22 Juli 2014

other thoughts on belief

minggu kemarin gw ke gereja, dan sebagai orang kristen yang berasal dari indonesia, pertanyaan ini selalu muncul: bagaimana kehidupan orang kristen di indonesia?

menariknya, mereka berpikir bahwa hidup menjadi minoritas di indonesia 'sesulit itu' karena berita yang mereka serap biasanya yang buruk", misalnya, pembakaran dan pelarangan pendirian gereja, terorisme dari kaum ekstrimis, dsb. padahal sedari kecil, gw rasa hidup gw bahagia" saja. hal terberat buat gw dulu adalah ga bisa nonton kartun di minggu pagi karena mesti ke gereja HAHAHA :P gapapa, pulang gereja masih ada power rangers, yiha!

jadi kalau ditanya, kira" ini jawaban gw:

saya beruntung hidup dan tumbuh di kota besar, jakarta, dan sempat tinggal di bandung yang juga adalah kota besar. di dua kota ini, penduduknya diverse banget, jadi perbedaan jarang sekali jadi masalah. saya punya banyak teman baik dari macam" latar belakang hingga sekarang. tapi yang Anda dengar itu, menurut saya, berakar dari unemployment. orang" ini ga punya pekerjaan, ga punya sesuatu untuk diraih dan diperjuangkan, ga punya hidup. maka itu agama menjadi sesuatu yang menarik karena ia menjanjikan surga, sehingga jika mereka mati sekalipun, itu adalah keuntungan. inilah yang, menurut saya, menjadi penyebab hal" yang Anda dengar itu.

mudah"an aye ga sale" kate, heheh. bhineka tunggal ika! mari terus jaga dan hargai perbedaan! bayangin kalo pelangi cuma punya satu warna, apa bagusnya? dan warna" itu, semua berasal dari putih loh, seinget gw, sepengetahuan-masa-sd-gw hehe..



ps: dengerin Gitar Satu Senar punya alm. Harry Roesli. "...gitar satu senar, seperti hidup dalam azas tunggal, jadi memang tidak boleh ada perbedaan. padahal dengan gitar satu senar, aku mainkan banyak sekali nada."

2 komentar:

  1. menjadi kristen susahnya kalau sdh ada di dalam sistem kerja, banyak org kristen kompeten dan lurus ..tidak diinginkan di dalam sistem kerja yang melibatkan kekuasaan birokrasi, alias gak dipake. alias cuma sebagai pelengkap bhineka tunggal ika

    trus...emang susah minta ijin pendirian gereja..
    makanya, orang kristen harus pinter dan ahli di bidangnya...

    GBU Gabriella...miss you so much (WA)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ceritanya mau nyenggol orang" yg mengatas-namakan agama buat hal" ga penting, yang ngerusak ke-bhineka-an cuma gara" alasan barbar, ga cuma di endonesa heheh..

      dan biasanya orang" yg ga toleran itu orang" yang ga pernah travelling, jadi MARI SERING" JALAN"! hihi.. miss you too mamaahhh..

      Hapus

Template developed by Confluent Forms LLC