20 September 2013

makan murah tapi sehat di barat laut perancis

holaa! setelah sekian lama, akhirnya gw ada niat juga bercerita tentang makanan gw di sini, hehe. jadi, makanan adalah kunci dari kehidupan, baik kehidupan secara harfiah, maupun kehidupan finansial. mengapa begitu? karena untuk bertahan hidup di sini, tekor banget"an kalo mengandalkan beli makan setiap waktu. JADIII paling bener di sini adalah: BIKIN MAKANAN!

memang sih, dari beberapa kota di perancis yang gw tau, brest ini biaya hidupnya masih lumayan terjangkau. namun, akibat euro naik, perhitungan awal pun meleset, hahaha. jadi bener" harus hemat pangkal kaya biar bisa nabung buat menikmati eropa di suatu hari nanti #amin!

oke, apa yang gw makan setiap hari?

berhubung gw tinggal di residen kampus, gw dapet privillege sarapan tiap pagi! sarapannya ini berupa 1/3 baguette (ini banyak bgt menurut gw) beserta butter/selai, minuman panas (teh/kopi/susu), segelas jus kotakan (bukan jus beneran), sama pilihan penutup (yoghurt/cereal/croissant). sarapan dimulai jam 7.30 sementara biasanya kelas gw mulai jam 8.10, jadi, yah, you know lah, ga jarang gw melewatkan waktu sarapan hahaha.

tapi, sarapan ini bener" kenyang bgt! bisa deh, baru laper jam 2an siang, di mana normalnya gw laper makan siang itu antara jam 11-12. jadi, yah, gw harus semakin rajin bangun pagi, huyeh!

terus untuk makan siang dan makan malam. nah, ini sedikit tricky. di residen gw, aturannya adalah ga boleh punya cooking appliances (yang sedihnya, berarti including rice cooker, huk). jujur, gw takut, atau lebih tepatnya, males melanggar peraturan ini, karena tiap tanggal 15 ada pembersihan kamar. super males kalo ketahuan ada cooking appliance dan bikin gw diusir. jadi gw mesti masak 'dingin.'

hal termudah yang bisa dibuat adalah: sandwich! dan jujur, dari awal kuliah, makan siang dan makan malam gw selalu sandwich, hahaha. tapi karena gw mesti hemat banget"an, gw jadi mikirin gizi dari makanan gw. yang jelas, setiap ke supermarket gw mesti beli 4 sehat 5 sempurna: bahan makanan yang mengandung karbohidrat, serat sayur, protein, serat buah, dan susu.

karbohidrat, jelas, gw beli roti. awalnya gw beli roti gandum, tapi setelah beberapa percobaan, roti baguette ternyata lebih enak, lebih wangi.... dan lebih murah. ahahahaak. roti super panjang ala prancis ini bisa buat bikin sandwich 4-6 kali, tergantung kondisi perut. harganya sekitar 0.41-0.49euro satunya.

serat sayur, tadinya gw beli dua jenis: lettuce dan tomat. tapi entah kenapa agak eneg makan sandwich pake tomat yang potongannya agak besar. maklum lagi, gw juga ga boleh ada kulkas. jadi tomatnya mesti cepet" dimakan sebelum basi, dan kebanyakan tomat itu ga enak. jadi selama ini, gw cuma beli semacam lettuce. sayur ini menurut pengalaman bisa dimakan selama 5hari, tapi mesti rajin ngebuangin daun" yang mulai membusuk, krn ini bakal bikin sayurnya bau. satu lettuce itu harganya sekitar 0.90-1.10euro.

sempet makan malam begini doank (lettuce pake mayones dan keju yang dicampur), gegara filet yg nyisa udh ga bagus dan lupa beli roti baru. enak sih, tapi sedih aja, hahaha.
protein, nah, ini yang mesti kreatif. bosen donk kalo makan itu" aja, dan entah bagaimana caranya gw mesti menemukan bahan protein siap makan. gw sempet nyoba beli filet ikan (dipanasinnya cuma dimasukin plastik, terus direndem di wastafel berisi air panas, terdengar buruk, tapi setidaknya jadi lebih layak makan hahaha), sarden, cincang tuna, dan cincang salmon. untuk protein ini paling mahal. kalau di-hitung" sekitar 0.35-0.65 sekali makan hanya untuk 'beli protein' hehe.

serat buah, kalo gw dapet gratis jus kan tiap pagi, hehe. dan beli jus di sini itu mahal, satu liternya sekitar 1.80-2.40euro untuk sekitar 4 hari konsumsi. buah di sini sebenarnya ada yang murah, melon ukuran tidak terlalu besar harganya 1euro. tapi ya gitu. derita anak tanpa kulkas #hiks

untuk susu, susu di sini terhitung murah! ada yang hanya 0.55euro satu liternya. tapi, lagi", krn gw ga punya kulkas, gw mesti rogoh kocek lebih untuk beli susu yang kemasan botolan, krn lbh tahan lama dibanding yang tetrapak. seliternya sekitar 0.9euro. dari kampus? wuih, susu di sini laku, kalo telat bangun bisa kehabisan! oia, kalo lagi pengen banyak minum jus, gw ngeganti susu dengan keju (kan produk susu, hehe). keju di sini enakkk, gw beli keju 1.25euro bisa untuk 12-24 makan tergantung kondisi perut hahaha!

terakhir yang tak kalah penting adalah..... RASA! untuk rasa, gw bergantung BANGET sama mayonaise, dan keju! mayonaise paling murah yang gw temui itu 0.85euro dan kayaknya bisa buat sebulan, ga abis" nyets hahaha. kalo mayonya udah abis, mungkin gw mau eksperimen sama saos lain, bulan depan. hehe.

taraaa! ini hasil karya gw pertama kali! hehehe.
begitu sudah! dapet deh semua gizinya!

jangan lupa, bandingkan juga harga antar supermarket. di sini yang paling murah itu kebanyakan ada di SUPER U, tapi ada beberapa item yang lebih murah di tempat yang namanya E.LECLERC. khusus untuk super u, mereka juga jual barang" produksi sendiri yang tentunya LEBIH MURAH dan selalu gw beli hahahahaaak. dan jangan lupa beli reusable bag! harganya 0.75euro, dan WAJIB dibawa pas belanja karena plastik di sini harganya 0.08-0.10euro tergantung ukuran. buat tong sampah? pake plastik bekas bungkus sayur aja :D

saya bisa jadi agen super u
oia, kalo lagi pengen hedon, ato lupa belanja dan terlanjur hari minggu di mana semua supermarket tutup #truestory bisa beli makanan siap makan yang harganya berkisar dari 3-5 euro tanpa minum. minum di rumah aja, dari air keran. hehe.

semacam kebab (isi lettuce, tomat, bombay, daging sapi/cordon bleu/bbrp pilihan lain) ini 5euro utk 2x makan
nasi goreng oriental! cuma ada di 'pasar kaget' tiap hari minggu. yang jual orang vietnam, jadi sedikit mengobati kerinduan akan kuliner tanah air, hiks. 3-4euro untuk 1-2kali makan, tergantung kondisi perut, hehe

selamat berhemat! :D

2 komentar:

  1. hemat..tp musti bahagia ya kak.... (wita)

    BalasHapus
  2. siaap! soal seneng" mah aku jagonya mah hehe

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC