09 September 2013

kali pertama bergereja di belah mari

pagi ini gw ke gereja donk! gereja di sini kebaktiannya jam 10.30 pagi. kesiangan? percayalah, kalo lebih pagi dari itu, udaranya ga bersahabat. jam segitu aja gw masih semeriwing angin"an wiiiw.

gw gereja di sebuah gereja presbiterian di sini. gereja presbiterian itu maksudnya, ya cara bergereja gw selama ini. gw bingung menjelaskannya, tapi intinya, gw tumbuh dalam lingkungan gereja presbiterian, yang punya liturgi, lagu"nya berasal dari himne" yang dibuat dari lamaaaa dan didokumentasikan dalam sebuah buku musik, sebelum khotbah diantarkan dengan beberapa bacaan dari alkitab, ga cuma satu perikop tapi beberapa perikop yang bisa ditarik garis merah, ada pengakuan iman rasuli dan doa bapa kami, persembahan, dan perjamuan kudus pada beberapa pertemuan. jadi sedari kecil gw terbiasa dengan kebaktian yang teratur, berurutan, bahkan khotbahnya pun teratur. kira" seperti itu sekelumit tentang cara gw bergereja.

maka itu, sampai di sini, gw cari gereja yang presbiter, karena kebanyakan gereja protestan di sini evangelique. ga akan gw bahas perbedaannya, tapi yang jelas 'rasa'-nya pasti beda bergereja di 'rumah sendiri' sama 'numpang di rumah orang' hehe. gw nemu gerejanya di internet, dan tadi pagi pun gw mencari jalan ke sana, dan gw sampai beberapa menit sebelum kebaktian dimulai, HUYEH!

sampai di gereja, pas gw sapa 'bonjour' dengan muka masih 'ini kan yah gerejanya?' dua orang ushernya, bapak", ngeliat gw dengan muka bingung beberapa detik baru salah satu dari mereka senyum dan nyapa gw balik. saat gw ngasih tangan dengan canggung buat salaman, bapak itu bingung, dan inisiatif cipika-cipiki alias bisou sambil bilang 'bonne dimance' atau 'selamat hari minggu.' dan gw bingung. dan bapak yang satu lagi nyapa gw dengan cara yang sama. beberapa detik kemudian baru gw nyadar, memang begini cara orang perancis menyapa, tapi cuma orang" terdekat aja. dan artinya, gw udah dianggap keluargaaaa :')

oke gw lebay hahaha.

tapi bener, setelah saat teduh sejenak, gw buka mata, dan setiap ada yang datang mereka saling cipika-cipiki, dan gw langsung ngerasa 'i am hoooommmee!' setiap jemaatnya kenal satu sama lain, walau ga bener" semuanya, tapi, gw berasa kayak di GKI Cinere! ahahahaakkk..

tadi pelayannya bukan pendeta, tapi mungkin majelisnya. musik pengiringnya? cello :') jadi bukan piano/organ/apa, tapi cello. cello yang mainin nada suara satu, nada sopran. wah, teduh nyets sumpah. walau, seperti biasa, lagu" ala kidung jemaat itu nyiksa para alto, hahaha. tapi lagu"nya nadanya beberapa gw kenal, and i am perfectly home banget.

yang beda di sini adalah, perjamuan kudusnya. tadi ternyata ada perjamuan kudus, gw ga gitu nangkep dalam rangka apa. nah, karena memang jemaatnya hanya sedikit (mungkin tadi 30 pun ga sampe), semua jemaat maju ke mimbar, bikin lingkaran bersama dengan pembawa firmannya, dan perjamuan dilakukan bareng" di mimbar, sambil berdiri dalam lingkaran itu. bahkan anak" kecil juga ikut, tapi minumnya bukan anggur, tapi apaa gitu, dipisahin gelasnya. wah, bener" berasa arti dari kata 'communion' itu.

beres kebaktian, pembawa firmannya nyalamin gw dan nyadar kalo gw 'anak baru' dan dia nanya 'kamu mau ke sini lagi minggu depan?' gw bilang 'iya' dan dia mengarahkan gw ke seseorang yang sepertinya majelis. gw nulis nama dan email, bapak itu juga nanya gw kuliah di mana, dari mana, dan dia ngasih tau kalau ada persekutuan pemuda juga, walau sepertinya hanya sedikit orang, hahaha. dia ngasih gw jadwal kebaktian dan persekutuan selama beberapa minggu dan minta gw ikutan di grup facebook gereja itu. aaa gw tenang, dan bahagia :')

semoga gw tetap bisa bertumbuh di sini, dan gw jadi pengen belajar cello, heheh.

3 komentar:

  1. Papa Juga Seneng Dengernya Kak..
    Kakak dah merasa Hommee di Tempat Baru kakak...
    Dan Belajar Cello...Itu Ide Bagussss...
    Good Luck ya Kak...:)

    BalasHapus
  2. Alooodd....
    Bener yak prebiterian yak gerejanyah???
    pegimanah ngobrol mrancisnyah???
    God be with you Alooodd...

    BalasHapus
  3. makasih papa, tante iin, hehe..
    iyak beneran tanteh heheuuuu..

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC