12 Agustus 2014

only the worst trip ever

PERINGATAN: post ini panjang! dan isinya protes doank! yang ga tertarik, silakan di-skip hehe ;p

this happened last saturday. huyeh!

trip ini memberi pelajaran terpenting dalam hidup saya: rajin pangkal kaya, bukan cuma pandai. dan malas pangkal bangkrut, asli asli. dan rencana yang baik adalah SEGALANYA bagi yang ga punya duit, ato ga mau kehilangan duit, hahay!

JADIII!!

dimulai dari keinginan gw untuk ke bruges, belgia. gw pengen ke bruges, bukan karena gw pengen sih, tapi karena nyokap bilang itu bagus (doi nonton di tipi), terus sempet nonton sekilas terus ketiduran "in bruges" yang sebenernya bagus tapi gw nonton pas lagi tewang dan inget kalo tempat syutingnya emang bagus, dan lumayan deket dari sini. gw cari" covoiturage, alias nebeng"an mobil yang sempet gw ceritain.

TERUSS..

gw inget, mesti update simcard biar bisa beli tiket pp buat pulang natal ini, gegara simcard gw ga diaktifin selama di belanda. cita" ingin menghindari roaming malah rugi sendiri hukhuk.

pelajaran pertama: RENCANA adalah segalanya! sejak gw mulai berhenti jadi orang melankolis dan mulai lebih menjadi plegmatis yang "saanns.. liat nantiii..." hidup gw berantakan. asli asli.

dan tebak apa? gw malah belokin rencana gw ke paris. iya. bener. ga salah baca. PARIS.

gw nemu covoiturage buat ke brussels, dari brussels nemu covoiturage lain buat ke paris. begitu juga untuk pulang keesokan harinya. terus erin udah setuju kalo gw boleh nginep tempat dia semalem.

NAMUN!

gw memutuskan itu semua....... pada haris sabtu, sekitar pukul 01.30 dini hari, di mana para covo pasti udah tidur, dan gw ga berani mesen, dan akhirnya cuma mesen yang brussels-paris karena kelihatannya bakal banyak yg minat sama trayek tsb. dan ceritanya, untuk menghemat uang, gw rencana sepedahan ke tempat ketemuannya: rotterdam! menurut google maps, dari tempat gw ke rotterdam itu 1 jam 40 menit, jadi gw naro buffernya dikit jadi lah 2 jam. kenapa 2 jam? karena buktinya buat ke den haag gw cuma butuh 25 menit dari 35 menit yang dikasih google, jadi anggapan gw 2 jam itu udah sama nyasarnya deh.

BURUKNYA.

covo pertama itu pagi, jam 08.25, yang artinya paling telat gw mesti jalan 06.25 dari rumah.....

dan gw baru jalan 07.10 cerdas kan. gegara gw baru bisa tidur jam 4 pagi, terus sekalinya tidur lelap, terus kelewatan.

dan sepedaan kayak mau mati asli asli.

dan nyasar.

parah nyasar ga jelas hahaha.

dan hujan rintik rintik berangin.

oke fiks ga bakal sampek sana tepat waktu.

dan sampe rotterdam 09.30 sodara"......

terus nyari tiket lah ke brussels kepalang tanggung. ternyata tiket kereta apinya ada yang harganya masuk akal! beli deh itu tiket dan God knows what would happen deh, pokoknya mari ke brussels dan temukan covo lain!

di brussels, internet mesti bayar -___-' adeu, ini yang bikin saya jatuh hati sama belanda, generous sekali mereka, wifi gratis di SEMUA stasiun kereta, dan kadang di kereta" antarkotanya. i love you netherlands asli asli.

beli deh itu internet, demi nyari covo. nemu satu yang bakal berangkat. ngejar ke lokasi.

dan ga nemu tuh orang -_____-'

oke. ke mana sekarang?

ah, BRUGES!

beli tiket weekend ke bruges, satu tiket bisa pp jadi murah.

terus udah mau sampe bruges nih keretanya, ternyata dia mampir di gent. keinget ngobrol sama orang di kereta pas mau ke brussels, dia bilang gent baaagguusss baangeett omaigaaat.

turun gw di gent. random.

terus beli tiket gent-bruges buat lanjut ajah, soalnya tiket pp tadi cuma bisa dipake 2x dan controllernya galak. lagipula seinget gw kereta terakhir bruges-brussels itu jam 11an malam jadi amaan. saat itu masih sekitar jam setengah 4an soree..

and i hate gent. this town is frikkin boring serius deh. satu"nya alasan yang bikin gw 'lumayan seneng' di sini adalah, nemu kado natal buat seseorang! lumayan nabung kado pelan" heheh. tapi overall blah. gw sangat bersyukur ga jadi kuliah di gent. udah cuma Cat B, kotanya super boring, gedung semua teu aya laut" ato gunung"nya acan, huh!

sekitar jam setengah 7an balik ke stasiun, nanya kereta terakhir dari brussels ke rotterdam, dan berikut percakapannya. percakapan yang bikin gw mulai gerah sama belgia.

gw: good evening, when's the last train from brussels central to rotterdam, please?
madam penjual: let me see.. brussels central to rotterdam, its one point nine.
gw: (Puji Tuhan) oh, ok. one point nine. so how long does it take from bruges to brussels? i mean, what time should i go from bruges if i want to catch that last train?
madam penjual: hmm.. from here to brussels should be about 30-40 minutes, then from bruges should be about..... well, an hour. but sorry, why do you have to go from bruges? why don't you go from antwerpen or somewhere closer?
gw: i already bought the return ticket to bruges, so it's a loss if i didn't use it.
madam penjual: but you will miss the train to rotterdam. i even think that you should go to brussels directly right now.
gw: but.. there's still a train after 10 from bruges right?
madam penjual: MADAM, I ALREADY TOLD YOU THAT THE LAST TRAIN TO ROTTERDAM IS AT NINE!
gw: nine? i heard it was one?
madam penjual: NINE-O-ONE! you should catch your train immediately!
gw: ...ok

ASEM! jelas" gw denger ONE POINT NINE! asli! tapi baiklah.. gw saat itu berpikir positif.. mungkin salah denger.. one sama nine, yah, ga jauh" amat kali yah.. terus deh gw beli kebab, makan, dan naik kereta ke brussels central.

sampe brussels central, gw beli tiket ke rotterdam. terjadi kembali percakapan super bikin gerah.

gw: (ini pake bahasa prancis karena brussels itu wilayah belgia yang ngomong prancis) good evening, can i have a ticket to rotterdam, please?
madam penjual: (bahasa prancis) to where?
gw: (masih pake aksen 'ekkhh' prancis) 'khootekhdaaam'
madam penjual: (muka bingung)
gw: (akhirnya pake aksen 'rrr' ala english) 'wrotewrdam'
madam penjual: ah, ok. (terus pake bahasa perancis maksa) you wanna go tonight?
gw: (ini orang ngomong apa dah?) sorry? (akhirnya nyerah ga pakek prancis lagi, mbok ya ngomong toh mba kalo ra iso ngomong prancis apa susahnya ngomong 'sorry i don't speak french' ?!?!?!)
madam penjual: do you wanna go tonight?
gw: yes yes, the last train. and i have this reduction card.
madam penjual: are you under 26?
gw: yes of course.
madam penjual: ok. it's 22.24 euros.
gw: WHAT?! but i had this price this morning! (nunjukin kartu dari rotterdam, itu gw cuma bayar 15 euro)
madam penjual: it's rotterdam-antwerpen, this is brussels-rotterdam
gw: (ngeliat kartu, ternyata tulisannya buat ke antwerpen, sumpah beneran deh God bless the Netherlands, mba tadi pagi baik banget udah dari nyariin tarif paling murah, pakek salah mencet segala, apa sengaja gegara ngeliat muka gw yang penuh derita? hukhuk.. God bless you mba rotterdam pokoknyah!) ah... ok then.......
madam penjual: you want to buy or not?!
gw: (apa sih ni orang!) hh.. ok i'll take it.
madam penjual: (diem ngeliatin gw, minta duit apah?)
gw: (ok, ngasih duit lewat celah kaca)
madam penjual: (baru kerja lagi abis megang duit. AMPAS ANJIS EMOSI! terus itu tiket diprint dan ditunjukin ke gw) see, 22.24 euros, for under 26.
gw: (iye iye berisik) ..ok
madam penjual: platform 9, one point nine.
gw: (plongo. anjis, dia nyebut one point nine juga sama kayak madam di gent? F**K YOU BELGIUM ASLI!!! AARGGHH!!!!) ok thanks (pergi buru" daripada gw pecahin itu kaca)

ANJIS EMOSI GW! APAAN TUH 09.01 (PM) DIBACA JADI ONE POINT NINE?! ONE POINT NINE DARI HONGKONG?!?!?! emosi emosi emosi emosi!! ga bakal gw ke belgium lagi kalo ga buat nyenengin orang deh HUH! thank God you still have good waffels and chocolate and those are the ONLY reason why i will say that belgium is 'ok.' HUH!

okelanjut.

tarik napas.

buang.

singkat cerita, gw ke rotterdam.

dari rotterdam sepedahan pulang, yap, gw menyiapkan mental for another 2-hours-even-more-drive. mau ga mau coy. mau ga mau.

dan gw pun mulai sepedahan, pake insting full, ga semi-google-maps kayak tadi pagi, karena jalurnya google maps suka ngeselin buat ban. dan itu udah malem banget kan, gelap. gw berusaha keras biar lampu depan gw yang ditenagai oleh generator nyala. kadang berhasil kadang tidak.

jadi gw pertama kali nemu 'Den Haag 23' depan stasiun utama rotterdam, artinya Den Haag 23 km lagi. gw ikutin lah, dan dari insting navigasi gw, gw ga bakal lewatin jalur yang sama dengan tadi pagi. kalo tadi pagi gw main selatan-barat, yang mestinya gw pulang lewat timur-utara malah ambil jalur alternatif utara-timur heheh. pokoknya tujuannya ke titik yang sama.

ga lama kemudian, kira" bersama dengan 'Den Haag 22' terpampang 'Delft 11' HUAAA! AKU DI JALAN YANG BENAAARR! soalnya dari delft lebih deket buat ke tempat gw dan gw bahagia sekali hahaha.

dan tebak apa. gw melewati jalan tergila yang pernah gw lewatin sama sepeda. kalo tadi pagi gw sampe make jalur berkuda yang isinya pasir dan tanah (eh belom kesebut ya tadi? iya coy, jalur pagi gw pedesaan random sampe" ke airport the hague-rotterdam yang di entah berantah literally!!!), malam ini gw NAIK TOL! TOL COY, TOL! SEPEDA PUNYA JALUR DI TOL SINI MEN!!

ga tol juga sih, jalan layang kali yah, hahaha.

rada horor gimana gitu sih, takut ketabrak, tapi toh mental gw udah kelatih di jalanan sini #asek jadi tol sana sini sukses gw lewati dengan ceria! mwahahaha!

dan taraaaa gw mesti ngelewatin jalan yang.. agak.. kayak hutan..

serem lagi coy. gw gowes sepeda kenceng banget dan PUJI TUHAN lampu gw nyala dengan baik di sana. FUHHH!

dan tengah jalan, gw melihat cahaya bersinar luas dari suatu titik! itu pasti kota! dan tebak apa, delft 6 km lagi! wohoo! itu pasti delft!!!

dan ternyata itu 'another airport entah berantah' -_____- tapi yang jelas gw udah deket delft heheh.

sampek lah di delft! nyari jalan ke pusat kota, sekalian pengen liat pusat kota delft kalo malem, karena siangnya cantik banget. pusat kota dirangkul 2 gereja dan satu balai kota tua.. huaaaa..

and no.

gereja"nya jadi horor kayak di pilem" vampir karena mereka ga dikasih cahaya. jadi kayak bayangan di terang malam.. hiiiyyy.. merinding gw. asli.

dan sekitar 5-6 km menuju leidschendam...

dan gw udah mau nyerah..

and..... supermoon..... walau pun belum tanggalnya, sehari lebih awal, tapi terang bulan sudah terlihat lebih besar.. yah.. gapapa deh.. gw maafkan kebobrokan hari ini :')

DAN SAMPAI DI RUMAH DENGAN SELAMAT!!

nih, satu"nya gambar bagus dari the most boring town on earth. biasanya gw jeprat jepret ke tiap tempat yang gw kunjungi, di sini gw literally cuma motret 5x dan cuma ini yang 'cukup bagus' hmm.. (gent, 2014)

jadi pelajaran utamanya adalah, kembali ke pelajaran pertama!

PLANNING, PLANNING, PLANNING!

these will totally get you away from spending unworthy money. seriusan. seriusan.

NOL: if i wanted to go to bruges, or paris, or anywhere, it should've been done AT LEAST D-1, NOT H-something!

SATU: ga semestinya gw ketinggalan covo ke brussels, should've taken a train to rotterdam instead of biking.

DUA: ga semestinya ambil covo yang jauh dari center di brussels, should've went down in brussels-midi rather than brussels-central if my plan was to go to paris, many covo went from there.

TIGA: ga semestinya gw turun di gent, should've went to bruges directly.

EMPAT: ga semestinya gw ke belgia sama sekali kalo tau last trainnya jam 9 malem, mepet pisan pisan mepet buat one day trip.


but anyway.... no regrets :) iklas iklaassss..

2 komentar:

  1. yaampun geb.. pukpuk yah.. yaa pengalaman lah wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.. ya.. never again deh yang begini..

      Hapus

Template developed by Confluent Forms LLC