01 Agustus 2013

so here goes: the lombok-bali adventure! part 2

haaaiii ketemu lagi! langsung aja yaah!

HARI 5
lagi" kita bangun pagi untuk menuju ke timur: pantai pink, atau pantai tangsi! masih jarang yang tau keberadaan pantai ini, bahkan kita sempet nyasar pas udah dekeeet banget sama pantainya akibat orang yang kita tanyain ngerti arah mata angin, tapi... ga bisa baca peta. okei. untuk menuju ke pantai tangsi HARUS PAKE MOTOR karena jalannya JELEK dan berbatu banget! dan bikin emosi bagi pengendaranya! faktanya, kita menemukan kok, mobil yang akhirnya puter balik nyerah, hehe. dan lagi, akses ke sana memang baru bisa pake motor sih, belum mobil-friendly banget.

jalan berbatu menuju pantai tangsi (firmansyah, 2012)

penunjuk arah yang masih sulit terlihat dan sangat jarang (firmansyah, 2012)
sepanjang jalan, beberapa dari kami pun mulai meragu.. ini sebenernya ke mana sih? kok ga ada tanda" ada pantai? kenapa hutan kering semua? dan beberapa saat kemudian.....

laut!! laut!!!! dan inilah, alasan mengapa HANYA motor, kendaraan yang dapat dipakai ke tangsi (firmansyah, 2012)

aaaaaa~~ lauuuutt~~ dan iya, ini curam, motor sama yang nebeng mesti misah (alodia, 2012)
perjalanan yang memakan waktu hingga 3 JAM dari mataram pun worth it bangeet! pantainya sepiiiii perawaannn bahkan kalo kata dian "ini mah bukan perawan lagi, ini pantainya belom lahir, masih jabang bayi!" pasirnya warna pink! airnya jernih! aaaaa ga mau ke mana mana lagiii!!!

dian si bintang laut (alodia, 2012)

lihaaat pasirnya warna piinkk!! (alodia, 2012)

bongkahan ganggang kering yang bertanggung jawab atas pink-nya pasir di pantai ini (alodia, 2012)
kapal ini disewakan, kalau pengen iseng, tapi kita terlalu sibuk main air dan tidur"an hehe (alodia, 2012)
di pantai ini, banyak batu karang yang bisa dijelajahi. namun karena pada mager, yang menjelajah jadi cuma gw dan dias. kita menyebutnya 'bukit mama papa' atas beberapa alasan, hahahaha. dan guess what, the view was spectacular! ga bisa tergambar 'sespektakuler itu' di foto, tapi sumpah, bikin ga pengen pulang! bahkan dari tebing" curam ini karang"nya terlihat jelas! airnya jernih baangett!!

berjalan di bukit mama papa (alodia, 2012)

pemandangan dari tebing (alodia, 2012)

sumpah, airnya sejernih itu! (alodia, 2012)
tadinya abis dari tangsi, kita mau lanjut ke pantai" lain di selatan lombok. namun apa daya, tangsi telah mengambil hati kami. jadi dengan badan yang sudah lelah akibat perjalanan panjang, kami pun menikmati hari di pantai tangsi. kami sampai sana jam 11an siang, pulang jam 1an lebih" sedikit, dengan kulit sudah berubah warna, hahahahaha.

jadi kami sampai di mataram lagi sekitar jam 4 sore, tidur" sebentar malas"an, packing, balikin motor, nelpon pak fadhil, orang yang mengantar kita dengan carry di hari pertama, dan menuju ke pelabuhan lembar. malam ini kita akan kembali, ke bali. huyeh!

oiya, karena kita pinjam motor dari jam 7 malam, hitungannya cuma 2 hari instead of 3 hari. hehe. tapi kita tetep bayar hotel hari ketiga, karena kita check out-nya sore menuju malam. oiya! di tulisan sebelumnya gw lupa masukin biaya beli gembok buat motor. jadi hati" kalau pinjem motor di lombok! rawan pencurian! mending beli gembok buat jaga". kita beli 2 doank, karena yang motor dian itu tipe scoopy, ada kunci security-nya sendiri gitu, beda, hehe.

expenses hari kelima. patungan hotel dibagi lima 34rb, isi bensin 12rb, patungan lunasin motor 30rb, patungan beli gembok 20rb, patungan mobil carry 20rb (kita kasih ongkos lebih buat pak fadhil), makan malam di pelabuhan 10rb, ferry 36rb.
SUB TOTAL 594rb

HARI 6
kita sampai di padang bai pagi bangett, tengah hari sih sebenarnya, sekitar jam 12.30 pagi! kita langsung dijemput lagi sama pak ketut, karena kita langsung mau menuju lovina. kita melipir pantai dari timur ke utara, karena toh di hari segelap itu kita ga bakal bisa lihat apa" kalau lewat tengah (bedugul). selain tidur di ferry, terntunya kita tidur di mobil, hehe.

ketika sampai di lovina, pak ketut ngebangunin dan nanya ini mau ke mana. kita menuju ke suatu dive center cukup tua bernama Spice Dive (0362 41512) atas saran lonely planet. berhubung kita sampai sana sekitar jam 3 pagi lebih", masih kosong donk yah, hahahaha. ternyata tempatnya cukup besar, terbuka, dan kayak restoran. semua matras yang kita bawa pun digelar, dan tidur" gantian lah kami bertiga. gw sendiri sempat ngobrol sama seorang bapak yang tugas jaga malam di sana. dive center baru buka sekitar jam 7-8 pagi.

begitu matahari bersinar, keempat teman gw itu siap" buat shalat ied, karena hari itu adalah idul adha! lokasi masjid dekeet banget sama spice dive, tinggal jalan kaki! jadilah mereka dengan pakaian terbaiknya mendirikan kewajiban, gw jaga tas. terus katanya sebelum shalat ied di sana ada seserahan bendera gitu, cem upacara, ahahaaa. katanya sih rasanya 'beda' shalat ied ga di rumah, di bali pulak, heheu.

mereka selesai, dive center pas baru buka. kita pun langsung beberes, siapin baju untuk basah"an dan bayar. murah cuy! karena lagi ga high season dan bukan weekend, kita dapat 500rb untuk 2 kali dive dan 250rb buat yang hanya snorkeling! 500rb ini termasuk transport, makan siang, dive master, kapal, dan alat. oiya, tujuan kita adalah pulau mejangan!

spice dive di pagi hari, oia, ini pinggir pantai lhoo, dan mesti masuk gang dulu (alodia, 2012)

sawah di perjalanan menuju menjangan (firmansyah, 2012)

makan siang porsi bule. kenyang bett (firmansyah, 2012)
sampai di menjangan, woooh jerniiih! gw dan dian diving, pimen, mus, dan dias snorkeling. dive site-nya punya topografi jenis 'wall,' jadi begitu nyemplung, gw agak serem, karena ngeliat tebing curam yang dalem banget! dan gw sempet bermasalah dengan kuping, biasaaa, hehe. divingnya seruu, tapi sayang ga bisa didokumentasikan dengan baik karena memang susah kalo ga pake flash, keliatannya semua karangnya biruu, padahal engga! tapi bulan" oktober ikan memang sepi kata divemaster-nya, jadi memang ada ikan sih, tapi ga yang dateng rame" gitu. namun bagaimana pun, yang penting gw sudah menikmati diving di bali! huah!

di kapal, gw dan dian kenalan sama seorang anak bule, baru 8 tahun tapi udah diajarin diving (iri!) bernama gildou. ini anak cantik, mus, sebagai pedofilia sejati, naksir.

betapa jernihnyaaaa.. perairan pulang menjangaaan.. (alodia, 2012)

diving! (ekaputri, 2012)

pura di pulau menjangan. banyak yang ke sini khusus untuk ibadah juga. (alodia, 2012)

dian dan gildou! (alodia, 2012)

kembali ke pelabuhan, di belakang sana adalah pulau jawa! (alodia, 2012)
oh iya, pas diving, kita denger suara 'DUMM!' kenceng banget. kata dive masternya, itu dari jawa, pada ngebom ikan :''( gila, sehebat itu ternyata perambatan suara di air. dan gw sempet kaget, gw pikir ada tabung yang bocor :'''(

selesai dan puas bermain, kita bilas" dan dianter sampai jalan yang ada angkot menuju pelabuhan gilimanuk. tapi angkotnya ditawar ga mau. cuma mau 100rb, ga mau lebih murah lagi, padahal mestinya 50rb juga cukup. sok tahu, kita malah nungu angkot lain. ternyata angkot di hari" menuju magrib itu sesulit ituuuu. dibantu oleh seorang bapak tukang ojek baik hati, kita pun dapat tumpangan dari sekeluarga asli bali yang baru ibadah di menjangan! tumpangan itu berupa: truk pick-up! huaaa backpacker abes ga seeeh???!! #norak

menanti kendaraan ke gilimanuk (firmansyah, 2012)

norak, baru sekali nebeng truk (iraqi, 2012)

terimakasih bapak ibu adik adik semua :D (alodia, 2012)
tentunya kita ngasih duit, yang ujung"nya, ya 100rb juga sih, hahahaha. tapi kan pengalamannya beda! hehe. kita makan dulu di rumah makan bebek betutu ibu lina. BEEUUUHH ENAK DEWAAA. pedes banget ayamnya dan seger banget!! banget bangetaannn!! enak banget makan ayam betutu di bali abis diving perut lapar hahaha.

sepaket ayam betutu, ini masih pertama, tentu kita nambah, hahaha (alodia, 2012)
makan" ini, gw yang sponsorin, hehe. terus dari makan ayam kita ke pelabuhan. wah, masih terlalu dini untuk naik ferry ke jawa yang cuma makan waktu sekitar satu jam, kereta baru jam 6 pagi. jadilah kita semalaman tidur ganti"an di pelabuhan gilimanuk. kita naik ferry sekitar jam setengah4an besok harinya. jadi, biaya ferry gw masukin di hari besok yah, hehe.

expenses hari keenam. sewa mobil plus supir 60rb, diving plus makan siang 500rb (kalo snorkeling aja 250rb),  makan ayam betutu kalau patungan plus minum dan nambah setengah porsi 32rb.
SUB TOTAL 1.186b

HARI 7
sampai di pelabuhan ketapang, kita jalan kaki ke stasiun banyuwangi, deket bangeet. di stasiun, kita nunggu loket kereta buka, yaitu jam 5an. ngantriii, karena banyak yang belum beli tiket, padahal tiket ekonomi kan udah pada habis. alhasil kita agak 'rebutan' naro tiket pesenan online yang mesti dituker pake tiket asli di loket. di awal perjalanan, sebagian besar dari kami tentunya: tidur. walau akhirnya melek" juga, karena perjalanan banyuwangi-surabaya terasa jaaaauuuhhh sekaaaliiii.

si pimen sempet moto perjalanan banyuwangi-surabaya (firmansyah, 2012)

korban bencana alam (firmansyah, 2012)

semua tewasssss (firmansyah, 2012)
sampai di stasiun surabaya gubeng, kita nitip tas di tempat penitipan, dan cari makan. surabaya PANAS! jadi kita dengan gaya karena masih punya duit, naik taksi. huyeh! kita makan di rumah makan bu rudy. wuah! enaaak bangett! jadi kita makan nasi dikasih ebi dan empal yang dimakan pake sambalnya si bu rudy. makannya cuma di acak" aja nasi sama ebi sama sambalnya dan ENAK! iya, gw nambah. nambah muluk hahahaha. dan kita minum es blewah yang segerrr bangeetttt panas" bgituuu!

belum dicampur sambal. emang sih 'gitu doank' tapi rasanya ga 'gitu doank!' (firmansyah, 2012)

es blewaaahh~~ yeaahhh~~ (firmansyah, 2012)
gw lupa harganya berapa, hahahaha. jadi harga yang gw cantumkan cuma kira loh yaaa. di sini kita juga bisa beli sambalnya yang sebotol berharga 20rb. ga nyesel deh, enak buangettt. pulang dari sana, naik taksi lagi, kita ke arah stasiun. sebentar lagi kereta kita datang. mampir dulu di atm, baca: ngadem! huahahahaha.

tempat favorit di surabaya: ATM! (self-timer kamera dian, 2012)
pas di stasiun lagi ada yang ngamen. seru suasananya. hehe. lalu berlanjut kita naik kereta bisnis, karena waktu beli kereta ekonominya habis semua, akibat arus pulang idul adha sepertinya. kita ke arah bandung. pulang. huks..

di kereta, sebenarnya perjalanannya lebih panjang, namun terasa lebih cepat karena, kita bener" cuma molor. nyaris total molorrrrrr sepanjang perjalanann. lelah bro! beberapa jam sebelum sampai di stasiun bandung kita melek hampir bersamaan, dan kita pun melakukan transaksi pinjam-ganti. apakah itu?

jadi kita mengurutkan secara kronologis apa saja yang telah kita lakukan dan berapa duit yang masing" telah kita keluarkan, soalnya sepanjang jalan kita sering "pake duit gw dulu aja!" dan itu sering banget keseringan sampe kita lupa, sebenernya berapa yang udah kita keluarkan masing" -___-

transaksi itu, misalnya: tiket ferry padang bai-lembar pake duit si mus total 180rb, nah kita saat itu juga pas lagi di kereta dalam proses penghitungan harta benda kita masing" bayar ke mus 36rb. di sini ketahuan deh, sebenarnya duit kita masing" sisanya tinggal berapa. si mus sempet kebanjiran duit karena awal" dia yang sering ngebayarin, tapi di penghujung transaksi, duitnya tinggal nyisa seribu, huahahahaha :p

mengeluarkan harta masing" (ekaputri, 2012)

proses transaksi: pimen sebagai pencatat (ekaputri, 2012)

mus dan sisa hartanya (ekaputri, 2012)
singkat cerita, sisa perjalanan kita habiskan dengan ketawa" ngobrol" dan sampailah kita di stasiun bandung pada hari ke-8 sekitar pukul 6 pagi. huaaaaa liburan yang sangat memuaskan! terima kasih para sponsor (karvak dan pageo) yang sudah membiayai perjalanan kami khusus untuk bagian PIT IX ISOI! terima kasih teman" yang sudah mau ikut rencana gila ini! dan sekarang. gw pun terkapar. pengen liburan kayak begitu lagiiii~~~~

expenses hari ketujuh. kereta ekonomi banyuwangi-surabaya dan bisnis surabaya-bandung lupa harganya, lagipula harga udah ga relevan, sekarang naik bok! makan di bu rudy sekitar 35rb. patungan taksi total sekitar 15rb.
SUB TOTAL KESELURUHAN 1.236rb

*sub total tidak termasuk biaya pendaftaran PIT IX ISOI, jajanan, makan" iseng, dan oleh". oh iya. dan tiket pesawat waktu ke bali. gw waktu itu dapet pesawat seharga total 340ribuan kalo dibagi rata, tapi jatah bagasi kita cuma 20 kilo, hehe. yang bikin perjalanan mahal/tidak itu memang, tiket pesawaaat. dan kita HARUS pake pesawat karena gw dan dias wisudaan sabtunya, sementara ISOI mulai hari seninnya! jadi, mesti pesawat. hehe.

**SUMPAH GW UDAH NULIS PART 1 TAPI KEHAPUS! :'''''( dan ga ke-save draft-nya AAGGHHHH!!! #tariknapasbuang tenang gab, ini hanya ujian, pembaca, sabar yah, gw mengumpulkan jiwa dulu untuk nulis lagi si part 1 yang hilang, huaaaaaaaa #kaburbete