20 Maret 2014

saya dan beasiswa LPDP

hai semua! setelah sekian lama akhirnya tibalah saat yang tepat untuk berbagi mengenai beasiswa yang akan menanggung hidup saya selama dua tahun perkuliahan magister: beasiswa LPDP!

pertama, apa itu beasiswa LPDP?

beasiswa LPDP itu adalah singkatan dari beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan. dananya berasal dari dana abadi dari tiga departemen yaitu: departemen keuangan, departemen pendidikan dan kebudayaan, serta departemen agama. dana abadi ini didepositokan di beberapa bank dan bunganya itu yang dijadikan beasiswa. jadi, beasiswa ini bisa dibilang ga punya kuota, selama lulus persyaratan, pasti dapet, hehe.

yang menarik dari beasiswa ini adalah, uang kuliah, berapa pun itu, dibayarin full! udah gitu dapet duit bulanan serta beberapa tambahan dana lainnya yang sudah ditetapkan maupun yang mesti diajukan. selain itu, beasiswa ini tidak bersifat mengikat seseorang kepada suatu instansi. ikatan ini justru dibentuk pada saat program kepemimpinan, yang menekankan bakti kepada bangsa, sehingga ikatan ini lebih bersifat moral. setiap individu dituntut untuk berkarya di bidang apa pun dan bagaimana pun caranya, selama hal tersebut merupakan bentuk pengabdian kepada nusa dan bangsa. cool kan? detail dari beasiswa ini bisa dibaca di http://www.lpdp.depkeu.go.id/

nah! untuk step-by-step-nya, sekarang beasiswa LPDP ini menjaring setiap tiga bulan, namun pendaftarannya bisa dilaksanakan kapan saja. prosesnya itu ada tiga yaitu (1) seleksi administrasi, (2) seleksi wawancara, (3) seleksi program kepemimpinan. selain itu, jika ternyata tempat kuliah yang diajukan tidak berada dalam list LPDP, kita masih bisa melakukan pendaftaran dengan menaruh universitas yang 'terdekat' dengan universitas yang kita inginkan, misalnya, yang ada dalam satu negara. baru selanjutnya melakukan proses pindah tempat studi. hal ini telah saya dan dua orang teman saya lakukan, dan kami berhasil.

berikut timeline saya dan LPDP dari awal hingga letter of guarantee turun. kontrak sama surat keputusan masih dinantikan, hehe.

2013
mei.  dapat letter of acceptance dari universitas.
juni. daftar beasiswa LPDP.
juli. ga ada di daftar peserta lolos administrasi.
agustus. dapat surat lolos administrasi. sepertinya tertunda karena banyaknya pendaftar pada bulan juni, yang merupakan bulan di mana biasanya letter of acceptance sudah di tangan para kandidat magister/doktorat. lanjut mengajukan perpindahan tempat wawancara, yang tadinya di jakarta menjadi teleconference karena sudah berangkat ke perancis.
september. wawancara teleconference.
oktober. dapat surat lolos wawancara dan undangan program kepemimpinan untuk bulan desember. langsung mengurus proses perpindahan tempat studi. hal terpenting dalam proses perpindahan ini adalah rekomendasi dari profesor/pembimbing terdahulu terhadap tempat kuliah yang dituju, karena ada beberapa universitas yang prodinya diakui secara internasional walaupun universitasnya sendiri tidak masuk dalam top 200 QS world ranking.
november. dapat surat bahwa permintaan pindah universitas diterima. tidak mendapat ijin dari kampus untuk pulang bulan desember, sehingga mengajukan perpindahan jadwal program kepemimpinan, dan disetujui bahwa saya akan ikut program kepemimpinan bulan januari 2014.
desember. program kepemimpinan yang seharusnya saya ikuti berjalan, saya masih nunggu undangan untuk program kepemimpinan depan yang akan saya ikuti.

2014
januari. dapat keterangan bahwa program kepemimpinan digeser menjadi bulan februari akhir akibat satu dan lain hal. langsung mengurus ijin ke kampus.
februari. pulang untuk ikut program kepemimpinan selama 12 hari.
maret. dapat letter of guarantee. menantikan surat keputusan serta surat kontrak.

begitulah! panjang juga yah ternyata prosesnya, nyaris setahun saya berjuang untuk hal ini, dan ga percuma :') pesan moralnya adalah, kalo yakin akan sesuatu, hajar aja! saya kemarin akhirnya berangkat juga tanpa kepastian beasiswa, atas dukungan keluarga saya, serta perhitungan matematis sana sini, dan sekarang saya benar" sudah bisa berdiri sendiri :'D beasiswa itu, kalo emang rejeki, ya rejeki aja. kalo ga dapet, masih ada cara lain untuk bertahan hidup. semangat!

bonus: yel yel gaul kelompok bermain dua di lanud halim perdana kusuma tni au.

video


ps: program kepemimpinan itu... seru banget! hehehe..

11 komentar:

  1. ya ampunn kakak.....keren amat yelnya....bangga dah gue.....emang kreatip nekat berani malu pol-polan....(WA)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ini yel yel yang ngasih mas tentaranya mah makanya bikin sesek napas, yang penting TOTAAALLL

      Hapus
  2. fika hesti wulandari14 April 2014 09.19

    hai pagi ka,
    ka, ak pengen bgt ikut beasiswa ini, bisa sharing via apa gitu yg lebih cepet? (FB/twitter/pin)..hehhee
    _Fika anak UNNES

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, kamu bisa cari Gabriella Alodia di facebook, tapi message dulu yah biar ga saya requestnya hehe..

      Hapus
  3. Hai, mau tanya, bulan pertama di prancis uang beasiswanya dibayar telat tidak ? sehingga membuat kamu mengeluarkan biaya dari uang pribadi. Atau ada pengalaman uang yang diberikan LPDP dibayar terlambat ?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga akan telat asal semua dokumen lengkap, uang dikirm 10 hari kerja setelah permintaan dan semua dokumen yang diminta terkirim dan dinyatakan valid.

      saya keluar biaya sendiri dulu karena memang saya berangkat duluan sebelum dapet beasiswanya, bisa diliat di timeline yang saya buat di atas :)

      Hapus
    2. boleh tau besaran beasiswa yang diberikan? saya dari kemarin cari2 info ini. terimakasih

      Hapus
    3. beda" utk tiap negara/kota tujuan. bisa japri ke gabriellalodia@yahoo.com utk tau lebih lanjut, sepengetahuan saya.

      Hapus
  4. Terima kasih sudah berbagi tulisan melalui blog. Saya salah satu yang membaca dan akhirnya berhasil. Teruntuk rekan lain yang kebetulan dokter dan ingin masuk spesialis, semoga tulisan saya di bawah ini bisa membantu.

    http://m.kompasiana.com/post/read/693688/1/tips-raih-beasiswa-spesialis-lpdp-ppds.html

    BalasHapus
  5. saya baru baca ada komentar ini. sama" mba, senang bisa membantu :)

    BalasHapus
  6. Permisi kak, saya mau tanya, kan beasiswa LPDP itu mewajibkan mahasiswa yang bersangkutan buat balik lagi ke Indonesia... Apa itu ada program khusus lagi, atau kita bisa nyari kerja sendiri? Kalau misal nih, cuman setahun ke Indonesia dan berencana tahun berikutnya mencoba daftar kerja di luar negri apa boleh?

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC