19 Mei 2014

jalan jalan musim semi

karena saya masih master tingkat pertama, libur saya masih banyak. lumayan lah tiap pergantian musim ada libur paling tidak satu minggu. nah, mumpung kemarin ada total sekitar 11 hari liburan (libur musim semi digabung sama labour day), jadilah, saya jalan" lagi!

jalan" kali ini saya sendirian. kenapa? karena ga ada temen yang liburnya cocok dan seleranya cocok hahaha. kemarin gw liburan ke beberapa negara di eropa timur. biar ga bingung, gw kasih petanya dulu yak ahaha.

taraaa!!
nah, rute pertama, dari paris gw terbang ke bratislava, ibukotanya slovakia. yap, bagi kalian yang udah nonton eurotrip pasti familiar dengan bratislava dan pasti punya cita" beli hotel di bratislava (beneran). sayangnya, film eurotrip itu film tahun 2004 yah sodara", sudah sepuluh tahun yang lalu. sepertinya sejak munculnya film itu banyak turis berdatangan ke bratislava dan kota itu sekarang sudah kaya raya (sedih). hahaha.

transport paris beauvais - bratislava: ryan air, harga: $, kualitas: **
akomodasi bratislava: patio hostel, harga: $$, kualitas: **

hari pertama gw muter" bratislava, bermalam di sana, esoknya gw naik bus ke budapest, hungaria. bus ini luar biasa banget deh! gw naik bus punya republik ceko namanya student agency, itu super bagus dan super murah. busnya cuma 8,1 euro untuk sekitar 3,5 jam perjalanan, dan itu sepanjang jalan berasa naik pesawat jarak jauh: depan mata ada layar lcd kecil, bisa pilih film (koleksi filmnya bagus"!) dan lagu (lagunya juga bagus"!) terus dilayanin, ditawarin minum dari yang gratis sampe yang bayar, ada bantal, ada colokan buat ngecharge hp, wah nyaman banget! perjalanan 3,5 jam ga berasa sama sekali (karena senyaman apa pun itu lebih dari setengah perjalanan gw cuma tidur hahaha).

sampe budapest gw masuk hostel, namanya goat hostel. hostel kambing. dan jujur, masuknya agak horor, dalam arti, itu gedung kayak lagi direnovasi, ada tiang" buat renovasi tapi ga ada yg kerja, kayak ditinggal gitu, terus gedungnya tua gitu. tapi ternyata hostelnya nyaman hehe. di sana gw mulai kenalan sama beberapa penghuni hostel, karena pas di bratislava gw cuma semalam, jadi kenalannya pun hanya sekedar hahaha.

transport bratislava - budapest: student agency bus, harga: $, kualitas: ***
akomodasi budapest: goat hostel, harga: $$, kualitas: ***

terus begitu naro tas, gw langsung menuju ke free tour karena ga sempet free tour di bratislava. NAAAH, di kota" eropa sini lagi in banget yang namanya 'free tour' yang adalah tour di mana kita bisa jalan" dan dijelasin sejarah tentang kota tersebut oleh seorang guide dan kita bisa dateng kapan aja tanpa mesen. yang nyelenggarain ini biasanya NGO jadi sebenarnya kita ga 'bayar' itu gapapa, tapi ada baiknya kita kasih tip si pemandu, dan biasanya tipnya hanya sekitar 2-5 euro, dan itu worth it!

free tour yang gw ikuti kebetulan free tour bertema, dan tema yang gw ikuti adalah 'communism tour' widii. jadi di tur ini justru lebih banyak si pemandu cerita dibanding jalan" karena monumen" berbau komunisme udah banyak yang diruntuhin di budapest, tapi ceritanya cool banget deh. yaa, ga jauh" dari kemahasiswaan ternyata hehe. nah tapi, gara" si free tour ini, gw jadi ga napsu ngeliat 'keindahan' budapest, gw malah lebih semangat nyari 'luka' di budapest #halah!

gegara itu gw jadi semangat banget ke house of terror (tadinya males) dan ngebacain semua flyer di tiap ruangan, jarang" gw ngebacain semuaaaa tulisan di sebuah museum coy. dan somehow it was cool. keindahan budapest jadi ga ada apa"nya ketika lo udah 'masuk' ke sejarah masa lalunya dan entah kenapa sejarah yang paling nyambung sama gw adalah sejarah pra s/d pasca perang dunia kedua jadi gw semangat banget hahahaaaa.

gw muterin budapest sampe pol sampe kaki mau copot selama kurang lebih 2,5 hari lalu gw pindah ke brasov, romania (kotanya ga ada di peta, tapi posisinya kira" kalo lo tarik garis lurus dari sibiu ke timur, dan dari ploiesti ke utara, perpotongan keduanya kira" adalah brasov). dan brasov ini adalah tujuan utama gw!!!

kenapa gw ke sana? karena gw mau cari drakula. mwahahah.

dan ternyata saya adalah golongan mainstream yang ke romania karena drakula (malu dan garuk tanah).

TAPI BRASOV LEBIH DARI ITU!!

overall, ini kota yang paling gw suka selama perjalanan, huaaa. atau mungkin karena cuaca bagus terus selama gw di brasov, bisa jadi hahaha. gw ke brasov pake kereta malam, selama 14 jam. keretanya murah banget dan ala kereta ekonomi di indonesia deh hahaha. bahkan sejujurnya jauh lebih baik dari yang gw bayangkan! dan yap, gw tidur banyak banget hahaha.

yang gw inget, pas matahari mulai terbit, gw mulai melewati suatu tempat berkabut, pepohonan kering, banyak pekerjaan kereta dan rumah" yang terabaikan, horor deh, bener" kayak transylvania yang di pilem". gw agak merinding dan "anjir ini gw bakal ke mana sih sebenernya?!" apalagi sempet malamnya ada kayak pengumuman dalam bahasa romania yang kalo gw prediksi artinya "anda kini memasuki wilayah transylvania" maknyaaak.

tapi pas matahari bener" terbit BEEEUUU!!! viewnya oke banget! perbukitan hijau, wah keren deh! sayang ga bisa dipotret karena kereta jalan terus dan blur tapi serius deh bagus!

sesampainya di brasov, gw check in di hostel, langsung muter", dan lo tau apa, brasov itu dikelilingi perbukitan, dan di salah satu bukitnya ada tulisan BRASOV gede banget cem sign HOLLYWOOD gitu hahahahahaha!! shock gw!

seperti iniii!!!!
dan gw naik donk ke atas sana hahahaaaa. jalurnya ada dua: jalur biru dan jalur merah. pemilik hostel gw udah bilang, ikutin jalur merah aja lebih gampang. terus gw ambil jalur biru aja donk, jenius. hahahaha. dan gempor. dan turunnya gw pake jalur merah. terus kan sebenernya ada cable car buat ke sana, pas gw turun pake jalur merah, orang" yang di cable car dadah" sama gw. keren. i'm the crazy tourist.

transport budapest - brasov: mav night train, harga: $, kualitas: **
hostel brasov: rolling stone hostel, harga: $, kualitas: **

di brasov gw juga ikutan free tour. terus gw ke bran's castle, yang ternyata adalah 'faux dracula castle' bahahaha. terus gw ke sinaia! di sana ada castle BAGUS BANGET dan gw suka banget hahaha. namanya castelul peles. MESTI KE SANA! ITU BAGUS BANGET! dari brasov ke sinaia naik kereta regional cuma sekitar 2 euro! dan itu cuma sejam. gila romania bless you banget deh.

transport brasov - sinaia: cfr regional, harga: $, kualitas: **

terus puas main di sinaia gw cabut ke bucharest, untuk lanjut ke sofia, bulgaria, karena di sinaia akomodasinya mahal dan gw memang tidak berencana untuk stay di bucharest. gw nunggu di mcd-nya bucharest sekitar 3-4 jam (lupa) dan berhubung gw udah ga ngopi, gw pesen teh, dan salah, karena setelahnya gw jadi ngaaaannntttuukkk bbaaannggeeetttt. sejam terakhir gw bener" berusaha untuk melek di mcd --' dan yap, 11 jam perjalanan ke sofia mungkin gw meleknya cuma sekitar 2 jam. seindah apa pun pemandangannya gw cuma bisa kriyep" terus bilang "wow bagus" dalam hati terus bobo lagi. great.

transport sinaia - bucharest: cfr regional, harga: $, kualitas: *** (regionalnya berasal dari kota yang berbeda jadi regionalnya lebih bagus dari yang sebelumnya, berasa naik kereta antar kota, kayak kelas bisnisnya kita deh!)
transport bucharest - sofia: intercity train, harga: $$, kualitas: **

sampe sofia, JENGJEEENNNGGG. ini daerah paling raaandom karena, semua pake aksara cyrilic. pake ada orang" yang nawarin 'jasa' taksi pulak ff. dan nemuin hostel gw selanjutnya itu perjuangan yang cukup berat, dan untungnya ketemuuuk! gw cek in, dan langsung jalaaannn!

sofia itu bener" kayak jakarta, rusuh dah! bisa nyebrang di mana aja, klakson lumayan terdengar di mana" hhaha gw berasa pulang kampung, eh pulang kota :P tapi akhirnya gw menemukan tempat yang memang kawasan turisnya. dan gw pun terkagum: ada sinagoga (tempat ibadah orang yahudi), masjid, sama gereja ortodox yang jarak antar ketiganya cuma walking distance! wuoow!!

terus gw ikutan si free tour, dan yap, daerah ketiga tempat ibadah itu memang istimewa, karena ternyata ada satu lagi tempat ibadah yang walking distance juga, yaitu gereja katholik, dan karena empat titik ini deket"an, daerah yang 'dirangkul' oleh keempat tempat ibadah ini disebut sebagai 'the square of tollerance' aaaw.. kalo kata martin, guide gw yang sangat ceria dan penuh semangat, kalau kita bisa memulai toleransi dari daerah sekecil ini, mestinya kita bisa menjalankannya juga di mana saja, karena tebak apa, keempat tempat ibadah itu masih dipergunakan sesuai fungsinya hingga sekarang! that's the beauty of this rather 'berantakan' city in my own opinion :')

oh ya, gw di brasov paling lama, hampir 3,5 hari dan sayangnya cuma sehari di sofia. dari sofia gw turun lagi ke thessaloniki, yunani, karena gw ambil pesawat dari sana. bukan, bukan langsung ke paris, tapi ke brussels dulu. loh kok ke brussels dulu? karena murahnya begitu hahaha.

akomodasi sofia: hostel mostel, harga: $, kualitas: ***
transport sofia - thessaloniki: bus arda tur, harga: $$, kualitas: **

sampe di terminal thessaloniki, gw naik bus lokal ke airportnya thessaloniki dan tebak apa, ternyata thessaloniki itu daerah pantai, dan rame banget aja donk mentang" udah mau summer. dan panas. hahahaha. jadilah gw ke airport, nunggu lagi sekitar 3 jam kalo ga salah, dan terbaaaaang ke brussels. ga brussels sih, sekitar sejam dari brussels, namanya airport charleroi.

transport thessaloniki - brussels charleroi: ryan air, harga: $, kualitas: **

teruuusss gw tidur di airport! seru deh karena ternyata banyak yang tidur di sanaaaa! jadi ternyata airport ini bener" populer buat transfer flight (karena murah kali yah dari-dan-ke sini) jadi buaanyak deh yang tidur bareng di airport hahaha. bahkan ada tekniknya: jadi kita ambil baki" buat naro tas, baki" itu kuat banget. kita susun berbanjar 3 ato 4, tergantung tinggi badan, terus kita tidur lah di atas baki" itu, jadi itu baki jadi 'matras' kita hahahaha. gw sampe airport sekitar jam 11 malam, dan kebiasaan di sana adalah, sekitar jam 4.30 pagi akan ada petugas airport yang ngebangunin lo. ga kasar, cuma dibangunin aja karena airportnya udah buka hahaha. lo tidur lagi juga gapapa, tapi udah ga boleh di lantai, mesti cari bangku. dan biasanya udah ada penerbangan jam segitu jadi bangku" mulai kosong. wah seru deh ternyata tidur di airport satu ini hahaha!

terus gw ke brussels naik shuttlenya mereka, ikutan free tournya brussels yang ternyata jauh lebih profesional dan rame banget (kaget gw saking ramenya dibagi ke beberapa grup gitu) dan selesai tur gw laaaaari ngejar bus ke paris. gw naik megabus yang saaaaangat terkenal di kalangan anak" prancis hahaha.

transport brussels - paris: megabus, harga: $, kualitas: **

yaakkk selesai lah perjalanan gw kemaren. seneng deh. karena sepanjang perjalanan, gw ga cuma liat", tapi juga banyak tau sejarah gara" si tour" itu. jadi, kalo lo adalah mahasiswa yang lagi kuliah di eropa dan pengen backpacking, ikutan free tour deh! donasi/tip 2-5 euro yang lo kasih itu ga ada apa"nya dibanding apa yang lo dapet, super worth it!

terus gw dapet temen" baru! hahahaha. in fact gw tukeran facebook sama beberapa orang yang hopefully gw bakal ketemu lagi, yuhu! dan tentunya gw dapet inspirasi itinerary baru hahaha. buat kapan? teuing! simpen dulu idenya!

baiklah, sekian dari sayaaa, kalo ada yang mau ditanya, cari saya di fesbuk aja yaaaah: gabriella alodia. message dulu, biar sayanya ga bingung hahaha. selamat menikmati eropa timur!

3 komentar:

  1. wah asik banget kak bacanya ._> mau dong ikut free tour gt hehe tapi gimana caranya ya? insyaAllah saya ke hungaria bulgaria paris bulan depan hehe kalo di paris juga ada free tour kah? :D oiya, salam kenalll

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, salam kenal! kalo mau ikutan free tour kamu browsing aja pake google "free tour budapest" misalnya. nah nanti di websitenya ada keterangan meeting point dan waktunya. kalo kamu nginep di hostel, biasanya pemilik hostel bakal ngasih kamu pamflet free tour juga. di paris ada free tour! hampir semua kota besar di eropa sekarang punya free tour :)

      ps: di budapest ada beberapa macam free tour, ikutan yang communism tour deh, keren!

      Hapus

Template developed by Confluent Forms LLC