19 Desember 2012

(sedikit banget) tips untuk ielts


hollaaaaa!! hari ini nilai ielts saya keluwarrr!! hwaa!!

gw baru liat di websitenya sih, belom ngambil hasil benerannya, tapi ya mosok berubah, kan gw liat di website idp-nya, khikhikhiwwww~~

kenapa gw berani ngasih sedikit banget tips ini? karena nilai ielts gw ternyata oh ternyata adalah..... 7.0! ayeee~~ ga gede" banget sih, cuman, seperti target gw di pos sebelumnya, cukup lah, buat 'stand out' di sekolah yang gw tuju, di mana batas minimalnya adalah 6.0, mudah"an saingan" gw kebanyakan pada 6.0 atau 6.5 heuu #sombong #tobatgep #gabolehsombong #iyahe'eh

average band gw bener" pas 7.0, karena rincian tiap band gw adalah: 8.0 pada listening, 7.5 pada reading, 6.0 pada writing #adeuh, daaaann 6.5 pada speaking!! gw histeris banget ngeliat nilai speaking gw sampe ga begitu peduli dengan betapa buruk rupanya nilai writing dibandingkan dengan ekspektasi gw, soalnya gw ngerasa speaking kemaren tuh bener" terburuk dari yang terburukkkk yang pernah gw lakukan, as in, gw ga pernah se-nervous itu 'diwawancara' sama oranggggg..

agak sedih sih, ngeliat 6.0, karena ada universitas" yang butuh 6.5 rata di semua band. tapi, yaudalahyaaa. toh gw masih fokus ke si universitas le monsieur yang satu itu, nyeheheh.

oke, berikut si sedikit banget tips ielts menurut si gebi:
  • LISTENING. ini adalah bagian di mana lo PALING BISA ngegedein nilai band. kenapa? karena ini tes yang pertama, stamina dan konsentrasi lo pasti masih pada puncaknya. selain itu, selama lo seneng dengerin lagu" bule, nonton serial bule, dan bahkan nyanyi" lagu bule, ga akan ada masalah berarti kok di listening. bulenya bule berbahasa inggeris tentunya yaaakk, kalo bule korea mah sarua deui -___- yang paling bisa jadi masalah adalah pas bagian pilihan ganda dan mengisi titik" dari suatu cerita. di pilihan ganda, lo bener" mesti ngerti arah pembicaraan para speakers, karena apa yang dia katakan ga selalu ada di pilihan, lo harus menyimpulkan sendiri maksud para speakers, dan menterjemahkannya dalam diksi yang berbeda. sumpah, itu susah. dan pas mengisi titik" suatu cerita, pembicaraan kan terus mengalir tanpa jeda, nahh, lo BISA BANGET ke-skip beberapa poin penting! jadi singkatnya, FOKUS FOKUS FOKUS! jangan se-kali" mikirin hal lain: mikirin gimana reading ntar, speaking kapan, cucian udah dijemur apa belom, sekali lagi, FOKUS! and you might have a chance to get a 9.0!
  • READING. ini adalah bagian yang BISA BANGET lo improve, along with listening. kenapa? karena semakin banyak lo baca latihan soal" reading, semakin cepet lo nangkep apa maksud passage" yang ada. cara tiap orang beda", ada yang baca soal dulu baru passage, ada yang skimming dulu baru baca soal, tergantung kenyamanan. nah, kalo gw, caranya pertama lo harus baca judul dulu. kalo udah nangkep maksud judulnya, langsung baca pertanyaan, tapi kalo belom nangkep, skimming dikit terutama di paragraf pertama dan terakhir biar dapet 'main idea' dari passage tersebut. terus, baca pertanyaan sekilas, terus baru deh jawabin satu". satu hal mengenai reading, setiap pertanyaan JAWABANNYA PASTI ADA DI PASSAGE. lo harus bener" perhatiin kata per kata di pertanyaan, biar ga salah nangkep. paling susah di reading itu masalah true-false-not given atau yes-no-not given. satu hal tentang ini: BACA apakah itu TRUE-FALSE atau YES-NO, karena gw pernah ngejawab soal TRUE-FALSE dengan YES-NO pas latihan" sendiri, dan skornya, aduhh, ngefek jauh banget, bisa sampe 1.0!! dan soal ini ambigu banget, jadi kalo lo bener" ga yakin, skip dulu aja untuk lanjut ke soal lain, baru ntar balik.
  • WRITING. ini adalah bagian yang udah paling ga ngerti dinilainya gimana hahahaha. kayaknya lo mesti ambil kelas preparation ielts kalo mau tau seberapa bagus artikel yang lo buat, karena selama gw belajar sendiri, gw pun ga pernah tau seberapa bagus artikel yang gw buat selama latihan. gw cuma ngebacain contoh" writing yang kira" dapet band 8.0 di buku" latihan cambridge dan website ini (klik kata 'ini' yaa!) ngerjain soal" vocabularies dari buku" preparation for ielts. tersulit dalam writing ini adalah MANAJEMEN WAKTU. lo dikasih waktu 20 menit untuk task 1 dan 40 menit untuk task 2. saran gw, kerjakan task 2 terlebih dahulu! karena bobotnya lebih besarrrr. kemaren gw kelamaan di task 1, sampe 30 menit sendiri! jadi task 2-nya ga maksimal sama sekali. writing ini menurut gw tersulit kedua setelah speaking, karena otak lo udah bener" terkuras di dua tes sebelumnya, jadi konsentrasi lo bener" diuji. satu lagi: jangan terlalu perfeksionis! karena perfeksionis-lah yang membuat gw lama ngerjainnya. simple aja, yang penting sampe target kata dan runutan tulisan lo jelass. jangan seperti saya, pliss.
  • SPEAKING. ini adalah bagian tersulit menurut sayaahhh!! karena gw tau ini dites, gw bener" mikirin setiap kata yang mau gw keluarkan, terutama di awal. tangan gw dingin, dan ibu" yang ngetes gw kelihatan galak dan seperti sudah lelah ngetes orang karena gw dapet shift sore jam setengah6an gitu. di speaking, yang penting confident! relax aja, seperti ngobrol biasa, ungkapin apa yang pengen lo ungkapin. jadi di awal tes tuh gw super gugup setengah mati, jawabnya agak terbata-bata kaku, dan gw sempet ga sengaja ngeliat si ibu" nulis sesuatu di kertasnya dan gw ngeliat angka 5.0!!!!! huaaa gw panik dan langsung gw merilekskan diri dan coba ngobrol lebih santai bahkan sambil ketawa" dikit, hihiii. dannnn cukup berhasil ternyata :')
naaahh, itu kan tips per bagian, sekarang tips secara umum yaaaa...
  • PRACTICE, PRACTICE, PRACTICE! sempatkan belajar paling tidak satu jam setiap harinya minimal selama sebulan menuju tes. kalo ga sempet, sempetin!! kan sekarang henpon canggih, kalo lupa bawa bahan" latihan yang lo punya, buka internet aja, baca" tips" ielts, baca" contoh writing, dll. sempetinnn!! buku" latihan ielts dari cambridge bisa lo download dari internet. kemaren gw download cambrige seri yang ke-7 dan ke-8, sepaket latihan ielts yang isinya vocabulary enrichment, grammar, dll. gw cuma ngeprint bagian academic test di ielts 7 dan 8 sama si vocabulary itu. gw print di kertas A4, tapi sehalaman dapet 4 halaman buku, jadi selembar ada 8 halaman buku, hemat bangett hahaha. tapi asli, agak pusing belajarnya, kuecil" be'engg. jadi saran gw mendingan lo print sehalaman A4 itu 2 halaman buku, jauuuhh lebih nyaman :D buku" cambridge dll. ini bisa lo temukan di pirate bay, 4shared, dan lain"nyaa.
  • coba ngobrol bahasa inggris dengan teman" dekat lo. gw jamin, kalo emang waktu sma lo ga sekolah di sekolah bilingual atau ga punya temen yang sekolah di sekolah bilingual, pasti super kaku, seperti saya, hahaha. ga enak banget deh pokoknya. aneh, hahaha. tapi lo mesti cobain, biar biasa pas tesnya, jadi se-akan" ngobrol aja, hehe.
  • DISIPLIN DISIPLIN DISIPLIN!!! disiplin di sini, selain rajin belajar, juga disiplin waktu. lo bener" harus taat pada waktu yang diberikan untuk lo selama tes. di reading kan ada tuh, satu passage-ya 20 menit, coba lo kerjakan satu passage dalam waktu 15 menit, jadi di akhir lo punya sisa waktu sekitar 15 menit lagi untuk checking jawaban" lo dan kembali ke soal" sulit yang lo skip. gw cukup berhasil mendisiplinkan diri di reading hehe. terus, jangan ulangi kesalahan gw di writing! emang sih, agak aneh ngerjain soal kedua dulu sebelum yang pertama, tapi ini benar" membantu, karena memang soal kedua bobotnya lebih besar. coba lo bikin tulisan beserta coret"annya si task 2 selama 30 menit, terus lanjut bikin soal pertama selama 15 menit. jadi di akhir lo punya 15 menit untuk menghitung kata dan koreksi" sedikit. kemaren gw bener" ga ada waktu sisa untuk menghitung kata dan koreksi, dan itu buruk banget. itulah akibatnya kalo ga liat jam keasikan nulis, dipikir nge-blog apah, hahahaha~~ jadi sekali lagi, DISIPLIN!
  • prediction test! prediction ini penting banget karena di sinilah lo bisa tau seberapa besar kemampuan lo dalam berbahasa inggris. prediction ini soal”nya diambil dari cambridge, jadi tenang ajaaa, bener” sama kok suasananya dengan tes sebenarnya. di prediction ini, lo juga mesti ambil speaking-nya. gw kemaren prediction di BLCI Bandung dan penguji speaking-nya beneran native, jadi berasa banget deh! kalo prediction test lo udah mencapai standar minimum, katakan, 6-6.5, bahkan lebihh, mungkin lo sudah cukup siap tes tanpa preparation class, cukup latihan sendiri. tapi kalo masih jauuuhh banget, katakan, sekitaran 4-5.5, lebih baik lo ambil preparation class. tapi menurut gw, lo mesti baca keadaan temen" lo juga. bukan untuk sombong, tapi untuk ukur kemampuan. kalo kemampuan lo kurang dari teman" lo, mungkin lo butuh kelas yang lebih intense. sebaliknya, kalo lo lebih dari teman" lo, mungkin lo mesti cari kelas yang isinya orang" yang agak setara kemampuannya dengan lo. kenapa? karena ini bakal ngaruh ke pencapaian lo pasca-preparation. lo ga akan berkembang banyak kalo lo sekelas dengan orang" yang kemampuannya agak di bawah lo, karena si guru pasti akan lebih intense ngajar orang" yang ngga ngerti dibanding improve diri lo yang sudah lebih dulu mengerti. yaa, itu kan tanggung jawab dia, memastikan sekelas lulus. bukan 'sekedar' memastikan lo mencapai target lo. hehe. kalo gw sendiri ga ngambil karena, ga punya duit dan waktu yang cukup, heheu.
huyaaa!! sekian sedikit banget tips dari saya! saya cerewet sekali ya! hahahha!! semangat ielts-nyaa!!! kejar band yang anda butuhkaann!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC