitar 45 menit sih, kalo mau muter" di dalemnya. oke, jadilah gw masuk museum, yang terakhir kali gw masuki pada masa sekolah dasar itu, hahahahaha.

bayar 5ribu, tas mesti dititipin. kalau pun bawa laptop, tas tetep mesti dititipin, laptop boleh dibawa. jadi tadi gw muterin museum sambil meluk laptop.

logo museum nasional
yang mengilustrasikan bayangan
stupa" di borobudur dilihat dari
sisi atas, uber-cool!


ternyata museum ini GEDE banget. gw aja cuma sempet liat" di bagian arca sama etnografi, dan itu udah BANYAK BANGET yang bisa didapet. gw suka deh, bagian etnografi. ternyata kita itu emang budayanya kaya setengah mati. majapahit emang gila banget dulu punya ide nyatuin suku" yang sejibun ini jadi satu nusantara. ya bayangin aja, etnisnya tuh ada macem", gw ga ngitung berapa sih. ya intinya, di jawa aja udah ada suku betawi, sunda, banten, jawa, madura, belum lagi baduy dan pedalaman"nya. belum lagi bahasa! astaga, itu di papua biar keliatannya sama" aja buat kita, bahasanya beda"! gila gila gila gila!

terus di ruang etnografi ini dipamerin barang" dari setiap propinsi di indonesia. tadi gw cuma ngeliat setengahnya sumatera dan setengahnya jawa (karena recananya gw mau nyusur sisi kiri dulu, ntar baliknya nyusur sisi kanan, tapi waktu ternyata sangat tidak cukup). kenapa cuma dikit? karena gw ngebacain SEMUA keterangan dari setiap barang yang dipamerin. abis menarik banget! ternyata BANYAK BANGET yang gw ga tau tentang bangsa sendiri. aduh pantesan tetangga suka ngiri, heheu. dibanding dengan muzium negara di kuala lumpur, with all due respect, koleksi di museum nasional mah jaaaauuuhhh lebih banyak! dan sepertinya sih, lebih menarik, hehe. ya bandinginnya gini, gw bisa keliling muzium negara dalam waktu sekitar satu jam, dan itu udah muterin semuanya, dan ga banyak tulisan yang gw baca. nah kalo di museum nasional, dalam waktu 45 menit tadi, ya gw cuma dapet istilah kata ga sampe seperempatnya! dan tulisannya tuh menarik banget, ada penjelasan barang itu barang apa, digunakan untuk apa, ditemukan di mana, berasa kembali ke masa lalu!

begitu waktu menunjukkan pukul 10.15, gw langsung cabut nge-busway ke arah gedung UOB, tempat EHEF berlangsung. soal EHEF, ada kemungkinan gw ceritakan, ada kemungkinan juga tidak. hadeh, banyak sekali yang ingin gw tulis dan dokumentasikan di sini! sabar ya, hehe.

NB: sayang 'backpacking' tadi gw ga bawa kamera, huuuuhhh..

NB-2: hari ini terbukti. the more you travel, the more you love your indonesia. negara kita emang kaya keterlaluan sih, sumpah.

5 komentar:

  1. gab, mau alamat museum nasional dooonggg. pengen melancong kayak lo. hahahaha. dekat busway apa gitu?

    BalasHapus
  2. deket bangett kok dari GI nan!
    tinggal naik busway ke arah monas aja, turun di halte museum nasional (ato halte monumen nasional, lupa gw namanya), itu haltenya PAS banget di seberang museum nasional, jadi kalo ragu tinggal tanya aja sama mas/mbak yang jaga tiket "mba, ke museum nasional naik yang sebelah mana dan turun di halte mana" begituuuhhh.. selamat melancong! :D

    BalasHapus
  3. dan lo mesti muterin museum di kota juga nan! tinggal nge-busway sampe ujung ke arah kota, dan di kota itu ada sekitar 5 museum, heyaaa~~

    BalasHapus
  4. gep masuk monas boleh bawa kamera gak??

    BalasHapus
  5. terakhir gw ke sana sih boleh mar. tapi terakhir gw ke sana bawa kamera itu 2008, jadi ga tau info ini masih valid ato ngga.

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC