22 Februari 2015

putar putar kroasia plus plus di akhir musim panas

hola! setelah sekian lama ga nulis dengan niat, akhirnya gw memutuskan untuk menulis dengan (sedikit) niat! yuhu!

jadi kali ini gw akan berbagi mengenai perjalanan gw ke kroasia september lalu, di akhir musim panas, selepas masa magang gw. kalo tiap perjalanan gw ada awardsnya, perjalanan ini akan gw kasih award perjalanan ter-rencana! mwahahaha!

mengapa? karena setelah ngobrol" sama rekan kantor magang gw saat itu, gw jadi tertarik main ke kroasia, lalu gw browsing" soal kroasia, ah, ternyata kroasia ga bisa dimakan sehari dua hari, butuh waktu lebih! lalu gw lanjut hunting lonely planet kroasia, dan yeapp, gw tergoda untuk menelusuri negara ini lebih lagi, jadilah: sekitar sebulan saya akan mengelilinginya, uoh!

bref, jadinya cuma sekitar tiga minggu, tapi gw super puas, sampai bosan malah, hahaha ;p berikut ceritanya!

peta perjalanan sayaaahh!! A-B-C-D-E-F-G-A-B-C-D-E-F haiyah rebek.

hokeh! perjalanan dimulai dengan mendarat di dubrovnik! tentunya dengan salah satu maskapai kesayangan, easyjet, yang memberikan harga < 50 euro utk pesawat paris-dubrovnik, uoh! hari pertama di dubrovnik: PANAS! sumpah, panas! dan terik! fix hari itu gw super tanning, dan saking teriknya tiap liat air gw pengen nyebur. dan sambil jalan nyari hostel tujuan, gw menemukan suatu tempat buat 'masuk' ke perairan mediteranea dari atas tebing..

tadaaa! lihat! kolam renang umum!

setelah naro tas di hostel, gw langsung ganti baju renang dan berniat utk cari tau jalan ke sana! uoh! dan ketemu! dengan cara: ngikutin mba" yang juga pengen berenang, setelah nyasar dan merangkak-rangkak melewati bebatuan cantik yang semakin menjauhkan diri dari tujuan #haiyah! setelah nggelar handuk, copot sepatu, dan lepas kaos, gw nyebur, yuhu!

kalau ada yang bilang laut mediteranea itu kayak kolam renang, itu benar adanya. nyaris ga ada yang namanya ombak, arus, asin aja kaga ;p ya ga asin" amat sih, ga sampe bikin mata pedih. jadi gw super betah mengambang-ngambang di tengah lautan sana hahaha. dan setelah puas berenang, gw tengok kanan-kiri.

hmm..

ini kenapa pada ngomong bahasa dewa semua yah..

dan ada satu orang yang ngajak gw ngomong pake bahasa dewa. dan gw hanya membalas dengan tatapan bingung.

dia juga bingung.

setelah gw sadari, ini tempat isinya orang lokal semua! :''') dan mungkin bagi mereka gw ini bule #manggutmanggut dan mendapati bahwa si orang yang ngajak gw ngobrol ga ganti haluan jd ngomong inggeris, gw semakin yakin ini beneran orang lokal yang ga ada hubungannya sama turis-menuris. gw keren. yuhu!

next day, panasnya ilang. mungkin karena udah ganti bulan, kemaren 31 agustus, hari ini 1 september #haiyah! hujan malah kan pagi"! lalu gw random memutuskan untuk main ke kotor, montenegro. iyah, nama kotanya 'kotor' nyahaha. sebenernya ga random juga, sudah terencana, tapi saat itu mau pilih ini atau mostar, bosnia. dan ternyata...

uwoow! kotor itu tidak kotor!!
kotor itu stunning sekali! oh ya, kota" yang gw kunjungi di sepanjang mediteranea itu unik. semuanya dibentengi di sekelilingnya, dan semua bangunan dibuat dengan menggunakan batuan dan genteng yang senada. lucu banget deh, kayak rumah" negeri dongeng!

di kotor gw menghabiskan waktu sekitar 3 jam untuk keliling kota tuanya dan naik ke bukit belakang kota tua yang ternyata cukup menghabiskan napas tapi super worth it. perpaduan antara kontur tepi pantai montenegro yang berbukit, laut yang warnanya hijau lumut tapi ga berkesan jorok, kapal" parkir, serta kota berbenteng yang terlihat dari atas. perfect!

keesokan harinya gw main ke pulau yang namanya mljet, naik ferry. sepanjang jalan gw berdoa biar cerah, karena tujuan gw untuk ke mljet adalah: berenang!

kenapa mljet? karena pulau ini punya dua 'danau air asin' yang sebenernya ya masih laut sih, karena masih ada channel antara laut lepas dengan dua 'danau' ini, makanya airnya asin, ga tawar. bentukan pojokannya mljet dari udara bisa dilihat di gambar berikut.

inilah mljet! seru banget kaaan!

bisa dilihat di gambar tersebut, ada 'danau besar' dan 'danau kecil' di belakang sana. begitu sampe, gw mah ngasal aja pokoknya begitu liat air, sepi, nyemplung! dan sumpah, berenang di sana rasanya indah sekali. gw motret dari angle mana pun ga bisa menggambarkan senengnya berenang di sana. aaaa sumpah gw seneng banget waktu itu! #terharu

ga bisa motret lebih bagus lagi, tapi yang gw lihat dengan mata kepala gw jaaaauh lebih bagus dari ini!

dan ceraah! itu yang bikin bahagia :'') setelah puas berenang-renang, gw muterin mljet, dan mendapati bahwa, ternyata tadi gw berenang di danau gede hahaha. di danau kecil lebih banyak orang berenang dan entah mengapa buat gw warna birunya ga se-stunning yang di danau besar. dan ternyata banyak orang ke sana karena danau kecil ini dekat dengan kota kecil tempat turis menginap! ah, untung insting nyemplung gw di awal ga bisa dipendam, hahaha ;p

setelah nyasar" dikit berbekal peta"an seadanya yang nempel sama tiket masuk, akhirnya gw berhasil menemukan pelabuhan ferry gw sekitar setengah jam sebelum ferry-nya nyampe, jadi gw sempet makan es krim dulu. makan es krim. abis berenang. luar biasa sodara sodara, luar biasa.

selanjutnya gw main ke pulau lain yang bernama korçula. cita" gw ke sini adalah: nonton sword dance! di (lagi-lagi) kota berbenteng ini, ada sebuah kelompok bernama moreška sword dance. dan asli, ini keren dan worth it untuk ditonton. terutama bagi para wanita. karena penarinya laki semua (cuma ada satu tokoh wanita) dan ganteng semua! bahahaha ;p jujur sword dance ini benar" di luar ekspektasi karena, memang keren! ada saat" di mana aduan pedang mereka sampe ngeluarin percikan api gitu. wah kul dah! gw duduk paling depan pula kan! perfek sekali sodara sodara!

ada saat" di mana mereka emang 'pause,' dan itu cerdas! tau aja masnya banyak yang motret. ihiw!

setelah itu gw pindah ke split, dan hidup gw lebih santai di sana. gw ke gereja juga loh! dan entah kenapa gw terharu, jam setengah 9an gw menuju sebuah gereja dan udah banyak orang yang pulang gereja! mereka ikut kebaktian pagi! woow! jarang" gw melihat pemandangan seperti ini di eropa, walau gereja di sini gode" hahaha ;p dan yap. gerejanya. bahasa kroasia. gereja katolik pula kan. walau gw ga ngerti apa" tapi seneng, ada satu ibu" tua yang kayaknya nyadar kalo gw turis dan dia kayak nepuk" bahu gw selesai kebaktian, terus dia senyumin gw. auuww.

selanjutnya gw main ke krka national park dan plitvice national park. hmm.. sayangnya dua tujuan utama gw ini... agak mengecewakan. karena hujan sudah turun lebat, kita ga boleh berenang di krka, airnya udah terlalu tinggi. terus pas gw ke plitvice, ujan donk! :''') sedih gan. ga ada foto yang terlalu bagus dari dua tempat ini, tapi overall gw cukup bahagia nemu temen jalan pas ujan"an di plitvice. orang korea gitu hahaha ;p gw pernah cerita sedikit tentang doi di post ini.

jadi di split sama zadar, gw agak santai. sempet nyuci baju segala. hahaha. tujuan terakhir gw adalah zagreb, for the sake of masa-ga-ke-ibu-kota dan satu"nya tujuan gw di zagreb adalah museum of broken relationship! museum ini terhitung baru dan kecil. tapi idenya jenius! isinya adalah barang" dari orang yang disayang, atau yang mengingatkan seseorang akan orang yang pernah dia sayang, dari seluruh dunia. dan yang bikin museum ini ga cheesy, isinya ga cuma barang 'peninggalan mantan' tapi juga peninggalan nenek, orang tua, dll.

beberapa barang yang gw ingat, pertama, sebuah kaos basket. keterangannya. it was my ex-boyfriend's basketball jersey. he's a player. kira" seperti itu.

kedua, sebuah kartu pos dari seorang lelaki ke seorang wanita. yang wanita di kroasia. yang lelaki harus ke bosnia. terjadi saat" perang balkan kayaknya. si wanita ini udah tua (kartu posnya tertanggal 1920an akhir seinget gw, mungkin si wanita udh meninggal jg sekarang) dan keterangannya "it was the last time that i saw him."

ketiga, yang bawah ini.

"my mother's suicide note"

brrr. merinding ga lo. hahaha. perjalanan ditutup dengan kereta ke ljubljana, slovenia, di mana gw hampir lupa turun dari kereta! dan gw literally loncat dari kereta dan setelah gw loncat, ga sampe beberapa menit kemudian, kereta jalan!

sayangnya ljubljana hujan rintik. gw yang cuma punya waktu sekitar 2 jam-an keliling kota jadi agak malas berbasah-basah, dan berhubung di dekat stasiun ada mcd ber-wifi, jadi gw stay di stasiun aja. agak lelah juga rasanya sekitar 3 minggu ini kocar kacir hahaha.

so.. begitulah perjalanan saya! thanks to berbagai artikel tentang kroasia dan lonely planet super worth it! yiha! sebentar lagi gw mau jalan" ke baltics, tapi 3 minggu ini gw mesti geber otak dan tenaga untuk ngejar 4 ujian, 5 report, dan 1 presentasi lagi, uoooh!

sampai jumpa! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC