09 Juli 2014

berbagi pikiran dan kebahagiaan

lagi" gw gagal fokus. lagi" gw gagal nulis sesuatu yang rencananya mau gw tulis. kenapa? karena... entahlah, gw selalu ga niat merunutkan segala sesuatu yang ingin gw tulis di dalam blog kalo pake rencana. semua mesti spontan!

gw cuma pengen berbagi kebahagiaan. kebahagiaan apa?

well, jujur aja beberapa bulan belakangan ini, ketika indonesia lagi heboh sama black campaign dan white campaign (aya kitu white campaign?) soal pilpres, gw hilang. gw tenggelam. ke mana? Tuhan yang tau, hahaha.

singkatnya gw terlalu jauh terjatuh dalam jurang keputus-asaan #halah! terdengar lebay, tapi serius deh. gw stres sama keadaan gw di perancis. gw stres sama mata kuliah gw. gw bahkan stres dengan kehidupan sosial gw. mental gw ditempa habis"an di sana dan sejelas apa pun gw cerita ke orang, ga akan ada yang bener" ngerti apa yang gw rasain di sana.

gw ga pasang internet di rumah, atas beberapa pertimbangan, dan ini yang membuat gw jauh dari berita. gw cuma tau selentingan copras capres tiap kali buka facebook, dan ga pernah menyempatkan diri untuk benar" membaca. satu"nya sumber 'pencerahan politik' gw, seperti yang pernah gw sebutkan di pos sebelumnya, adalah film 'the act of killing,' dan gw shock. sampe sekarang masih geleng" kepala.

dan gw sama sekali ga looking forward to my internship, karena jujur, this isn't really what i want. i wanted to have an offshore opportunity and i couldn't have it. jadi, yah, sejak ahir semester kedua, gw cuma pengen jalan-hajar-cepet-lulus and God knows what i wanna do after graduation.

tapi.. seperti biasa.. Tuhan sayang sama gw..

sejak awal magang gw di sini: BAM! gw kayak dikasih banyak banget limpahan kasih-Nya, dari fasilitas, topik, lingkungan, dan somehow berkat adanya internet di tempat tinggal gw dan waktu yang memadai, gw jadi punya kesempatan untuk benar" mencermati apa yang terjadi dalam pipres ini. jadi, gw akan bagi tulisan ini dalam dua hal besar: pilpres dan masa depan.

pilpres

setelah mencermati berbagai tulisan dan berbagai video dari berbagai sumber (well, ga sebanyak itu juga sih, hahaha), gw mendapati bahwa, antusiasme masyarakat sama pilpres ini keren banget! oke, black campaign emang di mana", tapi orang" jadi curious dan somehow hal ini memancing orang untuk bener" aktif turun ke kancah perpolitikan dalam tingkat terendah sekali pun #hasek!

berbagai pendekatan dilakukan, dan yang paling populer adalah: the lesser evil. yang terbaik dari yang terburuk. semua berusaha untuk meyakinkan orang atas pendapatnya, dan kali ini udah bukan masalah partai: masalah siapa orangnya!

this is really cool in a way, dan beberapa saat yang lalu, gw search kata 'kampanye' di google, dan muncul beberapa kampanye lengkap dengan dangdutannya. gw pun ingat jelas, bahwa gw pernah 'dibawa kabur' mba gw buat nonton kampanye-nya PAN, dan karena anak kecil ga bisa boong, gw ngomong dengan jelas ke nyokap gw "tadi diajak mbak ke kampanyenya PAN" dan mba gw diberhentikan secara halus. oke cukup intermezzonya.

tapi kali ini, orang berkampanye dengan caranya masing". gw bisa bilang, orang pintar di indonesia ya bertambah, dan mereka mulai muncul dan ngajak orang lain untuk 'pintar bersama.' bahkan ada saat di mana gw hampir menitikkan air mata akibat gw sudah memilih untuk tidak memilih, dengan segala konsekuensinya. sempat terpikir, mestinya gw sediain waktu untuk cari informasi, mestinya gw sempetin minta tolong temen coblosin buat gw, mestinya, mestinya, mestinya.

but in the end, gw sudah memilih, dan tarik napas dalam", mudah"an kertas gw ga ada yang pake. kenapa yah, gw ga kepikiran untuk bikin suara ga sah aja? itu kan sudah JAUH lebih baik dibanding tidak memilih sama sekali?

masa depan

sekarang gw lagi intern di Fugro Survey BV, kalo lo anak geodesi, pasti ga asing dengan fugro, kalo lo bukan anak geodesi, mungkin berpikir: wth?!

hahaha, ga akan gw jelaskan fugro itu apa, singkatnya, seperti gw jelaskan, gw ga terlalu looking forward to this internship. well, sejujurnya gw udah dapet tawaran internship saat temen" gw masih nyari, karena dari awal tujuan gw emang cuma fugro. tapi berhubung tawaran ini ga berkenaan dengan offshore, even a nearshore survey, gw ga begitu excited.

atas segala curhat-maruhat ke senior dhira adhiwijna, S.T., M.SC. #SELAMATDHIRA! yang saat itu gelarnya masih satu, akhirnya gw ambil kesempatan itu. toh topik yang akan gw kerjakan sama sekali ga pernah gw sentuh di kelas, so it will definitely be a new thing for me. but anyhow, not that interested.

dan tebak apa, dunia berbalik di sini. i have the best housing so far, kamar gw paling kecil tapi menurut gw, paling nyaman. i have really nice and really cool colleagues. seriously, mereka super cool. baru kali ini gw bener" merasakan bekerja (dan belajar) bersama orang" yang literally dari segala penjuru. di ruangan gw aja ada gw si mahasiswa master dari indonesia yang masih super cupu, doktor lulusan jerman yang disertasinya hampir 8 tahun, orang suriname lulusan master TU delft, dan dua orang belanda: yang satu software engineer dengan pengalaman bejibun dan sebenarnya udah pensiun tapi memutuskan untuk tetep kerja dengan kontrak 3 hari per minggu, satu lagi engineer berpengalaman yang bau"nya bakal jadi salah satu orang penting di fugro.

dan dalam kantor yang memiliki 90 office staff dan 70 field staff ini (moga" ga kebalik angkanya) so far gw udah ketemu orang dari italia, angola, portugal, amerika, inggris (scotland, lebih tepatnya), mesir, dan maroko. and out of expectation, mereka semua ramah sekali. karena jujur, di bayangan gw, they won't even talk to each other karena kerjaan dan kejaran, but no!

gw ngobrol banyak dan lancar banget di sini, gw belajar banyak banget di sini, jauh lebih banyak dari ekspektasi (well i expected nothing!) dan gw jadi bersyukur atas pilihan gw sekolah ke ENSTA. man, when you survived in FRANCE, you'll survive ANYWHERE! well, in an english-speaking environment, basically.

kenapa? karena orang sini MAU berbahasa inggris. ga peduli dari anak kecil sampe kakek-nenek, they speak english! dan mereka ga memperlakukan lo berbeda ketika lo ga berbicara dengan bahasa mereka, and i was like "gosh, if things were like here in brest, i wouldn't be this stressed out!" dan ujung"nya gw bersyukur. Tuhan ngasih gw beban yang berat duluan sebelum dia ngasih permen coklat hehehe.

dan di sini gw baru sadar, betapa yang namanya pilihan bener" bisa jadi tembok dan pintu ke mana saja. kalau gw pilih, misalnya, hidrografi di UCL sebagai tempat sekolahan gw, mungkin itu akan jauh lebih mudah bagi hidup gw jangka pendek. kelas bahasa inggris penuh, kuliah cuma setahun dapet master, dan gw bisa dengan bangga ngomong 'UCL' ga kayak sekarang di mana gw mesti belibet jelasin ENSTA itu makhluk dari dunia apa.

tapi ketika masuk pasar, nobody knows this hydrographic program provided by UCL cause it's freakin' new, man! sementara di Fugro Survey BV (katanya) at least ada 5 orang lulusan ENSTA, dan gw baru ketemu seorang, yang lulus tahun 2012 kemaren. dan itu baru satu fugro loh, belom fugro lain. belom survey company lain. belom ini. belom itu.

jadi lah. harapan gw muncul kembali. ketika gw stres dengan segala nilai yang ada, dan ngebandingin nilai gw dengan temen" gw yang memang bahasa ibunya adalah perancis, kini gw bisa bilang "what the hell, when you're on a job it will always be in freakin' english man" dan mengenai this french-speaking environment, the best i can do is: TO SURVIVE! pokoke soal nilai mah, gw udah punya target realistis dan kalo angka itu tersentuh, PUJI TUHAN, ITU SUDAH!

kesimpulan

jadi, bersamaan dengan jerman yang menang telak atas brazil (dan gw cukup yakin dia bakal jadi juara dunia), gw cuma ingin berbagi kedua kebahagiaan gw ini. bukan. bukan karena jerman menang, bukan. hahahaha. Tuhan ga pernah main dadu, kawan. there must be reasons why you were born and why He gave you opportunities. Dia ga pengen ngehancurin lo, Dia hanya mempersiapkan lo untuk ujian" selanjutnya, yang tentunya, akan selalu lebih berat, dan jangan lupa, Dia selalu menyediakan permen coklat di setiap akhir ujian ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC