23 April 2014

antara residence kampus, residence privée, dan CROUS

hai!

baru" ini residence kampus gw kemalingan. yap. ke-ma-ling-an.

aneh banget. padahal buat masuk kapus gw itu mesti nunjukin kartu mahasiswa/kunci kamar loh! dan jarang banget satpamnya lalai, apalagi kalo malem!

total ada 5 kamar kemalingan. semua kamar dibakar abis dimaling. dan ada temen gw yang kena salah satunya. kasian. tapi keadaan sudah membaik sih, student office di kampus sudah banyak sekali membantu. Puji Tuhan.

gw jadi pengen ngebahas perbedaan hidup di residence kampus, privée (pribadi, semacam nyewa apartemen/kosan sendiri), dan CROUS (residence mahasiswa ala perancis, tapi ga khusus untuk satu universitas tertentu. campur", dan biasanya anak" yang dapet status beasiswa BGF yang diutamakan untuk dapet kamar di sini). oke, dimulai!

RESIDENCE KAMPUS

hari" awal di sini, gw tinggal di residence kampus. enaknya, deket banget coy sama kampus! lo bangun 10 menit sebelum kuliah pun ga masalah. lo mau pulang tiap jam istirahat buat makan ga masalah. ketinggalan buku? tinggal keluar kelas sebentar, 15 menit paling lambat lo udah di kelas lagi.

namun, kekurangan dari residence kampus gw (ga tau residence kampus lain begini juga apa ngga) adalah, ga ada dapur dan kulkas. sedih. jadi, kalau kata senior" di sini, itu sengaja, biar anak"nya pada beli makan di kafetaria. dan sekali makan di kafetaria itu cukup mahal, kisaran 3.5 euro sekali makan. ya emang sih, ini itungannya udah makan murah, tapi bisa jauh lebih murah kalo masak sendiri, dan menu makanan kafet lama" katanya sih bikin eneg alias bosen. heheu.

nah gw sendiri menyiasatinya dengan: bikin sandwich tiap hari!

iya sih, makan dingin terus. tapi ini jauh lebih baik karena dengan begitu, sekali makan gw bisa cuma 1 euro, jadi dalam sebulan maksimum gw cuma keluar 60 euro buat makan. maksimum yah.

oh ya, enaknya residence kampus lagi, di tempat gw, harga sewa udah termasuk sarapan tiap pagi! dan waktu sarapan ini sejujurnya ngangenin, karena pagi" lo ketemu dengan temen" lo yang jurusannya beda, ngobrol, nanya kabar, kuliah gimana, unyu deh. dan sarapannya cukup mengenyangkan: 1/3 baguette, tiga pilihan butter/selai, secangkir minuman panas (teh/kopi/susu), segelas jus (apel/orange/nanas), dan pilihan penutup (buah, croissant, atau yoghurt).

enaknya lagi, kalo mau nyuci tinggal jalan ke bawah, masukin cucian, tinggal lagi ke kamar selama 40 menit. jadi ga ada waktu terbuang. mau jungkir balik dulu, kayang, dll suka"! ga perlu nunggu!

oh ya, residence kampus gw ada dua pilihan: kamar mandi dalam/luar. gw pilih yang luar; krn lebih murah 50 euro. nah, ga enaknya kamar mandi luar ini adalah, karena kamar mandinya pun campur cewe-cowo, kadang saat lo mandi malem", ada aja mahasiswa yang mabok/setengah mabok gedor" pintu kamar mandi. paling parah pintu kamar mandi gw pernah kebuka beneran gara si mahasiswa geblek gedor kenceng banget, untung gw reflek ngedorong balik itu pintu! entah gimana nasib si gila itu. frik.

di awal semester ini, akhirnya gw memutuskan untuk cabut dari residence, karena bosen, dan pengen makan makanan yang proper. dan, gw kan baru dapet beasiswa, hehe. saatnya hidup lebih layak! jadilah, gw pindah ke tempat lain.. ke residence privée.

RESIDENCE PRIVEE

nah, kalo residence privée ini hoki"an banget, tergantung proprietaire (semacam 'ibu kos'), lokasi, fasilitas, dan harga. kadang ada tempat tinggal yang bayarnya udah termasuk listrik dan gas, jadi lo mau pake listrik suka" ga perlu mikir, gas juga suka" biar kamarnya anget. ada juga yang belum termasuk. ada yang udah ada internet, ada yang mesti masang sendiri.

oh ya, kalo residence kampus, listrik sama internet udh termasuk, jadi unlimited banget. kalo gas, sayangnya, karena gasnya central, penghangatnya ga begitu oke, kamar jadi rada suam" kuku angetnya hahaha.

nah, kebetulan gw dapet residence yang pemanasnya listrik (ga pake gas, jadi bayarnya di tagihan listrik), dan biaya bulanannya ga termasuk biaya listrik, tapi buat listrik gw tinggal bayar ke si proprietaire, ga perlu ke EDF, alias PLN-nya perancis. sayangnya, internet mesti pasang sendiri.

tapiiiiii residence gw sekarang enak banget! untuk harga 350 euro/bulan (belum termasuk CAF, potongan biaya untuk mahasiswa) gw dapet rumah 2 lantai, lantai pertama buat nonton TV (iya ada TV), kamar mandi, dan dapur, lantai kedua buat bobok! dan lantai 2 itu loteng! cooool.

dengan segala biaya (listrik, air, gas buat masak, kecuali internet) total gw keluar maksimum 400 euro/bulan; dan ini belum dipotong CAF yah. gw baru apply CAF jadi ga tau dapet berapa, tapi minimal banget 150 euro dapet lah, jadi gw tinggal bayar sekitar 250 euro/bulan hehe.

ga enaknya residence privée ya itu tadi, apa" mesti ngurus sendiri, dan apa" itu buaaanyakkkk. termasuk asuransi residence. ribet deh, jauh lebih ribet dibanding ngurus residence kampus yang kalo ada apa" tinggal ngomong ke PIC-nya di kampus.

tapi enaknya, lo bisa masaaaaak!!! dan lo merasa memiliki, aseeek. enak banget deh punya 'rumah sendiri' beneran! jadi bisa berlatih berumah tangga #halah! dan sense beres" lo lebih terasah di residence sendiri heheh.

oh ya, enaknya lagi kalo punya residence sendiri, acara ngumpul" bisa dilaksanakan di tempat lo, hehehe.

RESIDENCE CROUS

nah, beda lagi cerita di residence CROUS. gw ga pernah tinggal sana, tapi gw kenal banyak orang yang tinggal di CROUS. residence ini biasanya sempit banget, kamar lo ga bisa dibikin tempat ngumpul karena antara tempat tidur, kamar mandi, kulkas, dan meja belajar itu mepet banget. tapi, resindence ini super murah! setahu gw 250 euro/bulan belum sama CAF, dan pake CAF bisa tinggal sekitar 90 euro/bulan! murah banget kan!


di CROUS ada dapur, tapi di luar. tiap lantai ada dapur komunal, jadi kadang gantian masak sama yang lain. enaknya, di CROUS itu banyak orang, lo jadi kenal banyak orang dari berbagai universitas. udah gitu di beberapa CROUS ada yang namanya ruang musik. gw sempet 'minjem' ruang musik residence-nya mas awal buat main piano. ada juga ruang TV bersama. banyak hiburan pokoknya!

buat internet, kadang udah termasuk kadang belum. tapi untuk listrik dan gas semua udah termasuk!

nah, karena CROUS menawarkan residence yang layak (bisa masak yang penting cuy!) dengan harga miring, aplikasi untuk CROUS ini selalu puueeennuuuhhh, dan sayangnya, mereka mengutamakan banget anak" yang beasiswanya bekerjasama dengan pemerintah perancis (kalo buat indonesia, seperti gw sebutkan, itu beasiswa BGF, yang adalah anak" DIKTI dan DIKNAS). jadi residence ini baru akan ngasih tempat ke anak tanpa beasiswa kalo semua anak berstatus beasiswa sudah ditangani dan ada kamar kosong.

--

sekian dari gw! panjang juga yak. semoga bermanfaat buat yang mau kuliah di perancis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC