06 September 2013

jadi asing episode #1

halo semuah! gw ingin sedikit bercerita mengenai apa saja yang sudah gw alami beberapa hari ini di perancis, tepatnya di brest. gw juga sempat tinggal beberapa hari di paris, tapi cuma buat liburan foto" dan senang" sama tim sukses gw: mama dan tante iin, huyeh! jadi yang akan gw tulis di sini adalah hal" yang mahasiswa asing baru mesti tau kalo nyangkut di kota ini: brest, propinsi bretagne. bisa juga jadi salah satu bahan bacaan buat calon mahasiswa perancis, ga cuma di kota ini, hehe.

oh iya, sebelum cerita lebih lanjut, begitu mendarat di bandara charles de gaulle, langsung cari kartu perdana apa aja! yang umum di perancis adalah SFR dan orange, tapi pemakai kartu lebara dan bouygues di sini juga semakin banyak, jadi tenang aja. pulsa bisa diisi di toko" yang ada tulisannya "TABAC." setelah itu, lanjutkan ke moda transportasi ke kotamu. kalau ke brest, dari bandara cari tulisan "gare," sampe sana beli tiket kereta RER ke paris 9.50euro dan minta peta kereta di paris, terus cari tahu ke gare "montparnasse bienvenue" nyambungnya di mana aja (kalo ke brest naiknya dari stasiun montparnasse), dari montparnasse lanjut naik TGV (cari yang direct!) ke arah brest. harga TGV ini beda" tiap waktunya, kemaren gw dapet sekitar 60euro dan ini mesen online. tapi on the spot juga bisa kok, kursi banyak tersedia kalo datengnya akhir" agustus, ga jamin kalo di bulan" juni-agustus tengah krn itu peak season bgt hehe.

hal pertama yang harus dilakukan begitu sampe brest/kotamu tentunya adalah: cari lokasi kampus dan tempat tinggal! kalo gw, gw tinggal di residence mahasiswa di kampus gw, ENSTA-Bretagne, jadi gw ke kampus sekalian naro" barang. pertimbangkan jarak antara kampus sama tempat tinggal, butuh berapa lama ke sana, naik apa, dan moda transportasinya apa aja.

TEMPAT TINGGAL
tentunya hal ini sangat penting buat mahasiswa baru, karena tanpa surat keterangan tempat tinggal (attestation d'hébergement) visa ga bakal keluar. kalo gw di sini ga mau repot, langsung pesen kamar di residensial kampus! untuk kamar luar gw dapet 270euro/bulan, ini belom dipotong CAF (Caisse d'Allocation Familiale). apa itu CAF? akan gw jabarkan lebih lanjut di post lain, karena gw sendiri belom ngurus, hehe. intinya, dengan CAF, mahasiswa bisa dapet potongan biaya tmpt tinggal hingga 50%! potongannya berapa itu tergantung data" yang kita berikan, ya kayak bank lah, CAF akan menilai kita pantesnya dapet potongan berapa persen. anak" ppi di sini kebanyakan dapet potongannya sekitar 100an euro/bulan.

sedikit cerita tentang tempat tinggal, gw sempet ada masalah sama kamar gw. jadi gw mesen kamar yg kamar mandinya di luar, tapi dapetnya kamar mandi dalam. krn gw dtg hari sabtu, gw ga bisa langsung menemui penanggung jawab residence-nya, bahkan saat gw cari beliau hari senin, beliau ga ada di ruangan! jadi selama 3 hari gw tidur tanpa seprei, biar ga ada masalah klo mo ganti kamar hahaha. trs selasa gw datangi lg ruangannya, minta ganti, pas bgt ada mahasiswi yg pengen kamar mandi dalam! bahkan waiting list! jadilah gw tukeran kamar sama seorang mahasiswi di sini. lumayan bok, kamar mandi luar sm dlm bedanya sampe 50euro! masak beda kamar mandi aj 750ribuan -____- jadi, jangan ragu" kalo punya masalah di sini, langsung cari responsablenya!

KAMPUS
nah, setelah tempat tinggal beres, kita ke kampus. tentunya kampus akan menginfokan kita (biasanya lewat email) hari apa mesti nongol dan jam berapa. jangan telat! kalo telat bingung sendiri pasti, hehe. kampus gw yang konon semi-militer ini ternyata sangat amat baik sekali pelayanannya. asal gw nyebutin nama lengkap dan paspor, nama gw udah ada di list mereka, gw boleh keluar-masuk kapan aja tanpa mesti nunjuk"in identitas lagi! mungkin krn gw satu"nya wanita berwajah mba" di kampus ini hahahahah.

setelah nongolin muka di pertemuan pertama, nyebut nama, langsung deh diperkenalkan sedikit demi sedikit tentang kampus, gimana caranya liat jadwal kuliah, dst. kebetulan di kampus gw semua mahasiswa asing digabungin dlm satu kelas slm beberap minggu (katanya sih bkl sekitar 3 minggu) buat belajar bahasa perancis, ngebiasain kuping sama mulut ngomong aja. dan untuk mendapatkan kartu mahasiswa, hal yang wajib dilakukan adalah: bayar tuition. nah untuk urusan bayar-membayar ini tergantung kampus masing", bisa pake cash, credit card, debit, etc. setelah bayar, kartu mahasiswa sementara/permanen bakal dikasih, lagi" tergantung kebijakan kampus masing". yang jelas, kartu tersebut adalah salah satu kartu saktimu! huyeh!

setelah tempat tinggal dan kampus, hal" penting lain yang mesti diurus adalah OFII untuk pembuatan titre de sejour (semacam "ktp sementara" perancis), pembukaan akun bank, kartu transport (kalau di brest namanya korrigo), asuransi, simcard budget, dan CAF.

OFII
saat dapet visa pelajar, kita pasti dikasih formulir OFII yang mesti diisi begitu punya tempat tinggal di perancis. formulir ini diisi, dimasukkan dalam amplop, lampirkan pula fotokopian halaman identitas, visa, dan alamat yang ada di paspor, kirim ke sekretariat OFII terdekat dari kotamu (dikasih daftar sekretariatnya kok bersamaan dgn formulir OFII-nya). kirimnya via post, pilih yang prioritaire, cuma sekitar 1euro lebih dikit. setelah itu, tunggu deh balesannya. gw sampe sekarang sih belom dibales, katanya bisa 1-2bulan baru dibalas. rajin" aja ngecek mailbox di residence. nanti soal OFII akan gw jelaskan lebih lanjut kalo udah jadi titre de sejour-nya hehe.

AKUN BANK
sebelum buka akun bank, ada baiknya cari tau kampus lo kerjasama dgn bank apa. contohnya gw, ini gw hoki sih sebenernya, ga direncanakan, ternyata ENSTA-Bretagne punya kerjasama dengan bank Societe Generale! gegara hal ini, biaya administrasi gw hanya 1euro/tahun! sementara biasanya potongan dari bank socgen ini adalah 8euro/bulan lumayan BANGET kaaann. selain itu, begitu buka bank socgen, gw dikasi 'un petit cadeau' sebesar 60euro huyeeeh. udah dapet kartu atm dan buku cek, yang bisa dipake buat, misalnya, bayar uang sekolah tahun depan. dan biaya pendaftaran akun bank ini, gratis!

bank perancis ini penting sekali, karena ada berbagai hal yang enaknya diurus pake kartu bank. contohnya, bayar uang sekolah tahun depan, kita bisa gunakan buku cek. jadi kita tulis cek itu utk brp euro dan utk apa, kasih ke administrasi kampus, nanti duit di bank akan didebit sama si kampus. buku cek/kartu debit juga dapat digunakan untuk bayar hal" selanjutnya yang akan gw jelaskan yaitu kartu transport, biaya asuransi bulanan, simcard budget, penerimaan CAF, serta bayar sewa tempat tinggal. belum lagi buat belanja" online yang cenderung lebih murah. jadi bikin akun bank di sini itu SANGAT PENTING!

sedikit cerita lagi, tadinya saat gw datang ke socgen terdekat dari kampus gw, gw mesti bikin janji, atau di sini dikatakan 'rendez-vous' seminggu setelah kedatangan gw karena udah banyak rendez-vous" lain. pas baru banget gw mau keluar bank, ada mas" costumer care yg keluar dr ruangannya dan menawarkan utk bikinin akun saat itu juga asal gw udah bawa dokumen"nya: paspor, attestation d'hébergement, serta kartu mahasiswa. dan yep, saat itu juga gw bikin akun! :') kartu dan ceknya bisa diambil seminggu setelah pembukaan akun.

oh ya, sama dengan di indonesia, PIN code atm akan dikirim via pos. monggo dicek mailboxnya. hehe.

KARTU TRANSPORT
tiap kota tentu punya moda transportasi publik masing". kalau di brest, ada dua moda transportasi yang terintegrasi yaitu bus 'bibus' sama tram. untuk sekali naik, harganya 1.4euro, untuk satu kartu yg bisa dipake seharian, harganya 3.8euro. menurut pengalaman, ga mungkin banget seorang 'gw' cuma beli 2x kartu yang 1.4euro-an buat pp, karena pasti sekalinya gw pergi, perginya ke mana" yg pindah" bus/tramnya. kalau dihitung, misalnya dalam sebulan gw pergi 'turun ke kota naik ke kampus' doank 10x aja, udh keluar 38euro toh?

makanya, gw bikin yang namanya kartu korrigo. kartu korrigo ini untuk yg kurang dari 26tahun sebulannya cuma bayar 26.65euro untuk jurusan mana aja pindah" moda transport apa aja sesuka hati! bahkan kalo langganan, biayanya hanya 24.43euro yang di-autodebet dari bank, dan gratis sebulan di bulan yang ke-12! gw sih masih pake yang non-langganan, kan akun banknya belom jadi, hehe.

jadi, cari kartu transport di kotamu! pasti JAUH lebih murah dibanding beli eceran!

ASURANSI
sama dengan bank, sebelum bikin asuransi, cari tau dulu asuransi yang kerjasama dengan kampus. kalo ENSTA-Bretagne, kerjasamanya dengan SMEBA. untuk asuransi ini akan gw jelaskan lebih lanjut di lain kesempatan karena gw baru akan bikin rabu depan, saat kru SMEBA dateng ke kampus. oh ya, asuransi ini WAJIB dimiliki semua mahasiswa di perancis, tapi ada asuransi tambahan yang sifatnya ga wajib, namanya 'mutuelle.' asuransi mutuelle ini ada paket"nya berapa besar/bulan, non-refundable, tergantung tingkat kesehatan lo gimana. yang jelas, dengan adanya mutuelle, kalo amit" banget lo mesti operasi/rawat inap di negeri orang, lo ga perlu keluar biaya. lainnya buat obat"an dan dokter kl lagi flu" imut, biayanya bisa dipotong 30-100%! tapi ingat, biaya bulanan ini non-refundable, jadi tentukan sendiri sesehat apa dirimu, biar ga rugi, hehe.

SIMCARD BUDGET
jadiiii, ada yang namanya 'budget mobile' (http://www.budgetmobile.fr/) di perancis. dirimu tinggal bayar sekitar 19euro/bulan untuk unlimited sms dan nelpon ke semua nomor di perancis, serta unlimited nelpon ke salah satu negara tujuan lain, yang bagi kita tentu saja adalah: indonesia! untuk beli simcardnya sendiri keluar biaya sekitar 7euro, tapi setelah itu ya tinggal bayar bulanan. sebagai pembanding, gw dengan kartu SFR kalo emang aktif sms" orang (tentunya di awal" bulan ini sms sangat aktif digunakan krn banyak kontak sama paling tidak anak" ppi dan temen" kelas buat tau jadwal kuliah/tugas), 5euro itu bisa habis hanya dalam waktu 3-4 hari -__- itu belom buat nelpon lho, internet pun belom! dan kalo ga salah si 19euro/bulan ini udh include kuota internet sekitar 2GB, huyeh! gw? belom bikin, kan kartu bank gw baru jadi mingdep, jadi masih pake kartu SFR hahaha.

CAF
nah! CAF ini agak ribet, mesti diurus di http://www.caf.fr/ dan sampe sekarang belom gw urus juga hehehehe. intinya kita naro data, nantinya 'beasiswa' CAF akan masuk tiap bulan ke rekening bank kita. nah kan akun gw juga belom aktif, hehe.

YEPP! itu sudah! mungkin akan gw lengkapi pos ini dengan foto, mungkin tidak, tapi segini dulu yang bisa gw ceritakan tentang jadi mahasiswa asing di sini. ini semua adalah hal" yang sifatnya WAJIB TAHU! nah sekarang, gw kasih bonus: how to eat properly (and cheaply) in your town, bahkan di paris yang muahalll sekalipun! hehe.

JADIII, makan di brest itu terhitung cukup murah. tambah lagi, gw dapet sarapan gratis di residen, hehe. selain itu, sekali makan di restoran kampus itu keluar sekitar 3.3euro, tapi sampe sekarang, gw belom pernah sarapan/makan siang/makan malam di resto kampus. pagi terlalu dingin #manja dan masih banyak stok makanan di kamar buat makan siang dan malam, hehe. di luar kampus juga, ada resto kebab enak yang kalo mesen seporsi itu 5-7euro, udah dpt minum kaleng (pilihannya coca cola, sprite, orange juice, peach tea, dll.) TAPII buat perut orang asia, porsi segitu bisa buat 2x makan! jadi kalo ga masak sama sekali, bisa keluar maksimum 7euro lah, sehari. air? ambil aja air keran, bisa diminum kok! :)

tapi, gw baru mempraktekkan strateginya si dimas! jadi gw belanja aja, tadi gw habis sekitar 9euro doank buat beli tomat, lettuce, roti, fillet ikan tinggal diangetin, celery bersaus, sama mayonaise yang bisa dipake buat makan seminggu (kecuali roti, cuma tahan 3-4 hari). berarti dalam seminggu kalo betah makan sandwich melulu, bisa cuma keluar 10euro! roti itu sebungkus cuma sekitar 1euro. dan isinya tentu saja ber-gi-zi! yeah!

jadi kalo lo emang agak gila, lo bener" bisa makan sebulan cuma keluar ga lebih dari 40euro. mungkin kalo pake aksi masak-memasak, bisa laah, 60an euro. 100euro udah mewwwaaahhhhh baannggeettt kali yaak.

sekian dari gw! semoga berguna dan semoga cukup menarik untuk dibaca! hehehe.

2 komentar:

  1. Brest ya?? Ga pake 'a'??

    Eh mana foto2nya? Foto kamar mandi luarnya kek..

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC