07 Februari 2015

this is why i (have to) take a phd

so this post is going to be a bit annoying, because i'm going to write it in english. NOT! ahaha #apasihgeb

iya tadinya gw pengen nulis pake bahasa inggris karena sadar, kemampuan gw dalam berbahasa inggris sudah mulai berkurang, terbukti pas ujian hukum laut kemaren. banyak sekali yang ga bisa gw komunikasikan, mungkin lantaran materinya bahasa perancis, terus ujiannya bahasa inggris, terus gw kehilangan banyak sekali kosa kata #auwh #berisikkamugeb!

teman: abis ini mau ngapain, gab?
gw: rencana sih, langsung S3
teman: gila lu geb! lo ga mau nyelem aja gitu?
gw: nyelem?
teman: ya masuk ke dunia sebenernya. dunia kerja.
gw: yaah..
teman: nyari apa lagi sih lo, gab?
gw: hmm..

teman lain: abis lulus ngapain, gab?
gw: mungkin hajar S3..
teman lain: HAH?! CARI PACAR GIH!
gw: WHAT?!
teman lain: geb geb, entar pada jiper geb, suer dah. mending lo tahan dulu S3 sampe lo punya laki abis itu bebas deh.
gw: hmm..

teman lain lagi: jadi balik kapan gab?
gw: for good?
teman lain lagi: yoi
gw: hmm ga tau.. kemungkinan gw mau lanjutin tesis gw jadi bahan disertasi..
teman lain lagi: S3?
gw: mungkin..
teman lain lagi: di perancis lagi?
gw: yah.. mungkin.. kalo gw cocok sama prof tesis gw ini..
teman lain lagi: yah.. ga dateng nikahan gw donk?
gw: hmm..

beberapa dari kamuh kamuh para pembaca mungkin udah sempet ngobrol sama gw soal rencana menghablur ini. kenapa menghablur? pengen nyebut aja. haha.

mungkin gw terdengar percaya diri saat menyatakannya, tapi percayalah, itu sulit. bener deh.

karena godaan itu banyak sekali, dan stamina itu sulit dijaga.

begini. sampai sekarang, walau sudah gw ketahui realitanya, gw masih berniat untuk jadi dosen. di bandung. titik. kenapa? karena melihat teman" gw, sampai sekarang, ini masih paling ideal.

cita" ini ga cuma semata loh. sempet gw pusing dengan kemungkinan" lain, terutama untuk kerja dulu. ibarat kata, kalau ada kesempatan datang, kenapa engga? selain itu, tingkat stres gw di sini bener" bikin putus asa dan ingin sekali rasanya gw menghentikan cita" gw satu itu. kasarnya, persetan lah. gw mau kerja bener aja, ga usah mimpi aneh" lagi. gw muak sama apa yang gw pelajari.

tapi ada temen baik gw di sini yang selalu menaikkan moral gw #haiyah! bagaimana pun, di dunia ini, kita punya porsi. punya mimpi. punya cita". dan ideal bagi setiap orang itu ga sama. gw mungkin akan cukup senang kalo gw ujungnya kerja aja, tapi apakah ideal? sampai sekarang jawabannya masih engga. belom.

jadi mau ga mau, ya, gw balik lagi fokus ke cita" biadab karena ya astaga gw terlanjur kecemplung di sini mulia tersebut: dosen.

tadinya nih, tadinya. ideal bagi gw adalah, lulus S2 kerja dulu di perusahaan multi nasional selama 3 tahun, ambil sertifikasi Cat. A gw di SHOM, baru S3. tapi itu bakal makan waktu lama banget. waktu 3 tahun yang gw pake kerja, kalau gw memang fokus, bisa gw pake untuk hal lain, misalnya, membangun koneksi antar sesama yang benar" akademisi. dan terutama sih, cari kesempatan/grant/apa pun yang bisa mempertemukan gw dengan kuli" ilmu lain di dunia ini. yang bisa nganjing-anjing-in bareng jalan hidup yang 'terlanjur' kita ambil, haha.

selain itu, umur gw bakal habis sebelum post-doc, yang tentunya, akan menunjang karir gw. ya istilahnya. lo udah jadi dosen nih. masa ga sampe profesor. kan nanggung. dan lagi pula, gw yakin sekalinya gw masuk institusi idaman itu, ga akan langsung 'jedor' gw di sana. pasti ada masa" yang bisa dibilang, ospek. jadi, semakin muda umur gw saat masuk ke rimba tersebut, semakin cepet gw punya waktu untuk berkarya. dan semakin gw sadari, peran akademisi itu, ya memang riset!

ada orang yang butuh praktis, namun ada beberapa hal yang masih perlu di-riset! gw jujur belum tahu dunia riset di indonesia seperti apa, namun yang gw lihat di sekitar, researcher itu memang ada (dan dibayar) untuk meneliti! duitnya dari mana? dari yang butuh hasil dari penelitian tersebut! kalo gw sekedar mengerjakan proyek, well, it's not bad because there ARE projects that still need pandangan dari akademisi karena mungkin proyek tersebut tipenya cukup 'baru.' namun pada hakekatnya, tugas utamanya dosen ya, selain ngajar nih, penelitian. while people working on something that are hasil langsung maupun tak langsung dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. ahey.

dan, hello. buat yang jiper kalo gw S3, gw akan jiper sama kalian karena while you're making freakin' big money and started to contribute to the society, gw masih akan berkutat dengan kertas, kelas, dan para akademisi di seluruh dunia. apa yang akan gw buat masih akan dicorat-coret, mungkin ditantang oleh 'geng' lain, dan dalam hitungan tahun, mungkin akan ada yang meruntuhkan apa yang akan gw dokumentasikan. life's hard bro. demi untuk mendidik anak" kalian nantinya, kalo kebetulan ga sengaja nyemplung di geodesi, hahaha ;p

namun harus gw akui, stamina gw mulai habis. gw capek masuk kelas dan dengerin orang ngomong. gw capek ngerjain tugas yang gw tau won't make money, at least in our country. gw bosen mesti jadi orang yang telat ngerti ketika yang lain udah jauh di depan. i need to take a little break before i would really 'give' myself to one proper PhD topic.

sampe sekarang gw hanya ingin di eropa. biar cepet. tiga tahun ajah. empat tahun jangan sampek, ga pengen lama" juga gw di sini. dan, yah.. gw sedang merencanakan apa yang akan gw lakukan setidaknya setahun sebelum gw jadi kuli ilmu lagi. haha. i hope it's gonna be an exciting gap year ;)

ikan sepat, ikan gabus. lebih cepat, lebih bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC