21 Oktober 2013

bienvenue dans la communauté malgache!

arrrrtinya! selamat datang di komunitas madagaskar!
backsound: i like to move it move it. i like to move it move it. i like to move it move it. you like to. MOVE IT!

haiak! something incredibly random just happened to me this day. gw 'bergabung' dengan komunitas madagaskar di brest! #jejengggg

nah loh bingung kan. gw juga bingung. mana gw ngeh kalo ternyata madagaskar ada dalam jalan hidup gw hahahaha. in fact ternyata ga sedikit negara afrika yang francophone, alias memiliki bahasa nasional bahasa perancis, atau bahwa bahasa perancis itu sudah bukan bahasa 'asing' buat mereka. kayak bahasa inggris buat orang indonesia yang udah jadi 'common language' gitu kali ya. dan ga sedikit orang dari benua afrika yang merantau ke prancisss.

JADII semua dimulai dari gereja gw. inget kan gw di sini gereja di gereja presbiter? ya pokoknya begitulah. nahhh, di gereja ini, ternyata eh ternyata, cukup banyak orang yang berasal dari etnis madagaskar. kenapa begitu? gw juga ga tau! dan yang baru gw tau di sini adalah, muke" orang madagaskar itu mirip" sama muke" orang indonesia! be-ra-vo!

nahh terus kan gw diajakin sama penanggung jawab 'pemuda'-nya gereja ini, namanya naivo, buat ikutan semacam persekutuan pemuda-nya lah. gw iya-in aja, toh gw juga belom punya terlalu banyak temen di sini, lumayan ada komunitas. terus gw dateng deh. terus di persekutuan itu, kan perkenalan, ditanya hobi, gw bilang gw suka musik. ditanya bisa main musik ato ngga. gw bilang gw bisa main gitar, dikit. terus heboh "waa serius?!" semacam itu. terus ditanya lagi gw bisa nyanyi ato ngga. gw jawab lagi, dikit. terus heboh "waa seru seru!"

sekitar seminggu setelah pertemuan tersebut, alias tadi sore sekitar jam 3an, naivo nelpon gw, ngajakin ngumpul buat latihan, ceritanya november nanti akan ada kebaktian dengan tema madagaskar gitu deh, pake lagu" bahasa madagaskar, makanan madagaskar, dst. yaudah gw iyakan saja, tapi karena mesti beberes kamar sedikit #ahem gw bilang gw baru bisa sore. sore gw dijemput dan ngumpul di rumah naivo.

ternyata, ngumpul hari ini bukan sama pemuda gereja, tapi sama beberapa pemuda dari komunitas madagaskar di brest! dan saat gw bilang gw dari indonesia, pada heboh yang di sana. "ya ampun gw pikir lo orang madagaskar jugak!" dan gw hanya menjawab "c'est toujours comme ca" alias "emang selalu begitu" azek.

terus gw main gitar. dikit. karena gw ga begitu tau lagu"nya. lagu" madagaskar. dan............... mereka nyanyi bagus sekali #terharu

dan dalam hati gw berseru: INI YANG GW CARI NYETSSS!!!!

ada sekitar 10 orang tadi, ada cewe ada cowo. dan mereka bener" spontan nyanyi dengan pembagian suara yang spontan juga dan BAGUSSS #terharulagi gw amazed-se-amazed-amazed-nya karena, gw memang nyari komunitas 'nyanyi' di sini cem 'glorify' gitu dan, ga sengaja nemu! diajakin malah! ahahaha~

beres latihan, pada pulang, istrinya naivo nawarin makan malam di sana, ya menurut loooo WITH PLEASURE laaah! so sweet banget deh keluarga ini #hukhuk jadi malam tadi beberapa orang yang masih stay buat makan malam lanjut nyanyi" bareng, seperti yang biasa gw lakukan dengan platalam di kala bersama, tapi nyanyi-nya pake lirik dari internet, layar komputernya itu layar tv-nya mereka, jadi ga ada istilah lupa lirik hahahaha~~ seruuu dan mereka mengerti sekali bahwa gw cuma kenal lagu" bahasa inggris jadi sengaja milih lagu"nya yang gw kenal #baikbangett dan gw benar" lepasss!! AKHIRNYA ADA PENGGANTI KAROKEE HUOOHH!!!

terus beberapa saat sebelum makan, mereka minta gw nyanyi lagu bahasa indonesia #eaa nah loh. nyanyi apa nyanyi apa nyanyi apaaa~ out of nowhere gw memilih lagu bintang kejora-nya alm. pak a.t. mahmud #you'rethebestpak yang emang gw suka banget. dan lagu itu singkat. dan lagu itu, menurut gw, bagus-pake-banget. dan setelah gw selesai nyanyi, teddy, yang adalah gitaris utamanya komunitas ini, minta gw mainin ulang lagu itu dan dia ikut ngisi" dan gw merasa COOOOL dan terharu pada saat yang sama #hukhuk #sayacintamasaTK dan semua senaaangg~ "waaa lagunya indah sekali" "itu lagu tentang apa?" "bahasa indonesia kedengaran mirip sama bahasa madagaskar!" dan sebagainya. aaaa i really love that songgg~~ ga pernah bosaann~~

lalu kita makan. makannya enak. NASI JUGA #yeah dan ternyata orang madagaskar makan nasi 3x sehari juga seperti kita #huyeah! terus si naivo bilang "pas lo ngomong kalo lo bisa nyanyi dan main gitar, kita seneng banget! karena bergitar-sambil-bernyanyi itu udah jadi semacam 'budaya' buat orang madagaskar, makanya kita ajakin lo ikutan hari ini hehe" dan diakhiri dengan.. "donc, bienvenue dans la communauté malgache, gaby!"

ps: mungkin suatu saat kalau salah satu dari mereka pulang kampung dan gw punya duit lebih gw bakal nebeng ke sana. walau gw ga tau apa" tentang madagaskar. tapi jadi pengen tau!
pps: kalau ga salah ingat, kayaknya indonesia sama madagaskar emang punya benang merah deh. tapi gw lupa tepatnya di mana dan kapan dan dalam rangka apa. hmm.
ppps: hore akhirnya saya nyanyi secara properly! uaahahahaa~
pppps: TERIMA KASIH, TUHAN!

6 komentar:

  1. katanya sih nenek moyangnya orang madagaskar itu orang indonesia juga, katanya sih geb.... btw udah cem apres aja :)) seneng deh gab baca tulisan yang ini, gw berasa ada diantara kalian dan ikutan excited :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaaa emang excited banget maan! ga cem apres sih jatohnya, cem uksu mungkin lebih tepat AHAHAHAHAAA~

      Hapus
  2. Dulu katanya wilayah kerajaan Majapahit itu sampe Madagaskar gep. Wah lu dikira orang madagaskar? weww..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pasti umar deh.. oh ya? gw juga sempet tau kalo majapahit emang meluas sampe suatu pulau yang agak jauh dari kita, gw pikir maksudnya sri lanka, kan lebih deket dr madagaskar.. hehe.. iya mar, gw sempet dikira orang india jugak -___-

      Hapus
  3. Pernah baca di bibliothèque kampus dulu, sejarahnya duluuuuuuuuuuu banget, ada 7 atau 8 orang Indonesia (lupa) yang dibuang ke Madagaskar, dimana saat itu pulau ini masih nggak ada penghuninya. Mereka lalu beranak pinak dan berinteraksi dengan orang-orang di benua Afrika. Jadilah orang-orang Malgache. Begitu ceritanya, Geboy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti..... kita ini the ancestors?? ASIK ASIK JOSS!

      Hapus

Template developed by Confluent Forms LLC