28 September 2013

jadi sebenernya ngapain sih gw di sini?

sebagai intermezzo, hari ini epik! gw tadi jajalan sendiri ke pantai st. anne lagi, dengan kamera #yeah, ditegur sama tentara prancis yg lagi sweeping utk tidak mengambil foto di suatu tempat #aduhtampannyahahaha, lanjut nekat ke sebuah acara gratisan di 'seaworld'nya brest dan bisa menikmati tempat tersebut di mana normalnya utk masuk gw mesti bayar 12euro #blessyou! dan ketemu anak" ensta di sana jadi ga sendirian #horegaansos! dan ditutup dengan..... jalan kaki ke residence, karena kehabisan bus. THIS. IS. FRIKKIN. AWESOME.

i'll let you know about it later. waaay later. with the pictures, of course.

anyway, di dini hari yang berbahagia ini, gw ingin berbagi sesuatu yang seharusnya gw bagikan dari lama. gw akan menjawab pertanyaan" singkat mengenai keberangkatan gw ke sini. semoga membantu dan memotivasi!

kenapa langsung S2? kenapa ke luar negeri?

hmm. mengenai S2, iya, gw memang niat dalam diri bahwa gw harus S2 dan harus di luar negeri. niat ini ga sekedar numpang lewat, tapi udah tertanam entah sejak kapan. gw ingat dengan jelas betapa gw pengen cepet" kuliah di luar negeri waktu gw masih SD, dan dari SD itu gw emang pengen banget ke eropa. frik ya? hahaha. seiring berjalannya waktu, niat S2 itu masih ada juga walau gw tadinya pengen kerja 2-3 tahun dulu sebelum S2. setelah ngobrol" sama beberapa orang, gw memutuskan untuk S2 'sesegera mungkin' karena, man, lo ga punya waktu banyak dalam hidup! kalo gw nunda S2, gw akan terlalu nyaman dengan kehidupan bergaji (yang, sumpah, enak bgt) lalu menikah lalu, ya sudah. pun lagi, di eropa itu segala sesuatu dari transportasi, museum, hiburan, tempat tinggal, bahkan terkadang makanan, punya "harga khusus < 26 tahun!" bahkan kadang ada juga yang < 25 tahun. jadi, kalau gw mau ke eropa, umur 22 adalah umur yang tepat!

jujur gw sempat, bahkan ber-kali", ragu dengan impian tersebut. banyak banget rintangannya. dan effort untuk menemukan kampus, program, serta profesor yang benar" bermutu, belajar bahasa demi keberhasilan dalam ujian internasional (gw sendiri belajar independen, ga pake les krn mahall), serta melengkapi segala dokumen yang dibutuhkan itu, besar sekali. jauh, jauh lebih besar dibanding mencari kerja (ini pendapat pribadi). mengapa? karena untuk hal ini gw habis 2 tahun sendiri. bahkan mungkin lebih. kalo kerja kan ada pattern-nya: ada lowongan, nyambung, lamar, test, interview, medcheck, diterima/ngga. untuk kuliah? pheww. segitu banyak universitas di dunia menawarkan programnya? lo butuh waktu yang sangat, sangat banyak untuk bener" merhatiin 'calon tempat kuliah' lo satu" dan itu ga bisa terjadi dalam semalam. dan, oh ya, ada beberapa universitas yang mengharuskan lo bayar biaya pendaftaran, atau mesti ngirim formulir secara langsung via pos.

belum lagi beasiswa. sampe sekarang gw masih lady-in-waiting untuk hasil wawancara lpdp gw #godspeed! wah jangan tanya gagal, jelas lah gw pernah gagal dan itu ga cuma sekali, hahaha. tambah lagi transkrip gw. nilai D sama C yang manis dan tidak dapat dicuci itu selalu dipertanyakan. se-la-lu. dan yap, gw pun nyaris ambil S2 di indonesia, saking gw udh ga ngerti arah hidup gw mau ke mana. percayalah, gw bisa berada di sini, jalannya sama sekali tidak mulus. kalau Tuhan ga campur tangan, ga mungkin banget ini bisa terjadi #terharu

kenapa perancis?

ahem. oke. ini sangat, sangat pribadi. gw pengen ke eropa, sudah gw jelaskan. karena..... karena itu eropa. dan lagi dengan adanya european union, lo bisa ke banyak negara dengan hanya jadi mahasiswa di satu negara. ga cuma masalah jalan", tapi artinya kenalan, alias network lo akan sangat banyak di sini #amin! itu yang gw pikirkan sih, hehe. lalu, dari semua negara schengen, gw harus pilih satu. gw selalu nyoret jerman, karena terlalu banyak yang sudah kuliah di sana. inggris, lewat. selain mahal, dia ga schengen. lalu, berkenalanlah gw dengan leslie, orang prancis, kenalan pa purbo, saat ngerjain suatu project barengan. dari leslie gw denger cerita" tentang kuliahnya di perancis yang, bikin hati gw berseru "ini yang gw cari!"

perancis, buat gw, punya semua. secara geografis dia terletak di 'tengah' eropa, terutama eropa barat. dia punya pantai dengan berbagai pilihan olah raga air, gunung yang bisa jadi tempat main ski dan hiking, dan yang paling bikin gw merasa "nyet ini banget yang gw cari" adalah, THEY LOVE ARTS! fix. ini. negara. cocok. banget. buat. gw. kuliah. dua. tahun. dan makanan di sini masih ada rasanya, hahahaaa.

tambah lagi, buat gw yang tetiba jadi cinta mati sama laut, perancis punya koloni yang disebut french polynesia dan beberapa pulau kecil di dunia yang masih merupakan daerah kekuasaannya! artinya secara maritim perancis KEREN BANGET nyets!!! dan setelah gw cari" ilmu yang cocok sama gw, ternyata hidrografinya perancis (yang satu"nya cuma ada di tempat gw kuliah sekarang #yeah!) oke banget! dan tempat kuliah gw sekarang (ENSTA Bretagne) adalah sebuah institusi perguruan tinggi yang berada di bawah pengawasan dari DEPHANKAM-nya perancis! jadi, 2 dari 27 orang di kelas gw, adalah tentara-yang-berubah-menjadi-sangat-tampan-ketika-mengenakan-pakaian-dinasnya-dan-mereka-masih-seumuran-kita! #pingsan tambah lagi, ternyata bahasa kedua IHO (international hydrographic organization) setelah inggris adalah bahasa perancis!! dan segala sesuatu ini, wah, bener" deh. rencana-ga-rencana. semuanya bagai kepingan" puzzle yang membentuk sebuah gambaran utuh pada akhirnya. this. is. super. cool.

dan bonusnya, sumpah, paris, bagus, banget. jauh lebih bagus dari yang lo liat di foto. jauh.

oke, gw ga kuliah di paris sih. tapi kan, mampir paris dulu sebelum ke sini, hehe.

oke sekian dari gw. mudah"an ini menjawab pertanyaan" beberapa orang ke gw. basically, jangan pernah ambil S2, apalagi ke luar negeri, hanya gara" pengen jalan", ikut"an, muak sama tempat tinggal sekarang, ato bahkan nyari bule buat dinikahin. wah, beban kuliah di sini, berat coy. sumpah. gw hampir gila kalo survival skill gw ga terlatih. bayangin tiap hari lo masuk kelas yang adalah bahasa perancis (program gw setengah inggris setengah perancis. truth is, sampe sekarang ga ada kelas yg pake bahasa inggris. sedih), di mana untuk ngerti profnya ngomong aja lo mesti konsen setengah mati dengan pulpen di tangan kanan dan henpon di tangan kiri, buat nyari kata" aneh di kamus prancis-inggris dan sebaliknya. sampe kosan baca ulang yang prof tadi ngomong, dengan segala equation yang gw ga pernah liat sebelumnya. tambah lagi sulitnya bergaul krn gw ga bisa ngomong perancis dengan baik. seneng setengah matiiik kl ada yg ajak ngobrol, hahaha. GW BISA GILAAA KALO GA MENCOBA MENIKMATI HARI" GW DI SINI DENGAN SEMAKSIMAL MUNGKINNNN hahahahaha.

so thanks for keeping me sane, my dear, dear blog :)

ps: sampe sini, gw baru sadar sesuatu. bule (bukan bule jepang/cina/india/arab/afrika, you know what type of 'bule' im talkin about) itu memang bener" work hard play hard. mereka bisa sefokus itu di kelas dan tetep parti" hampir tiap malam. pertanyaan gw adalah: MEREKA INI TIDURNYA KAPAN?!

3 komentar:

  1. ayo kakak....anak wita anggraini pasti bisa!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap mamaahh!! amin amin aminnn

      Hapus
    2. mbak, tau web bagus dan terpercaya buat ngecek rank kampus per bidang/major gak? makazzeeh

      Hapus

Template developed by Confluent Forms LLC