28 Januari 2014

good ol' times

iftah: please cek email
gaby: sip sudah dicek
gaby: btw kenapa namanya imgi indonesia yah
gaby: kan redundant
gaby: ikatan mahasiswa geodesi indonesia indonesia hehehe
gaby: *mulai
gaby: *berasa sidang
iftah: nah itu tuh, hehe
iftah: jawaban jujur, waktu itu, karna nama grup IMGI di milis yahoo dah ada sebelumnya, dibuat waktu kepengurusan om irfandi, kemarin juga baru tahu hehehe
iftah: kalo gak salah namanya IMG Indonesia
iftah: jawaban ngeles, nah nanti punya harapan kalau ada IMGI Perancis, IMGI Jerman, IMGI USA, dll. hehehe
iftah: lo blum puas sama jawabannya, sidangnya dipending dulu lah (hahahaha)

tak dinyana, kangen juga sama tetua" ini.. hahaha.. makasih anjar, momo, dan barnes, udah ngasih kesempatan buat saya ketemu sama orang" ini, hahahaha..

sidang IMGI, UGM Yogyakarta, somewhere in 2011. ntah siapa yang punya ide buat sok"an ga liat kamera hahahaha.

26 Januari 2014

karena "liburan" ini saya tidak ke mana-mana

kemaren akhirnya sempet mampir ke toko buku yang udah pengen banget disamperin dari lama. ternyata... dia juga jual buku bahasa inggris!

du coup, in short, gw naksir sama dua buku berikut:

covernya... bagus yah? hehe..

judulnya terlalu menarik, hahaha
gw juga nemu peta uni-eropa, yang emang gw pengen banget beli. tapi kalau ditotal semuanya........ itu duit bisa buat tiga minggu gw makan --'

tapi toh "liburan" ini gw ga ke mana". kalo ke mana" mungkin akan keluar segitu juga. oh ya. gw lagi intersemester. ga ada kuliah, tapi seminggu ini berisi berbagai conference non-obligatory gitu. jadi... punya waktu kosong :)

tadinya pengen jalan" tapi cuaca lagi buruk banget. langit hampir selalu kelabu dan di sini hampir selalu hujan. percuma dipake main juga.

du coup, in short.... mungkin dua buku dan selembar peta itu bakal gw beli. yah, mungkin petanya belakangan. pas gw jadi pindah apartemen, ahey!

"orang itu cuma bisa ngomong"

bahahahaha. kenapa yah, kalimat ini ga pernah gagal?

baru selesai baca bukunya albert camus, buku pertama yang gw beli tahun ini, buku pertama yg selesai gw baca tahun ini. ritmenya lambat, tapi endingnya..... bagus.

buku versi yang barusan saya baca
judul aslinya l'etranger, ada yang menerjemahkannya sebagai 'the stranger,' ada pula yang menerjemahkannya sebagai 'the outsider,' tapi saya sendiri, setelah membaca versi terjemahan baru oleh sandra smith ini (mungkin efek dari terjemahannya juga hahaha) saya lebih senang kalau buku ini disebut 'the outsider.'

ceritanya tentang orang yang hidupnya sama sekali berubah gara" dia 'ga sengaja melakukan sesuatu.' dan hidupnya berubah, lebih karena orang lain, bukan gara" perbuatannya sendiri. bukti bahwa 'omongan orang' bisa menjadi pendapat kuat yang, bisa menentukan nasibmu ke depannya.....

...kalau kamu hanya diam.

banyak hal yang gw pelajari di sini. di perancis. salah satunya adalah, how to stand up for yourself, with even the slightest language skill. en france, di perancis, orang hobi sekali ribut. entah kenapa, hobi. seneng banget bikin ribut bahkan hal kecil. makanya, di sini yang namanya demo itu biasa, karena, ya gitu, mereka emang seneng banget menyampaikan pendapatnya dengan 'keras,' mungkin sudah terdidik seperti itu sedari kecil.

tadinya gw agak malas menanggapi budaya satu ini. karena, ya, seseneng-senengnya gw ribut, di sini ga ada masalah yang begitu 'berarti' untuk diributkan buat gw. tapi setelah menjalani beberapa bulan di sini, barulah gw sadari, memang, tempat ini bukan untuk orang yang 'nrimo,' segala sesuatu mesti diperjuangkan, bahkan terkadang, mesti pake ngotot! jadilah, gw mulai ribut, sedikit sedikit, sesuai dengan skill saya yang, masih sedikit. hehehe.

kembali ke pembahasan bahwa 'orang cuma bisa ngomong.' di masa pencarian magang ini, gw teringat beberapa bulan terakhir sebelum gw ke sini. omongan orang seperti lalu-lalang di kepala gw. ah, ga hanya bulan" terakhir, setahun terakhir malah! di otak gw, hampir semua isinya hanya omongan orang. kata mama begini, kata nenek begini, kata si ini begini, kata pak ini begini, kata bu ini begini, kata tante ini begini, kata om ini begini, semuanya lalu-lalang sampe gw sendiri ga bisa dengar suara hati gw #aiiiihhhh!

dan itu berlanjut hingga: sekarang!

di sini gw menemui banyak orang baru, pribumi maupun tidak, yang hebat. dengan visi hidup masing", dengan pengalaman masing". dan gw semakin merasa, gw ini memang ga ada apa"nya.

sebagai orang yang ga bisa hidup tanpa rencana, gw mudah sekali stres ketika gw ga bisa liat anak tangga selanjutnya yang akan gw jalani. bisa panik. dan di sini, ga kerasa udah ada satu anak tangga lagi yang mesti gw naiki. tapi, yang mana?!

then i found this on buzzfeed. sori mesti di-klik 'buzzfeed'-nya, udah nyoba naro komiknya di sini tapi jadinya pecah --'

somehow this comic made perfect sense. sekedar cerita, di solo, gw sempet ga sengaja kenal seorang backpacker yang berasal dari scotland. dia sempet kuliah di UCL, kerja, terus dengan gaji dia selama beberapa tahun kerja, dia keliling dunia hingga 3 tahun lebih! dan dia baru saja pulang kampung ke scotland natal kemarin, berkumpul kembali dengan keluarganya setelah 'sekian lama.' dan ketika gw tanya "when will be your next trip?" dia jawab "planning to stay for the foreseen future. gotta do something for the society and pay my tax."

even someone that i thought 'would never stay home' said that!

jadi teringat akan pola pikir orang" sini, kebanyakan. mereka ga ragu sama sekali loh, kalo pengen pindah job. contohnya, di kelas gw ada yang sudah berumur 26 tahun, udah ambil doktorat, tapi tengah jalan berenti karena ga cocok dengan topik disertasinya, dan malah ngambil master lagi di bidang yang agak berbeda dengan sebelumnya!

ada lagi, mahasiswa yang udah punya master di satu bidang. udah lulus nih. terus ngerasa ga cocok kerja di bidang sebelumnya dia master. ngambil master lagi lah dia!

tambah lagi gw pernah ketemu seseorang via covoiturage (akan gw bahas soal covoiturage lain kali, search di google aja itu maksudnya apa hehe) yang pernah dua tahun kerja sebagai semacam 'baywatch' di french polynesia, alias di kepulauan sekitar tahiti! jadi kerjaan dia kayak patroli dari pulau ke pulau gitu, HOW COOL IS THAT. dan bahkan, temen sekelas gw, cewe, ada yang menyatakan: "kalo ga ga keterima di sini, tadinya gw pengen masuk akademi pemadam kebakaran!"

man how cool are those people coba. sementara gw.... hahaha.. entahlah, gw makin merasa selama ini pikiran gw, cita" gw............. mungkin terlalu sempit.

ah, dunia memang hanya selebar daun kelor....... ketika kita tidak membuka hati dan pikiran, untuk hal" yang belum terlihat.

ps: mungkin itu bedanya mental orang" yang hidup di negara maju, dengan orang" yang masih hidup di negara berkembang. di sini, orang kerja ya untuk ngeluarin duit, bukan buat karir. apalagi sampe jangka panjang. kebanyakan buat diri sendiri karena sekolah anak" ga perlu dipikirin, udah banyak subsidi dari pemerintahnya. sementara di belahan dunia ekuatorial sana? kerja masih untuk anak cucu, juga orang tua. hmmm. ah sudahlah, kalo kebanyakan dipikirin bisa jadi satu tulisan lagi ini, hahaha.

25 Januari 2014

so here goes, another part of life

orang: finally.... graduated! ^^
saya: finally..... graduated... :'(

hidup ini punya tahap. tahap hidup saya selama ini ditentukan oleh jenjang pendidikan. waktu saya naik ke sd dari tk, saya senang setengah mati ketika akhirnya mama ngasih saya itu baju putih merah. senang setengah mati dan benar" bahagia! seperti punya kehidupan baru, hehe.

juga ketika masuk smp, bela"in ke labschool buat ikutan kelas akselerasi, yang mana mesti nginep di rumah nenek (ngerantau kecil"an hehe), super-excited dengan berbagai kegiatan dan ekskul yang ditawarkan, dan super-excited punya kehidupan baru yang 'semi-mandiri!'

masuk sma, jujur, biasa aja. ga begitu excited. ga punya harapan khusus karena, ga tau ya, mungkin karena udah jauh" ke labschool kok sma-nya pulang ke rumah lagi, hahaha. tapi gapapa. jadi main lagi sama temen lama. jadi punya quality time lagi sama orang rumah.

dari sma ke kuliah, excited-luar-biasa. itb gitu itb itb! bandung!! akhirnya bisa merantau jugaaaaa walau hanya terpaut waktu sekitar 3-4 jam dari rumah, tapi akhirnya saya jadi anak rantau!

terakhir ketika lulus. well, mungkin karena saat itu juga saya masih belum punya stepping stone lanjutan yang pasti, saya sedih. benar" sedih. karena.... banyak hal.

hal pertama, mungkin mengenai kehilangan 'hak untuk tidak memikirkan orang lain,' maksudnya, yah, mulai lulus, segala sesuatu udah ada di tangan saya, dan apa pun yang saya lakukan, mau ga mau orang lain kena dampak dan saya ga boleh lagi egois mikirin diri sendiri. dan lagi, setelah lulus, masa depan benar" hanya beberapa sentimenter di depan mata. benar" terlihat dan dapat terjamah. dan saya takut.

saya takut ga bisa punya teman yang tulus lagi. saya takut saya tidak sukses. saya takut semua berjalan tidak sesuai rencana. dan yang tertinggi, saya takut kehilangan.

but that's life. ada awal, ada akhir. suatu akhir akan mengawali hal baru, begitu pula sebaliknya. berani berjumpa, berani berpisah. dan tak terasa umur sudah memasuki usia produktif. sudah seharusnya menghasilkan. tapi saya sendiri, masih banyak maunya. dan ternyata, saya tidak sekeras kepala itu. masih bisa goyah ketika mendengar kata 'kebebasan.' ahhhhh, kehendak bebas itu memang mahal harganya!

oke. mulai meracau. intinya. saya baru saja kehilangan. dan ini. adalah awal dari kehilangan" selanjutnya. satu"nya cara adalah, menghadapi kenyataan bahwa, ada saatnya saya mesti dewasa. berenti mikirin mau"nya gw dan mulai mikirin orang lain. mesti. walau. susah.

ps: beberapa hari lalu, salah satu mbah saya pulang ke rumah Bapa....

21 Januari 2014

dalam beberapa jam lagi saya akan menghadapi beberapa ujian, huyeh!

malah ngeblog. bagooos.



beberapa hari ini lagi sering banget dengerin lagu ini. pas nemu liriknya: waduh. pantes gw ga bosen". ancuurrr liriknya bikin kangen kamar rumaaaah :'(

inget kan, gw pernah bikin proyek kamar? post ini, ini, sama ini loooh, hehe. gila, udh hampir setahun dari proyek kamar itu selesai.. dan baru beberapa bulan gw nikmati hasil karya gw yang satu itu, kamar udh mesti gw tinggalin. sekarang gw lagi mau bikin proyek kamar season dua, tapi ntah knp malees bgt nyari apartemen lagi. niat pindah ada, cuma belom fokus ajah. kemampuan multi-tasking gw emang ga berkembang, makin menyusut. makin ga bisa fokus ke banyak, adooooh.

tapi sejujurnya fokus satu" itu rasanya lebih enak dan lebih efektif lho, dibanding mesti mikirin banyak hal dalam waktu yang sama. puasnya dapet gitu. kayak "wow" banget #apeeu

oke, daripada omongan gw makin ke mana" mending kita hayati lirik lagu om billy evans ini. monita nyanyiinnya pas banget, gerald situmorang aransemennya juga pas banget di sini. ga nemu yg lebih ok di youtube, bahkan aslinya sekali pun, terlalu macem" hihi. enjoy...

in her own sweet world / populated by dolls, and clowns, and a prince, and a big purple bear / lives my favourite girl / unaware of the worried frown that the weary grown-ups all wear

in the sun / she dances to silent music / songs that are spun of gold / somewhere in her own little head

someday all too soon / she'll grow up and she'll leave her dolls, and her prince, and her silly old bear / when she goes they will cry / as they whisper goodbye / they will miss her i fear / so will i



...........jangan datang dulu, 'someday all too soon' :')

09 Januari 2014

08 Januari 2014

kembali ke brest

kembali ke rutinitas apes-hoki-apes-hoki.
saya sedang nyambi baca the outsider/the stranger/l'├ętranger tulisan albert camus. penghibur di tengah keapesan tiada tara.

07 Januari 2014

random first thoughts

happy new year!

terima kasih Tuhan, kalau bukan karena-Mu, ga bakal diriku yang hina ini bisa"nya masih menjejakkan kaki di bumi ciptaan-Mu hingga tahun 2014 yang gemilang ini! huyeh!

so, random thoughts. banyak sekali yang pengen dan mesti dan kepikiran untuk gw tulis di sini. namun waktu yang tadinya kawan kini menjadi lawan. dua minggu lagi ujian! UJIAN! dan dua minggu lagi ada banyak hal yang harus diselap-selip bersamaan dengan kebutuhan tidur yang astaga, tidak bisa diganggu gugat. mengapa waktu tidur saya jauh lebih pendek saat liburan kemarin dan saya jauh lebih kuat melek saat liburan kemarin?

oke. first thought: i failed to have a white christmas. sedih. tapi gapapa. gw mengalami malam natal dan kebaktian pagi natal yang super di augustinekirche, wina. gereja ini akustiknya bagus banget, selain itu warna gerejanya yang putih bikin gw tentram karena kesannya 'tidak gelap,' walau pun gayanya, kalau kata ari, masih kebawa nuansa gothic. bisa dilihat 360-degrees-view-nya di LINK INI. kata ari, lagi, augustinekirche itu sebenarnya kapel, ga termasuk katedral. menariknya, kapel ini merupakan saksi bisu dari pernikahan raja louis xiv (raja perancis yang iseng banget bikin istana versailles, yang juga kami kunjungi, yang akan gw bahas di post lain atau later di post ini) dan marie-antoinette, serta pernikahan napoleon bonaparte dengan marie louise! super-cool.

kebaktian malam natal, yang dimulai pukul 00.00 waktu setempat, di mana yang ga natalan pun ikutan hehe, musik disajikan dengan brass section alias menggunakan alat musik tiup seperti tuba, terompet, dll. gaungnya bener" kerasa, dan malam natal ini, tidak terlalu banyak yang berkebaktian. mungkin karena tradisi eropa yang biasa makan malam bersama keluarga sejak tengah malam untuk menyambut natal, seperti keluarga gw di indonesia. kebaktian esok harinya, gereja penuh! mungkin karena 'promosi' augustinkirche yang memasang nama 'mozart' di selebarannya, karena kebaktian ini mengambil salah satu partitur misa yang digubah oleh mozart. kerennya, kebaktian ini diisi oleh string section, alias alat musik gesek seperti biola, cello, dll. bersama dengan choir dan beberapa solois. megah. dan akustiknya luar biasa. dan menurut ari, bagian pengakuan iman rasuli-nya 'dapet banget' karena dia ngerti sedikit-demi-sedikit bahasa latin, dan tiap kalimat itu sinkron dengan musik yang mengalun pada saat pengakuan iman dinyanyikan bergantian oleh para solois. sayang justru di kebaktian yang lebih seperti 'konser gratis' ini jandrong dan dhira ga ikutan. padahal kita semua nyari banget tontonan musik klasik! wina gitu! kota musik!

oke second thought. masih tentang natal, gw super terharu karena gw sempet skype-an sama keluarga besar gw yang lagi natalan di jakarta. terpaut 6 jam, pas banget gw bisa pulang ke tempatnya mas suci, tempat nginepnya si ari dan dhira, sehingga bisa nebeng wifi dan pinjem hp-nya dhira buat skype-an, sementara di jakarta adalah pukul 1 dini hari di mana keluarga gw baru selesai kebaktian malam natal. jadilah, semua orang di sana ganti"an nyapa gw: "kakaaak!" "kakak apa kabaaaar?" "dingin ya di sana?" "liat salju gaaak?" "kakak gendutaaan!" bahkan nenek dan eyang kakung gw rebutan pengen ngeliat muka gww aaakkk :''') dan yang paling heboh adalah pas tante iin nanya: "kakak kamu lagi di wina?" gw jawab: "iyah, hehe" terus ada yang nyaut dari belakang: "tanyain kapan ke berlin, in!" tante iin: "kapan ke berlin kak?" gw jawab: "entar tahun baruan di berlin" dan semua rame: "BEEEUUU!!!!! CURANG KAMUUUHHH!!!"

lanjut, third thought. hmm gw cuma berdoa mudah"an jadwal gw tiga minggu ke depan tidak berubah. sulit mensiasati waktu di awal tahun ini karena terlalu banyak yang mesti dilakukan. curi" waktu untuk menulis dan, ahem, menyeleksi dan mengunggah foto" perjalanan kemarin akan jadi waktu yang menyenangkan, dan menenangkan. aih, mudah"an lah. ga ada yang berubah. amin. amin. amin!!!

yang keempat. kalimat 'lady in waiting' akan sangat mudah ditebak saat dhira adhiwijna yang memperagakannya! HAHAHAHAHA!

and the last thought is: TO THE LOUVRE! HAHAHAHAHAHAHAHHAHA!!!!

gila bisa"nya coy liburan kemaren gw-jandrong-oki-dhira-ari masuk ke louvre GRATIS serta ke istana versailles juga GRATIS! dan sejujurnya gw mungkin ga akan tertarik untuk masuk ke dua tempat itu, bahkan untuk sekedar cari info tiketnya sekali pun, kalau bukan karena bapak sejarawan kita, bapak ari. merci beaucoup monsieur le sejarawan! dan terimakasih para pengurus louvre dan versailles yang dengan baik hati menyediakan waktu dan peraturan khusus untuk kami para pelajar EU di bawah 26 tahun!

sekedar info, khusus untuk louvre, selama umur lo DI BAWAH 26 tahun, warga negara MANA PUN dirimu, lo berhak untuk masuk gratis setiap hari jumat pukul 18.00-21.45 huyeh!!

2014, bring it on!

PS: my first new year resolution is to find an internship.................. in africa. africaaaahhh! ameeennhh!!
PPS: ada temen yang nanya "udah pernah nyeberang garis khatulistiwa?" dan gw menjawab dengan santai "gw hidup di sana" terus dia heboh "ah masa?!" hellooooooo~
PPPS: waktu untuk menulis post ini adalah 20 menit. not bad!
Template developed by Confluent Forms LLC